Jumat, 12 Agustus 2022

Keramas Pakai Garam untuk Mengatasi Rambut Lepek?


Berapakah jangka waktu paling lama teman-teman tahan untuk gak keramas?

Kalau saya selalu keramas tiap 2 hari sekali, paling banter 4 hari gak keramas, itu pun rasanya udah gak nyaman banget berasa kotoran di kepala menumpuk dan rambut super lepek. Maklum, karena saya berhijab dan tinggal di daerah pesisir yang panas sehingga rambut gampang sekali berminyak dan lepek.

Saya yakin teman-teman yang berhijab, pasti juga banyak yang memiliki problem rambut seperti yang saya alami. Nah, sekarang saya sudah menemukan solusi untuk yang rambutnya mudah lepek dan berminyak dengan keramas menggunakan garam.

Duh, kapan hari viral keramas pakai kopi, eh sekarang ada lagi keramas pakai garam. Tren perawatan kok pada aneh-aneh aja ya? Lama-lama semua bumbu dapur kayaknya bisa buat keramas deh, heuheu.

Eits, tapi jangan salah sangka dulu, keramas menggunakan garamnya bukan pakai garam dapur kok melainkan menggunakan Yordanian Sea Salt yang sudah diformulasikan menjadi shampoo. Iya! Yang saya maksud keramasnya menggunakan Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner yang heboh banget seliweran di sosial media serta banyak yang bilang aromanya enak. Aduh, lemah deh saya kalau udah ngomongin wangi-wangian.


Selain wanginya yang menyenangkan, Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner diklaim memiliki manfaat yang baik untuk rambut yaitu mengontrol kadar minyak pada kulit kepala, membersihkan kulit kepala, menguatkan akar rambut, memberikan volume pada rambut, mencegah rambut rontok dan bercabang, menyehatkan folikel rambut dan kulit kepala, serta membuat rambut lebih berkilau.

Berikut review lengkap saya setelah 3 Minggu mencoba Scarlett Yordanian Sea Salt Shampo dan Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner.


SCARLETT YORDANIAN SEA SALT SHAMPOO

Kemasan

Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dikemas dalam botol plastik agak pipih memanjang yang bagian atasnya membentuk lengkungan setengah lingkaran. Tutupnya berupa fliptop berwarna putih yang cukup rapat ketika ditutup sehingga gak perlu kuatir shampoo akan bocor kalau dibawa berpergian.

Botol shampoo ini sebenarnya berwarna bening, akan tetapi karena shampoo-nya sendiri berwarna sehingga ketika masih penuh, botol terlihat didominasi warna biru turquoise.

Pada kemasan tertera beberapa informasi produk nama shampoo, cara pakai, komposisi, tempat produksi, nomor BPOM, serta barcode untuk mengecek keaslian produk.


Komposisi


Sesuai dengan judulnya, tentu saja hero ingredient pada Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo adalah garam laut yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk rambut antara lain.

  • Menyerap minyak berlebih pada kulit kepala,
  • Membantu mengatasi penumpukan kotoran yang melekat di kulit kepala,
  • Membantu membuka kutikel rambut sehingga perawatan selanjutnya akan menyerap lebih baik.

Komposisi lengkap dari Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo adalah sebagai berikut.

Aqua Demineralisata, Sodium Laureth Sulfate, Acrylates Copolymer, PEG-12 Dimethicone, Lauryl Betaine, Fragrance (Parfum) Components and Finished Fragrance, Cocamidopropyl Betaine, Triisopropanolamine, Sodium Sulfate, Sea Salt, Sodium Chloride, DMDM Hydantoin, Tetrasodium.

Shampoo ini memang masih mengandung SLS (Sodium Laureth Sulfate) di mana beberapa orang ada yang menghindarinya. Akan tetapi kandungan SLS pada suatu produk gak selalu buruk bahkan sebenarnya kandungan ini punya manfaat yang bagus untuk kulit kepala, yaitu untuk membersihkan minyak dan kotoran pada kulit kepala lebih mendalam. Cocok untuk yang punya rambut gampang lepek dan kulit kepala berminyak.


Tekstur dan Aroma


Seperti yang tampak pada kemasan, Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo memiliki warna biru turquoise dengan tekstur seperti gel bening dan agak cair. Meskipun masih mengandung SLS tapi busa yang dihasilkan terbilang lembut dan tidak terlalu banyak.

Beberapa waktu lalu, saya sempat melihat video Female Daily mengenai tips memilih produk perawatan untuk rambut lepek dan disarankan untuk menggunakan shampoo yang teksturnya gel bening dibanding cream kental karena lebih ringan untuk rambut. Oleh karena itu, selain karena aromanya, teksturnya yang berupa gel bening ini juga yang membuat saya tertarik mencoba Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo.

Saya juga suka dengan warna shampoo ini karena mengingatkan pada birunya air laut yang tenang dan jernih. Lihat shampoo aja berasa lagi healing ke Maldives gak, sih? Hahaha.

Terus gimana soal aromanya yang katanya enak itu?

Di awal saya mencium aroma seperti teh melati yang segar dan sepat, makin lama aroma bebungaannya makin kuat seperti aroma di body spa. Perpaduan aroma tersebut berasal dari perpaduan bunga Magnolia, Ylang-ylang, dan Jasmine. Jika digambarkan, aroma shampoo ini seperti sedang di padang rumput hijau di pagi hari, fresh dan menenangkan. Aroma freshnya itu lebih mengarah ke green dan woody, bukan segar buah yang ceria. Pokoknya menurut saya, enak banget aromanya dan gak bikin pusing.


SCARLETT YORDANIAN SEA SALT CONDITIONER 

Kemasan


Secara umum, kemasan dari Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner ini sama dengan shampoonya yaitu berupa botol bening agak pipih dan memanjang dengan lengkungan di bagian atas. Perbedaannya terlihat pada tutupnya yang berupa pump yang dilengkapi klip pengunci agar isi kemasan tidak bocor saat pengiriman atau dibawa berpergian.

Mengenai tutup conditioner ini, saya sempat melihat ada juga yang tutupnya berupa fliptop berwarna putih seperti shampoonya. Apakah botol pump ini kemasan baru atau tergantung persediaan aja?

Kalau shampoonya berwarna biru turquoise, ketika conditioner masih penuh, botol conditioner jadi tampak didominasi dengan warna merah muda. Baru kali ini sih melihat shampoo dan conditioner dari varian yang sama tapi warnanya kontras banget. Unik, ya?


Komposisi


Karena dari varian yang sama, tentunya hero ingredient dari Scarlett Yordanian Sea Salt juga sama seperti shampoonya yaitu mengandung garam laut dengan manfaat yang sama.

Komposisi lengkap dari Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner adalah sebagai berikut.

Aqua Demineralisata, Cetearyl Alcohol, Fragrance (Parfum) Components Finished Fragrances, Cetrimonium Chloride, Amodimethicone, Propanediol, Sea Salt, Guarhydroxypropyltrimonium Chloride, Polyquaternium-10, DMDM Hydantoin, C1 60725.

Biasanya produk perawatan rambut itu memiliki komposisi bahan kimia yang banyak sekali tapi bisa dilihat baik pada shampoo mau pun conditioner Scarlett ini, komposisinya terbilang simpel dan basic, bahkan saya bisa mencari tau satu per satu masing-masing dari fungsi kandungan. Dan pastinya semua kandungan tersebut aman digunakan karena sudah melewati uji BPOM.


Tekstur dan Aroma



Tekstur dari Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner hampir sama dengan conditioner pada umumnya berupa cream yang cukup kental. Tapi uniknya, conditioner ini memiliki warna merah muda. Berbeda dengan conditioner kebanyakan yang berwarna putih susu. Penyegaran mata banget deh untuk saya yang memang suka barang berwarna warni, bikin keramas makin semangat gak, sih?

Selain warnanya yang unik, aromanya juga berbeda dari conditioner kebanyakan yang biasanya linear dengan shampoo pada varian yang sama.

Aroma Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner sangat berbeda dengan shampoo-nya. Di awal saya mencium aroma buah seperti anggur tapi tetap terkesan dewasa, bukan aroma buah seperti pada produk anak-anak. Setelah beberapa saat muncul aroma floral yang lembut. Jika digambarkan, conditioner ini memiliki aroma yang segar, feminin, kalem, dan sedikit creamy.

Setelah saya cari tau, aroma tersebut berasal dari perpaduan raspberry, tuberose (sedap malam), dan bunga tulip. Ternyata aroma buah yang saya cium tersebut bukan anggur tapi raspberry, masih satu rumpun lah ya sama dari berry-berry-an, hehehe.

Sering kali saya menemui beberapa conditioner yang meskipun sudah beberapa kali dibilas tapi tetap meninggalkan rasa licin di rambut. Nah, Yordanian Sea Salt Conditioner termasuk conditioner yang setelah dibilas, rambut langsung terasa bersih dan gak licin.


KESAN PEMAKAIAN

Untuk membuktikan klaim bahwa Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner dapat membantu agar rambut tidak mudah lepek, saya mencoba untuk tidak keramas selama 4 hari dan hasilnya rambut masih tampak bervolume dan lembut. Kulit kepala juga tidak berminyak dan bau apek. Meskipun terbilang soft tapi aroma shampoo dan conditioner ini mampu bertahan hingga 4 hari lho.

Meskipun aroma antara shampoo dan conditioner-nya berbeda alias tidak linear, tapi justru perpaduannya menghasilkan aroma floral yang lembut tapi juga segar yang makin hari aroma floral-nya akan lebih dominan di rambut.

Saya merekomendasikan Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner ini untuk teman-teman dengan jenis rambut yang tipis dan mudah lepek serta kulit kepalanya berminyak karena produk ini di saya terbukti mampu membuat rambut lebih bervolume tapi tetap lembut dan mudah diatur. Kulit kepala juga terasa lebih bersih serta tidak mudah berminyak sehingga saya gak harus sering-sering keramas lagi.

Semoga saja setelah ini Scarlett dapat mengeluarkan produk perawatan rambut yang lebih bervariasi lagi untuk memenuhi kebutuhan segala jenis serta masalah rambut.

Masing-masing harga dari Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Conditioner adalah Rp 75 ribu. Kalau lagi diskon bisa lebih murah lagi. Jangan lupa selalu pastikan produk yang dibeli asli, ya. Cara untuk mengecek keaslian produk Scarlett bisa buka link berikut.

https://verify.scarlettwhitening.com/ 

Produk-produk Scarlett yang sudah pasti keasliannya dapat bisa dibeli di official shopnya di Shopee atau bisa langsung klik link berikut.

 https://linktr.ee/scarlett_whitening

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p