Selasa, 15 Februari 2022

Oganic Marine Botanicals Series, Skincare Alami dari Lombok untuk Pejuang Jerawat



Pejuang jerawat mana suaranyaaa?

Bertahun-tahun pernah berjuang melawan jerawat yang mengganggu, saya sampai punya keinginan kelak anak-anak harus mengenal skincare sedini mungkin agar tidak merasakan apa yang saya rasakan dulu.

Jerawat sebenarnya adalah hal yang normal terjadi pada kulit. Penyebabnya pun bermacam-macam, bisa karena hormon, stres, atau pola hidup. Tapi menjadi tidak wajar ketika jerawat sudah mengganggu kenyamanan ditambah komentar orang sekitar yang sering membuat kepercayaan diri menurun. Dan itulah yang saya alami dulu, jerawat meradang sampai membuat kulit perih dan gatal diperparah dengan komentar orang-orang yang tak jarang menyakiti hati saya.

Ketika itu akses informasi belum semudah sekarang ditambah produk perawatan yang bagus dengan harga terjangkau juga belum banyak. Oleh karena itu butuh waktu yang lama untuk saya bisa lepas dari masalah jerawat. Berbeda dengan sekarang di mana informasi mengenai perawatan kulit serta produk lokal dengan kualitas yang bagus dan harga terjangkau sudah banyak bertebaran.

Untuk teman-teman yang sedang mengalami masalah dengan jerawat, pada tanggal 10 Februari kemarin, Oganic baru saja meluncurkan Marine Botanicals Series yaitu skincare alami anti jerawat yang diformulasikan secara premium oleh Oganic menggunakan tumbuhan-tumbuhan laut seperti Seaweed, Spirulina Maxima, Seaweed Algae, serta Pearls Extract yang memiliki banyak manfaat untuk kulit, tanpa bahan-bahan kimia berbahaya, aman untuk semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif yang rentan berjerawat sekalipun.

Bagi yang belum tahu, Oganic sendiri merupakan brand skincare yang berasal dari Lombok yang mengusung konsep ramah lingkungan serta menggunakan bahan-bahan dari petani lokal sekitar. Semua produk dari Oganic sudah memiliki sertifikat BPOM, cruelty free, serta halal.

Produk dari series Oganic Marine Botanicals terdiri dari Gentle Face Wash, Face and Body Mist, Face Serum, Matte Day Cream, Hydrating Night Cream, serta Acne Gel Treatment. Semua produk dalam Marine Botanicals Series tidak mengandung SLS, artificial fragrance, Alkohol, serta Paraben dengan kemasan yang didominasi oleh warna putih dan biru.

Berikut ulasan lengkap saya mengenai Oganic Marine Botanicals Series.


Oganic Marine Botanicals Gentle Face Wash



Ingredients.

Aqua, Helianthus annuus seed oil (Sunflower oil), Cocamidopropyl Betaine, Vegetable Glycerin, Butyrospermum parkir (Shea Butter), Coco Gluside, Arthrosipra Plantesis Extract (Spirulina), Pearl Extract, Ulva Lactuca Extract (Seaweed), Nicotinamide, Carbomer, Phenoxyethanol, Tetrahydroxyethyl Ethylenediamine.

Dikemas dalam botol pump berukuran sedang, Oganic Face Wash memiliki tekstur seperti gel yang cair dengan warna putih susu dengan aroma seperti Spirulina atau Henna bubuk. Saya suka dengan aromanya yang terkesan sederhana, lembut, dan menenangkan.

Ketika diaplikasikan ke wajah, face wash ini hampir tidak menghasilkan busa. Setelah dibilas, ada sedikit rasa licin yang tertinggal. Bagi yang terbiasa dengan face wash yang kesat setelah dibilas mungkin akan merasa kurang nyaman. Tapi karena dari dulu saya memang lebih suka face wash tanpa SLS yang gak bikin kulit terasa ketarik dan kering jadi saya gak masalah sama sekali dengan rasa licin setelah menggunakan Oganic Face Wash.

Selain langsung diaplikasikan di wajah dengan tangan kosong, sesekali saya juga mengaplikasikan face wash ini menggunakan silicone face wash dari Oganic. Hasilnya kulit wajah terasa bersih dan lebih halus.

Meskipun silicone face wash dari Oganic sangat lembut dan tidak sakit saat diaplikasikan ke wajah, tapi saran saya jangan gunakan terlalu sering karena takutnya malah membuat kulit over eksfoliasi sehingga merusak skin barrier yang bisa jadi pencetus timbulnya jerawat.


Oganic Marine Botanicals Face and Body Mist



Ingredients
Aqua, Vegetable Glycerin, Pearl Extract, Arthrospira Plantesis Extract (Spirulina), Ulva Lactuca Extract (Seaweed), Phenoxyethanol.

Karena membawa nama Body Mist, saya pikir produk ini adalah parfum. Ternyata spray untuk menyegarkan kulit muka dan badan.

Oganic Face and Body Mist termasuk produk yang multifungsi karena dapat digunakan dengan berbagai cara, antara lain sebagai hydrating toner setelah menggunakan face wash, setting spray setelah make up, dan untuk menyegarkan kulit, serta menenangkan kulit yang iritasi.

Meskipun tidak mengandung artificial fragrance tapi Oganic Face and Body Mist punya aroma alami yang menyegarkan, hampir mirip dengan aroma permen karet xylitol.

Teksturnya benar-benar seperti air, cepat menyerap, tidak lengket mau pun terasa berat. Butiran spraynya juga halus sehingga gak akan membuat kulit menjadi basah kuyup setelah mengaplikasikannya.


Oganic Marine Botanicals Face Serum

Ingredients.

Aqua, Arthrospira Plantesis Extract (Spirulina), Pearl Extract, Ulva Lactuca Extract (Seaweed), Tetrahydroxyethyl Ethylenediamine, Phenoxyethanol, Hydroxyethylcellulose, Citric Acid.

Kemasan face serum ini sama dengan serum lainnya di mana dikemas dalam botol kaca dengan tutup ulir yang sudah dilengkapi pipet. Saya suka dengan bagian silikon pada pipetnya yang empuk sehingga memudahkan untuk mengambil produk.

Cukup gunakan 2-3 tetes saja sudah bisa menjangkau seluruh wajah dengan tekstur yang cenderung cair berwarna putih bening. Meskipun ada rasa sedikit lengket di awal pengaplikasian, namun face serum ini bisa dibilang cepat menyerap dan membuat wajah lebih lembab tanpa terasa berat.

Serum yang tidak mengandung artificial fragrance biasanya memiliki aroma aneh yang mengganggu, tapi tidak dengan Oganic Face Serum. Serum ini memiliki aroma seperti fermentasi yang samar, kalau tidak diendus dengan seksama, hampir tidak tercium aromanya.


Oganic Marine Botanicals Matte Day Cream



Ingredients.

Aqua, Helianthus annuus seed oil (Sunflower Oil), Butyrospermum parkii (Shea Butter), Arthrospira Platensis Extract (Spirulina), Pearl Extract, Vegetable Glycerin, Laurex CS, Eucheuma Spinosum Powder (Seaweed), Ulva Lactuca (Seaweed), Stearic Acid, Tetrahydroxyethyl Ethylenediamine, Phenoxyethanol.

Day Cream ini dikemas dalam pot plastik yang cukup tebal dan kokoh tanpa dilengkapi dengan spatula. Pastikan tangan dalam kondisi bersih ketika mengambil produk agar kualitasnya tetap terjaga.

Tekstur dari Oganic Matte Day Cream cenderung kental dan padat dengan aroma mirip seperti Spirulina bubuk. Awal diaplikasikan, wajah akan terasa lengket tapi setelah produk menyerap, rasa lengket tersebut hilang dan sesuai namanya, kulit wajah terasa matte tapi tetap lembab.

Karena belum mengandung UV Filter jadi setelah menggunakan Oganic Day Cream baiknya lanjutkan dengan pemakaian sunscreen. Tenang saja, cream ini gak menghasilkan efek peeling kok meskipun dilayer dengan skincare mau pun make up.


Oganic Marine Botanicals Night Cream



Ingredients.

Aqua, Helianthus annuus seed oil (Sunflower Oil), Butyrospermum parkii (Shea Butter), Arthrospira Platensis Extract (Spirulina), Pearl Extract, Vegetable Glycerin, Laurex CS, Ulva Lactuca (Seaweed), Stearic Acid, Tetrahydroxyethyl Ethylenediamine, Nicotimamide, Phenoxyethanol.

Sama seperti Day Creamnya, Oganic Hydrating Night Cream juga dikemas dalam pot dengan tutup ulir. Bahkan dari segi desain dan warna kemasan, keduanya sangat mirip sehingga harus teliti saat akan menggunakan produk agar tidak tertukar.

Perbedaan yang sangat terlihat antara Day Cream dan Night Cream dari Oganic Marine Botanicals adalah dari teksturnya, di mana Oganic Marine Botanicals Hydrating Night Cream cenderung lebih cair timbang day Creamnya. Masih ada rasa lengket dan basah ketika awal diaplikasikan namun setelah menyerap, kulit terasa lebih nyaman tapi tetap lembab. Saat bangun di pagi hari pun, kulit tetap lembab tanpa membuatnya terasa berminyak. Kayaknya ini salah satu night cream ternyaman yang pernah saya coba.


Acne Gel Treatment



Ingredients.
Aqua, Arthrospira Plantesis Extract (Spirulina), Ulva Lactuca Extract (Seaweed), Carbomer, Phenoxyethanol, Mentha Piperita Extract (Mint Extract), Triethanolamine, Tea Tree Melaleuca Alternifolia Oil (Tea Tree Oil), Spearmint Oil.

Work like magic!

Mungkin itu lah ungkapan yang tepat untuk Oganic Acne Gel Treatment. Awalnya saya skeptis bahwa produk ini dapat mempercepat penyembuhan jerawat. Tapi ketika saya coba aplikasikan pada jerawat kemerahan serta bakal jerawat yang mulai terasa sakit di wajah, secara ajaib keesokan harinya jerawat-jerawat tersebut langsung hilang.

Teksturnya sendiri seperti gel kental dengan aroma mirip seperti Oganic Face and Body Mist. Saat diaplikasikan ke wajah, terasa ada sensasi dingin tapi gak terlalu strong. Gak heran, karena memang ada kandungan Mint Extract dalam komposisinya.

Selain itu, Acne Gel Treatment ini memiliki kemasan yang unik berupa tabung kecil dan ramping dengan tutup ulir berwarna bening. Pada bagian kepala botolnya terdapat pump dengan bentuk memanjang dan meruncing di satu sisi.

Meskipun Oganic Marine Botanicals Series ini ditujukan untuk kulit yang mudah berjerawat, tapi sebenarnya semua jenis kulit bisa juga menggunakannya karena kandungan dari series ini memang gak neko-neko dan masuk ke semua tipe kulit bahkan yang sensitif sekalipun.

Selain bisa menyembuhkan jerawat, Oganic Marine Botanicals Series juga memiliki manfaat sebagai anti aging, memudarkan noda bekas jerawat dan flek hitam, serta dapat mencerahkan wajah dengan pemakaian rutin.

Oganic juga punya penawaran menarik, yaitu free Guasha Roller atau Silicone Face Wash untuk 100 pembeli pertama serta free Exclusive Traveling Pouch atau Candle Marine Botanicals dan Guasha Roller atau Silicone Face Wash untuk 100 pembeli pertama paket set Marine Botanicals Series.

Menariknya lagi, kemasan Oganic yang sudah kosong bisa dikembalikan ke kantor pusat di Lombok dan akan mendapat poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan produk.

Teman-teman yang memiliki masalah jerawat atau sedang mencari produk yang natural dan komposisinya gak neko-neko bisa mencoba Oganic Marine Botanicals Series yang bisa dibeli di website (Oganic.id), Shopee (Oganic Official Shop), mau pun Tokopedia (Oganic).




1 komentar:

  1. Naaaah aku juga ngalamin mba, pas kulit dulu jerawatan Krn salah produk, sembuhnya lamaaaa banget, setahunan lebih. Mungkin Krn informasi juga blm kayak sekarang yaaa. Produk skincare juga masih terbatas. Yg ada temen2 malah komen yg nyakitin.

    Kalo skr, Krn udah gampang dapat informasi, aku jadi lebih tahu kulitku cocok dengan ingredients apa , dan mana yg sering bikin breakout.

    Aku suka nih kalo facial wash ya ga berbusa, dari dulu facial wash yg aku pake dan cocok di wajah memang yg minim busa semua. Yg berbusa malah bikin breakout.

    Kandungan seaweed juga bagus sih. Dulu banget pernah coba produk yg pakai kandungan seaweed. Walopun skr udah ga pakai, tapi aku cocok aja Ama seaweed , terlebih Krn bahan itu anti aging banget. Keren nih oganic. Kalau aku masih mencari2 skincare yg cocok buat wajah, mungkin bakal aku coba. Tapi kalo skr ini, kulitku udah telanjur cocok Ama skincare tertentu. Nasib punya kulit super sensi, jadi sebisa mungkin ga Gonta ganti mba 😅.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p