Selasa, 13 April 2021

Update 7 Bulan Menggunakan Shampoo Rambut Rontok Tanpa SLS Untuk Ibu Hamil dan Menyusui dari Mama's Choice

Saat ini Kama sudah memasuki usia 8 bulan, berarti sudah sekitar 7 bulan saya sudah menggunakan shampoo conditioner tanpa SLS dan paraben untuk rambut rontok yang aman untuk ibu hamil dan menyusui dari Mama's Choice. Dan dulu saya pernah berjanji akan meng-update kondisi rambut saya setelah beberapa bulan menggunakan produk perawatan rambut rontok dari Mama's Choice, apakah kondisi rambut saya tetap mengalami kerontokan pasca melahirkan atau tidak.

Dan jawabannya adalah....

Yupz! Saya tetap harus mengalami fase kerontokan rambut pasca melahirkan ketika Kama memasuki usia 4 bulan. Namanya perubahan hormon ya, mau gak mau memang harus dilalui.

Baca juga: Review Perawatan Rambut untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Mama's Choice Hair Care Series

Tapi fase rambut rontok parah yang saya lalui gak terlalu lama, cuma 2 bulan saja. Sekarang rontoknya sudah jauh berkurang dan mulai banyak anak rambut yang tumbuh di kepala, eh salah, buanyak bangeeett anak rambut yang tumbuh sampai anak rambut di bagian poni saya tuh udah bisa membentuk kumpulan poni baru. Berbeda dengan pengalaman pasca melahirkan sebelumnya di mana saya harus mengalami fase rambut rontok hingga berbulan-bulan.

Meskipun rontok karena perubahan hormon pasca melahirkan gak bisa dihindarkan tapi bukan berarti kita jadi abai untuk merawat rambut. Justru agar kerontokannya gak semakin parah, rambut harus dirawat dengan rutin.

Nah, salah satu cara agar kita tidak malas merawat rambut yang sedang rontok adalah dengan memilih produk perawatan rambut yang wanginya enak supaya lebih semangat untuk merawat rambut dengan rutin. Selain itu aroma wewangian yang menyenangkan itu menurut saya berpengaruh untuk menaikkan mood sehingga bisa mengurangi stres yang juga bisa memicu terjadinya rambut rontok.

Baca juga: Tips Perawatan Rambut yang Aman Dilakukan Saat Hamil dan Menyusui

Itulah kenapa saya suka banget dengan Shampoo dan conditioner dari Mama's Choice karena selain kandungannya aman, halal, dan natural, aromanya juga enak banget. Setiap selesai keramas rasanya seperti habis perawatan di salon. Selain itu, wanginya awet sampai beberapa hari.

Wangi dari produk perawatan rambut dari Mama's Choice ini mirip dengan aroma buah kiwi yang memang menjadi komposisi utamanya. Saya baru tahu, lho, ternyata kiwi ini punya manfaat yang bagus untuk mengatasi rambut rontok. Selain kiwi, ada juga kemiri yang berfungsi untuk menutrisi rambut dan kulit kepala serta green pea yang bermanfaat dalam meningkatkan akar rambut serta merangsang pertumbuhan yang lebih sehat.

Setelah 2-3 bulan menggunakan perawatan rambut dari Mama's Choice, saya sempat mengalami masa ketombe malah jadi tambah banyak setelah keramas. Tapi tetap saya terusin aja pemakaiannya. Eh sekarang malah kulit kepala jadi lebih bersih kalau pakai shampoo dari Mama's Choice ini.

Mungkin kapan hari kulit kepala saya sedang mengalami proses detoksifikasi untuk menghilangkan residu yang dihasilkan oleh kandungan SLS dari produk perawatan rambut yang sebelumnya saya gunakan. Kalau gak salah, saya pernah baca artikel yang menjelaskan bahwa di awal penggunaan shampoo tanpa SLS pada beberapa orang akan mengalami proses detoksifikasi atau semacam purging gitu. Tapi setelah itu, kondisi rambut akan lebih baik. Saya lupa pernah baca di mana, nanti saya cek lagi ya bener apa gak. Yang jelas efek kulit kepala lebih bersih dan rambut juga lebih sehat tiap keramas dengan Shampoo Mama's Choice itu nyata banget saya rasakan.

Fungsi SLS pada shampoo sebenarnya untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran. Namun pada beberapa orang, kandungan SLS pada shampoo justru memberikan efek kurang bagus seperti kulit kepala menjadi kering dan berketombe, rambut jadi lebih rapuh, serta pada rambut yang diwarnai jadi lebih cepat pudar. Malah ada juga yang merasakan efek sakit kepala setiap kali keramas menggunakan shampoo ber-SLS. Pada ibu hamil, konon kandungan SLS bisa mempengaruhi kerja hormon terutama pada janin berjenis kelamin laki-laki.

Meskipun tanpa SLS, kesan keramas menggunakan shampoo Mama's Choice hampir mirip banget dengan shampoo pada umumnya, gak seret atau malah berasa gak keramas, yang pernah mencoba shampoo tanpa SLS pasti ngerti maksud saya. Bedanya shampoo Mama's Choice memiliki tekstur seperti gel bening dan busa yang dihasilkan gak sebanyak shampoo ber-SLS.

Baiknya sih, setelah shampoo dilanjutkan dengan menggunakan conditioner dari Mama's Choice juga supaya hasil lebih maksimal. Tapi karena belakangan Kama lagi masuk fase separation anxiety alias gak bisa lihat mamanya hilang dari pandangan dikit langsung nangis, jadi saya lebih sering keramas hanya menggunakan shampoo Mama's Choice saja karena terburu-buru. Meski begitu rambut saya tetap berasa lembut dan mudah diatur. Tapi memang gak selembut kalau menggunakan conditioner.

Ohya, conditioner dari Mama's Choice ini aromanya mirip dengan shampoonya jadi kalau dipakai berbarengan aromanya gak akan saling mengalahkan tapi justru saling melengkapi seperti aku dan kamu, eeaa.

Buat teman-teman yang sedang mencari shampoo conditioner tanpa SLS dan paraben  dengan bahan yang aman, halal, dan natural khususnya untuk ibu hamil serta menyusui, boleh dicoba nih perawatan rambut dari Mama's Choice. Satu paket shampoo serta conditioner dari Mama's Choice dihargai Rp 179.000,00. Bisa dibeli di www.mamaschoice.id. Gunakan kode voucher MAMAMERISKA untuk mendapatkan diskon Rp 25 ribu dengan minimal pembelanjaan Rp 90 ribu.


1 komentar:

  1. Aku juga udah pake shampoo anti hair fall yg ga mengandung SLS lagi mba, dan rasanya memang beda sih Ama shampoo yg pake SLS. Rasanya, aku udh ga mau pake shampoo yg SLS gitu, Krn memang ga cocok bgt di aku. Dulu rambutku puaaaraaah rontoknya sampe tipis :(. Tp sejak pake shampoo yg skr, amat sangat jauh berkurang . Bisanya memang ga banyak, tp ga bikin rambutku kering.

    Belum pernah coba yg mama choice , masalahnya aku udh telanjur cocok Ama shampo skr. Agak kuatir kalo mau nyoba2 lagi. Tp intinya, kalo memang tanpa SLS, aku yakin juga itu pasti bgus :)

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p