Senin, 08 Maret 2021

Ketika Ada Bisul di Kepala Alif Karena Kutu

Udah lama banget pengen cerita tentang pengalaman saat ada benjolan seperti bisul di kepala Alif yang diduga karena ulah kutu. Seumur-umur baru kali ini saya tahu bisul bisa tumbuh di kepala, selama ini tahunya di sekitar bokong, doank. Sampai sempet kepikiran yang aneh-aneh juga karena namanya belum pernah mengalami, ya.

Sejak menyandang status menjadi murid TK, Alif sempat beberapa kali kutuan yang kemungkinan karena tertular teman sekolahnya bahkan gak cuma Alif, pertama kali ketahuan kalau di kepala Alif ada kutunya tuh ternyata saya dan suami juga sudah ketularan. Untungnya kami lumayan cepat mengetahui kalau Alif kutuan, belum sempet sampai parah dan beranak pinak banyak jadi gak perlu waktu lama serta gak pakai obat khusus, kutu di kepala Alif bisa hilang.

Sayangnya, si komplotan kutu gak kapok-kapok untuk kembali menyatroni kepala Alif. Jadi kepalanya bersih dalam waktu beberapa bulan eh abis itu saya nemu lagi tuh tiba-tiba ada penghuni baru di kepala Alif. Ya gimana, namanya anak tiap hari sekolah dan berinteraksi dengan temannya jadi kemungkinan untuk tertular kutuan ya akan terus ada.

Sampai di akhir tahun 2019, saya kembali menemukan ada kutu di kepala Alif. Dan saat bergerilya mencari si kutu alias petan-petan, saya melihat di kepala Alif ada luka kecil yang sudah kering, kayaknya itu luka hasil karena gigitan kutu. Nah, luka itu gak sengaja saya garuk sampai lapisan yang keringnya terlepas.

Gak disangka ternyata luka yang super duper kecil cuma setitik begitu bisa berubah jadi benjolan besar banget.

Awalnya muncul benjolan seperti jerawat batu di kepala Alif. Lalu makin lama kok kayaknya makin besar dan melebar. Tiap area sekitar benjolan tersentuh, Alif pasti teriak kesakitan. Dan saat saya cek ternyata memang benjolan makin melebar dan jadi seperti borok, banyak kulit kering yang terkelupas seperti ketombe di area benjolan tersebut. Keesokan harinya, benjolannya makin menonjol dengan warna kemerahan sehingga terlihat jelas seperti bisul tapi dengan ukuran besar.

Kebetulan saat itu kami sedang berada di Malang, jadi Alif langsung kami bawa ke dokter spesialis kulit langganan suami. Dan kata dokternya benjolan tersebut karena infeksi yang kemungkinan butuh waktu 5 hari untuk penyembuhan, lalu Alif diresepkan antibiotik oles.

Persis setelah 5 hari menggunakan antibiotik, benjolannya pecah dan mengeluarkan nanah. Ukuran benjolannya pun terlihat sedikit mengecil. Setelah itu, kami lanjut mengoleskan salep antiseptik (Ichtyol) pada benjolannya Alif. Seminggu kemudian, baru deh bisulnya benar-benar sembuh. Cuma bagian kepala Alif yang menjadi tempat tumbuh bisul jadi terlihat botak karena rambutnya ikut hilang.

Sayangnya, setelah sekitar 2 minggu bisulnya sembuh, eh tumbuh lagi bisul di tempat yang baru. Gak cuma satu, melainkan ada di 2 tempat. Pertama di sebelah bisul yang lama, dan yang ke 2 tumbuh di area rahang Alif. Astaga, apa lagi ini, Miskaaaahh?

Meskipun gak sebesar bisul yang pertama, tapi bisul ke 2 ini lebih kelihatan karena area botak di kepala Alif kan makin melebar. Area botak hasil bisul pertama aja rambutnya belum numbuh lagi, eh muncul lagi bisul baru.

Gak mau bisulnya makin parah dan membesar seperti sebelumnya, jadi langsung cepat-cepat saya oleskan salep antiseptik kembali secara rutin. Alhamdulillah, kali ini gak butuh waktu lama agar bisulnya bisa lenyap. Selain itu, bagian kepala Alif yang jadi botak pun kini sudah kembali ada rambutnya. Padahal udah kuatir aja rambutnya gak numbuh lagi.

Masalah dengan kulit memang udah jadi makanan sehari-harinya Alif. Saya dan suami udah kenyang banget, deh, bolak-balik harus menghadapi kondisi kulit Alif dengan berbagai keluhannya. Kami curiga kalau Alif punya dermatitis atopik atau eksim melihat dari ciri-ciri kulit Alif selama ini. Suami sendiri memang punya riwayat eksim bahkan sampai saat ini dan kemungkinan eksimnya ini nurun ke Alif.

Pada kondisi tertentu, sekujur tubuh Alif bisa gatal-gatal dan muncul bentol-bentol entah karena apa. Oleh karena itu, selain salep antiseptik, kami juga selalu sedia baby rash cream untuk mengatasi masalah kulit Alif. Sebelumnya kami pernah menggunakan bedak dingin juga untuk mengatasi gatal di kulit Alif tapi ternyata bedak tersebut hanya memberi efek tenang sementara tapi gak bisa menyembuhkan keluhan. Jadi, kami pun beralih menggunakan baby rash cream.

Saat ini Alif menggunakan baby rash cream yang sama dengan Kama, Mama's Choice Baby Rash Cream. Gak cuma Alif dan Kama, sih, Nayla juga pakai kalau muncul ruam popok. Maklum, Nayla sampai sekarang masih belum lulus toilet training, nih.

Baca juga: Pengalaman Mengatasi Ruam Kemerahan di Leher Bayi Dengan Mama's Choice Rash Cream

Memilih rash cream untuk anak dengan kulit sensitif seperti Alif ini rada tricky karena kalau salah pilih ruam kulitnya bukan makin sembuh malah makin menjadi.

Untungnya Alif lumayan cocok Mama's Choice Baby Rash Cream. Beberapa keluhan kulitnya bisa menunjukkan perbaikan setelah saya oleskan cream tersebut. Mungkin karena kandungan Mama's Choice ini aman, halal, dan natural, ya, jadi Alif cocok dan saya bisa #kurangiworry , gak perlu bingung lagi saat ruam kulitnya kambuh.

Mama's Choice Baby Rash Cream terbuat dari bahan natural denga  komposisi utama yang terdiri dari Centella Asiatica, Rosemary, Sweet Almond, Green Tea, Licorice, Chamomile, Japanese Knotweed, dan Skullcap. No paraben, no alcohol, no artificial fragrance, serta sudah teruji klinis dapat membantu kemerahan dan iritasi kulit pada bayi dengan cepat hanya dalam 3 kali pemakaian.

Baca juga: Salep Tepat Mengatasi Ruam Susu Pada Bayi Lebih Cepat

Meskipun tanpa pewangi tapi rash cream ini masih punya aroma, kok. Aromanya powdery khas wangi bayi yang lembut tapi nagih gitu. Teksturnya juga saya suka, seperti gel yang kental tapi cepat meresap di kulit dan gak meninggalkan kesan berminyak.

Teman-teman, yang sedang mencari cream atau salep untuk mengatasi masalah kulit pada bayi dan anak yang kandungannya sesuai untuk kulit sensitif dengan harga di bawah Rp 100 ribu, boleh dicoba nih Mama's Choice Baby Rash Cream.

Harga Mama's Choice Baby Rash Cream adalah Rp 89 ribu. Bisa dibeli di www.mamaschoice.id dan jangan lupa masukkan kode voucher MAMAMERISKA untuk mendapatkan potongan harga Rp 25 ribu dengan minimal pembelanjaan Rp 90 ribu. Gratis ongkos kirim Se-Jabodetabek.

Ngomong-ngomong, ada yang anaknya atau malah pernah mengalami keluhan kulit yang aneh tapi nyata seperti masalah bisul di kepalanya Alif juga gak nih?


1 komentar:

  1. Duuuh anak2 itu memang penyakitnya aneh2 aja kalo udh mulai sekolah yaaa :(. Apalagi kalo udh menyangkut kutu, aku paling kuatir Ama wabah 1 itu -_- . Rasanya pgn lgs botakin rambut si ank deh biar lgs ilang.

    Aku udh jrg pake rash cream mba :). Dulu pas anak2 bayi sering memang. Utk pantatnya supaya g kena ruam popok. Tp memang masalah kulit mereka jrg sih. Makanya ga terlalu sering juga pake cream begini. Anak2 LBH riskan kena batpil drpd masalah di kulit.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p