Sabtu, 30 Januari 2021

Review Popok Kama Saat Newborn hingga 6 Bulan



Mungkin karena udah anak ke 3 dan pernah punya pengalaman anak-anak sebelumnya kena ruam popok jadi ketika Kama lahir, saya udah males mau coba-coba merk pospak (popok sekali pakai). Pilih yang pasti-pasti aja deh sesuai pengalaman waktu Alif dan Nayla dulu. Selain itu, di daerah tempat saya tinggal pilihan pospak yang tersedia juga gak banyak. Tapi ternyata baru juga umur 3 bulan, Kama udah 3 kali ganti merk pospak donk. Kenapa? Kena ruam popok? Langsung ke review aja deh ya!

Jadi ini lah beberapa pospak yang udah Kama cobain dari Newborn hingga saat ini umur 6 bulan.


Mamy Poko



Salah satu merk pospak yang mudah didapat di Sidoarjo itu ya Mamy Poko. Alif dan Nayla juga pakai merk ini udah lama, tepatnya sih sejak tinggal di Sidoarjo. Tapi memang waktu newborn mereka gak pakai Mamy Poko. Alif saat newborn pakai Merries dan Pampers, sedangkan Nayla pakai Pampers dan Goon. Eh Alif pernah nyoba Mamy Poko Tape sih waktu umur sebulan tapi bungkus kecil dan gak repurchase gak tau kenapa, lupa alasannya, heuheu.




Melihat Alif dan Nayla cocok-cocok aja pakai Mamy Poko jadi untuk saya memutuskan Kama juga pakai merk yang sama, Mamy Poko Tape.

Ternyata Mamy Poko Tape Newborn sekarang bahannya lebih lembut dan tipis timbang waktu jamannya Alif dulu. Kalau dulu kan Mamy Poko terkenal bulky bikin paha bayi rada ngangkang. Kalau yang sekarang ini gak.

Saya perhatikan, cuttingan Mamy Poko Tape untuk Newborn ini rada pendek, beda banget dengan Mamy Poko Tape untuk ukuran yang lebih besar. Di bagian pusar ada lekukan yang memudahkan bagi bayi yang belum puput puser agar gak tertutup pospak.

Hari-hari awal setelah Kama lahir sih terlihat cocok-cocok aja dengan Mamy Poko. Mungkin karena pipisnya belum banyak ya?

Hingga akhirnya masuk minggu ke dua, dan terjadilah drama pospak bolak balik bocor. Bocornya pun gak masuk akal banget deh. Baru ganti pospak setengah jam dan posisi Kama juga lagi tidur di kasur gak miring-miring, bisa-bisanya itu pospak bocor sebadan. Udah coba pastiin masangnya yang rapet dan benar sekali pun tetep aja seringkali bocor.

Saat itu masih mencoba positif thinking, mungkin gak cocok pakai yang tape. Coba ganti yang Mamy Poko Pants. Eh sami mawon, Permisaaah! Malah lebih sering bocor timbang yang tape, huhuhu.

Sungguh lelah banget dengan drama pospak bocor ini karena bikin tidur Kama gak nyenyak. Mana tiap kebangun karena pospaknya bocor, susah banget buat nidurin lagi. Saya pun jadi stres, gak bisa istirahat karena bolak-balik kudu gantiin baju Kama terus nyusuin lagi sampai lemes.

Ipar-ipar saya sendiri juga sudah menjadi saksi soal drama pospak bocor ini waktu ke rumah kakak ipar di Batu. Saya mengganti pospak Kama karena kami akan pulang ke Sidoarjo. Saat itu Kama sudah menggunakan pospak merek lain tapi karena koper sudah masuk mobil jadi saya mengambil stok pospak yang ada di diaper bag. Dan kebetulan pospak yang ada di diaper bag itu adalah Mamy Poko Tape.

Gak sampai 15 menit, pospaknya bocor donk. Badan Kama basah sebadan-badan padahal baru saya gantikan baju juga, ggrr. Suer deh, saya gak mengada-ada. Gak ngerti juga kenapa Mamy Poko bisa sering banget bocor kalau dipakai Kama, padahal badan Kama standar bayi pada umumnya kok. Bukan bayi petite.


Pampers



Karena udah lelah banget nget nget dengan drama pospak bocor, akhirnya kami pergi ke Baby Shop besar yang ada di pusat kota untuk mencari alternatif pospak merek lain. Dan ternyata merek pospak yang ada juga gak terlalu variatif di Baby Shop tersebut. Selain Mamy Poko, merek lain yang udah punya nama cuma ada Pampers.

Ya udah, akhirnya memutuskan coba Pampers Tape karena Alif dan Nayla dulu juga cocok pakai merek ini.

Bahannya Pampers Tape ini lembut banget, penampangnya juga panjang, tapi mehooonggggg. Jauh lebih mahal timbang Mamy Poko. Saking suami kasihan sama istrinya yang lelah dengan drama pospak dan gak ada pilihan lain, jadi terpaksa nyoba Pampers.

Selain mahal, di Kama yang frekuensi pipisnya lumayan sering, Pampers ini cepet banget penuh dan gembung. Meski begitu sudah tidak ada drama pospak bocor lagi sejak ganti dengan Pampers Tape. Eh pernah deng bocor tapi kondisinya memang pospak udah penuh. Bukan yang baru aja ganti, gak lama kemudian bocor.

Eits, tapi drama gak selesai sampai di sini. Suatu hari Suami menemukan ada Pampers Pants dijual di minimarket seberang klinik tempat Kama vaksinasi dengan harga lebih murah timbang Pampers Tape. Akhirnya dibelilah satu pack Pampers Pants tanpa ragu.

Namun, malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih, Kama gak cocok pakai Pamers Pants karena drama pospak bocor terulang kembali, haha. Tapi kalau diamati, kualitas bahan Pampers Pants emang lebih kasar timbang Pampers Tape. Gak heran harganya lebih murah. Padahal biasanya pospak tipe pants itu lebih mahal gak sih dibanding yang tape?

Selain itu, kami rada curiga dengan desain Pampers Pant yang kami beli tersebut. Keterangan frontnya pakai semacam huruf cina gitu. Kalau disandingkan dengan Pampers Tape juga kok desain gambarnya beda banget. Takut aja kalau itu palsu apa gimana. Coba yang pernah pakai Pampers Pant circa 2020 kemarin, desainnya sama gak dengan yang saya punya?


Goon



Setelah berbulan-bulan gak keluar kota, akhirnya beberapa waktu lalu kami memutuskan untuk mudik ke Malang karena rumah direnovasi. Tapi selama di Malang, kami kontak sama keluarga suami doank. Itu pun keluarga deket. Bener deh. Jangan julid yak? Aku baperan lho orangnya, heuheu.

Momen mudik ke Malang pun kami manfaatkan untuk kulakan pospak di Buchi Kids, baby shop kebanggan warga Malang Raya, haha. 

Di Buchi Kids, kami membeli popok merek Goon tipe pant ukuran S. Harganya 11 12 dengan Mamy Poko. Kualitas bahannya pun ya setara lah. Gak lembut tapi gak kasar juga. Goon dulu juga pernah saya review detail saat Nayla bayi. Dan sampai saat ini dari segi bahannya masih sama sih, menurut saya.


Kama cocok pooolll pakai Goon Pants, penyebaran pipisnya merata dari depan sampai belakang. Bahkan sampai penuh pun, gak bocor juga. Dan sesuai dengan tagline mereka yang katanya gak mudah gembung itu benar sekali, Saudara-saudara.

Sekarang usia Kama udah mau 6 bulan dan pakai Goon Pant ukuran M. Kesan pemakaiannya udah beda lagi, sekarang penyebaran pipisnya gak terlalu merata kayak dulu lagi tapi seringnya terkumpul di bagian depan doank. Saya lihat, bagian karet pinggangnya memang pendek banget. Makanya beberapa kali pipisnya pernah bocor juga tapi gak sering sih. Jadi masih worth it lah untuk dipertahankan, heuheu ngomong apa sih.

Cuma ya itu, di Sidoarjo jarang ada merek Goon. Harus beli di Malang kalau mau repurchase. Jadi kalau stok Goon habis dan kami gak ada rencana ke Malang ya balik ke Pampers lagi.

Dari 3 merek tersebut, sampai saat ini gak ada yang bikin ruam popok di Kama. Permasalahannya memang cuma di seputar pipisnya bocor aja. Tapi meski begitu, area yang terkena popoknya selalu saya oleskan rash cream tiap selesai mandi sebagai tindakan preventif untuk mencegah ruam popok. Sekarang Kama pakai Mama's Choice Rash Cream.




Semua pospak yang saya review adalah tipe premium dari tiap merek tersebut ya. Pengalaman Alif dan Nayla dulu yang seringnya gak cocok dengan pospak tipe ekonomis sehingga malah mubazir membuat saya belum tertarik mencoba pospak tipe ekonomis. Tapi gak menutup kemungkinan suatu saat bakal tertarik buat nyoba, secara beda harganya lumayan ya, Saaayy. Mayan buat beli saham, caelah kayak ngerti aja, wkwk.

Gak menutup kemungkinan juga setelah ini bakal nyoba merek pospak lainnya atau malah kembali ke Mamy Poko soalnya beda usia bayi ternyata beda juga kesan pemakaiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p