Jumat, 13 November 2020

Cara Membersihkan Kompor Gas dengan Benar

Kompor gas merupakan salah satu peralatan dapur yang wajib kita miliki. Meskipun saat ini kompor listrik semakin banyak diminati, namun kompor gas tetap menjadi pilihan utama bagi sebagian besar rumah tangga atau bisnis restoran. Agar awet dan bebas masalah, kompor gas harus dibersihkan secara menyeluruh dengan teratur. Inilah cara membersihkan kompor gas dengan benar.


1.     Lepaskan Ring dan Tungku Kompor Gas

Untuk dapat membersihkan kompor gas secara menyeluruh, sebaiknya lepaskan dulu bagian tatakan atau ring dan bagian atas tungku. Bagian ring dan tungku kompor gas biasanya sangat kotor dan berminyak karena bagian ini bersentuhan langsung dengan api dan kadang terkena cipratan minyak atau cairan lain saat kita memasak. Jika bagian tungku pada kompor gas Anda tidak dapat dilepas, cukup lepas ring nya saja, dan bersihkan tungku sesuai dengan instruksi pada buku panduan kompor gas Anda.


2.     Rendam Ring dan Tungku dalam Air Sabun

Agar kotoran yang melekat pada ring dan tungku lebih mudah dibersihkan, rendam bagian ini terlebih dahulu dalam larutan sabun cuci piring dalam air hangat. Bila perlu tambahkan sedikit cuka agar kotoran lebih mudah dibersihkan. Diamkan, sementara Anda membersihkan bagian kompor gas lainnya.

 

3.     Bersihkan Permukaan Kompor Gas dengan Lap Kering

Selagi merendam bagian ring dan tungku hingga kotorannya melunak, Anda dapat membersihkan bagian permukaan kompor gas. Pertama, lap permukaan kompor gas terlebih dahulu dengan lap kering untuk membersihkan debu dan kotoran kering yang menempel. Anda tidak perlu menyikat atau menggosok permukaan kompor gas pada tahap ini.

 

4.     Bersihkan Saluran Tungku

 Bagian saluran tungku pada kompor gas kadang sering tersumbat oleh debu dan kotoran atau serpihan dari bahan yang kita masak. Jika tersumbat, aliran gas menuju tungku menjadi terganggu dan akibatnya kompor gas menjadi sulit dinyalakan atau api kompor gas menjadi tidak rata nyalanya. Karena itu perhatikan apakah ada kotoran yang menyumbat saluran tungku. Untuk membersihkan saluran tungku, gunakan krim pembersih khusus, jangan memakai air sabun karena akan mempengaruhi nyala api. Bersihkan kotoran yang menyumbat saluran tungku dengan sikat kecil atau batang lidi.

 

5.     Bersihkan Permukaan Kompor Gas dengan Air Sabun

Setelah permukaan kompor gas sudah bersih dari debu dan kotoran kering, lakukan pembersihan yang menyeluruh dengan menggunakan sabun cuci piring yang dilarutkan dalam air hangat. Gunakan spons untuk menggosok permukaan kompor gas. Celupkan spons dalam larutan sabun, lalu gosok permukaan kompor gas dengan gerakan memutar hingga semua kotoran terangkat. Jika spons sudah kotor, celupkan kembali ke dalam air sabun. Pastikan semua kotoran membandel pada permukaan kompor gas dapat terangkat. Jangan menyiram kompor gas dengan air sabun untuk membersihkannya. Jika saluran tungku terkena air, kompor gas dapat menjadi sulit untuk dinyalakan. Namun jika tungku sudah kering, kompor gas akan kembali normal.

Untuk membersihkan noda yang membandel, kadang air sabun saja tidak cukup. Anda dapat menggunakan larutan soda kue atau cuka apel. Semprotkan larutan ini pada noda membandel pada permukaan kompor gas, diamkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan spons.


6.     Bersihkan Sisa Sabun

Langkah selanjutnya adalah membersihkan sisa sabun pada permukaan kompor gas. Anda dapat memakai spons yang dibasahi dengan air untuk membilas sisa sabun. Setelah semua sisa sabun terangkat, keringkan permukaan kompor gas dengan menggunakan lap kering.

 

7.     Bersihkan Ring dan Penutup Tungku

Setelah permukaan kompor gas sudah bersih dan kering, bersihkan bagian ring dan tungku yang telah direndam dalam air sabun. Gosok kotoran yang masih menempel dengan menggunakan sikat kecil, lalu bilas dengan air bersih. Selanjutnya keringkan bagian-bagian ini dengan lap kering atau kanebo.


8.     Pasang Kembali Bagian-Bagian Kompor Gas

Setelah semua bagian kering dan bersih, pasang kembali bagian ring atas tungku kompor gas.

Selain menjadi lebih awet, kompor gas yang selalu bersih juga akan membuat dapur Anda semakin terlihat cantik. Sebaiknya bersihkan permukaan kompor gas segera setelah memasak, dan lakukan langkah pembersihan secara menyeluruh di atas sebulan sekali untuk menjaga kompor gas Anda tetap terjaga keawetannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p