Kamis, 28 Mei 2020

Halo! Calon Nomor Tiga


Menjelang usia pernikahan yang ke 7, saya dan suami mendapat kejutan yang tak disangka-sangka dan lumayan bikin saya shock untuk beberapa waktu. Yupz! Saya hamil lagi, fyuuuuhhh.

Lha kok fyuuuuuhhh?

Soalnya memang kehamilan kali ini gak terencana sama sekali. Yang kenal saya deket, pasti tahu kalau saya maunya cukup 2 anak saja karena merasa sudah lumayan kewalahan ngerawat 2 bocah. Kalau pak suami sih emang dari dulu cita-citanya pengen punya anak 3 karena kebiasaan punya keluarga kemriyek alias banyak anak jadi dia ngerasa 2 anak itu masih sepi, ckckckck.
 
Lha emangnya gak KB?

KB kok! Tapi memang bukan KB spiral, pil, atau suntik sih melainkan pakai sistem kalender karena haid saya memang teratur, senggama terputus, dan kadang kondom. Itu termasuk KB kan ya? Triple protection lho, haha. Yah pokoknya saya dan suami bukan tipe pasangan yang pasrah, loooosss gak rewel gitu. Tapi ya mau gimana lagi, ternyata tetep aja jebol, wakakaka. Wong yang pakai KB spiral alias IUD aja banyak yang tetep kecolongan apalagi kita ye kaan? (Membela diri)

Waktu awal tahu kalau hamil lagi, saya sempat menangis, males mau ngapa-ngapain, bahkan selama beberapa hari saya sulit tidur nyenyak dan sering melamun sendiri. Sesyioook itu, Gaes! Pak suami yang ngelihat perubahan perilaku saya kayaknya jadi merasa bersalah terus dia tiba-tiba jadi rajin beresin rumah, hahaha.

Mungkin karena berita itu datang pas akhir tahun, di mana saya sudah membuat berbagai perencanaan untuk tahun depan yang salah satunya adalah saatnya saya meningkatkan skill dan lebih fokus ke diri saya yang sebelumnya sibuk uplek ngurus anak bayi. Selain itu juga saya ingin menata ulang finansial keluarga dan mulai mewujudkan rencana kami yang tertunda. Eh lagi berapi-apinya nyusun rencana ke depan, ya kok saya hamil lagi. Ngurus bayi lagi nih gueee??? Hahaha.

Pengalaman di 2 kehamilan yang membuat fisik saya payah banget terutama saat hamil Nayla juga jadi salah satu faktor kekhawatiran saya. Gimana caranya ngurus anak 2 pas lagi hamil? Apalagi kalau hamilnya bolak-balik muntah-muntah sampai lemes kayak Nayla dulu? Kalau suami pas keluar kota, apa saya masih bisa kuat ngurus anak-anak? Iiihhh, pokoknya pikiran saya bercabang ke mana-mana dah saat itu.

Sampai akhirnya udah di titik pasrah, gak bisa kalau saya terus-terusan mengkhawatirkan hal yang belum terjadi begini (maklum, anaknya suka overthinking). Yang terjadi ya udah biarkan terjadi, terima aja, dan saatnya mulai menyusun ulang rencana ke depan dengan kondisi yang baru. Selain itu saya berdoa bangeeeettt, supaya kehamilan kali ini lebih kuat dan gak sepayah kehamilan sebelumnya.

Dan ya ternyata dimudahkan jalannya sama Allah dengan adanya virus corona ini. Lha kok?

Soalnya berkat virus yang bandel ini pak suami jadi lebih sering di rumah, ke kantor cuma 2 sampai 3 hari dalam seminggu jadi beliau bisa bantuin saya momong anak dan ngurus rumah. Malah kayaknya semua kerjaan domestik dan urusan anak dia yang kerjain deh. Saya cuma masak, beres-beres dikit, dan nyuci piring yang itu pun ganti-gantian sama dia. Misal kalau pagi dia udah nyuci piring, ya saya siang atau malemnya gitu. Coba kalau gak ada wabah begini, ya udah stres saya ditinggal terus keluar kota.


Cuma ya ada plus minusnya sih. Gara-gara virus juga penghasilan suami jadi rada berkurang. Kan uang tambahan suami selama ini ya dari dinas luar itu yang bikin bisa nabung dan rada foya-foya, heuheu. Kalau sekarang hanya mengandalkan gaji doank jadi harus kencangkan ikat pinggang. Saya yang tadinya mau off dulu cari duit di dunia internet pun terpaksa kejar setoran buat nambah-nambahin saldo rekening. Tapi karena suami banyakan di rumah, ngurus kerjaan juga malah lebih santuy soalnya salah satu alasan saya mau off kan karena gak sanggup handle stres tiap ada deadline. Dulu tiap ada kerjaan, udah dicicil dari beberapa hari tapi tetep aja ujung-ujungnya jadi berasa hectic karena disambi ngurus anak-anak dan rumah sedangkan suami muesti tiap saya ada kerjaan ya kok pas keluar kota. Kalau udah stres akibat deadline tuh yang kena pasti anak-anak, saya jadi gampang emosi. Abis itu nangis-nangis merasa bersalah. Jadi ya udahlah fokus ke anak-anak dulu toh saat itu penghasilan suami terbilang sangat mencukupi. Eh gak taunya, datanglah virus yang membuat segalanya gonjang ganjing ini, wkwkwk.

Balik ke cerita kehamilan si nomor 3, secara performa (sales kali ah!) bisa dibilang ini kehamilan terkuat saya. Gak pakai muntah sama sekali. Mual sama hal tertentu sih ada tapi gak parah dan masih bisa ditahan. Keluhan hamil paling kerasa ya pas trimester 1. Saya jadi muales mandi, haha. Mandi tuh selalu di atas jam 9 malem dan hanya sekali sehari, itu pun setelah berkali-kali menguatkan niat. Mandi juga asal jebar jebur pokoknya ndang mari ndang uwes. Bayangin kamar mandi tuh rasanya langsung mual aja. Kalau sekarang sih udah gak apa-apa, malah kadang mandi bolak balik dalam sehari gara-gara hawanya lagi super gerah.

Selain itu saya juga suka mual dan lemes kalau perut lagi penuh. Jadi kalau udah beberapa kali makan, perut rasanya begah dan penuh. Porsi makan jadi cuma dikit padahal saya gampang laper waktu itu. Terus badan juga rasanya lemes dan kalau dipaksa aktivitas malah jadinya mual. Solusinya itu ya yang di perut harus dikeluarin dengan cara BAB tapi saya susah BAB kalau belum ada kontraksi alias rasa mules. Kalau udah mules, eh BAB pun gak lancar, rada sembelit gitu jadi BABnya dicicil sampai benar-benar perut kerasa kosong. Duuh! Kalau perut udah kosong itu rasanya hidup terasa lebih ringan. Makan apa aja hayuk, aktivitas ini itu gak masalah. Baru sehari, 2 hari badan enteng, kan makanan udah numpuk lagi tuh di perut dan terjadilah kembali yang namanya drama perut begah, badan lemes, mual, gak enak buat ngapa-ngapain, hahaha.

Oh iya, wajah saya juga jadi muncul jerawat batu lumayan banyak. Persis nih kayak waktu hamilnya Alif. Padahal waktu itu muka lagi kinclong-kinclongnya karena saya lagi rajin skincare-an berstep-step eh malah rusak lagi. Udah gitu banyak skincare yang baru saya beli gak bisa kepakai karena kandungannya gak cocok untuk ibu hamil. Untung ada suami yang siap menerima hibahan skincare jadi gak mubazir amat.

Meskipun wajah jadi jerawatan tapi selama hamil ini saya bener-bener muales banget pakai skincare, bayangin aroma skincare dan make up aja kayak pusing duluan. Ditambah ada virus yang bikin gak bisa kemana-mana, ya udah bhay aja deh itu skincare dan make up berbulan-bulan anteng di pouch gak kesentuh sama sekali. Untung kemarin ini ada beberapa job yang harus setor foto jadi kepaksa pakai make up lagi deh.

Masuk trimester 2 menuju 3, hampir semua keluhan di awal kehamilan udah gak berasa. Saking gak berasanya sampai lupa kalau HPL udah makin deket. Soalnya dulu pas hamil Nayla, menjelang trimester akhir badan saya jadi gampang sakit. Buat jalan susah, ngangkat kaki aja sakitnya ampuuunn, salah gerak dikit tiba-tiba kram sebadan gak bisa digerakkin, terus buat cuci piring agak banyak aja pinggang langsung linu buanget sampai saya teriak kesakitan. Lha hamil kali ini bener-bener loooss aja gitu gak pakai rewel, dipakai masak, nyuci piring, mandiin anak-anak, nyapu, ngepel, ngosek WC, dan segala rupa hayuk aja. Berasa sih ada linu-linu kalau udah mulai kecapekan tapi gak parah. Alhamdulillah banget, pas lagi momennya harus di rumah uplek sama anak-anak terus ya pas dikasih kekuatan selama kehamilan ini.

Meskipun fisik saya kuat diajak kerja ini itu, tapi selama ramadan kemarin saya cuma dapat puasa 2 hari doank. Soalnya tiap berbuka, kok ini bayi menunjukkan gerakan yang berbeda. Tendangannya jadi lebih cepat dan sering, lebih kayak detak jantung yang cepet gitu malah. Dan itu rasanya gak nyaman banget di saya. Udah gitu gerakan mencurigakan itu berlangsung lama dan terus menerus sampai malem. Bener aja tuh pas saya coba untuk gak puasa, eh gerakan aneh itu gak muncul sama sekali. Mungkin karena di kehamilan sebelumnya tiap puasa lebih banyak beli makan dan kerjaan juga lebih dikit kali ya jadi energi saya gak banyak terkuras.

Terus tanggapan anak-anak soal kehamilan saya gimana?

Kalau Alif sih emang pengen punya adik lagi yang kalau bisa kelaminnya cowok biar bisa diajak main game bareng. Tapi dia pesan kalau udah cukup punya 2 adik aja, jangan hamil lagi soalnya nanti kebanyakan, hahaha. Sedangkan Nayla belum ngerti konsep hamil dan di perut mama ada bayi. Tapi dia lagi suka main adik bayi adik bayian gitu sih. Ya kita lihat aja, moga aja dia bisa menerima kehadiran adiknya, heuheu. 

Oh iya, sampai sekarang Nayla belum sukses disapih nih. Tapi frekuensi nyusunya udah jarang banget sih dan dia udah ngerti kalau gak boleh nyusu lagi tapi ya kadang masih maksa minta. Berhubung gak ada pengaruhnya ke kandungan, jadi saya masih santai aja buat nyusuin Nayla selama hamil ini sambil pelan-pelan dilepas. Sekarang udah peningkatan banget kok timbang waktu awal hamil yang frekuensinya jauh lebih sering. Alif dulu juga baru sapih pas umur 3 tahun dan pas hamil Nayla sih, nyapihnya juga pelan-pelan gak pakai jamu-jamuan atau alat ini itu.

Selama hamil ini saya masih belum punya foto perut mblendung nih. Lha emang gak pernah kemana-mana juga sih, udah gitu males banget mau dress up kalau cuma di rumah aja. Jadi foto ilustrasinya pakai foto pas ultahnya Alif. Itu momen sehari setelah kami tahu kalau saya hamil lagi lho. Bisa dibilang kehamilan ini jadi hadiah ultahnya Alif yang ke 6 sih ya! Hehehe.

Ya udah deh, segitu dulu curhatan panjang yang nglambyar ke sana kemari ini. Lama bianget ya gak nulis sepersonal ini. Lega deh rasanya bisa menumpahkan seluruh uneg-uneg di kepala ini. Sampai jumpa di curhatan lainnya, jangan bosen ya! :D













1 komentar:

  1. Aku jg kaget loh pas tahu kamu hamil lagi :). Tapi biar gimana, rezeki ya mba, ga mungkin ditolak :D.

    Jd inget pas aku hamil kedua, itu jujur aja awalnya marah. Sampe nangis, marah ke si adek bayi dlm perut yg ga tau apa2 :(. Segitunya aku Krn bener2 ga mau hamil LG. Buatku itu merusak plan traveling soalnya :D.

    Tp seiring waktu aja kali yaaa, malah skr si anak nomor 2 ini yg paling Deket, paling manja, paling ga bisa lepas Ama emaknya hahahahahah. Nyeseeel banget kalo inget dulu pernah kesel dan marah2 Ama dia pas tau hamil mba :(. Terlebih skr ada Corona ,kok ya prinsip hidupku yg dulu slalu bertekad hrs bisa jalan2 stiap thun, skr ga gitu LG.skr malah maunya traveling bareng Ama anak dan suami. Gpp deh kalo ga bisa tiap THN, tp seridaknya nabungnya tetep jalan, dan kalo udh cukup berempat, baru jalan :D. Jd ga ngoyo kayak dulu.

    Sbnrnya kalo kita mau berfikir positif trus, selalu ada kok sisi baik dari segala macam kesusahan :D.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p