Senin, 03 Juni 2019

Sahur On the Road 2019 di Malang


Udah 3 tahun belakangan ini tiap bulan ramadan kita pasti menyempatkan sekali waktu untuk sahur on the road. Seneng aja gitu liat jalanan kota waktu dini hari, seperti menyimpan suatu kesyahduan, hazeegg.

Kalau tahun-tahun sebelumnya biasanya sahur on the roadnya selalu di Sidoarjo, ramadan kali ini kita nyobain sahur on the road di Malang. Kebetulan emang lagi takziah ke Malang terus nginep di homestay jadilah mau gak mau pas sahur ya keluar cari makan.


Enaknya sahur on the road di Malang itu kita gak perlu susah-susah cari tempat makan yang buka sampai subuh, karena masih lumayan banyak tempat makan yang buka. Khususnya di daerah kampus seperti jalan Soekarno Hatta, MT Haryono, Sigura-gura, Sumbersari dll ya.

Karena kita di Malang selama 2 malam jasi ada 2 tempat makan yang buka saat sahur di Malang yang kita cobain.

Sanger Warung Kopi Aceh



Cara saya untuk melihat tempat makan yang masih buka di sekitaran tempat kita menginap adalah dengan membuka aplikasi GOJEK, buka GO-food, terus lihat deh tuh tempat makan mana aja di sekitaran hotel yang masih buka. Nah, awalnya saya mau makan di Soto Banjar Acil Ririn dekat Klinik Galeri Candra, ealah sampai lokasi ternyata warungnya tutup. Untung masih punya opsi ke 2, yaitu Sanger Warung Kopi Aceh.

Baca juga: #PatunganGampang Gak Pakai Nombok dengan Fitur Baru GOJEK

Ini bukan kali pertama saya ke sini, dulu pernah icip-icip makan di Sanger waktu hamil Nayla 5 bulan dan agak kurang puas dengan rasanya. Cuma karena waktu sahurnya dah mepet dan tempat makan terdekat yang kepikiran ya cuma Sanger, langsung deh cus ke lokasi yang berada di jalan Bunga Coklat No. 3, Lowokwaru.

Baca juga: Sanger Warung Kopi Aceh, Malang, dari Kopi Sanger Sampai Ayam Tangkap

Kita datang pas Sanger udah mau tutup, untungnya masih mau melayani kita tapi banyak menu yang habis dan kalau pesan mie cuma bisa mie kuah. Akhirnya kami pun memesan 2 porsi mie Aceh kuah, 1 porsi nasi goreng Aceh, teh tarik, dan kopi sanger.

Jadi kita itu pengen makan mie Aceh, tapi takut gak kenyang secara kita berdua kan sangat menjunjung budaya Indonesia di mana belum makan namanya kalau belum makan nasi, wkwk. Jadilah pesan nasi goreng juga. Dan ternyataaa, porsi mie Acehnya itu super geday. Ampuuun! Saya aja gak abis jadilah yang makan nasgornya pak suami sama Nayla aja. Alif mana? Alif kita tinggal di hotel, heuheu.



Dibandingkan dengan pertama saya datang ke Sanger, rasa mie Acehnya sekarang lebih masuk ke lidah saya meskipun belum wow banget. Rasa tomat yang dulu mengganggu sudah gak ada. Eh tapi apa karena pesan yang kuah ya? Kalau dulu kan saya pesannya mie Aceh goreng. Sedangkan nasi gorengnya malah jadi ada rasa tomatnya, saya kurang suka dengan tastenya.

Berbeda dengan rasa makanannya yang ada perubahan, minuman yang saya pesan rasanya sama dengan yang dulu. Tapi sama dalam artian positif alias tetep enak. Teh tariknya ada aroma melati yang strong dengan after taste sepat sedangkan kopi sangernya pahit dan manisnya pas di lidah saya. Jenis pahit yang lumayan strong tapi masih bisa diterima kok. Tapi hati-hati kalau minum kopi sangernya, kita berdua sukses gak bisa tidur sampai siang padahal tadinya bangun sahur denga  kondisi super ngantuk, wkwk. Kayaknya emang andalannya di sini itu ya di minumannya. Kalau makanannya masih perlu dibenahi lagi.


Soal harga juga gak ada perubahan signifikan, tetep murah meriah jika dibandingkan vendor serupa.

Warteg Jie



Malam ke 2 di Malang, saya bangun sahur sekitar jam 3 lebih, lumayan mepet dengan waktu imsak. Belum harus bangunin suami, keliling nyari tempat makan, terus nunggu makanan disiapkan. Langsung deh kepikiran untuk ke Warteg Jie yang berlokasi jalan Cengkeh No. 95, Lowokwaru. Gak jauh dari Sanger berada.

Warteg Jie ini merupakan warteg dengan konsep kekinian di mana menyajikan makanan ala warteg pada umumnya namun di tempat yang desain interiornya lebih moderen dan kece.

Saya tau Warteg Jie saat di perjalanan ke Sanger sehari sebelumnya. Langsung penasaran pengen nyobain karena warteg modern kan belakangan emang lagi hype banget.

Sebelumnya saya sudah pernah melihat review di youtube tentang beberapa vendor warteg modern. Karena didesain lebih nyaman timbang warteg konvensional, jadi ya biasanya harga menu di warteg modern bakal lebih mahal. Oleh karena itu saya sudah menyiapkan hati kalau nanti harga menu di Warteg Jie juga agak lebih tinggi dari warteg biasanya.

Dan kaget banget donk saya, begitu melihat harga yang dipajang di etalase menu. Ternyata harga menu di Warteg Jie murah-murah banget, hampir sama dengan di warteg konvensional. Gorengan cuma seribu, sayuran cuma 1000-1500, lauk pauk yang agak mewah cuma 3000-5000. Kalau kayak gini caranya mah mending makan di Warteg Jie terus aja, wkwk. Udah tempatnya nyaman, instagramable dengan desain industrial dan unfinished, bisa ambil nasi sepuasnya, plus frew wifi pula. Betah deh nongkrong lama-lama di sini.




Sistem pemesanan di Warteg Jie adalah pengunjung mengambil nasi sendiri, kemudian menyerahkan piringnya ke staf di balik etalase, kemudian aktifkan fitur touch screen alias nunjuk menu yang dimau yang ada di balik kaca, wkwk. Setelah itu langsung ke kasir untuk pesan minum dan membayar langsung menu yang kita sudah pilih.


Menu minumannya cuma ada jeruk peras dan teh. Sedangkan pilihan lauknya lumayan bervariasi dan bikin ngiler, ada cumi hitam, oseng usus, oseng paru, oseng kikil, alamak kolesterol semua, wkwk. Sayang untuk sayurnya kurang banyak pilihan, cuma ada tumis kangkung, oseng tauge, tumis kacang panjang sama apa lagi gitu, semacam capcay apa sop ya? Saya lupa.

Kali itu saya memilih lauk cumi hitam, gorengan, dan tumis kangkung, sedangkan pak suami pesan cumi hitam juga, tumis kacang panjang, dan 2 jenis gorengan. Minumnya teh hangat dan jeruk hangat. Total yang harus kami bayar cuma Rp 36 ribu aja gaes. Murah banget ya?


Untuk rasa, lumayan enak tapi agak kurang strong dikit bumbunya terutama untuk tumis kangkungnya. Yah enak standar nasional Indonesia lah. Standar, gak ada yang istimewa. Tapi dengan suasana yang cozy dan harga yang terjangkau, langsung sukses bikin saya jatuh cinta. Fix pengen makan di Warteg Jie lagi kalau ke Malang.

Sekarang kalau mau sahur on the road di Malang enak banget, buanyak tempat makan yang masih buka. Berbeda dengan jaman saya kuliah. Pernah nih saya dan papa saya mau sahur sekalian lanjut ke Surabaya untuk menjemput mama dan adik saya yang mudik menggunakan pesawat dari Lombok, sepanjang jalan Soekarno Hatta sampai Singosari gak ada tempat makan yang buka sama sekali. Sampai akhirnya nemu di Singosari, itu pun harus putar balik lumayan jauh karena lokasinya di seberang jalan, ckckck.

Semoga aja tahun depan bisa sahur on the road di Malang lagi atau mungkin di kota lain? Maunyaaa, :D



1 komentar:

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p