Selasa, 16 Januari 2018

Tulip Cafe & Guest House, Penginapan Murah di Dekat Jatim Park 3

Tahun baru 2018 kapan hari kakak ipar saya berencana mengadakan acara pindahan sekalian tahun baruan plus arisan keluarga di rumah barunya di Batu. Tapi ternyata rencananya gak bisa terwujud karena hingga hari H, pembangunan rumah barunya belum 100% selesai. Tapi karena udah terlanjur mudik ke Malang, jadi keluarga inti suami tetep ke Batu untuk liburan tahun baru meskipun gak kemana-mana juga sih.

Nama pun rumah belum bener-bener jadi tapi udah disambangi pasukan segambreng, jadilah tempat tidurnya gak cukup untuk kami semua. Sehingga saya pun mencari opsi untuk mencari penginapan supaya kami tetap bisa tidur dengan nyaman.

Cari penginapan via Traveloka udah pada full booked, kalau pun ada yang masih ready harganya udah gak masuk akal, 15 juta ke atas bookk! Mending eyke pake buat DP rumah sekalian deh di Batu, emang ada perumahan yang DP 15 juta sekarang? Hahah.

Nah, kebetulan di samping rumah kakak ipar tuh ada guest house baru, tapi sayangnya gak daftarin penginapannya ke situs booking online. Kalau mau reservasi ya harus hubungi pengelolanya langsung.

Nama guest housenya Tulip Cafe & Guest House. Yupz, selain menyewakan kamar, di sini juga ada cafe yang dibuka untuk umum. Lokasinya ada di Jalan Hasanuddin No 226, bersebelahan dengan kantor DPR dan Polres Batu *sudah ada di google map*

Awalnya saya ragu mau booking kamar di Tulip karena takut harganya gak masuk akal juga secara itu udah H-1 tahun baru. Tapi begitu lihat spanduk berisi keterangan tarif penginapan di depan cafenya, saya langsung meminta pak suami untuk cepat-cepat menghubungi pengelola guest housenya.

Jadi di spanduk tersebut dituliskan bahwa tarif menginap di Tulip guest house adalah sebesar Rp 250 ribu untuk kamar non AC dan Rp 275 ribu untuk kamar dengan fasilitas AC. Murah banget lho ini untuk ukuran penginapan di kota wisata Batu.

Tapi sayang sungguh sayang, penginapannya sudah full booked, hikz. Galaulah saya, nanti malam bakal tidur di mana, mau balik ke Malang juga pasti udah macet banget. Salah sendiri juga sih, booking penginapan kok dadakan amat.

Saat lagi galau-galaunya, eh suami dihubungi lagi oleh pengelola hotel bahwa kalau masih berminat dengan penginapannya disuruh nunggu sampai jam 3 sore karena kemungkinan ada yang cancel 1 kamar.

Udahlah itu, saya berdoa sungguh-sungguh semoga kamarnya beneran ada yang cancel. Nunggu jam 3 sore udah kayak nunggu pengumuman eleminasi Indonesian Idol aja, degdegan! Btw jadi gimana tuh nasibnya Marion Jola? Eeaa ketauan hobi kepo akun gosip, haha.

Daaan, ternyata beneran ada 1 kamar yang dicancel lantaran yang sebelumnya booking kamar gak transfer-transfer hingga pukul 3 sore, horaaay!

Karena lagi peak season banget kan, jadi tarif penginapan di Tulip naik dua kali lipat menjadi Rp 550 ribu. Untungnya adik ipar saya yang punya bayi juga menawarkan untuk sharing kamar sehingga kami bayarnya bisa patungan eerr para suami tercintalah yang bayar. Istri-istri terima enaknya doank, huehehe.

Penginapan di Tulip Guest House berupa bangunan 2 lantai yang berhadapan dengan persawahaan. Jadi begitu buka pintu kamar kita langsung disuguhi pemandangan yang spektakuler banget *kumat lebaynya*. Tapi emang beneran bagus lho pemandangannya.

View dari depan kamar
Fasilitas yang kami dapat di kamar berupa dua buah spring bed, LCD TV, meja dan kursi, AC, kamar mandi dalam yang berisi shower dengan air hangat, lemari, handuk, dan wastafel yang cukup modern serta sarapan untuk 2 orang.

Karena adik ipar saya ini exclusive pumping sehingga dia butuh water heater untuk steril botol dan pompa. Oleh pengelola hotel, pak Anton, dipinjami secara cuma-cuma alias gak ada biaya tambahan.

Di spanduk penginapan dituliskan bahwa Tulip Guest House ini memiliki fasilitas seperti hotel bintang 3. Well, menurut saya gak mirip hotel bintang 3 juga sih. Teteplah fasilitas dan desain kamar di Tulip seperti guest house kebanyakan. Apalagi kasurnya pakai springbed kayak di rumah, sprei dan selimutnya juga gak putih kayak di hotel kebanyakan. Tapi meski begitu, Tulip Guest House tetep nyaman banget kok untuk bermalam. Kamarnya bersih dan luas serta lokasinya strategis, dekat dengan wisata di Batu seperti Jatim Park 3, BNS, Jatim Park 2, serta Predaror Fun Park.

Meski dekat dengan tempat wisata, tapi akses ke Tulip Guest House ini bebas macet karena lokasinya berada di jalan alternatif Batu. Ya emang sih agak masuk gang, tapi malah bikin kemana-mana lebih cepat. Cuman kurangnya di sini agak jauh dari minimarket dan tempat makan apalagi kalau gak bawa kendaraan jadi siapin ransum yang banyak sebelum menginap di sini.

Untungnya Tulip Guest House punya cafe yang berlokasi tepat di bagian depan penginapan. Harga menunya murah-murah banget. Rasanya juga lumayanlah, not bad. Ditambah view dari cafe ini juga gak kalah menawan karena berada di lantai 2 bangunan. Yaah, kalau pulang dari Jatim Park 3 dan kelapaeran tapi duit udah habis buat bayar tiket masuk, bolehlah makan di cafenya Tulip.

Cuman yang suka bikin sebel itu, menu di sini sering amat kosongnya jadi ujung-ujungnya pesen nasi goreng lagi nasi goreng lagi.

Jalan penghubung dari penginapan ke cafe

Foto kemaren waktu ke rumah kakak ipar lagi dan ngajak adik saya buat nongkrong di cafenya Tulip.

Ohya, karena tau Batu bakal macet banget, jadi saat pergantian tahun kemarin kami memutuskan untuk merayakannya di cafenya Tulip aja. Kebetulan mereka mengadakan acara live music dan dance gitu. Gak merayakan juga sih sebenernya, aslinya ya cuma mau makan malam tapi karena nanggung dah malem plus lokasinya kan pas banget di dataran tinggi jadi penasaran pengen liat kembang api dari sini. Dan ternyata gak terlalu jelas juga kembang apinya soalnya sekitar situ kan persawahan jadi kembang apinya ada nun jauh di sana, wkwk.

Kalau siang pemandangan di cafe cakeup banget, tapi kalau malam gak keliatan apa-apa :D
Overall, Tulip Guest House ini recommendedlah untuk yang mencari penginapan murah, dan nyaman di dekat Jatim Park 3 dan wisata lainnya. Lokasinya strategis tapi bebas macet, kamarnya bersih dan luas, viewnya bagus, parkiran luas, serta stafnya ramah-ramah. Cuman kekurangannya airnya lama banget panasnya dan wifinya cuma kenceng di cafe doank, di kamar wifinya kagak nyampe padahal kan pengen update instastory, eeaa.

Kalau berminat mau menginap di Tulip juga bisa hubungi 082231312686 atau langsung datang ke lokasi.

17 komentar:

1. Hahhhhh, itu penginapan di mana yg hrgnya udh lgs melejit 15 jeti ? Wkwkwjwj aku jg mnding ga jd tahun baruan kalo gt mba :p

Suka ih ama pemandangan tulip guest house ini.. Ijo royo2 ... Bikin seger mataaa :D

Balasan
    1. Adaa mbak, homestay teman saya aja 18 juta :D dekat sama bns lokasinya.

Hapus
  2. lucu juga penampakannya ya mba sayang ya akses minimarket n tempat makan jauh klo pesen nasgor mulu bisa kembung dan bosen :D

BalasHapus
  3. Kebetulan temen kostku kemarin mau kesini, siapa tahu ini tempat bisa dijadikan dia referensi..
    Nice info ya, Teh..

4. Kalau buat numpang tidur mah udah lumayan ya guest house-nya mbak. makanya tahun baru pilih gak kemana2 juga.
    Warna bangunannya cukup mentereng ya :D

BalasHapus
  5. Mbak, kulihat adikmu sekilas mukanya kayak yang familiar gitu yo. Aku jadi mikir, kayak sapa yo, hihihi. Btw, di Batu emang banyak guesthouse ya dan menurutku aku lebih suka di guesthouse karena dekat sama tempat wisatanya. Dulu aku pas ke Batu juga nginapnya di guesthouse tapi ya memang fasilitasnya nggak kayak hotel. Tapi so far udah oke dan kebanyakan udah ada wifinya (ini yang paling penting, hahaha).

6. wah sepertinya recommended nih mba:d kadang suka pusing kalo ke Batu lagi high sesion yang harganya melonjak tinggi dan ini harganya masuk akal banget loh.

7. Tenpatnya asik banget mba. Catet ah kalo misalnya ngajak anak anak ke sana. Makasiiih infonya

BalasHapus
  8. noted. Dicatet aah kalau mau ke jatim park jadi bisa menginap disini.

9. Kalau udah masuk kamar, aku belum bisa bedain bedanya hotel bintang sekian dan guesthouse. Kayaknya akan percaya aja kalau disebut mirip hotel bintang 3. 😂

10. Eh kece juga guesthousnya. Pemandangan sekitarnya masih hijauh juga. Bikin betah!

BalasHapus
  11. waaahh... ini tempat rekomended banget mbak :) saya belom pernah nyobain di sini. Tapi, minusnya kalau kelaperan bisanya makan nasgor yaa >,< hehehe.... anyway, thankyou sharingnya

12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

13. Lumayan juga ya Mbak penginapannya, niat ada cafenya segala.

14. dari foto pertama
    hmm ternyata alif mirip emaknya toh :D
    disitu kamoh mirip alif banget loh

15. Aduh murah banget inih, pankapan bisa dicoba kalo mau liburan ke Batu 😍

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p