Rabu, 12 Juli 2017

Saya, Ibu Rumah Tangga yang Mendapat Penghasilan dari Internet


"Mamamu pasti nangis di alam kubur karena kamu gak kerja"

Itulah salah satu dari beberapa komentar miring yang datang ketika saya memutuskan untuk berhenti bekerja.


"Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun. Karena yang menyukaimu tak butuh itu dan yang membencimu tak percaya itu - Ali Bin Abi Thalib"

Saya 100% setuju dengan nasihat Ali Bin Abi Thalib tersebut, karena beberapa kali saya mencoba menjelaskan alasan kenapa saya memutuskan berhenti bekerja, namun tetap tak ada yang mau mengerti. Komentar pedas dan menyakitkan tetap saja datang pada saya sehingga saya pun memilih untuk diam dan menghindar.

Sebenarnya saya pun sering merasa tak percaya bahwa saya yang sama sekali gak punya naluri keibuan dan bakat mengurus rumah ini bisa menjalani peran sebagai ibu rumah tangga.

Seorang Meriska, yang dulu sering bikin naik darah emaknya karena malas beresin tempat tidur, nyapu rumah gak bersih, dan gak pernah mau nyuci piring bisa-bisanya jadi seorang istri dan ibu yang subuh-subuh udah glodakan di dapur buat masak sarapan, ngepel pake kain, nyabutin rumput, mandi dan nyebokin anak. Wow, sejak menjadi ibu rumah tangga saya merasa menjadi saya yang berbeda dalam hal positif.

Ternyata saya justru lebih menikmati peran menjadi ibu rumah tangga timbang bekerja kantoran. Saya menikmati hari saya dengan daster klombroh kebanggaan, less make up, dan bau asem yang menyengat. Saya menikmati tiap hari mendengar ocehan dan tingkah lucu Alif meskipun kalau udah mulai ngamuk jadi pusing juga, haha. Tapi saya merasa nyaman uplek di rumah seharian tanpa perlu memandang layar komputer dan tak terikat jam kerja.


Tapi ya salah satu resiko terbesar dari memutuskan berhenti bekerja ada di kondisi keuangan. Keuangan keluarga sih justru jauh lebih baik setelah saya berhenti bekerja karena pak suami diterima di kantor baru yang tingkat kesejahteraannya berkali-kali lipat lebih layak timbang kantor lama. Tapi soal keuangan pribadi dari kantong saya yang jadi masalah.

Dulu punya gaji sendiri, mau apa-apa terserah saya karena itu kan hak saya, nah setelah berhenti bekerja yang otomatis semua pemasukan berasal dari penghasilan suami membuat saya jadi gak enak kalau mau sedikit berfoya-foya. Mau ini itu kudu melihat kondisi keuangan suami, mau agak berlebihan jatuhnya gak enak sama suami. Lama-lama gak tahan juga.

Sempat ada niat ingin kembali bekerja, tapi begitu melihat Alif, duuh kok gak tega ya buat ninggalin kerja seharian?

Untuk mengisi waktu luang, saya pun iseng menulis lagi di blog yang sudah lama saya tinggalkan. Waktu itu belum ngerti tentang monetisasi blog, gak tau caranya dapat uang dari blog, pokoknya apa yang mau saya tulis ya saya tulis tanpa mikir ini itu, selain itu saya juga gak punya kenalan dari dunia blogging sama sekali.

Lambat laun, aktivitas blogging yang mulanya cuma modal iseng tersebut membuahkan hasil manis. Saya mulai kenal beberapa teman blogger, bergabung di grup blogger, menang beberapa kompetisi blog yang hadiahnya lumayan banget, dapat job menulis, sampai diendorse produk.

Beberapa benefit dari ngeblog

Gak nyangka? Banget. Seneng? Ya iyalah. Orang-orang yang dulu mencibir saya karena memutuskan menjadi ibu rumah tangga satu per satu mulai mengetahui tentang kegiatan saya sebagai blogger, beberapa di antaranya bahkan tertarik untuk terjun di dunia blogging. Tapi akhirnya banyak yang mundur karena mereka baru sadar kalau ada  proses panjang yang harus dilewati dan mereka gak sabar dengan itu, heheheh.

Ya iyalah, kelihatannya jadi blogger emang enak. Kerja dari rumah, gak terikat waktu, dan cuma modal gadget sama internet doank terus bisa dapat duit dan produk gratis. Tapi untuk mencapai itu semua kan butuh proses yang gak bisa dibilang mudah juga. Sebelum dapat gaji dari blog, saya juga sudah mengeluarkan modal yang gak sedikit dan terus mengupgrade diri agar blog saya lebih maksimal.

Hingga kini pun saya masih merasa blog saya masih sangat kurang dan ingin terus memaksimalkannya agar terlihat lebih profesional. Masih banyak PR yang harus saya benahi demi kelangsungan blog saya terutama untuk hal yang terkait mood.

Susaaaah banget deh kalau udah urusannya dengan mood. Kalau lagi jelek moodnya, beugh blog pasti langsung terbengkalai. Tapi kalau mood lagi bagus, saya bisa rajin update bahkan sampai menyiksa diri karena kurang tidur berhari-hari. Padahal katanya blogger profesional kan gak kenal yang namanya mood ya? Harus selalu konsisten. Apalagi saat ini saya memiliki 3 buah blog yang mau gak mau harus saya update dengan rutin kalau memang ingin memonetisasi ketiganya.

Masalah kesehatan juga jadi concern utama saya agar lebih maksimal dalam dunia blogging. Karena ya itu tadi, kalau sudah terlampau semangat saya bisa menyiksa diri dan gak kenal istirahat. Ujung-ujungnya kondisi badan saya jadi drop, hilang lagi deh moodnya berhari-hari.

Harus pintar mengatur jadwal blogging serta sedia multivitamin seperti Theragran-M agar kondisi badan selalu sehat dan mood gak berantakan.


Theragran-M sendiri adalah multivitamin mineral yang sudah diresepkan oleh para dokter selama 40 tahun,  tepatnya sejak tahun 1976, yang memiliki kombinasi vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, serta mineral penting seperti magnesium dan zinc. Dengan kandungan vitamin dan mineral yang lengkap tersebut membuat Theragran-M sangat bagus untuk mempercepat masa penyembuhan dan menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit.

Mencintai pekerjaan boleh, tapi kita juga harus sadar dengan alarm tubuh kita kan?

15 komentar:

  1. Wkwkwkwk org dalam kubur lah dibawa2. Aneh2 aja ya pendapat org yg ga setuju.
    Aku jg menikmati kerja di rumah. Semangatt kakakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak, keterlaluan banget sih komennya:(

      Kak Meriska semangat yaaaa, smangat ngeblog terus semnagat jadi mama dan istri <3

      Hapus
  2. Semangat, mbak. Orang banyak mencibir keputusan orang lain. Padahal mereka belum tau apa yang menurut mereka baik itu tepat dengan kondisi setiap orang.

    BalasHapus
  3. Aku mau kerja di luar lagi juga gak boleh, mana anak udah dua. Kerja dr passionku yg lain jualan kue, juga belum di acc izinnya. Cuma menulis dn ngeblog yg dibolehin dan suport :D
    Dan meenulis juga butuh mikir sekaligus tenaga fisik, jadi memang perlu multivitamin apaalagi dengan posisi sebagai ibu rumah tangga pula.

    BalasHapus
  4. Hello mbak meriska..saya lagi cuti nich, makanya bisa ngurus blog..dari 2007 trus vacuum. Ternyata kalo dikelola serious seru juga yaa *kemana aja gue*

    Btw, theragran bikin aktifitas jadi lebih semangat ya

    BalasHapus
  5. Karena kita nggak perlu pusing tentang orang lain kak, jalanin aja apa yang menurut kita bener. Semangat Kak :*

    BalasHapus
  6. Kebanyakan orang yg tergiur pengen ngeblog untuk dpt duit memang mundur duluan kalau tahu prosesnya ribet. Aku juga pnh nemu org gitu.

    BalasHapus
  7. Og samaa meris egeggegek, aku dalam tahap uda males ngejelasin detail, pabila yang dijelasin tu malah ngenyek alias masi meragukan atau memandang remeh pilihanku, wkwkkw

    BalasHapus
  8. memang bukan keputusan yang mudah diambil mer :) tapi yah gitu deh semua ada hikmahnya
    jangankan orang lain, kita aja juga kadang nggak ngerasa

    BalasHapus
  9. Semangaaat Mbaa! Paling gak sudah pernah merasakan jungkir balik kerja kantor dan stay at home mom :)

    BalasHapus
  10. Ngeblog tapi berpenghasilan kan ya mbak, yg nyinyir itu nggak tau aja ternyata ngeblog tu asik. Kerjanya nggak disangka2 (((halah"))) semangat mb meriska, apapun kerjaanmu sukses terus yaaa
    Btw kenapa orang udah mati dibawa2? Yg nyinyir kurang piknik wkwkkw

    BalasHapus
  11. 3 blog mba??? Aku 1 aja blm tentu bisa update tepat waktu hihihi... :D. Tp bnr sih, blog itu tergantung mood. Akupun kalo udh mulai capek, males update, alamat blog bakal berdebu deh krn ga disentuh2. Apalagi skr stlh aku dipindahin k kantor cabang yg lbh jauh dr rumah, keburu capek duluan utk buka blognya :(

    Kalo urusan komen orang yg nyepelein blogger, aku mah dr dulu anggab mereka itu debu yg bikin bersin.. :p.. Ga ptg utk diurus, toh bukan pake kuota internet mereka juga kan kita nulisnya :D

    BalasHapus
  12. Waaaah seru yaaa... jadi penasaran sama proses mbak Meriska jadi blogger professional... Salam kenal ya Mbak..semoga sehat selalu :)

    BalasHapus
  13. Banyak yang tidak memahami segala sesuatu itu butuh berjuang dan ga ada yang bener bener enak. Kadang kesel juga sama yang nyepelein sesuatu atau pilihan kita. Semangat mbak... jalan terus. Makasih sudah menginspirasi ya...

    BalasHapus
  14. 3 Blog dikelola? seh itu keren banget, aku satu aja puyeng. Btw, agak bingung sama nyinyir "Mamamu pasti nangis di alam kubur karena kamu gak kerja", ekstrem amat ya penilaiannya hehe..

    Aku jg ada di tahap dinyinyirin orang nih jadi blogger, karena kali bagi mereka yg gak tahu blogger itu ibarat kerjaan gaib, alias gak kelihatan kantornya haha

    Bener banget kata Ali Bin Abi Thalib,jalani apa yang kita percayakan. Btw salam kenal dan terima kasih telah menginspirasi ya Mba :-)

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p