Rabu, 26 April 2017

Resto Ayam Geprak, Malang, Resto Ayam Menu Andalan Ikan


Salah satu hal yang sulit banget dilakukan ibu rumah tangga tanpa ART dan jauh dari sanak keluarga seperti saya adalah sulit banget mau ninggal anak. Ke warung, ke tukang sayur, beli makan, kemana aja kudu bawa gembolan. Jangankan pergi ke luar rumah, kadang kita ke kamar mandi aja dia ngintilin terus, wkwkwk.


Kalau mau keluar rumah tanpa anak, solusinya ya pas ada suami di rumah. Tapi ya itu juga masalahnya, jadi sulit juga rasanya kalau mau pergi berdua doank sama suami. Pilihannya cuma dua, pergi sama suami dan anak atau pergi sendiri. Makanya kalau lagi mudik ke Malang, saya suka berharap Alif tidur cepet biar saya sama suami bisa kencan, trus Alif dititipin ke orang rumah. Tapi sayangnya harapan saya tersebut jarang terkabul, Alif mah tidurnya malem-malem mulu, haha.

Dan akhirnya beberapa waktu lalu saat mudik ke Malang, tumben banget masih sore Alif udah tidur. Langsung deh ngajak suami keluar buat kencan tipis-tipis. Beneran tipis banget deh kencannya, cuma cari makan doank di deket rumah mertua, takut Alif keburu bangun.

Kebetulan di deket rumah mertua ada resto yang baru buka, namanya Resto Ayam Geprak. Berlokasi di Jalan Cengger Ayam No 34, tepat di seberang pondok Al Hikam punya almarhum KH. Hasyim Muzadi.


Dulunya Resto Ayam Geprak ini adalah sejenis food court atau pujasera bernama Nobitos Eatery dan Ayam Geprak merupakan salah satu tenant yang berjualan di Nobitos Eatery. Gak tau kenapa kok si Nobitos ini tutup dan akhirnya berganti jadi Resto Ayam Geprak, kayaknya sih karena sepi pengunjung.

Furniture di Resto Ayam Geprak tetap sama plek ketiplek dengan ketika namanya masih Nobitos Eatery. Bangku dan meja warna warni dengan konsep semi terbuka. Dulu ketika awal Nobitos buka, konsepnya terbuka sih. Tapi karena musim hujan panjang, sekarang semua tempatnya dipasang atap fiber jadi suasananya seolah-olah di alam terbuka tapi tetap terlindungi dari hujan.


Ayam Geprak sendiri udah punya cabang di beberapa tempat dan terkenal dengan paket ayam goreng penyet sambel bawangnya yang endeus dengan harga murah meriah.

Karena udah beberapa kali makan di Ayam Geprak, makanya saya dan pak suami gak ragu buat nyobain si Resto Ayam Geprak ini. Tapi kami sempat dibuat kaget saat membuka menunya karena sebagian besar makanan yang ditawarkan adalah ikan bakar dengan aneka pilihan bumbu dan sambal.

Berkali-kali buka lembar menu, kami kok gak menemukan ada menu ayam geprak yang biasanya kami pesan?

Oalah, rupanya menu ayam gepraknya nyempil di antara menu pendamping lain. Yang bikin lebih kaget lagi adalah, harganya sekarang lebih mahal, huahuahua. Oke, ternyata versi resto sama warungnya Ayam Geprak cukup jauh berbeza.

Untuk ukuran resto, harga menu di Ayam Geprak masih cukup terjangkaulah. Tapi sayangnya banyak nama menu karangan mereka yang gak dikasi penjelasan, terutama untuk minumanya, jadi saya gak ngerti ini menu apaan. Kayak ikan kalangan sendiri, es cah cilik, es serngenge atau es ijo lumut. Duuh berasa lagi disuruh tebak-tebak berhadiah deh.




Karena pak suami udah makan malem di rumah, jadi yang pesan makan saat itu cuma saya aja. Ini review gak asik banget dah, cuma pesen menu dikit banget, huhu.

Kali itu saya memesan ikan kalangan sendiri bakar go green. Tebakan saya sih bakal dikasih sambal ijo. Untuk minumnya saya memesan es ijo lumut dengan harapan maksudnya es dawet atau cendol, karena saya lagi ngidam minuman itu, hehe.

Untuk ikan bakar go greennya tebakan saya gak meleset, tapiii untuk es ijo lumutnya ternyata bukan es cendol atau dawet seperti harapan saya melainkan semacam es campur dengan isian tape ketan, cendol, kacang merah, cincau hitam de el el yang kemudian disiram dengan santan dan (kayaknya) gula merah. Ya meskipun perkiraan saya salah, seenggaknya masih ada cendol sama santan dalam komposisinya.



Ikan bakar kalangan sendiri yang saya pesan ternyata menggunakan ikan bawal yang dibakar menggunakan bumbu kuning dengan sambal ijo matang sebagai pendamping. Ikan bakarnya, sumpah uenak bianget. Ikannya masih segar, bumbunya meresap dan terasa gurih. Ditambah dengan sambal ijo yang pedas bikin acara makan makin nikmat. Nasi putihnya juga enak, porsinya banyak, pulen dan wangi banget. Sambal ijonya mirip sambal yang dijual di rumah makan padang, tapi versi Resto Ayam Geprak lebih pedas dan segar.

Cumaaan, menu ikan bakar ini datangnya lama bianget, ada kali 45 menit saya harus nunggu sampai si ikan tersaji di meja. Padahal ya, saya perhatikan para pengunjung lain yang memesan menu goreng-gorengan, datengnya cepet banget. Sayang banget ya, rasanya udah endeus tapi bikin males mesen karena kudu nunggu lama.

Ohya, harga menu ikan-ikanan gak dikasi harga pasti di sini, jadi tergantung berat ikannya. Waktu itu saya kena harga 15 ribu untuk ikan bakarnya, sudah termasuk si sambal go greennya.

Selama bulan April ini, Resto Ayam Geprak lagi ngadain promo diskon 10-100 % lho.

10 komentar:

  1. Kmrn ke malang lewat sini pengen tau nobitos doang ndilalah udah ganti, melipirnya ke cik abin

    BalasHapus
  2. pasti di bulan ramdhan tempat ini ramai dijadikan tempat berbuka bareng

    BalasHapus
  3. Selain enak makanannya, satu yang aku suka, tempatnya asik. Bakal betah berlama-lama kalau makan di tempat ini. Itu harga nasi dicoret ganti 4k ya Mba, aslinya berapa ya. Kalau di Jogja sendiri masih 2k..

    Coba kalau dekat, pasti mampir lah, apalagi ada diskon..hehe

    BalasHapus
  4. wahhh cocok nih, deket dengan kampus pula ...
    harga juga lumayan

    BalasHapus
  5. mbak ini kok suasanya boleh juga, apalagi es nya itu, klo makan ayam geprek kayaknya dimana mana sama...heheh

    BalasHapus
  6. hah promo 10-100%?? Jadi gratis makannya gitu? hihihi
    duh aku paling anti kalau nunggu makanan lama2, 45 menit lumayan lama, apalagi kl lg laper bisa2 keluar tanduk dari jilbab :D

    BalasHapus
  7. jadi pengen nyobain mer :D

    BalasHapus
  8. Ya ampun ya ampun ya ampun menggoda banget ikannyaaaaaaa. Tempatnya juga lucu banget. Instagramable banget ya maaaak.. Hihihii

    BalasHapus
  9. kdg ya kalo aku lg mood tebak2an dan gambling, suka loh milih menu yg ga ada penjelasannya gitu ;p... trs pas dtang ketawa sendiri ama suami ngeliat pesanannya sesuai ato ga ama ekspektasi ;p... seru aja utk lucu2an :D...

    so ini sambelnya lumayan pedeslah ya mba... kalo pedes mah, berarti buatku lauknya udh pasti enak :D.. g ptg sambelnya dulu

    BalasHapus
  10. Aku jarang njajan sampai sana, maklum jauh dr rumah hehehe
    boleh juga ntar dicoba kalau main daerah ini.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p