Minggu, 18 November 2018

Pondok Wisata B Walk Batu Malang, Hiburan Lengkap, Sekamar 4 Orang Cuma 230 Ribu!

Setelah acara makan-makan di Warung Wareg dalam rangka ulang tahun ibu mertua, kami sekeluarga melanjutkan acara kumpul bersama dengan staycation di Pondok Wisata B Walk Hotel & Resto, mumpung adik ipar dari Cilacap pas mudik juga.

Baca juga: Warung Wareg Batu, Sup Guramenya Patut Dicoba

Lokasi Pondok Wisata B Walk berada di jalan Sidomakmur No 74, Dau. Tepat di perbatasan Malang Batu dan dekat dari wisata Sengkaling, Jatim Park 3, serta Predator Fun Park. Agak masuk gang tapi gak jauh kok, cuma 500 meter aja dari jalan raya. Tapi hati-hati kelolosan kayak adik ipar saya lantaran titik koordinat di googlenya gak pas. Pokoknya lihat aja di kanan jalan ada bangunan dengan tulisan RedDoorz yang gede, langsung masuk aja deh.

Awalnya saya pesan kamar buat sendiri di Traveloka, kemudian setelah memutuskan bahwa kita bakal staycation rame-rame eh Pondok Wisata B Walk ini udah fully booked. Untung aja di RedDoorz masih ada kamar. Ini pertama kalinya saya memesan hotel via RedDoorz, kesan pertama harga lebih murah timbang Traveloka apalagi buat pengguna pertama ada diskon 15% dengan memasukkan kode promo NEW15 jadi lebih murah lagi. Tapi gak dapat snack seperti Airy Rooms, cuma amenities RedDoorz aja. Untuk wilayah Malang Batu, pilihan hotel partnernya lumayan banyak. Sayang gambar detail serta keterangan fasilitas kamar gak dijelaskan lengkap di aplikasi.

Baca juga: Pengalaman Booking Hotel di Airy Rooms Solo

Total saya pesan 3 kamar untuk 8 orang dewasa dan 6 anak-anak. Emang cukup kamarnya? Cukup banget! Kapasitas satu kamar bisa diisi 4 orang karena dilengkapi 2 buah kasur queen size.

Meskipun 1 kamar saya pesan via Traveloka tapi nyatanya semua kamar yang saya pesan terdapat aksesoris RedDoorznya berupa bantal dan kain merah penutup kasur. Selain itu di Traveloka saya pesan kamar lantai atas dan kayaknya nih harusnya kamar kita ada di bangunan yang depan tapi dikasih kamar di lantai bawah di bangunan tengah. Mungkin maksudnya supaya gabung dengan keluarga lainnya gitu kali ya. Tapi enaknya kita jadi berdekatan dan ibu mertua gak usah naik tangga atau jalan jauh soalnya turun dari mobil udah langsung di depannya kamar.

Fasilitas dalam kamar sendiri terdapat dua buah kasur queen size, AC, LCD TV ukuran 14 inch, wifi, dan kamar mandi dengan air hangat. Wifinya gak terlalu kenceng, awal datang sih lumayan lancar tapi begitu malam hari sampai besoknya tiba-tiba jadi luemot. Kayaknya gara-gara banyak yang pakai. Hal yang paling saya suka dari kamar kami adalah tersedia colokan yang banyaakkk. Saya hitung ada sekitar 5 colokan dalam kamar, 4 colokannya ada di samping kasur jadi gak usah khawatir bakal rebutan.

Salah satu alasan saya memilih hotel ini karena selain fasilitas dalam kamar yang lumayan lengkap untuk ukuran hotel di bawah Rp 300 ribu (via Traveloka Rp 290+ ribu, via RedDoorz Rp 230+ ribu) dengan kapasitas 4 orang, fasilitas hiburannya juga banyak. Ada lapangan futsal, billiard, kolam renang anak, ayunan, ATV, flying fox, dan spot foto berupa rumah hobbit. Buat makan juga gak perlu jauh-jauh karena ada foodcourt dengan harga menu yang murah.

Saya sudah bayangin anak-anak bakal hepi nginep di sini. Dan bener aja, baru datang para ponakan terlihat excited pengen nyoba flying fox tapi karena udah sore, kita tunda keesokan harinya aja. Sore ini enaknya pada main air di kolam biar sekalian mandi. Saya pun berkeliling area hotel untuk mencari letak kolam yang ternyata ada di bagian paling belakang agak tersembunyi. Sampai kolam, saya kecewa karena airnya kosong dan terlihat dasar kolam penuh pasir tanda lama tak pernah digunakan. Saya tanya pada staf yang kebetulan berada di dekat situ, ternyata memang sudah lama kolam anaknya tak pernah diisi air. Sebel banget rasanya karena di Traveloka mereka menuliskan kolam renang sebagai fasilitas hotel, saya juga googling dulu buat memastikan bahwa memang mereka punya kolam renang untuk anak, zzzz. Ya sudahlah masih ada ATV dan flying fox yang pasti seru juga buat anak-anak.

Sore itu para lelaki berencana untuk tanding futsal lucu-lucuan. Lucu-lucuan soalnya pemainnya kurang dan pada gak bawa sepatu futsal. Tarif sewa futsalnya Rp 120 ribu per jam. Eh baru ditinggal buat ambil uang, udah ada yang duluan booking area futsalnya donk. Akhirnya jadwal mainnya diundur keesokan paginya. Emang kelihatan laris banget sih ini tempat futsalnya jadi harus cepet-cepetan booking. Tapi malah untung karena kalau pagi tarif sewanya cuma Rp 70 ribu aja per jam.

Akhirnya malam itu kami cuma nongkrong di foodcourt sekalian makan malam. Suasana hotel yang tadinya tenang dan damai jadi super ramai saat malam hari karena ada rombongan bus yang datang dan pada heboh bernyanyi ria di foodcourt. Untungnya lantai atas foodcourtnya sepi, jadi kami memilih duduk di atas aja. Pilihan menu di foodcourt B Walk lumayan bervariasi, hampir semua stand terisi. Kali itu saya tertarik untuk memesan mie ongklok sedangkan suami pesan mie godhog dan tak lupa kopi hitam. Udah kadung pesan kopi, ternyata di lantai atas ada cafe yang menjual kopi racikan mesin. Mau pesen lagi tapi seharian ini udah beberapa kali ngopi, ntar malah gak bisa tidur lagi.

Mie ongkloknya meskipun tebakan saya gak autentik tapi rasanya enaakkk, terasa manis, legit, sedikit pedas merica, dan gak ngebosenin. Mie godhognya jadi kerasa biasa aja karena udah sering makan. Suami akhirnya ikutan pesan mie ongklok juga.

Suasana malam di foodcourt B Walk cukup asyik asalkan gak ada ramai-ramai orang berdendang ria. Area rumah hobbit yang berada tepat di seberang foodcourt diberi lampu-lampu kuning yang hangat, romantis gitu sih aslinya. Cuma selain musik yang mengganggu, semakin malam beberapa kali kami mencium bau kemenyan atau dupa gitu. Kayaknya kebawa angin soalnya baunya datang dan pergi gitu tapi gak tau asalnya dari mana. Saya sih gak merasa serem karena bukan saya aja kan yang nyium baunya. Cuma baunya itu lho ngganggu banget. Akhirnya kami semua balik ke kamar aja untuk istirahat.

Karena malamnya pada tidur cepat jadi pagi-pagi udah pada bangun. Di foodcourt udah ada beberapa pedagang yang buka sejak jam 6 pagi, ada pedagang kopi dan teh, soto banjar, nasi uduk, dan nasi pecel.

Pecinta kopi tubruk, wajib icipin kopinya foodcort B Walk ini. Standnya ada di paling pojok depan. Kopinya pakai kopi Bondowoso, enak banget. Orang-orang pada pesen lebih dari 1 kali donk, ckckck. Kopi Bondowoso itu kayaknya emang enak-enak ya? Pas ke Bondowoso kapan hari juga icip kopi di sana gak ada yang mengecewakan.

Baca juga: Ijen View Hotel & Resort, Penginapan Murah dan Nyaman di Kaki Gunung Ijen

Sarapannya saya rekomendasikan soto banjar, cuma 15 ribu, porsi mengenyangkan dan rasanya enak. Nasi uduknya murah cuma 10 ribu tapi isinya keringan cuma bakwan jagung sama telur ceplok atau ayam goreng, penyajiannya juga lama.

Setelah para pria main futsal, kita siap-siap sambil nunggu jam 9 pas ATV dan flying fox udah buka. Untuk pemesanan via Traveloka, dapat gratis tiket ATV/flying fox satu buah. Tapi untuk tamu hotel B Walk, tarif ATV dan Flying fox cuma 15 ribu aja sedangkan pengunjung umum 25 ribu.

Sambil menunggu semuanya siap, saya dan suami berinisiatif untuk konfirmasi mau main ATV ke resepsionis. Dan sampai sana ternyata kami harus kecewa karena ATVnya sedang diservis. Gak cuma kecewa tapi kesel banget karena sebelumnya suami udah ke resepsionis untuk mengambil tiket gratisannya Traveloka, sempat nanya jam buka ATVnya juga tapi gak dikasih tau kalau gak bisa digunakan.

Ya udah akhirnya para anak-anak dan ibu-ibu yang main flying fox. Kasihan Alif sih karena dia gak dapet apa-apa di B Walk soalnya takut naik flying fox. Tapi semua tetep hepi karena bisa kumpul bareng dan punya stok foto banyak buat diupload di instagram, wkwk.

Soal spot foto di B Walk, saya juga lumayan kecewa karena udah rencana mau foto dengan background jendela vintage yang mirip di Adhisthana di jembatan gantung dekat foodcourt, eh akses ke jembatannya ditutup permanen. Akhirnya foto-foto dengan background jendelanya di foodcourtnya aja, tapi tetep kurang puas sama hasilnya karena kelihatan kursi sofanya foodcourt.

Baca juga: Adhisthana Hotel, Jogja, Penginapan Kece di Prawirotaman II

Selain spot foto rumah hobbit dan jendela vintage, area dekat resepsionis juga lumayan instagenic karena didesain menyerupai suasana kampung koboy gitu. Ada patung-patung yang dibuat dari botol bekas juga. Mereka juga menyediakan workshop memanfaatkan botol bekas menjadi karya seni gitu.

Kesimpulannya, menurut saya Pondok Wisata B Walk ini cocok untuk kamu yang mau berlibur ke Batu ramai-ramai dan cari penginapan nyaman dengan harga murah dan ada fasilitas lucu-lucuannya, gak sekedar buat numpang tidur doank. Tapi kalau buat staycation, bukan tempat yang tepat sih kecuali fasilitas hiburan yang dijabarkan benar-benar ada. Saran saya juga, prosedur pelayanannya lebih ditingkatkan lagi karena kemarin beberapa kali tanya ke pegawai sering gak taunya. Terus dari 3 kamar yang saya pesan yang ada kesetnya cuma 1 kamar. Amenities hotel juga baru diberikan pas udah malam, terkesan kurang siap. Dimaklumi lah karena memang Pondok Wisata B Walk ini masih baru, belum ada setahun. Semoga pelayanannya terus ditingkatkan.