Jumat, 09 November 2018

happyOne.id, Siapa Bilang Mengurus Asuransi itu Ribet dan Mahal?


Sebagai ibu rumah tangga yang tidak berpenghasilan, kerap kali kekhawatiran datang pada saya tentang bagaimana jika (amit-amit) terjadi sesuatu pada suami yang berpengaruh pada kondisi ekonomi keluarga. Sebagai pencari nafkah utama, praktis keuangan keluarga kami sangat bergantung pada penghasilan suami. Apa jadinya jika sumber keuangan itu tiba-tiba harus pergi?

Bagaimana saya melanjutkan hidup? Bagaimana sekolah anak-anak? Bagaimana saya membiayai hidup kami? Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering kali terlintas di kepala saya. Apalagi saya tidak punya opsi untuk lari pada keluarga terdekat. Rasanya gak mau dibayangin, tapi kalau saya gak segera membuat perencanaan juga malah jadi pikiran terus.

Secara tidak sengaja saya pernah membaca tip bagaimana mempersiapkan diri dari kemungkinan terburuk untuk ibu rumah tangga dari seorang financial Planner ternama di Indonesia, yaitu.
  • Siapa pun yang mengatur keuangan rumah tangga, baik suami mau pun istri harus mengerti soal kondisi keuangan keluarga. Tahu hutang piutang pasangan, pemasukan, dan segala pengeluaran rumah tangga agar tidak bingung ketika ditinggal si pengatur keuangan.
  • Tetap berkarya meskipun menjadi ibu rumah tangga. Gak harus punya penghasilan tapi setidaknya meluangkan waktu untuk mengasah keterampilan yang dimiliki agar kelak ketika keadaan darurat bisa digunakan untuk mencari penghasilan. Oleh karena itu jika melihat ibu-ibu memulai usaha kecil-kecilan seperti berjualan online atau ikut MLM, jangan dinyinyiri karena mereka sedang belajar untuk memberdayakan dirinya. Bahkan mulai menulis di blog juga termasuk berkarya lho. Mungkin awalnya belum menghasilkan tapi gak menutup kemungkinan kelak dari penulis blog naik tingkat jadi penulis buku. Saya langsung nyess, waktu baca bagian ini, heuheu. 
  • Mengerti mengenai financial planning. Faktanya di Indonesia sebagian besar istri bertugas sebagai pengatur keuangan dalam keluarga akan tetapi berdasarkan survey lembaga keuangan, kurang dari 25% dari perempuan Indonesia yang mengerti tentang literasi keuangan. Selama ini kita sering berpikir, penghasilan cukup buat biaya hidup, cicilan selalu terbayar, bisa nabung sedikit berarti sudah aman. Padahal inti dari financial planning gak cuma tentang hari ini melainkan juga ada hari esok yang harus dipersiapkan.

Sejak saat itu, saya pun mulai tergerak untuk belajar mengenai keuangan untuk keluarga lewat buku dan website milik financial planner. Dari sana saya akhirnya tahu bahwa selain investasi dan menabung untuk tujuan tertentu, ada hal yang lebih penting yang harus dimiliki sebuah keluarga terkait pengaturan keuangan yaitu dana darurat dan asuransi.

Dana darurat sendiri bermanfaat untuk simpanan jika terjadi suatu hal penting secara mendadak. Oleh karena itu dana darurat sifatnya harus liquid alias mudah dicairkan. Sedangkan asuransi bertujuan sebagai perlindungan yang meminimalisir kerugian akibat resiko musibah.

Sedikit demi sedikit kami pun mulai memperbaiki cashflow rumah tangga dan mengumpulkan dana darurat. Sedangkan untuk asuransi, dengar-dengar premi asuransi itu berjuta-juta ya? Waduh duit dari mana nih sedangkan kami sedang proses belajar memperbaiki kondisi keuangan? Dana darurat aja belum memenuhi target ideal, lha kok udah harus dipusingkan dengan asuransi.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, di saat saya lagi bingung pengen mengurus asuransi tapi dananya terbatas. Eh berseliweranlah postingan tentang peluncuran happyOne.id di timeline sosial media.


Apa itu happyOne.id?

happyOne.id adalah e-commerce yang dikelola oleh asuransi Astra yang menawarkan perlindungan untuk semua golongan masyarakat mulai dari usia muda sampai yang sudah berkeluarga dengan biaya yang ringan. 

Produk-produk asuransi yang ditawarkan happyOne.id terbilang lengkap mulai dari asuransi kecelakaan diri, asuransi pendidikan, asuransi kebakaran, hingga asuransi perjalanan. Sesuai banget dengan taglinenya yaitu happyOne.id, my all in One insurance.


Asuransi Kecelakaan Diri

happyMe

Merupakan asuransi jiwa yang melindungi diri dari risiko karena kecelakaan dengan manfaat utama berupa santunan meninggal dunia atau cacat tetap keseluruhan karena kecelakaan dengan range premi sebesar Rp 50.000 sampai Rp 180.000 per tahun. 

happyMe Micro

Hampir mirip dengan happyMe, happyMe Micro juga merupakan perlindungan untuk risiko karena kecelakaan tapi dengan pilihan premi yang lebih terjangkau yaitu mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 30.000 saja. Akan tetapi karena preminya lebih murah, tentu saja manfaat yang didapat dari happyMe Micro tidak sebanyak jika memilih asuransi happyMe. 

Asuransi Pendidikan

happyEdu

No! happyEdu ini bukan asuransi pendidikan yang berfungsi sebagai tabungan atau dana pendidikan anak, melainkan asuransi dengan manfaat berupa biaya pendidikan jika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan. Jangan salah kaprah apalagi sampai menulis nama anak sebagai yang tertanggung, hehehe. Range premi untuk happyEdu yaitu Rp 100.000 sampai Rp 180.000.

happyEdu Micro

Seperti happyMe Micro, happyEdu Micro juga merupakan versi lebih terjangkaunya happyEdu dengan premi mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 50.000 saja. 

Asuransi Kebakaran

happyHome

Merupakan perlindungan untuk resiko yang terjadi karena kebakaran rumah. happyHome sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu happyHome FIT dan happyHome PLUS.

happyHome FIT memberi perlindungan untuk rumah tinggal akibat terjadinya FLEXAS (Fire, Lighting, Explosion, Impact of Aircraft, Smoke) berupa biaya penggantian risiko, biaya tempat tinggal sementara, biaya pembersihan puing, biaya pemadam kebakaran, serta santunan pembelian perabotan kembali akibat kebakaran. Sedangkan happyHome PLUS memberi perlindungan yang lebih lengkap dan menyeluruh untuk rumah akibat risiko FLEXAS.

Asuransi Perjalanan

happyTrip

Sama seperti happyHome, happyTrip juga terbagi menjadi 2 jenis yaitu happyTrip Domestik, dan happyTrip International.

happyTrip Domestik merupakan perlindungan atas risiko sebelum dan selama perjalanan di area dalam negeri yang meliputi perlindungan pembatalan perjalanan, perlindungan terhadap bagasi dan barang pribadi, biaya medis akibat kecelakaan, perlindungan keterlambatan penerbangan, biaya medis akibat kecelakaan, perlindungan keterlambatan penerbangan, evakuasi medis darurat dan repatriasi. Sedangkan happyTrip International adalah perlindungan untuk perjalanan ke luar negeri dengan manfaat berupa perlindungan pembatalan perjalanan, perlindungan terhadap bagasi dan barang pribadi, biaya medis akibat kecelakaan dan sakit, serta perlindungan keterlambatan penerbangan.

Selain membeli masing-masing jenis asuransi, happyOne.id juga menawarkan perlindungan My all-in-One insurance dengan premi Rp 399.000 yang terdiri dari asuransi happyMe dengan total perlindungan Rp 29 jutaan, happyEdu dengan perlindungan Rp 55 jutaan, happyHome FIT dengan total pertanggungan Rp 350 jutaan, dan happyTrip Domestik untuk durasi perjalanan domestik selama 4 hari.


Setelah mempelajari seluk beluk tentang happyOne.id dan mengetahui bahwa biaya premi yang ditawarkan sangat terjangkau, mulai Rp 10.000 aja dengan manfaat yang beragam, saya pun langsung tertarik untuk mengurus asuransi lewat happyOne.id. Suami saya yang biasanya ngeyelan aja kalau saya melakukan sesuatu terkait keuangan langsung setuju ketika saya ceritakan tentang premi asuransi di happyOne.id yang murah. Sepuluh ribu doank, sekali masuk minimarket aja bisa lebih dari 50 ribu untuk cemilan doank. Ini 10 ribu udah buat perlindungan diri dengan manfaat yang besar banget.

Mempertimbangkan faktor risiko yang kemungkinan besar akan terjadi, maka saya pun membeli asuransi kecelakaan diri happyMe untuk suami mengingat mobilitasnya yang tinggi dan setiap hari berkendara melewati jalan utama provinsi untuk ke kantor.

Ternyata gak cuma menawarkan premi yang terjangkau, tapi mengurus asuransi via happyOne.id juga super duper praktis. Gak sampai 5 menit sudah beres. Tinggal buka happyOne.id, pilih asuransi yang diinginkan, tentukan premi atau uang pertanggungan, isi data diri tertanggung dan ahli waris, upload foto KTP tertanggung, transfer premi, tunggu email konfirmasi, dan selesai. Polis asuransi akan aktif H+3 jam 12.00 setelah waktu pembayaran. Perihal dokumen ikhtisar pertanggungan dan policy clause juga dikirim lewat email. Semuanya bisa dilakukan dari rumah, sungguh mempermudah hidup banget.

Jangan lupa untuk membuat akun OneID dulu sebelum mengurus asuransi lewat happyOne.id. Satu akun OneID bisa untuk untuk melakukan pembelian, cek polis, dan mengurus bermacam-macam perlindungan yang dimiliki dengan mudah. Tertanggung juga gak harus pemilik akun. Oleh karena itu, saya bisa mengurus asuransi untuk suami lewat akun saya.

Karena pengetahuan saya tentang asuransi masih minim, jadi saya pilih aja premi terendah untuk happyMe yaitu sebesar Rp 50.000 ditambah biaya admin jadi total Rp 72.500. Saya pikir preminya harus dibayar per bulan, eh ternyata itu berlaku untuk satu tahun lho. Berarti perbulannya gak sampai Rp 10.000. Murah banget kan? Tahu gitu pilih yang preminya mahalan dikit supaya uang pertanggungannya lebih besar.


Ada kejadian lucu nih saat saya membeli asuransi happyMe untuk suami. Jadi saat belum selesai mengisi data, saya laporan ke suami kalau harus membayar sekitar Rp 72.000 karena ditambah biaya admin. Setelah selesai mendafttar happyMe untuk suami, saya suruh suami untuk transfer. Tapi saya lupa menyebut biaya totalnya yang benar dan hanya menyerahkan rekening yang harus ditransfer. Suami juga gak pakai tanya lagi, langsung aja transfer sebesar Rp 72.000 padahal biaya totalnya itu Rp 72.500. Degdegan juga takut gak dikonfirmasi atau malah disuruh transfer kurangnya sebesar Rp 500 itu, haha.

Eh gak lama kemudian masuk email konfirmasi bahwa pengajuan asuransi saya diterima. Ternyata kekurangan pembayarannya dimaafkan, mungkin dianggap sodaqoh kali ya, hehehe.

Karena biaya preminya murah banget, nantinya saya berencana untuk mengurus happyMe untuk saya sendiri, dan happyEdu untuk anak-anak. Kalau akan melakukan perjalanan ke luar kota, saya juga tertarik untuk mengurus happyTrip supaya perjalanan lebih tenang dan menyenangkan.


Lega dan happy banget rasanya karena sudah punya perlindungan untuk keluarga, ditambah biaya yang harus dikeluarkan terjangkau pula. Untuk menambah pengetahuan tentang asuransi, saya sekarang follow akun sosial medianya happyOne.id dari Facebook, Instagram, sampai Youtube. Di sini asuransi dibicarakan dengan cara yang menyenangkan dan santai. Banyak tip-tip bahagia yang makjleb juga, contohnya tip menjadi #BeTheHappyOne yaitu dengan cara tambahkan tawa dalam hidup, kalikan dengan cinta, dan kurangi rasa khawatir.

Yuk, jadikan hidup lebih bermanfaat juga dengan cara #BeTheHappyOne!













17 komentar:

  1. Happyone membuat para penggunanya happy, apalagi ada ragam pilihan perlindungan yang bisa disesuaikan yah, ada yang 10.000 lagi 😍

    BalasHapus
  2. Setuju banget mba walau kita ibu rumah tangga dan nggak mencari uang di luar. Kita tetap perlu mengasah skill kita dari rumah seperti hobi memasak, hobi menulis dll. Bahkan sekarang penghasilan blogger itu juga gede kalau kelas kita udah jadi blogget profesional. Aaaminnn semoga kita segera menyusul ke sana ya. Apapun itu, kita harua tetap belajar walau dari rumah

    BalasHapus
  3. Ya ampuun sempat kurang 500 rupiah dan dimaafkan..Alhamdulillah
    Jadi makin yakin sama happyOne nih..Mudah, murah dan layanan oke benerr

    BalasHapus
  4. Mengurus asuransi happyOne mah asik karena mudah dan cepat. Service centrenya juga 24 jam

    BalasHapus
  5. Bikin happy dan tenang banget ya kalau udah pakai Happy One.

    Sesuai dengan namanya.
    Ikhtiar melindungi diri dan orang tercinta emang penting banget :)

    BalasHapus
  6. Penasaran banget sama Happyone ini. Kebetulan lagi cari-cari asuransi buat anak. Zaman sekarang gak pake asuransi itu harus siap-siap was was. Semoga setelah palai asuransi hidup jadi lebih tenang..

    BalasHapus
  7. Ada muga ya mom asuransi buat perjalanan gitu. Aku baru tahu nih. Bahkan bisa buat perjalanan domestik pula ya

    BalasHapus
  8. Perlindungan My all-in-One insurance dengan premi Rp 399.000 ini terjangkau banget ya mbak.
    Kok happyOne.id baik ya, kurang 500 dimaafkan. Alhamdulillah ya mbak walaupun transfer kurang tapi tetap bisa diproses 😊

    BalasHapus
  9. Beberapa pekan lalu ikut shsring session tntang perencanaan keuangan dan baru tahu tentang dana darurat itu. Mencoba mengalokasikannya, jehe.

    BalasHapus
  10. murah banget mb premi-nya jadi semakin yakin pengen coba happy one mba :p

    BalasHapus
  11. Wiih beneran bikin hepi kalo skemanya kayak gini mah. Cuss ah selancarrr cari inpo

    BalasHapus
  12. HappyOne ini bagus buat org2 kyk aku yg batu belajat berasuransi, soalnua preminya termasuk terjangkau, dan udah include empat perlindungan pula ya. Jadinya, gak memberatkan kalau mau punya asuransi. Cara daftar dan bayar preminya pun cukup mudah.

    BalasHapus
  13. premi murah tapi fasilitas lengkap banget, aku tertarik nyoba happytrip buat liburan akhir tahun nanti :)

    BalasHapus
  14. Service nya cepat dan informatif bgt, pas nyoba daftar asuransi ini malem2 ada kendala, terus aku email eh lgsg di balas sama cust service nya.

    BalasHapus
  15. Waa..perlindungannya lengkap ya... mulai dari travelling, pendidikan, kesehatan. Kalau saya sekarang lagi mikirin utk pendidikan anak, eh kesehatan juga, eh travelling juga...semuanya deh...wkwkwk

    BalasHapus
  16. Ak smpe skrg msh maju mundur mau ikut asuransi. Yg pengen banget sih asuransi pendidikan ya. Tp msh diskusi maju mundur sm suami ttg investasinya. Blh nih nanti ak kepoin jg happyOneid..

    BalasHapus
  17. Iyes. HappyOne.id memang murah tp bukan murahan.
    gampang banget tuk daftar ya
    jadi ga perlu lagi repot ke kantornya
    Bisa online soalnya
    semoga makin banyak yg mau berasuransi dengan adanya happyone

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p