Sabtu, 06 Oktober 2018

Pengalaman Belanja Bulanan Online di HappyFresh Malang


"Hah, kosooong? "

Weitss, gak usah pakai nada gitu juga kali bacanya. Mohon maaf ini bukan lagi ngiklan, tapi kekagetan saya ketika melihat stok gula di toples sudah menipis. Begitu pun dengan sabun dan pasta gigi juga sudah tinggal sedikit. Ah iya, baru ingat kalau sekarang sudah masuk awal bulan yang artinya harus belanja bulanan lagi.

Ngomong-ngomong soal belanja kebutuhan sehari-hari, teman-teman lebih suka belanja bulanan, mingguan, atau harian alias nunggu barang apa yang habis baru dibeli di warung atau minimarket terdekat?

Kalau saya sih termasuk tim belanja bulanan kecuali untuk bahan-bahan segar seperti sayur mayur dan lauk pauk yang biasanya saya beli mingguan. Menurut saya belanja bulanan itu jatuhnya jadi lebih hemat dari segi waktu maupun biaya. Apalagi buat saya yang punya anak, sekali pergi ke luar itu pasti ada aja plus-plusnya. Plus mainan, plus jajan, serta plus rengekan anak-anak kalau keinginannya gak dituruti, fyuuh.

Berhubung minggu ini kami mau mudik ke Malang sehingga gak akan sempat pergi ke supermaket, jadi kegiatan belanja bulanan yang biasanya kami lakukan di mall dekat rumah digantikan oleh aplikasi HappyFresh.


Apa itu HappyFresh?

HappyFresh adalah penyedia jasa untuk belanja kebutuhan rumah tangga konsumen di supermaket yang bekerja sama dengan HappyFresh. Singkatnya HappyFresh ini semacam personal shopper untuk barang kebutuhan sehari-hari.

Nah, terus bagaimana cara berbelanja menggunakan HappyFresh?

Caranya gampang banget, seperti berbelanja online di market place atau e-commerce. Kita tinggal mengakses web resmi HappyFresh atau menggunakan aplikasi HappyFresh yang bisa diunduh di Playstore. Kemudian tentukan lokasi pengiriman, pilih supermarket tujuan, dan klik barang-barang yang ingin dibeli. Setelah itu kurir dari HappyFresh akan membelikan barang pesanan kita dan mengantarnya sampai lokasi tujuan sesuai jam pengiriman yang telah kita tentukan. Yupz! Selain memilih supermarket yang kita inginkan serta menentukan lokasi pengiriman, konsumen juga bisa menentukan kapan barang belanjaan harus diantarkan.

Untuk wilayah Jawa Timur, selain sudah tersedia di Surabaya, HappyFresh sekarang juga sudah ada di Malang lho. Sejauh ini supermarket yang tersedia ada Carrefour, Superindo, dan Ranch Market. Semoga setelah ini makin banyak supermarket di Malang yang bekerja sama dengan HappyFresh supaya jangkauannya makin luas dan pilihannya juga makin beragam.

Demi alasan kepraktisan, saya pun memutuskan untuk belanja bulanan di HappyFresh Malang saja. Kebetulan asisten ibu mertua juga sedang tidak masuk jadi kami gak bisa keluar rumah untuk berbelanja karena gak ada yang menjaga ibu mertua. HappyFresh benar-benar solusi banget buat yang ada kebutuhan mendesak untuk membeli suatu barang tapi gak bisa keluar rumah. Gak cuma bahan kering saja, kita juga bisa membeli makanan beku dan segar di HappyFresh. Mau beli sabun cuci, minyak goreng, cemilan, sayur mayur, ikan, daging, sampai es krim pun bisa.


Kurir datang tepat pada waktu yang sudah saya pilih, ongkos kirimnya hanya Rp 14 ribu. Rupanya ongkos kirim HappyFresh ini juga ditentukan dari jadwal pengantaran. Untuk area Malang yang saya lihat berkisar antara Rp 14 ribu sampai Rp 20 ribu saja. Sangat terjangkau jika dibandingkan dengan belanja sendiri harus keluar uang bensin, parkir, plus biaya lapar mata. Pengen jajan ini itu, heuheu.


Ohya, tak jarang ketika berbelanja dengan layanan HappyFresh, ada beberapa barang yang saya pilih ternyata sedang out of stock. Tapi gak usah kuatir, saat check out sudah disediakan solusi seperti mengganti dengan barang sejenis, tak usah diganti, atau kurir menelpon pelanggan terlebih dahulu. Keren ya? Terlihat konsepnya dipikirkan secara matang.

Untuk harga barang yang tertera di HappyFresh dengan di supermarket juga sepertinya hampir sama. Malah kalau lagi ada promo jadi murah banget. Seperti susu UHTnya Alif yang biasanya seharga Rp 3 ribu jadi tinggal Rp 2.5 ribu aja. Gak tau deh mereka dapat untungnya darimana, ckckck. Pilihan pembayarannya juga beragam, bisa bayar tunai langsung di tempat, menggunakan kartu kredit, atau dengan kartu debit.

Overall, saya puas banget berbelanja menggunakan layanan HappyFresh. Cuma agak kesel aja sih. Kesel, kenapa gak dari dulu sih ada di Malangnyaa??

Waktu masih tinggal di Malang, saya sering kesulitan untuk berbelanja bulanan kalau suami pas gak di rumah karena gak ada kendaraan dan rumah saya jauh dari mana-mana. Coba dulu udah ada HappyFresh kan saya tinggal klik-klik dari rumah terus nunggu belanjaan datang sambil nonton acara gosip, wkwk.

Pokoknya yang belum pernah coba belanja di HappyFresh, saya rekomendasikan untuk mencoba deh siapa tahu jodoh, eeaa. Apalagi banyak promo potongan untuk pelanggan yang baru pertama kali belanja di HappyFresh lho. Tinggal buka web atau unduh aplikasinya, kemudian klik Shop Now deh. Atau kalau masih ragu, boleh kepo-kepo dulu di HappyFresh Blog untuk tau lebih banyak tentang layanan HappyFresh.

Teman-teman ada yang sudah pernah berbelanja menggunakan layanan dari HappyFresh juga gak?



20 komentar:

  1. Tim belanja apapun aku suka wakaaak, dasarnya gila blanja akunya
    Haha

    Blanja bulanan itu enake bisa banyakan uang pas abis gajian
    Blanja pas bsrang ngedadak abis jg suks tp kudu dikeker2 uang di dompet masi ada brp

    BalasHapus
  2. Kalau belanja bulanan online bisa bikin nggak laper mata lihat belanjaan lain yah Mbak. ^^

    BalasHapus
  3. Liat di postingan temen jadi kepo pengen nyobain.
    Beneran banget nih, saya juga lebih suka belanja bulanan di supermarket.
    Selain lebih irit, lebih praktis pula.

    Nanti mau nyobain happyfresh aahh :)

    BalasHapus
  4. Belum pwrnah nyoba tapi kayaknya pas banget buat model saya, emak2 yg males banget buat keluar. Mager. Hehe

    BalasHapus
  5. Toss, aku tim belanja bulanan juga, Mbak
    Baru tahu ternyata HappyFresh mudah bangets. .Bisa jadi pilihan belanja saat mager nih. Apalagi di Jakarta harus dihitung biaya bensin saat macet, parkir, jajan saat belanja... Kalau pakai HappyFresh begini kan hemat jadinya yaaa

    BalasHapus
  6. Happy fresh jadi sahabat keluarga banget ini, karena kebutuhan rumah tangga tinggal klik by smartphone bayar, terus dikirim deh ke rumah

    BalasHapus
  7. aku kmren nyoba juga. sebelll kenapa sih gatau dari dulu padahal kan enak jd gausa jauh2 ke toko hehehe

    BalasHapus
  8. Wah, asik nih di Malang udah bisa pakai aplikasi HappyFresh buat belanja sembako. Di Semarang dan Kendal kayaknya kok belum bisa ya kalau belanja sembako lewat aplikasi HappyFresh. Atau mungkin aku kurang update kali ya. Btw, salam kenal ya, Mbak.

    BalasHapus
  9. setuju banget kalo belanja bulanan bisa bikin lrbih hemat, aq juga gitu mba,

    di sidoarjo juga udah bisa pake happy fresh loh...

    BalasHapus
  10. Aku sdh pernah coba nih belanja di Happy Fresh secara online. Lebih simple kita nya ya mba dan juga ngga perlu repot antri dan bawa barang

    BalasHapus
  11. wah kayaknya ini belum ada sih di kotaku. kalau aku belanja biasanya kalau barangnya sudah habis. hihi

    BalasHapus
  12. Aku juga sekarang kalau belanja sudah mengandalkan bebrapa apps termasuk Happy Fresh, karena mudah banget dan barang yang akan kita beli selalu ada.

    BalasHapus
  13. Belum pernah belanja di HappyFresh, malah baru tau kalo bisa belanja online begini. Jadi memudahkan banget, penasaran di jakarta udah ada belum ya.

    BalasHapus
  14. Kebutuhan belanja sayur dan printilan sehari hari jadi lebih mudah ya kak pake happy fresh.

    BalasHapus
  15. Aku juga senang pakai Happyfresh kalau lagi mager banget ke supermarket sendiri. Mudah.

    BalasHapus
  16. woaaaa asik ya belanja makin mudah dan praktis. apalagi kalau barang yang didapatkan juga bagus jadi gak perlu macet-macetan keluar rumah.

    BalasHapus
  17. Jadi lebih hemat ya gak ngeluarin ongkos ataupun bensin dan biaya parkiran ya.

    BalasHapus
  18. asyik ya jadi ga perlu capek2 ke minimarket atau swalayan lagi, tinggal duduk manis di rumah nunggu mas2 Happy Fresh datang bawain belanjaan kita.. mantap deh ya :)

    BalasHapus
  19. Zaman sekarang udah asik ya mba, keperluan dapur aja bisa di online-in, bener2 memudahkan hidup kita

    BalasHapus
  20. Belanja praktis begini bikin mudah emak-emak yang punya baby ya. Tinggal stalking dan pesan by aplikasi..beres

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p