Jumat, 28 September 2018

The Balava Hotel, Malang, Fasilitas Lengkap Cuma 280 Ribuan!


Beberapa waktu lalu pak suami ditugaskan untuk dinas di Malang. Pas banget jadwal dinasnya itu hari senin sampai selasa jadi bisa nyambung dengan jadwal mudik ke Malang waktu weekend. Karena suami gak dapet kamar sendiri di hotel tempatnya kerja jadi dia bolehin saya untuk booking hotel sendiri. Tentu saja ada syarat dan ketentuan yang berlaku yaitu budgetnya gak boleh lebih dari 400 ribu, zzz.

Masalahnya waktu itu lagi peak season kayaknya, harga hotel pas mahal-mahal. Untungnya ya kok nemu the Balava Hotel yang ratenya malah murah banget bangeett untuk kelas hotel bintang 3, cuma 280 ribuan aja. Tanpa breakfast tentunya, kalau pakai makan nambahnya lumayan mahal. Sekitar 150 ribuan sendiri.

Kita nginep cuma semalem aja dari hari minggu sampai senin karena perhitungan budget yang mepet. Hari berikutnya turun kasta nginep di guest house murah, haha.

Karena udah lamaaaa banget gak staycation dengan tujuan liburan, seringnya ikut suami dinas, jadi rencananya kita berangkat pas jam check in alias jam 2 siang biar bisa puas gitu di hotelnya. Tapi sebelumnya ada arisan keluarga dan acaranya molor. Udah gitu yang biasanya selesainya cepet, ini jadi lama karena bahas baju seragam keluarga. Belum ngedrop mertua di rumah, belum masukin barang ke mobil, plus pakai diputer-puterin sama google map pula, hayah. Padahal kita biasa juga sering lewatin hotelnya, kenapa pula liat google map, dudulz! Akhirnya baru sampai hotel menjelang magrib, ckckck.

Alamat the Balava ini ada di jalan Kolonel Sugiono No 6, Ciptomulyo, Kedungkandang. Persis di sampingnya stasiun kota lama Malang. Pintu masuknya sama, cuma beda area parkirnya aja. Cara tersimpel kalau mau ke Balava yaitu lewat stasiun kota baru Malang, terus ke arah selatan lewat kampung warna warni, klenteng Eng A Kiong, sampai ngelewatin fly over rumah sakit Panti Nirmala. Nah, the Balava itu ada di samping fly over. Setelah ngelewatin fly over, jalan dikit terus puter balik. Jangan ngikutin google map pokoknya, tambah diputerin juauuuhh.

The Balava ini merupakan salah satu hotel yang usianya terbilang baru di Malang. Daerah sekitarnya berupa kota lama yang banyak terdapat bangunan tua nan lusuh, jadi Balava yang megah ini langsung sukses menarik perhatian setiap kita lewat. Tapi karena harganya yang murah, pak suami sempat skeptis dengan hotel ini. Eh begitu sampai hotel malah dia yang kegirangan karena bangunannya masih bagus, kamarnya juga oke.

Dari segi fasilitasnya juga bisa dibilang lengkap banget. Di lantai paling bawah sejajar dengan area parkir ada jejeran rumah makan dan kafe. Jadi kalau lapar, gak usah jauh-jauh. Cukup turun ke bawah. Kemarin kita makan malam di Kanton, resto chinese food gitu, karena ada kids corner yang sukses buat Alif gak mau makan di tempat lain. Selain Kanton, ada warung pizza, kafe kopi, sama warteg kalau gak salah. Gak jauh dari hotel juga banyak kuliner legendaris seperti tahu telur mulia, Hok Lay, Rawon Nguling, dan lain-lain. Tapi ya tetep harus pakai kendaraan pribadi sih.

Kids Cornernya Kanton

Gara-gara turun ke bawah nih, saya jadi gak sengaja liat ada kids corner juga di dekat resepsionis. Tempatnya itu mojok banget ketutup tangga muter ke lantai 2 jadi kayaknya jarang ada tamu yang tahu fasilitas ini. Udah gitu kalau ke area parkir itu kita turunnya lewat lift sedangkan kalau ke area resto pakai eskalator. Dari eskalator inilah si kids corner kelihatan.

Mainan di kids cornernya lumayan banyak dan lengkap. Dibandingkan sama kids cornernya Harris Malang, jauh lebih lengkap di Balava lho. Selain itu ada juga permainan untuk yang dewasa seperti catur, karambol, dan mini golf. Tapi karena lokasinya di pojokan, area ini jadi sepi banget. Alif bisa main sepuasnya kayak punya sendiri, wkwk.



Masih di lantai yang sama dengan area resepsionis dan kids corner, ada ballroom dan area makan. Area makannya kelihatan luas dan sejuk karena berdampingan dengan taman. Selain itu seingat saya ada backsound kicauan burung gitu di sini. Asik banget kayaknya, sayang kita gak pake sarapan, heuheu.


Di lantai 2, ada meeting room dan kolam renang. Kolam renangnya dibuat model infinity pool gitu, tapi pemandangannya gak begitu bagus karena lokasinya kurang tinggi dan bersebelahan dengan atap stasiun yang terbuat dari seng yang udah karatan. Kalau gak salah ada fasilitas Spa dan Gym juga, saya gak terlalu merhatiin sih, hehe.


Kamar kami berada di lantai 5 dengan view perumahan penduduk dan jalan raya. Kamarnya gak begitu luas tapi karena penataan dan pemilihan warna yang tepat jadi gak berasa sumpek sama sekali. Yang unik, di bagian headboard diletakkan gambar kawah gunung ijen yang gede banget. Kayaknya tiap kamar beda-beda gambarnya. Fasilitasnya juga standar aja, gak ada hairdryer dan kulkas, namanya juga pilih kamar paling murah ye khaann?? Wkwk. Tapi untuk harga 200 ribuan mah, udah bagus banget. Melebihi ekspetasi, pak suami aja girang begitu masuk kamarnya. Awalnya dia meragukan hotel yang saya pilih ini.




Karena besoknya suami harus kerja pagi-pagi jadi kita nekat aja berenang menjelang magrib. Selama ini kalau nginep di hotel yang ada kolam renangnya, suami hampir gak pernah bisa nemenin Alif renang karena sibuk kerja. Agak waswas juga Alif bakal kedinginan, apalagi udara Malang waktu itu lagi dingin-dinginnya. Eh ternyata air di kolam the Balava gak terlalu dingin. Kayak air suhu normal gitu aja. Alif jadi betah main air sampai malem, ckck.

Abis renang, pengennya sih nongkrong di rooftop cafenya Balava yang gak kalah populer dari rooftop cafe OJ Hotel. Tapi dipikir-pikir, kalau malam gak terlalu bagus untuk foto-foto *teteup yaa* jadi diputuskan besok aja ngafenya.

Ndilalah, pas saya ke rooftop cafe setelah check out eh ya kok belum buka. Jadi deh cuma foto-foto doank. Cafenya luas, ada area outdoor dan indoor. Dari segi desain cafe sih, lebih asri rooftop cafenya OJ Hotel. Tapi kalau dari segi view, jauh lebih bagus the Balava karena lokasi rooftopnya lebih tinggi dan gak kehalang bangunan apa pun. Soal harga menu, yang saya lihat di lift sih sepertinya lumayan terjangkau. Banyak snack yang dihargai Rp 20 ribuan aja.


Buat keluarga yang bawa anak yang lagi cari penginapan murah, kids friendly, dan nyaman dekat stasiun kota Malang, the Balava ini super recommended deh. Cuma ada yang jadi pertanyaan saya, yaitu soal sistem keamanannya. Kok liftnya gak pakai kartu kamar dan wifinya juga gak pakai password? Ohya, jangan lupa siapkan uang cash sebesar Rp 100 ribu untuk deposit hotel ketika check in.



3 komentar:

  1. 280k untuk kota Malang nih terjangkau banget mba :) hotel yang budget biasanya memang liftnya tanpa tap kartu, kalo 500k ke atas ya biasanya ada. Tapi ini memang recommended banget hotelnya, bisa jadi referensi oktober nanti ke Malang

    BalasHapus
  2. Hai kakak,

    Aku belum pernah main ke Malang nih. Nanti boleh deh cobain nih hotel nya.

    BalasHapus
  3. hotel ini ada di airyrooms ga? wkwkwwk aku airyrooms holic ini.
    asyik juga kalo ada kids cornernya. anaknya main, emaknya bisa main hp hihihi

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p