Senin, 17 September 2018

Survey Biaya SD di Sidoarjo dan Surabaya


Per tahun ajaran 2018/2019 ini Alif sudah mulai sekolah di TK A. Awal-awal masuk sekolah saya biasanya jemput Alif setengah jam lebih cepat dari waktu pulang sekolah. Sambil nunggu anak-anak keluar kelas, para ibu-ibu wali murid biasanya suka ngobrol. Saya mah bagian nguping doank, heuheu. Nah, topik yang paling hawt dijadikan bahan obrolan saat itu adalah soal pendaftaran masuk SD.

Dari hasil nguping, saya dapat info soal aturan zonasi dan umur anak untuk syarat masuk ke SD negeri. Kabarnya daerah perumahan saya itu masuk area salah satu SD di kelurahan yang begitu saya cek kondisinya agak kurang oke. Selain itu kalau dihitung umur Alif, besok saat masuk SD umurnya pas banget dengan syarat masuk SD di mana agak bikin degdegser juga kan takut kegeser sama yang lebih tua.

Gak mau ambil resiko, saya dan suami pun mulai getol mencari info mengenai SD swasta di sekitaran Sidoarjo dan Surabaya. Sebenarnya opsi memasukkan Alif ke sekolah swasta sudah terpikir sejak sebelum Alif masuk TK tapi ya udah gak yang terlalu ngoyo gimana gitu. Perkiraan saya biaya masuk sekolah swasta di Sidoarjo masih terjangkau, eh begitu survey biaya masuk sekolah eng ing eng mahal ugha yha! Harus lebih giat lagi nih nabungnya. Makanya sekarang kita kalau liburan pilih nginep di hotel di seputaran Surabaya aja biar lebih hemat, heuheu.

Baca juga: Liburan Akhir Tahun di Hotel Singgasana Surabaya

Nah, berikut biaya masuk SD di seputaran Sidoarjo yang saya dapat lewat internet maupun langsung mendatangi lokasinya. Postingan ini insya Allah bakal saya update lagi kalau kami dapat info biaya sekolah lain. Survey masih belum berakhir kawanz, halah :p

Al Falah Sidoarjo - Surabaya



Saya baru tau kalau ternyata sekolah yang bernama Al Falah itu ada 2 di Sidoarjo. Sepertinya keduanya bukan berasal dari yayasan yang sama. Bedanya yang satunya bernama Al Falah, satunya lagi Al Falah Darussalam. Yang Al Falah tok ini untuk KB, TK, dan SD alamatnya di Surabaya sedangkan untuk SMP berada di Deltasari Sidoarjo. Kalau Al Falah Darussalam dari KB sampai SMP berada di lokasi yang sama.

Al Hikmah Surabaya
Biaya ini untuk tahun ajaran 2018/2019 ya, info lengkap mengenai pendaftaran dan endebre lainnya langsung ke sini aja.

Kemarin waktu nemenin suami lembur di kantor, pulangnya kami lewat SD dan TK Al Hikmah. Saya pikir sekolahnya satu atap dari TK sampai SMA digabung, ternyata lokasinya terpisah-pisah tapi masih saling berdekatan. Untuk SD aja, gedungnya besar banget. Yaaa sesuai lah ya sama harganya, wkwk.

SD Islam Kreatif Mutiara Anak Shaleh Sidoarjo


Dapat info dari orang administrasi sekolah kabarnya kalau daftar sebelum bulan Oktober alias lebih dari setengah tahun sebelum tahun ajaran baru akan dapat potongan sebesar 2 juta. Lumayan banget kaan?

Mutiara Anak Shaleh ini juga punya KB dan TK yang lokasinya terpisah dengan SDnya. Nah lokasi KB-TKnya itu gak jauh dari sekolahnya Alif tapi harus naik motor sih kalau dari rumah. Dan gedungnya lumayan modern dan baru. Saya sampai terharu, di deket rumah ada TK yang layak dipamerin juga, wkwk. Sayang baru tau pas Alif udah masuk TK. Tapi sekolahnya Alif sekarang juga udah bagus sih, cuma kurang sreg suasananya yang agak berdebu aja.


Untuk biaya masuk TK Mutiara Anak Shalehnya sekitar 7 juta, udah dapat snack setiap hari jadi kita gak perlu nyiapin bekal. Selain KB dan TK, di sini juga ada daycarenya. Kemarin saya lihat beberapa anak SD, pulang sekolah diantar mobil antar jemput ke sini dulu. Kayaknya nunggu orang tuanya pulang kerja kali ya. Dan sama seperti SDnya, dapat seragam renang juga.

SD Islam Terpadu Nurul Fikri Sidoarjo


Tau berita penggrebekan terduga teroris yang lokasinya gak jauh dari sebuah sekolah dasar negeri di Sidoarja beberapa waktu lalu? Nah, SDIT Nurul Fikri ini lokasinya deket-deket daerah penggrebekan itu *info gak penting, wk*

Saya suka sama lokasinya yang gak langsung jalan raya tapi agak masuk jalan kampung terus masuk lagi ke halaman masjid punya yayasan Nurul Fikri juga, baru deh masuk lagi ke area sekolah.

Sekolahnya kelihatan bersih dan rapi, cuma rada panas karena pepohonannya cuma di area parkir.

Nurul Fikri juga punya KB-TK yang lokasinya terpisah, tepatnya di perumahan Graha Asri Sukodono. Deket banget sama perumahan saya. Dan berbeda sama gedung SDnya yang cenderung plain, gedung KB-TKnya terlihat moderen dan kece banget. Tapi harganya ternyata juga kece. Kirain karena SDnya lumayan murah, TKnya juga demikian. Ternyata saya salah, biaya masuk untuk KB dan TK Nurul Fikri Sidoarjo lumayan mihil juga untuk kantong saya, wkwk. Biaya masuk KBnya itu sekitar 5 juta sedangkan TKnya 7 jutaan.

SD Mutiara Bunda Sidoarjo



Sekolah Mutiara Bunda ini punya 3 cabang, masing-masing di Krian, Sidoarjo kota, dan Surabaya. Yang saya survey kemarin Mutiara Bunda Sidoarjo kota, tepatnya di Perumahan Pondok Mutiara. Sekolahnya ada di gang ke dua dari gerbang utama dan di pojokan, jadi gak mengganggu lalu lintas perumahan kalau jam masuk atau pulang sekolah.

Kita datang ke sini setelah pulang dari Baobab Safari Resort pas jam anak pulang sekolah, sekitar jam 3 sore. Untuk ukuran sekolah satu atap dari KB-TK sampai SMA, muridnya terbilang gak begitu banyak. Ya emang sih untuk TK dan SD kelas 1 sampai 2 pulangnya lebih awal. Tapi beneran deh, dikit banget muridnya. Usut punya usut ternyata per tingkatannya cuma ada 1 kelas dan itu pun sekelas muridnya cuma sekitar 20 orang.

Baca juga: Staycation dengan Suasana Afrika di Baobab Safari Resort, Prigen Pasuruan

Sepertinya Mutiara Bunda ini termasuk sekolah inklusi deh karena saya perhatikan banyak anak-anak berkebutuhan khusus yang sekolah di sini. Katanya mereka juga menganut sistem pengenalan karakter tiap anak. Jadi tiap murid dilihat kecerdasannya cenderung mengarah kemana. Dari segi fasilitas juga lumayan lengkap dan ruangannya kece cuma agak kusam karena belum diperbarui. Tapi kurang sreg karena satu atap itu sih dan jauh dari rumah, sekitar 15 menitan.

Untuk biaya, kemarin itu mereka ngasi brosur dan biaya masuk endebrenya ditulis tangan di balik brosurnya. Nah belum sempat kefoto, eh laci tempat saya biasa nyimpan brosur sekolah diacak-acak Alif. Ndilalah, brosur sekolah Mutiara Bundanya hilang entah kemana, hwaaa. Seingat saya, biaya pendaftarannya Rp 350 ribu. Untuk uang pangkalnya sekitar Rp 8 jutaan. Dan SPPnya sekitar Rp 800 ribuan. Ohya mereka pakai kurikulum Cambridge. Dan kalau kita daftar serta bayar uang pangkal lebih dulu, biayanya ikut tahun ajaran saat itu, bukan saat anak kita masuk.

Saya lumayan shock lho melihat uang pangkalnya yang terbilang murah, kirain udah tembus Rp 20 juta melihat sekolah ini cukup elit dan desain fasilitasnya lumayan moderen. Ternyata malah lumayan terjangkau, lebih murah dari sekolah dekat rumah saya yang coret ini, wkwk.

SD Al Azhar 52 Sidoarjo


Mungkin karena terbilang cukup baru, jadi fasilitasnya masih oke. Gedungnya lumayan modern. Sekolah ini satu atap tapi cuma KB-TK dan SD jadi gak terlalu campur-campur lah. Sejauh ini, Al Azhar Sidoarjo merupakan sekolah terkeren yang udah kita survey. Cuma lokasinya nylentang sendiri, gak deket kota, gak deket juga dari rumah saya. Mana harus lewat jalan kampung pula.

Tapi begitu sampai lokasi, pasti langsung jatuh cinta sama suasananya. Berada di perumahan elit, Safira Garden yang mana tempat saya foto-foto produk Mooimom itu. Enak banget suasananya di sini, jauh dari hiruk pikuk. Sejuk, asri, dan bersih.

Baca juga: Tetap Stylish Saat Hamil dan Setelah Melahirkan dengan Mooimom

Sayangnya hasil survey kita di Al Azhar Sidoarjo ini zonk. Karenaaa, kita sama sekali gak dikasih bocoran biaya masuknya. Katanya sih mau dikirim lewat Whatsapp, tapi sampai sekarang belum juga ada kabar. Kata suami, mungkin karena penampilannya dia kurang meyakinkan. Pakai kaos belel yang sablonnya udah meletek. Pasti dikira gak sanggup bayar *emang iya sih, haha*

Saya gak percaya sih mereka sedangkal itu, buktinya suami dianter keliling sekolahan padahal katanya kalau survey ada waktunya sendiri. Saya pun mencoba browsing ke web resminya dan di menu info pembayaran juga gak aktif saat diklik. Kayaknya mereka memang belum launching biaya masuk untuk tahun ajaran depan. Nunggu setelah open house apa ya? Semoga aja abis ini dapat info pembayarannya, karena saya penasaran, wkwk.

Sekolah Alam Al Izzah Krian



Sekolah alam ini terbilang baru, kata mbak Nana, penguasanya Krian City, baru sekitar satu tahunan gitu. Gak heran waktu kemarin kita ke sini banyak area yang masih dalam tahap pembangunan.

Suasananya enak banget, sejuk dan banyak angin karena dikelilingi sawah. Cuma rada waswas kalau pas hujan gimana tuh, apalagi dekat banget sama tower sutet. Sekolah ini satu atap juga ya, dari KB-TK sampai SMP. Kalau dari survey kemarin, kelihatannya program mereka islami banget *namanya juga sekolah islam Maemunah!*, maksudnya menitikberatkan kegiatannya di sunah dan ajaran Islam, bingung saya jelasinnya. Saat pendaftaran, mereka juga ngadain observasi gak cuma ke murid tapi orang tuanya juga. Saya agak lupa observasi apaan ya, soalnya suami yang ngobrol, heuheu.

Untuk biaya sekolah dan lain-lain mereka ada tingkatannya, wali murid tinggal menyesuaikan dengan kemampuannya. Untuk sekolah baru yang belum terakreditasi, biaya masuknya lumayan juga sih menurut saya.


Ya udah, segitu dulu deh pencapaian survey sekolah kali ini. Nunggu suami ada waktu luang baru bisa survey lagi. Ohya, biaya sekolah rata-rata ada kenaikan sekitar 10-15 % tiap tahunnya, jadi kalau mau lihat biaya masuk saat anak mulai sekolah jangan lupa hitung juga kenaikan biayanya. Jangan lupa nabung juga, heuheu.

Update:

Akhirnya saya sudah dapat info biaya pendaftaran SD Al Azhar 52 dan ada juga biaya sekolah lain seperti MINU Pucang. Saya bikin lagi postingan baru tentang biaya SD Sidoarjo. Cek postingan ini ya!

Biaya SD di Sidoarjo 2019-2020

46 komentar:

  1. aku jadi pengen nulis ini mba wkwkk ya ampun SD skrg mahal-mahal kuingin menangis dibuatnya ada 2 SD yang dah disuvery biaya masuk yg stau 18 juta satu lg 11 juta *kray emak kray

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuus tulis juga mbak. Buat crazy rich Cimahian kecil biaya segitu mah, wkwk :p

      Hapus
  2. Hiksss bikin sedih ya biayanya 😂😂
    Brb mulai nabung, kurang2in hedon skincare 🤣

    Survey Sekolah Alam Insan Mulia dong Mbak 😁 lokasinya di Merr, masih terjangkau laah dari Sidoarjo 😄 *maksa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ini anak temen kantor suamiku ada yang di sekolahin di SAIM. Kayaknya lebih murah dari Al Hikmah.

      Hapus
    2. Saim mahal beut bun...20jt uang gedungnya apa uang apanya gt,blm uang lain2 nya jg

      Hapus
    3. Iya lebih murah,tp murah jg uang gedungnya 20jt mbk...blm yg lainnya itu😂

      Hapus
    4. Coba di SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo Bun, ada kelas tahfidz, ICP, juga digitalisasi melalui kartu smart juga maju dengan harga terjangkau dibanding yang lain, sekolah bintang 5 harga terjangkau..

      Hapus
  3. aku kok langsung mules ya baca ini? hahaha.
    ini bocah baru umur setaun, ntar kalo doi udah waktunya sekolah, tinggal kalikan aja ya sama nilai inflasi per tahun. makin mules. wkwkkw.

    btw, di sukodono udah mahal ya. sek, mungkin krian bisa agak murah dikit. wkwk.
    kemarin iseng googling biaya masuk TK alam deket rumahku, biaya masuknya 6 jutaan spp 500 ribuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya aku tau tuh sekolah Alam yang dimaksud, :D

      Hapus
  4. hai ..mba Aku tinggal di sdarjo masih lumayan jauh juga sih anak masuk SD, ini aja masih ancang-ancang mau masuk KB, tapi liat rincian harga biaya masuk Sekolah terutama SD yang melangit..waduh *garuk-garuk kepala- nabung lebih giat lagi deh..trims infonya y mb.:)

    BalasHapus
  5. apa itu Al-Hikmah ... 32juta kudu cash yak? ckckck murah mah segitu, gesek sekali doang udah kebayar kok mbak #CrazyRichNgalam


    Hmmm melipir ke mana nanti yak kira-kira kalo babybear dah mulai sekolah *lirikbapaknyayangmasihsekolahjuga wkwkwkwk

    BalasHapus
  6. makkkk 32 juta? mari kita tanam pohon uang

    BalasHapus
  7. Trmksih untk revewnya.. stdknya da gmbaran d th kmrn brp

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Makasih mbak info nya ngebantu banget.. saya lagi planing ngitung dana pendidikan anak .. oiya sd swasta yang di info itu full day semua atau gak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, rata-rata full day pulang jam 3 atau 4 sore :])

      Hapus
  10. Sdh ada kabar biaya al azhar sda mmbak?

    BalasHapus
  11. Hay Bun makasih ya info2 nya bermanfaat banget.. aku lg nyari SD Alfalah assalam yang di tropodo bun.. mungkin ada info bun?

    BalasHapus
  12. SD Assalam sdh buka pendaftarannya tgl 7 desember kmrn, tes gelombang pertama sdh dilaksanakan tgl 5 januari. Total biaya sktr 15jutaan (sdh trmasuk buku&seragam) CMIIW, sppnya thn kmrn 700rb, kalo naik mgk sktr 750rb. Benernya kalo daftar gelombang 1 dpt diskon mba. Infonya kalo kuota blm memenuhi, pendaftaran gelombang 2 bakal dibuka bln februari/maret. Cb tlp lgs aja ke assalam mba. Semoga infonya membantu ;)

    BalasHapus
  13. Baca artikel ini jadi punya gambaran deh,, mau masukin anak sekolah di negeri atau swasta yaaa.. masih tunggu kabar nya mbk info yg SD Al Azhar donk😝😝

    BalasHapus
  14. Ijin share link ya mba, ini info SD swasta favorit sby, moga bisa membantu :D
    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10217844968184215&id=1483124708

    BalasHapus
  15. Untuk info sekolah al azhar, coba buka link ini mommies,
    http://pmb.alazhar-jatim.sch.id/informasi


    Disitu udah lngkap info ttg prosedur pendaftaran, syarat, dan (paling penting) biaya.. 😱😂

    BalasHapus
  16. masih ada sekolah yang bagus di Sidoarjo. yuk cek² lagi .sd madani ekselensia di buduran, sd islam saribumi dan sdit insan kamil. kalo sudah dapat infonya. tambahi disini ya

    BalasHapus
  17. mom bagi info sd negeri maupun swasta d krian . lg cri2 nih.. makasih

    BalasHapus
  18. Sd islam saribumi bagus mom..anakku 3 sekolah disitu semua �� biayanya jg lbh terjangkau drpd yg lain..unt sd masuknya sekitar 7-8 jutaan..untuk tk 5 jt an .. Sekolahnya sesuai alquran dan sunnah, adab dan akhlaq jg dibina, ada program tahfidznya juga...kalo mau survey lokasinya di jalan raya lingkar timur sidoarjo...biasanya november akhir uda buka pendaftaran dan cepet banget tutupnya karena full kuota

    BalasHapus
  19. Updet terus infonya yah mom,lokasi di Kecamatan yg sama nih dg sayah,sayah juga di Sukodono,,anak sayah tapi masih 4 tahun lagi sekolah,hahahah,ga Tau sekolah negeri daerah sini bagus apa gaknya,,tp bulan juni tahun itu anak sayah usia 6,5thn,bisa kegeser sama yg lebih tua klo mau masuk negeri nih..

    BalasHapus
  20. yang anaknya sudah skolah di al azhar sidoarjo, testimoninya donk.. hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak saya mba. Dari tk.
      Dan skarang uda kelas 2 sd.
      Saya recommend banget untuk sd nya hehe... tapi untuk tk sih ada beberapa pertimbangan personal yg saya tidak terlalu recommend. Tapi subjektif ya mbaa..
      Untuk sd nya?
      Highly recommended! 🤩

      Hapus
    2. maaf br ikutan nimbrung hehe.. highly recommendednya ini dr apanya ya mba? hanya fasilitas saja yg bagus atau metode pembelajarannya bgmn? makasih

      Hapus
  21. Sd di sidoarjo yg ada program tahfidz nya yg bagus dmn ya mam? Mohon infonya.. thn ini si kakak masuk sd..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek sdit Madani ekselensia, sekolah Masih baru, ngajinya pakai metode utrujah, muridnya sudah ada yang hafal 8juz. Sdi saribumi dan sdit insan Kamil, mengaji pake metode ummi. Saribumi targetnya 4juz. Tapi ada yang hafal 6juz. Insan kamil kurang lebih sama pencapaiannya

      Hapus
  22. Akhirnya dimana mba pilihan sekolahnya?
    Anak saya di al azhar hehe..
    Review mba luar biasa. Ntar sy kasi inputan ke sekolah dan team jamiyyah yaaa
    Dan btw, Al Azhar juga jauh lebih kece dari penampakan aslinya loh hihi
    Salam kenal mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mbak,
      Saya berniat mendaftarkan anak saya di KB al azhar untuk tahun depan. Punya bocoran biaya kah?
      Rencananya mau survey kesitu hari ini.

      Hapus
  23. SD Islam Sabilillah belum disurvey ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SD Sabilillah bisa dilihat di Urban Mama mbak. Aku lihat di Urban Mama untuk Tahun Ajaran 2020/2021
      ---
      1. Uang Masuk: Rp 7.000.000
      2. Uang Kegiatan, Buku, dan Alat Tulis: Rp 2.850.000
      3. Uang Seragam: Rp 1.000.000
      4. SPP/bulan: Rp 950.000
      ---
      TOTAL Rp 11.800.000

      Hapus
    2. Kalau bisa jangan sekolah di Sabilillah, Anak sya aja sekolah di sabilillah saya pindahkan sekolahnya di Muhammadiyah, Sekolah bayarnya cukup Mahal tapi Fasilitasnya mengecewakan dari Makanan Cathering yg dikelola oleh Yayasan sendiri terus Air Minum yg di konsumsi buat anak2 Air Isi Ulang yg 3.500 tapi para Guru minum Aqua yg Asli dan pihak yayasan tdk mau menerima masukan dari wali murid, tempat makan juga dicucinya di area kmr mandi
      Saran sya sebelum menyesal spt sya dan para org tua yg lain mending mikir2 deh sekolah di Sabilillah

      Hapus
  24. mungkin bs ditengok2 sdit nurul hikmah sidoarjo moms..sekolah baru yg senior baru kelas 3,biayanya masih terjangkau krn sekolah baru,ntar klo da ada kelulusan mungkin akan sama dgn skolah2 elit..krn pendirinya sama dgn al hikmah..insya allah amanah ustad/ustadzah nya..

    BalasHapus
  25. owg ya..taun ini total masuk nurul hikmah 6jutaan..fullday utk kls 3-6,jam 16.00 plgnya,,berada di area perumahan natura sidoarjo

    BalasHapus
  26. Mbak...mau tanya sdit yang deket sedati yg lumayan bagus apa yaa....

    BalasHapus
  27. Deket Sedati sini ada Al Azhar Safira Juanda,sdit El Haq ,Al falah Darussalam,sama Al Muslim mbaa...

    BalasHapus
  28. Al Muslim Sidoarjo mulai dari 2thn sampai SMA. Macam Fullboarding dia mandiri anak2nya..

    BalasHapus
  29. Masukannya donk mam...alfalah darussalam dan alfalah assalam recomended yg mana ya???

    BalasHapus
  30. Hallo mom minta pendapat dong sekolah TK mutiara anak Sholeh sama Nurul Fikri bagus mana ya? Bunda dulu sekolahin dimana? Mohon info yaa

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p