Senin, 14 Mei 2018

Pengeluaran Ekstra di Bulan Ramadan? Ini Tips Ekstra Hemat Belanja Online di Tokopedia


Ketika iklan sirup mulai wara wiri di layar kaca dan pedagang kue kering mulai banyak bermunculan di sosial media, berarti itu tandanya bulan ramadan sudah dekat. Yupz, dalam hitungan hari bahkan bisa dibilang jam,  kita akan dipertemukan kembali dengan bulan suci ramadan. Puasa lagi, mikir menu takjil lagi, tarawih lagi, set semua alarm supaya gak telat bangun sahur lagi, waaahh gak sabar deh.


Tapiiii, ada rasa khawatir juga yang menghantui pikiran saya nih. Biasalah problema ibu-ibu menyusui sejagat raya, kuat gak ya nanti puasanya? Bakal lancar gak ya menyusuinya? Apalagi belakangan saya sudah gak stock ASIP lagi karena malas, hehehe.

Baca juga: Manfaat Memompa ASI bagi Ibu Rumah Tangga

Ramadan kali ini memang lebih istimewa dengan kehadiran Nayla, si anak nomor 2. Selain kekhawatiran bisa kuat puasa menahan lapar, saya juga agak degdegan bakal bisa kuat gak menahan amarah menghadapi tingkah laku anak-anak ketika kondisi perut sedang tak terisi? Maklum ya, saya termasuk ibu-ibu yang gampang cranky kalau kurang asupan energi, heuheu.

Baca juga: Karena Tetap Waras juga Butuh Energi

Lebaran nanti fotonya bakal berempat, bukan bertiga lagi
Selain bakal terasa istimewa, ramadan kali ini juga sepertinya bakal serba ekstra nih. Ekstra persiapan dan ekstra biaya, yaiyalah anggota keluarganya aja nambah. Kalau sering baca blog saya *iya iya tau gak ada yang baca, huahua*, saya tuh anaknya suka khawatir berlebihan sama hal-hal yang akan terjadi, seperti menyambut bulan puasa ini. Sisi positifnya, karena suka parno saya juga jadi lebih mempersiapkan diri supaya kekhawatiran tersebut gak terjadi. Singkatnya saya orangnya gak mau susah, haha. Jadi mulai jauh-jauh hari saya sudah ancang-ancang bakal melakukan persiapan ekstra supaya bisa puasa dengan lancar.

"Nanti kalau ada honor yang cair, kasi tahu aku lho ya! Aku mau belanja" pesan saya ke suami.

Iya, persiapan saya menyambut bulan puasa emang gak jauh-jauh dari belanja. Tapi belanja yang berfaedah lah, yang emang bener-bener butuh. Seperti bahan makanan yang cepat saji dan bumbu-bumbu dapur supaya tetap bisa menyajikan makanan untuk buka dan sahur yang anti ribet. Rencananya mau beli daging dan ikan fillet yang tinggal dibumbuin terus sreng sreng jadi deh. Suami gak begitu doyan frozen food olahan soalnya. Makanan bayi juga penting banget kalau saya sudah gak ada tenaga untuk mengolah MPASI untuk Nayla.

Selain bahan makanan, saya juga pengen banget beli peralatan masak baru, terutama blender. Butuh banget buat giling bumbu dan bikin minuman buka puasa, blender di rumah udah rusak. Kapan hari lihat flash salenya Tokopedia, ada blender Cosmos yang selama ini saya incar lagi diskon plus dapat garansi 1 tahun lagi. Sayang banget pas duitnya gak ada. Semoga dalam waktu dekat bakal ada flash sale blender lagi di Tokopedia atau kompor gas juga boleh deh, kompor saya udah buluk banget. Tuh kan beneran esktra biaya, belum mulai puasa aja list belanja saya udah banyak amat, haha.


Ngomong-ngomong soal Tokopedia, saya punya tips belanja online hemat untuk kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia nih.

1. Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia

Namanya emak-emak ya, beda harga seribu aja jadi persoalan. Makanya kalau beli barang jangan kemrusung grasa grusu langsung dibeli. Bandingkan dulu harganya antara 1 toko dengan toko lainnya.

Memiliki banyak toko online berkualitas, Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup cari produk yang dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas.

2. Pilih produk berkualitas dari kreator lokal

Dulu saya termasuk orang yang punya prinsip yang penting kuantitas daripada kualitas. Jadi tiap beli barang selalu cari yang harganya murah supaya bisa dapat banyak barang. Belakangan saya mulai lelah beli barang berkualitas rendah karena gampang rusak dan jadi sampah di rumah. Tapi mau beli barang branded juga gak mampu *problem*. Solusinya ya pilih produk lokal yang udah jelas kualitasnya tapi memiliki harga yang cukup terjangkau.

Lagipula untuk membuat Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu menggunakan barang branded dengan harga selangit kan? Nah Tokopedia, e-commerce dengan produk terlengkap memiliki koleksi  berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Hemat pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring.

3. Cari toko online terdekat

Sering banget kejadian saat menemukan barang dengan harga murah tapi ongkos kirimnya muahal. Oleh karena itu saya selalu memanfaatkan filter lokasi seller saat akan berbelanja online supaya dapat yang lokasinya dekat sehingga gak berat di ongkir. Tokopedia ini salah satu market place yang punya fitur yang dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik.

4. Pilih cara pembayaran yang tepat

Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

5. Pilih metode pengiriman paling efisien

Dalam melakukan pengiriman barang yang kita beli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita.

6. Manfaatkan promo dan diskon

Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kita gunakan untuk buat Ramadan kali ini makin Ekstra.

Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday”, kejutan seperti apa yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih special?


Jangan tanya saya ada kejutan apa di Tokopedia tanggal 25 Mei nanti karena saya juga gak tau. Udah coba ubek-ubek Tokopedia tapi hasilnya nihil, gak menemukan clue sama sekali. Janjinya sih bakal ada kejutan belanja yang serba esktra. Pokoknya tandai aja tanggalnya dan berdoa semoga barang-barang incaran dapat diskon sebesar-besarnya. Lumayaan kan buat persiapan lebaran? Beli baju lebarannya sekarang buat 4 orang cuy! Heuheu.

Kalau teman-teman, apa aja nih persiapannya menyambut bulan ramadan ini?


4 komentar:

  1. Sama jeung mer, gini hari stok asipku aha devisit sampe kejar tayang cem sinetron stripping ckckck

    Soale aku tipe klo ga makan asi seret pol huhu

    Hmmm, jadi puasa mulai rabu apa kemis ya kira-kira?nah urusan bandingin harga antar e commerce justru di aku malah lebih gape paksu jeh aku kurang telaten...nemu barang unyu dikit aja di olshop langsung pengennya buru buru beli, padahal kan haruse dicek dulu ya antar olshop lainnya apa lebih murceu apa sebaliknya hahhaha

    BalasHapus
  2. alif pernah tembem pada masanya hihi

    BalasHapus
  3. Betul sekali artikel diatas...Biasanya jelang ramadhan pengeluaran sangat meningkat..Selain harus hemat kita juga harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin agar puasa kita jauh dari kata lelah..😄😄

    BalasHapus
  4. jelang ramadhan aku beli blender biar bisa bikin jus, hihi

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p