Selasa, 22 Mei 2018

Mengatasi Rambut Rusak Pasca Melahirkan dengan Emeron Damage Care


Pernah mengalami kerontokan rambut yang parah pasca melahirkan Alif dulu, membuat saya menyiapkan diri dengan membeli serangkaian barang penghalau rontok jauh hari sebelum Nayla lahir. Mulai dari sisir khusus rambut rontok, hair tonic, sampai perawatan rambut berbahan dasar gingseng yang katanya mampu memperkuat akar rambut. Lalu apakah saya bisa terhindar dari rambut rontok?

Gak sama sekali!

Dua bulan setelah Nayla lahir, rambut saya mulai meranggas bagai daun pohon jati di musim kemarau. Iya! Sudah gak bisa dibilang rontok lagi, karena jangankan disisir, tanpa disentuh pun helaian rambut saya bisa jatuh dengan sendirinya. Bayangin aja gimana kalau ditarik? Gak cuma 2 atau 3 helai rambut yang lepas, melainkan 1 bendel.

Sebenarnya rambut rontok setelah melahirkan itu normal terjadi, karena adanya perubahan kinerja hormon saat hamil dan setelah melahirkan. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi rambut rontok pasca melahirkan adalah pasrah.  Setelah beberapa bulan, pasti kondisi rambut akan membaik. Tapi kayaknya saya terlalu pasrah dengan kondisi rambut sehingga malah cenderung menyiksa rambut saya.

Saking stresnya lihat rambut berjatuhan di mana-mana jadi saya selalu mengikat rambut tiap hari. Keramas pun saya sudah gak peduli lagi mau pakai sampo merek apa, toh rambut bakal tetap rontok. Gak cuma itu, seringkali saya tidur dan mengikat rambut saat kondisinya masih basah. Kasihan banget deh jadi rambut saya, kalau bisa ngomong pasti ini rambut udah misuh-misuh ke saya.

Akibat "penganiayaan" tersebut, rambut saya mulai menunjukkan tanda kerusakan seperti bercabang, mudah lepek, kusut,  kering, dan banyak yang patah. Kulit kepala juga jadi semakin kering sehingga setiap habis keramas,  serpihan ketombe berukuran besar malah banyak yang muncul. Lama-lama capek juga dengan rambut yang terus bermasalah ini. Saya pun mulai mencoba lebih telaten merawat rambut menggunakan rangkaian produk perawatan rambut alami dari Emeron

Emeron sendiri memiliki banyak varian perawatan rambut tapi yang punya rangkaian komplit dari sampo, conditioner, sampai vitamin rambut setahu saya baru ada 3, yaitu varian Black Shine, Soft Smooth, dan  Damage Care. Dari 3 varian Emeron Complete Hair Care tersebut, saya memilih rangkaian perawatan Emeron Damage Care karena sesuai dengan kondisi rambut saya yang memang sedang rusak.


Kenapa memilih Emeron?

Karena selain harganya yang murah, varian produknya sudah cukup lengkap untuk menunjang kebutuhan rambut tanpa harus ke salon. Kebetulan pas lagi ada promo satu paket perawatan yang terdiri dari sampo, conditioner, vitamin rambut, serta bonus tas cantik dengan total harga sekitar Rp 30 ribuan aja *lupa tepatnya*. Kalau setelah pakai ternyata gak cocok kan, gak rugi-rugi amat jadinya, hehe.

Secara garis besar, Emeron Damage Care mengklaim bahwa produknya mengandung Active Provit Amino yang sudah diformulasi menggunakan teknologi dari Jepang dan ekstrak avocado. Asam amino sendiri berperan penting dalam menunjang kesehatan dan pertumbuhan rambut. Sedangkan alpukat berkhasiat dalam mengatasi masalah rambut rusak.

Berikut review saya setelah lebih dari 2 minggu coba Emeron Damage Care.

Emeron Nutritive Shampoo Damage Care

Kemasan


Dikemas dalam botol kuning dengan tutup fliptop dan desain yang gak terlalu banyak aksen tapi sudah disertai keterangan produk yang lengkap. Simpel dan straight to the point. Untuk ukuran 170 ml, menurut saya ukuran sampo Emeron ini termasuk sedang, gak kecil atau besar banget.

Tekstur dan Aroma



Gak ada yang spesial dari tekstur sampo Emeron, hampir sama seperti sampo kebanyakan yang kental dan berwarna putih susu. Tapi untuk aroma, sampo ini punya wangi yang enak banget. Perpaduan wangi yang segar, lembut, dan manis tapi bukan manis yang bikin pusing atau eneg gitu.

Komposisi



Water, Sodium Laureth Sulfate, Sodium Lauryl Sulfate, Dimethiconol, Glycol Distearate, Cocamidopropyl Betaine, Perfume, Hexylene Glycol, Perfume, Hexylene Glycol, Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride, Tetrasodium EDTA, Panthenol (Pro Vit B5), Glycine, Panthenyl Ethyl Ether, Citric Acid, TEA-Dodecylbenzenesulfonate, Niacinamide (Vit B3), Calsium Pantothenate (Vit B5), Pyridoxine HCL (Vit B6), Sodium Ascorbyl Phospate (Vit C), Tocopheryl Acetate (Vit E Acetate), Sodium PCA, Sodium Lactate, Arginine, Aspartic Acid, PCA, Alanine, Serine, Persea Gratissima Fruit Extract, Sodium Benzoate, Methylchloroisothiazolinone, Methylisothiazolinone, 2-Bromo-2-Nitropropane-1, 3-Diol, Propylebe Glycol, Cocamide DEA. 

Emeron Nutritive Conditioner Damage Care

Kemasan



Desain gambar dan warna conditioner dari Emeron Damage Care sih hampir sama dengan samponya. Bedanya kalau sampo dikemas dalam botol, kalau conditionernya dikemas dalam wadah berbentuk tube dengan tutup fliptop. Ukurannya pun sama persis dengan shampo yaitu 170 ml.

Tekstur dan Aroma



Sekilas tekstur dan warna conditioner  Emeron mirip dengan samponya,  tapi kalau diamati lagi akan terlihat bahwa konsistensi conditioner lebih padat dan kental. Aromanya gak seenak sampo,  malah cenderung gak beraroma. Aroma milky khas conditioner pada umumnya. Pas lihat komposisinya,  ternyata conditioner ini memang gak mengandung parfum. Tapi justru bagus, jadi si conditioner gak merusak wangi sampo yang udah enak banget.

Komposisi



Water, Glycerin, Cetearyl Alcohol, Dimethiconol, Behentrimonium Chloride, Perfume, Dimethicone, Cyclopentasiloxane, Brassicamidopropyl Dimethylamine, Hydroxyethylcellulose, Polysorbate 60, Glyceryl Stearate, Tea-Dodecylbenzenesulfonate, Methylparaben, Propylparaben, Citric Acid, Panthenol, Panthenyl Enthyl Ether, Glycine, Persea Gratissima Fruit Extract, Niacinamide, Calcium Pantothenate, Pyridoxine HCL, Sodium Ascorbyl Phospate, Tocopheryl Acetate, Sodium PCA, Sodium Lactate, Arginine, Aspartic Acid, PCA, Alanine, Serine. 

Emeron Hair Vitamin Damage Care

Kemasan



Emeron hair vitamin ini dikemas dalam wadah blister yang berisi 6 kapsul vitamin. Bentuk kapsulnya bulat berwarna kuning sesuai warna dasar varian Damage Care. Saya kurang tahu apakah Emeron juga mengeluarkan vitamin rambut dalam wadah toples yang isinya lebih banyak. Semoga aja ada kemasan lebih besar lagi ya, supaya lebih praktis kalau mau nyetok vitamin rambut, gak banyak buang sampah.

Tekstur dan Aroma



Awalnya saya pikir Emeron hair vitamin ini berwarna kuning, tapi ternyata itu hanya warna kapsulnya aja. Cairan vitaminnya sendiri tidak berwarna alias bening. Konsistensinya cukup kental dengan tekstur yang agak lengket. Paling juara sih aromanya, enaaakk bangeeett. Aroma segar, fruity, dan sedikit manis. Bedanya dengan wangi samponya, hair vitamin ini lebih kenceng aroma fruitynya. Seger banget, bikin pengen nyiumin rambut terus.


Komposisi:
Cyclopentasiloxane, Cyclotetrasilixane, Dimethiconol, Perfume, Panthenol, Ascorbyl, Palmitate, Retinyl Palmitate, Soybean Oil, Tocopheryl Acetate, Argania Spinosa Oil, Polysilicone-15, Persea Gratissima Extract Sodium PCA, Sodium Lactate, Arginine, Aspartic Acid, PCA, Alanine, Serine.


Cara Pemakaian


Saya baru tahu bahwa selama ini saya salah dalam mengaplikasikan conditioner dan vitamin rambut setelah melihat video tutorial dari Emeron. Ternyata conditioner dan vitamin rambut itu hanya digunakan mulai dari tengah sampai ujung rambut. Gak boleh kena kulit kepala. Ada yang sering salah merawat rambut juga seperti saya?

Jadi urutan menggunakan rangkaian perawatan rambut dari Emeron adalah sebagai berikut. 
  1. Basahi rambut dan keramas menggunakan Emeron shampoo seperti biasa, kemudian bilas.
  2. Usapkan conditioner dari tengah hingga ujung rambut dan hindari penggunaan conditioner di area kulit kepala. Diamkan beberapa saat, bilas hingga bersih.
  3. Tuang hair vitamin ke tangan dan usapkan ke ujung rambut yang dalam kondisi setengah basah secara merata. Tata rambut sesuai keinginan.

Kesan Pemakaian




Don't judge a book by its price sepertinya istilah yang cocok untuk rangkaian perawatan dari Emeron ini. Harganya yang murah ternyata gak membuat kualitasnya menjadi murahan. Selama sekitar 2 minggu menggunakan rangkaian Emeron Damage Care dengan jangka pemakaian setiap 2-3 hari sekali, kondisi rambut saya terlihat mulai mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.

Pertama kali memakai Emeron Damage Care, ketombe terlihat berkurang dan kulit kepala gak sekering biasanya. Rambut juga jadi lebih halus dan gak lepek.

Pada pemakaian ke dua, ujung rambut saya yang biasanya kusut dan kasar bagai sapu ijuk jadi terlihat lebih halus. Suami aja sampai mengira kalau saya potong rambut karena menyadari rambut saya mengalami perubahan.

Pemakaian berikutnya, rambut yang biasanya awut-awutan jadi lebih mudah diatur. Cukup disisir dengan jari aja sudah bisa kembali rapi.

Pernah nih, suatu hari saya pergi ke luar kota yang suhunya panas banget seharian, sampai rumah ternyata rambut saya gak lepek lho. Wanginya juga tetap terasa meski sudah keringetan ditambah tertutup jilbab berjam-jam.

Rambut rontok dan ketombe sih memang masih ada, tapi kelihatan banget kalau berkurang.

Sejauh ini, rambut saya terlihat cocok dengan perawatan rambut dari Emeron Damage Care. Satu hal yang saya kurang suka, rangkaian perawatan lengkapnya masih sulit ditemukan di minimarket. Saya sarankan beli secara online aja.

Teman-teman ada yang punya masalah rambut rusak juga tapi gak punya waktu dan budget lebih untuk melakukan perawatan rambut di salon? Coba Emeron deh. Siapa tahu cocok juga seperti saya.

17 komentar:

  1. iya banget mba abis lahiran no time buat kemana2 akhirnya cobain pake ini 😁

    BalasHapus
  2. Rambutku pasca melahirkan jg rontok parah. Jgn tanya habis menyusui. Haha. Sampai konsul ke dokter aku. Untungnya pas udh 6 bln menyusui dy berkurang rontoknya. Skrg msh sk rontok sih, mgkn perlu si emeron jg niiih.

    BalasHapus
  3. Halo Busui meni cantik banget nih, fressh..
    Rambut rontok emang iya banget ngeganggu deh, apalagi pasca lahiran yaa, aku aja sampai sekarang rontoknya nih..
    Ntr noba emeron sepaket ini aahh..

    BalasHapus
  4. Iya juga ya aku merasakan rambut lebih rontok setelah lahiran, nyobain beberapa merk shampoo kemarin dan jadi kepengen nyobain si Emeron ini

    BalasHapus
  5. Aku banget mba rambut rusak, tapi aku belum pernah melahirkan. Antisipasi juga nih buat jaga-jaga. Thanks Mba infonya buat make Emeron yang serba oke ini.

    BalasHapus
  6. Wah rambutku juga rontok nih. Mau cobain pake ini ah, kali aja cocok. Thank for sharing mbak :)

    BalasHapus
  7. Masalah utama rambutku juga rontok mbak, padahal belom ngelahirin hehee... komposisi nya emeron kumplit ih, mau coba akhh...semoga aja rontoknya jd berkurang

    BalasHapus
  8. Saya juga pake Emeron Damage Care ini karena rambut saya rontok parah. Dan wanginya saya suka banget. Apalagi harganya, hehehe.

    BalasHapus
  9. Saat saya SMP, shampoo emeron banyak dicuekin karena harganya murah. Kini emeron mulai naik lagi ya. Murah bukan berarti murahan kan...

    BalasHapus
  10. Emeron lagi booming lagiiii, kemasannya lbh oke, bagus, dan berkelas ya. makanya banyak yang mulai pakai lagi. Jd penasaran skrng Emeron kyk apa, apalagi ada conditioner dan vitaminnya jg tfs

    BalasHapus
  11. wah, aku emang lagi cari shampo yang cocok untuk menghilangkan ketombe neh mbak. Ini kok tiba-tiba aku berketombe, padahal semuanya masih pake yang sama. Jadi pengen cari yang beda, siapa tahu cocok >.<

    BalasHapus
  12. Pas banget ini..pasca melahirkan kemarin rambut saya banyak banget yang rontok T_T Nanti coba cari rangkaian produk Emeron ini ah~

    BalasHapus
  13. kandungan nutrisinya memang oke banget ya mbaaa, jadi membantu perbaiki kondisi rambut

    BalasHapus
  14. Eh iya aku juga salah pakai conditioner. Ternyata tengah ke ujung rambut yaa.

    BalasHapus
  15. Emeron sekarang makin bervariasi ya,setahuku tadinya shampo aja

    BalasHapus
  16. Biasanya sih cuma pakai shampoo saja, karena produk Emeron yang beredar cuma itu doang. Yang conditioner dan vitaminnya belum ada yg jual

    BalasHapus
  17. Emeron emang bagus ya.
    Aku puas pakai yang warna pink mba.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p