Rabu, 13 Desember 2017

Review Diaper Goon Premium dan Ekonomis


Sejak lahir sampai sekarang umurnya sudah lebih dari 3 bulan, Nayla selalu saya pakaikan popok sekali pakai selama 24 jam penuh. Gak ruam tuh?


Alhamdulillah sih gak ya, dan jangan sampai deh. Sebenarnya udah beli clodi sih, tapi masih belum sanggup buat ngucek-ngucek cucian. Apalagi sekarang musim hujan, nyerah deh saya kalau kudu ketambahan nyuci clodi.

Baca juga: Review Lengkap Little Hippo, Clodi Murah dan Berkualitas

Berbeda dengan Alif dulu yang sering banget gonta ganti merk karena emaknya kebanyakan baca review diaper di forum-forum, Nayla sampai sekarang setia sama satu merk. Emang kali ini saya udah malas buka forum parenting, cuma berpatokan sama pengalaman saat Alif bayi dulu. Saat beli diaper cuma bilang ke suami, "beliin Pampers, Goon, atau Merries". Seinget saya ketiga merk itu cuttingannya slim dan ada indikator peenya.

Dari ketiga merk tersebut, saat ini Nayla masih setia menggunakan Goon. Tapi tetep aja ya emaknya labil, baru umur 3 bulan, Nayla udah nyoba 4 jenis diaper Goon baik yang premium maupun ekonomis.

Jadi mari kita review semua jenis diaper Goon yang udah pernah Nayla pakai tersebut.

Goon Excellent Dry Tape



Jaman bayinya Alif dulu, pernah nyobain Goon yang tape juga. Awalnya performanya oke tapi makin lama kok jadi sering bocor pipisnya, dunno why. Akhirnya gak tertarik buat beli Goon lagi.

Nah pas hamil kedua kemarin, di timeline sering banget liat status ibu-ibu soal diaper dan banyak yang pakai Goon. Akhirnya pengen nyoba Goon lagi deh karena teracuni review ibu-ibu jaman now, haha.

Sepertinya sekarang kualitasnya Goon udah diupgrade ya? Seinget saya dulu Goon agak bulky meskipun ngikutin bentuk tubuh sih. Tapi Goon Excellent Dry yang Nayla pakai sekarang tuh bener-bener slim. Saya bandingin sama Pampers, sedikit lebih slim Goon. Cocok buat newborn apalagi kalau yang beratnya minimalis.


Nayla pakai Goon Excellent Dry dari Newborn sampai umur 2,5 bulan. Dari yang pakai size NB sampai S. Selama itu gak pernah ruam Alhamdulillah *yaiyalah, kalau bikin ruam udah ganti merk lain*.

Goon Excellent Dry ini udah ada indikator peenya, memudahkan banget buat ngecek diapernya udah penuh atau belum. Bahannya lembut, di bagian dalamnya ada lubang-lubang pori yang sepertinya berfungsi supaya cairan lebih cepat meresap, dan karetnya juga elastis. Nayla pernah pakai size NB sampai beratnya melebihi batas maksimal karena eman-eman stoknya masih banyak *emak-emak perhitungan*, udah kekecilan sampai karetnya meninggalkan bekas garis di pahanya, tapi gak bikin ruam atau gatal-gatal di bekas karetnya.



Pernah bocor?

Yes! Pernah beberapa kali waktu Nayla pup pas diapernya udah penuh banget terus gak cepet diganti. Secara ini anak kalau abis pup malah lebih active and fun, nendang-nendang sambil ketawa bahagia gitu. Lega paling ya? Heuheu. Jadilah pupnya mbleber. Pernah juga bocor karena saya gak pas masang diapernya, lha gimana anaknya makin ke sini makin bikin keringetan tiap dipakein diaper tape, gerak-gerak terus. Tapi gak sering sih bocornya, paling gak sampai 5 kali.

Tapi kalau pipis doank sih belum pernah bocor meski dipakai berjam-jam. Malah dipakai lebih dari 8 jam tetep gak menggembung. Pernah nih, waktu itu kita lagi perjalanan jauh ke luar kota dan gak bisa ganti diaper. Saya udah kepikiran terus nih takut bocor atau ruam, eh begitu dibuka diapernya, masih tipis aja. Gak nggembol sama sekali *tepuk tangan*

Udah dipakai 8 jam lho

Goon Excellent Soft Pants



Ketika Nayla masuk umur 2 bulan, saya merasa mulai kerepotan saat memakaikannya diaper tipe tape karena anaknya mulai lasak, miring kiri kanan, nendang-nendang, zzz. Selain itu, kalau pakai tape susah banget buat ganti saat lagi dalam perjalanan. Akhirnya switch ke Goon Excellent Soft Active & Fun Pants, sekalian ganti juga sizenya dari S jadi M.

Secara kualitas bahan dan fiturnya, Goon Excellent Soft Pants ini gak jauh beda dengan tipe premium tapenya. Sama-sama slim, lembut, dan ada rongga pori yang membuat cairan lebih cepat meresap, kayaknya ini yang dimaksud dengan Pee Lock System di keterangannya.


Perbedaannya ada di karet bagian paha, kalau tipe tape, karetnya miring membentuk segitiga. Sedangkan untuk tipe pants, bagian karetnya lurus sehingga gak terlalu nempel di paha. Nayla lebih cocok dengan desain karet tipe pants karena gak meninggalkan bekas karet di pahanya yang tergolong gede ini, heuheu.

Selain itu pada Goon premium pants, gak ada pee indicatornya seperti tipe tape. Jadi kalau mau ngecek diaper penuh apa gak, ya harus dengan cara konvensional alias dicek manual.


Cara membuka diaper pant yang udah kepake kan dengan merobek sisi kiri kanannya tuh. Nah pada Goon Excellent Soft Active & Fun Pants sudah dilengkapi roll tape di bagian belakang, sehingga diaper bekasnya bisa digulung dan direkatkan dengan rapi sebelum membuangnya.

Untuk Nayla yang berpaha gede ini, ukuran M agak sesak ketika dipakaikan. Untungnya bagian karetnya lembut banget sehingga gak meninggalkan bekas di bagian perut meski diapernya ngepas banget.

Roll tape pada Goon Premium Pants

Performa Goon premium pants sejauh ini mirip banget sama premium tapenya. Peenya gak pernah bocor dan diapernya gak menggembung meski dipakai berjam-jam. Nayla juga belum pernah ruam meski emaknya suka selebor ganti diapernya. Kirain dulu gak ruam karena sebelum memakai diaper, saya selalu mengoleskan VCO di sekitar area genitalnya. Eh kapan hari saya coba langsung pakaikan diaper tanpa VCO, aman-aman aja ternyata.

Soal pup, pernah mbeleber 2 kali karena alasan yang sama dengan saat memakai tipe tape yaitu Nayla pup saat diapernya udah penuh dan gak segera diganti.

Goon Smile Baby




Sebenarnya saya udah sering mendengar review Goon Smile Baby dari ibu-ibu, selain itu harganya juga murah dan sering banget promo di Alfamart atau Indomaret. Tapi saya masih maju mundur buat beli karena Nayla kan masih bayi banget, kulitnya lebih sensitif, takutnya gak cocok dengan diaper ekonomis.

Nah baru-baru ini banyak yang heboh ngomongin Goon Smile Baby Wonderline alias Goon Smile Baby yang versi terbaru. Konon kualitasnya seperti diaper premium tapi dengan harga ekonomis. Emak-emak perhitungan kayak saya jelas langsung tergoda buat beli, lumayan kan kalau ada diaper berkualitas dengan harga murah.

Jadilah saat ke Buchi Kids, toko bayi terngehits seantero Malang Raya, saya langsung berburu si Goon Smile Baby Wonderline ini. Sampai sana ternyata Goon Smile Baby tinggal satu macem yang ukuran S doank. Selain itu saya bingung kok di kemasan gak ada tulisan wonderlinenya? Tapi ada gambar singa kayak kemasan wonderline yang pernah saya liat dari postingan ibu-ibu di sosmed. Di keterangan saya lihat menunjukkan diaper ini memiliki garis penyebar pipis. Pasti ini nama lainnya wonderline. Okelah beli aja, murah ini, haha *horang kaya*


Pas sampai rumah, langsung browsing kemasan Goon Smile Baby Wonderline itu yang kayak saya beli apa bukan. Dan ternyataa fix yang saya beli keluaran lama, huhu. Tapi ya tetep aja dipakein sih ke Nayla, mau lihat performanya.

Cuttingan Goon Smile Baby ini lebih kecil dari tipe premium. Untuk ukuran ekonomis, bahannya lumayan lembut tapi lebih tipis dari premium. Karetnya melar banget, gak ketat di badan jadi meskipun pakai ukuran S, masih muat di badan Nayla. Tapi karet di bagian pahanya ada bahan dari plastik tipis gitu. Lubang pori pada diaper lebih kecil dan samar timbang yang ada pada Goon premium.


Mungkin karena cuttingannya lebih kecil timbang yang Goon premium apalagi ukuran S jadi maksimal 6 jam, Goon Smile Baby ini udah penuh banget.

Nayla belum pernah pup saat memakai Goon Smile Baby. Jadi belum tau kalau pup bakal mbleber apa gak. Tapi untuk pipis sih, belum pernah bocor sama sekali. Gak ruam juga, Alhamdulillah. Anaknya pun kelihatan nyaman-nyaman dan tetep bebas bergerak pakai Goon Smile baby ini.

Goon Smile Baby Wonderline



Begitulah saya, kalau udah kadung penasaran ya bakal dicari terus sampai dapat. Goon Smile Baby yang versi lama belum abis, udah nyuruh suami nyariin yang wonderline di Alfamart atau Indomaret deket rumah. Dan ternyata Goon Smile Baby udah tersedia di minimarket itu. Ah elah, ngapain eyke jauh-jauh beli di Buchi, zzzz.

Harga Goon Smile Baby Wonderline ini sedikit lebih mahal timbang keluaran lama. Perbedaan yang paling kentara dari versi Wonderline dengan versi lama ada di kemasannya. Versi baru ada tulisan Wonderline di bawah samping gambar Singa. Keterangan di belakang kemasan juga sedikit berbeda.



Desain diapernya sendiri juga beda banget, Goon Smile Baby Wonderline lebih colorful dibanding yang sebelumnya. Sedangkan kalau dilihat dari kualitas bahannya, wonderline sedikit lebih lembut serta lubang porinya lebih jelas. Garis penyebar pipisnya juga lebih panjang timbang versi sebelumnya. Jadi memang Goon Smile Baby Wonderline ini kualitasnya beneran dibuat lebih baik.



Soal performa, sama seperti Goon Smile Baby versi lama, Nayla belum pernah pup ketika sedang memakai versi Wonderline jadi masih belum tau kalau pup bakal mbleber apa gak. Sedangkan untuk pipis, belum pernah bocor sama sekali. Selain itu versi Wonderline lebih gak gampang gembung dibanding versi lama. Dipakai 6 jam, masih tipis aja. Soal ruam juga belum pernah terjadi. Kesimpulannya Nayla cucok pakai diaper Goon baik versi premium mau pun ekonomisnya.

Saran saya kalau memilih diaper Goon untuk anak terutama yang ekonomis, ambil satu size di atas size asli anak karena cuttingannya Goon itu slim banget. Gak usah khawatir kebesaran atau nggembol *apa ini bahasa indonesianya?? :D* karena meski dipakai berjam-jam, Goon ini gak menggembung jadi anak tetap bebas bergerak.

Sekarang Nayla kombinasi pakai Goon Premium Pants untuk malam dan saat pergi, sedangkan siang hari pakai Goon Smile Baby Wonderline. Lumayan jadi bisa lebih menghemat pengeluaran, hehe.


Ada yang pakai diaper Goon juga? Atau malah udah pada nyobain Goon Wonderline?


17 komentar:

  1. paha lucuuu :*
    mukanya masih berubah mulu
    dia mirip siapa sebenernya mer?

    BalasHapus
  2. Jadi ingat saat Fahmi putra saya masih pakai popok. Berganti2 popok sampai terkahir pakai Goon karena murah, berkualitas dan nyaman di anak

    BalasHapus
  3. Aku baru tahu merk ini, hihii lagian ga punya baby ato balita di rumah jadi kudet deh hahaa..
    Berarti Baby nayla cucok ya pake diaper ini,

    BalasHapus
  4. hihi dedeknya lucuuu. Jadi inget anak2 waktu bayi dulu. Diaper perlu terutama kalo pergi-pergi biar nyaman, nggak khawatir tiba2 anak ngompol ya.

    BalasHapus
  5. Baby Lim juga pakai goon premium untuk jam 9am sampai jam 3pm soalnya harga nya terjangkau buat gonta ganti setiap 2 jam, selebihnya aku pakaiin pampers dan genki buat malem dan jalan jalan. Btw genki bagus banget loh mba, udah coba?

    BalasHapus
  6. Waah aku juga baru tahu loh ada merk ini. Udah lama gak punya bayi lagi jadi nggak nyimak perkembangan per-diaper-an hehe.

    BalasHapus
  7. Aku sering banget liat promo Goon ini di Indomaret. Cuma belum niat beli soalnya belum punya bayi lagi. Hihi

    BalasHapus
  8. Jujur saya baru tau adanya merek ini, review ini membantu dalam memilih diapers selanjutnya

    BalasHapus
  9. Mba, ini motonya pake lampu khusus kah? Maaf OOT hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak mbak, lampu di rumah aja kok, hehe

      Hapus
  10. Saya baru tahu nih merk ini. Pas banget popoknya Baby Tita udah habis. Nanti cobain deh yang tipe softnya..

    BalasHapus
  11. Pernah nyoba Goon pas waktu itu ada diskonan hehehe. Skrng sih lagi proses TT anak, moga berhasil, lumayan uang beli popok buat jajan emaknya #eh

    BalasHapus
  12. Anakku skrg pake Goo.N semua mba, yg bayi pake premium, yg gede pake ekonomis. Semenjak yg wonderline, popok ekonomis rasa premium skrg ya haha

    BalasHapus
  13. Aku ga ngerti jenis-jenis popok mbak. Tapi boleh nih jadi rekomendasi buat keponakan..

    BalasHapus
  14. wonderline tipis banget mbak dibanding merk lain. kaget pas pegang pertama kalinya. karet pinggangnya juga melar banget. ini si dig baru sy pakein yang wonderline. selama ini pake yg premium.

    BalasHapus
  15. Aira pakai yang ekonomi, soalnya sering diskon di indomaret hahaha

    BalasHapus
  16. Anak ku jg pakai goon wonderline ama yg premium. Pernah pakai yg smile baby malah bocor pipisnya . Mmg sukak banget sama produk goon soalnya tipis gak gembung walau sdh byak pipisnya

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p