Rabu, 15 November 2017

Naik Kereta ke Jember dan Menginap di Aston Hotel

Tiga minggu pasca melahirkan, saya memutuskan untuk kembali ke rumah di Sidoarjo. Rencana awalnya dulu malah, cuma sampai seminggu setelah lahiran aja di rumah mertua. Eh ndilalah kok pak suami ditugasin ke luar kota beberapa hari dan lanjut dengan ada acara kantor di Malang. Jadilah rencana kembali ke Sidoarjo mundur hingga 2 minggu.

Baru sehari balik ke rumah, pak suami ditugaskan untuk dinas ke Jember selama 2 hari. Padahal kondisi rumah masih amburadul, debu dimana-mana, barang-barang pindahan belum diberesin, bahan makanan kosong, dan saaat baru sampai rumah, kami mendapati jendela kamar terbuka. Pak suami curiga, rumah kami udah disatroni binatang-binatang tak diinginkan seperti kadal atau tikus. Udah deh timbang saya stres di rumah sama anak 2, ya mending saya ikutan juga ke Jember.

Kami berangkat ke Jember menggunakan kereta api. Banyak yang kaget saat tau Nayla udah diajak naik kereta aja di umurnya yang saat itu masih 3 minggu, haha. Perjalanan cuma memakan waktu 3,5 jam aja, jadi kami pikir gak masalah buat Nayla. Lagipula kami juga memilih kereta eksekutif supaya lebih nyaman. Alhamdulillah, baik Alif maupun Nayla anteng-anteng aja selama di perjalanan.

Dari Sidoarjo kami berangkat sekitar pukul setengah 9 pagi *sumpah udah agak lupa waktunya :D* sampe Jember sekitar pukul 12 siang. Awalnya bingung mau naik apa buat ke hotel, gak ada taksi sama sekali. Akhirnya coba cek Uber, ternyata udah ada di Jember. Grab dan Gojek pun udah tersedia di sana jadi memudahkan banget buat yang gak bawa kendaraan pribadi saat di Jember kayak kita.

Ternyata kita baru tau, kenapa di stasiun gak ada taksi. Kata driver uber, taksi konvensional dilarang angkut penumpang sama tukang becak sana. Sayangnya mereka gak ngerti teknologi jadi taksi online malah bebas beroperasi, heheh.

Selama di Jember, kami menginap di Aston Hotel karena suami bisa dapat harga corporate yang lebih murah dari harga normal, sekitar Rp 600 ribu jadi Rp 500 ribuan aja.

Lokasinya agak di pinggiran kota, bukan tepat di pusat kotanya. Kiri kanannya rumah-rumah penduduk gitu, gak ada minimarket atau apa gitu yang bisa dijangkau dengan jalan kaki. Untungnya di Loby Aston ada minimarket kecil sama Pondok Desa Resto serta cafe di lantai 2 hotel. Lumayan bisa mengakomodasi kebutuhan lah ya.

Loby hotelnya luas banget, satu lantai dengan convention hall, ruang makan, dan minimarket tadi. Ada juga booth wedding organizer serta Spa. Pada beberapa sudut dipajang patung dengan kostum khas Jember Fashion Carnival yang membuat nama Jember terkenal hingga ke luar negeri.

Rencananya kami berada di Jember selama 2 hari 1 malam tapi ternyata teman sekamar suami gak nginep di hotel karena mau sekalian pulang kampung ke Lumajang yang cuma sekitar 1 jam dari Jember. Akhirnya kamar yang kita reservasi sendiri, tanggal inapnya diundur jadi keesokan harinya, jadilah kami berada di Jember selama 3 hari 2 malam. Pas banget, soalnya kemaren bingung gimana pulangnya karena jadwal keretanya cuma ada jam setengah 12 siang dan jam 1 malam, sedangkan acara suami baru selesai jam 12 siang. Kasian anak-anak kalau harus nunggu sampai jam 1 malam. Alhamdulillah ya, dapet kamar gratis semalem :D

Kami menempati kamar tipe superior di lantai 6. Kamarnya gak begitu luas dengan nuansa serba coklat. Saya pribadi kurang suka dengan interior di dalam kamar, warna coklat tua yang dipilih memberi kesan jadul gitu. Pun begitu dengan kamar mandinya, kayak kamar mandi lawas. Kata suami sih udah ciri khas Aston model kamarnya pakai warna coklat gelap gitu. Maklum aja, baru pertama kali nginep di Aston siis, :D

Yang paling saya suka, kamar kita salah satu dindingnya full kaca dan menghadap ke kolam renang di lantai 2 serta view perkebunan gitu. Alif langsung semangat minta diajak main ke kolam terus.

Setelah naruh barang di kamar dan order makanan lewat go food, pak suami langsung berangkat kerja. Saya sama anak-anak di hotel aja goler-goleran. Besoknya pak suami juga masih kerja, jadi setelah sarapan langsung ditinggal lagi.

Menu sarapannya hampir mirip dengan di the 101 OJ Hotel, ada dessert kue-kuean, ada menu indonesia, western, dan italia. Persis sis sis deh, cuma menunya lebih bervariasi di Aston Hotel dan rasanya sedikit lebih enak di sini. Ruang makannya juga bagus banget, gak kayak ruang makan yang dibikin asal ada aja.

Baca juga: Staycation di the 101 Malang OJ Hotel dan Nongkrong di Skyroomnya

Yang saya kurang suka, 3 jenis jus yang disediakan instan semua dan maniiiis banget, berasa minum sirup. Tapi bisa diatasi dengan mencampur jusnya dengan air mineral. Baru deh berasa nyegerin tapi tetep, lebih prefer jus asli dari buah.

Hari ke dua, pak suami cuma kerja setengah hari. Jadi sepulang kerja, kami langsung menuju kolam renang di lantai 2 buat main air. Alif sama papanya aja, saya sama Nayla mah duduk-duduk doank, nungguin mereka, heuheu.

Kolam renangnya berada di dalam cafenya Aston Hotel. Interior cafenya serba etnik gitu, paling beda dengan interior di bagian lain Aston. Masuk ke sini langsung berasa lagi di Bali. Pun begitu dengan design di sekitar kolamnya, simpel tapi asri.

Baca juga: Happy Bali Day

Alif ini sebenarnya takut banget berenang tapi kalau lihat kolam pengen main air. Jadi tiap kita ke hotel yang ada kolamnya gitu, Alif selalu excited pengen ke kolam tapi begitu diturutin buat main, dia langsung jiper dan memilih duduk-duduk aja kayak waktu nginep di Adhistana Jogja tahun lalu.

Itu juga yang terjadi saat di Aston Jember kapan hari, begitu sampai kolam, Alif langsung berubah pikiran gak mau masuk air. Dengan susah payah saya bujuk-bujuk. Pak suami juga masuk duluan ke kolam, terus pelan-pelan Alif dituntun masuk ke kolam lewat tangga. Eh baru juga sukses masukkin kaki ke dalam tangga kolam, Alif langsung kepleset sampai nyungsep ke dalam kolam. Langsung deh anaknya jerit-jerit dan gak mau renang, haha.

Tapi diajak balik ke kamar juga gak mau, maunya tiduran di sunbed cem turis. Ah elah, gaya banget ni anak, nurun siapa cobak? Ahaha. Ada kali 2 jam, kita main di kolam, Alif betah banget padahal renang juga kagak. Paling banter cuma keceh, masukin tangan ke kolam trus balik ke sunbed lagi, ckckck.

Tadinya kami berniat untuk sekalian makan siang di kolam, tapi begitu liat harga menunya, nasi goreng seporsi 45 ribu. Udah lah balik ke kamar aja, pesen nasgor lewat go food. Ma puluh rebu udah dapet 3 porsi plus es teh, wkwk.

Setelah main di kolam renang dan makan siang, rencananya sih kami mau jalan-jalan tapi dilihat-lihat kok kayaknya wisata di Jember itu kebanyakan di pinggiran kota banget dengan jarak tempuh yang lumayan jauh. Takutnya gak ada transportasi buat balik lagi ke hotel. Jadi memutuskan buat jalan-jalan ke alun-alun Jember aja.

Alun-alunnya biasa aja sih, tapi dia punya trotoar yang lebar dan bersih sehingga banyak dipakai buat joging. Ini kali pertama saya ke Jember, ternyata kota asal Anang dan Dewi Persik ini udah cukup modern dan tertata.

Alun-alun Jember menjadi satu-satunya tempat yang kami datangi selama di Jember. Sebenarnya pengen banget ke pantai Papuma yang terkenal itu, sayang gak sempet waktunya. Tapi cukup hepi kok meskipun cuma nginep di Aston Hotel Jember, hotelnya bagus dan nyaman sih. Cuman maintenancenya aja yang perlu ditingkatkan. Untuk ukuran hotel yang terbilang baru, saya mendapati pintu kamar udah banyak yang rusak, AC lift sebelah kiri gak nyala, dan kran wastafel agak oglek-oglek *apa ini bahasa indonesianya? :D*

Ohya, kami kembali ke Sidoarjo menggunakan kereta bisnis karena bertepatan dengan tanggal merah dan harga tiket pada naik. Saya pikir gak masalah, bisnis sama eksekutif beda tipis fasilitasnya. Lagian cuma perjalanan 3,5 jam ini. Eh ternyata Nayla ngerti aja donk bedanya. Pas naik eksekutif uanteng, nyusu aja kudu dipaksa. Giliran naik bisnis, dia beberapa kali rewel coba. Dasyar baby jaman now, haha.