Kamis, 21 September 2017

Karena Cinta Mama Tak Akan Terbagi


Salah satu hal yang saya khawatirkan ketika Alif memiliki adik adalah terjadinya sibling rivalry alias pertengkaran antar saudara kandung yang terjadi akibat adanya rasa cemburu atau iri. Biasanya seorang kakak cemburu pada adiknya karena merasa kehadiran sang adik membuatnya kehilangan perhatian orang tua, sering dibanding-bandingkan, atau merasa si adik lebih diistimewakan dibanding dirinya.

Meskipun kelihatan belum mengerti atau terlihat tak perduli, sebenarnya anak-anak itu sangat perasa lho. Terkadang kita gak menyadari ada perkataan kita yang telah menyakitinya kemudian dilampiaskan dengan cara memusuhi adiknya. Bukannya sadar, kita para orang tua malah menuduh si kakak sebagai anak nakal. Makin parahlah sibling rivalry yang terjadi. Oleh karena itu saya dan suami sebisa mungkin berhati-hati dalam bersikap dan berkata-kata agar Alif gak merasa cemburu dengan kehadiran adiknya.

Apalagi sejak Nayla lahir saya harus menyusui dan menggendong Nayla, yang mana hal tersebut pernah dirasakan oleh Alif dan kini tidak lagi. Saya gak mau Alif menganggap adiknya merebut perhatian saya darinya sehingga saya berusaha untuk selalu bersikap adil pada keduanya.


Pun begitu ketika salah satunya sakit, sebisa mungkin porsi perhatian saya ke lainnya tidak berkurang. Seperti saat kami bepergian ke luar kota dengan menggunakan kereta api baru-baru ini. Sejak kereta berangkat, Alif menangis sejadi-jadinya karena anyang-anyangan. Sudah dibujuk dan ditawari ini itu agar tangisnya reda tapi Alif menolak. Sepertinya memang sakitnya sudah gak bisa ditahan lagi. Selain itu Alif hanya mau dipangku oleh saya padahal saat itu Nayla juga tengah rewel dan minta menyusu. Keduanya sama-sama membutuhkan saya sehingga mau tidak mau, Alif dan Nayla saya pangku bersamaan, dempet-dempetan udah kayak orang mau naik angkot, haha.

Untungnya saya punya transpulmin balsam yang menjadi pertolongan pertama ketika anak sakit. Di sekitar perut Alif saya balurkan transpulmin dengan harapan sakitnya bisa reda. Benar saja, Alif yang tadinya menangis terus bisa menjadi lebih tenang menghadapi sakitnya.


Ada yang belum tau transpulmin? 

Transpulmin adalah balsam penghangat badan dalam bentuk krim yang mudah meresap dan tidak lengket di kulit yang dapat digunakan untuk semua anggota keluarga. Ada banyak kegunaan Transpulmin, antara lain untuk melegakan pernafasan dan meredakan gejala influenza, sakit perut, sakit punggung, serta sakit kepala.

Terdapat dua jenis varian Transpulmin yaitu Transpulmin BB dan Transpulmin Balsam Keluarga.

Transpulmin BB


Varian transpulmin BB ini cocok untuk Nayla karena ditujukan untuk anak 0 sampai 2 tahun. Kandungan menthol dan camphor yang tidak ada dalam komposisinya, membuat transpulmin BB terasa hangat namun tidak memberikan efek panas sehingga aman digunakan untuk bayi sekalipun.

Meskipun tidak mengandung menthol dan camphor, namun balsam ini tetap memberikan kehangatan pada bayi berkat kandungan ekstrak chamomile dan eucalyptus oil. Selain memberi rasa hangat pada tubuh, balsam ini juga memberikan efek relaksasi karena aromanya yang menenangkan, tidak seperti balsam pada umumnya.

Cara penggunaan transpulmin BB adalah cukup dengan dioles di sekitar punggung, dada, dan leher kemudian diamkan beberapa menit. Balsam ini dapat digunakan 2-4 kali sehari.

Nayla sendiri saya berikan transpulmin BB ketika pulang dari bepergian. Namanya bayi pasti juga merasakan lelah jika digendong dalam kurun waktu yang lama kan? Kalau udah kecapekan, pasti jadi rewel dan tidurnya gak nyenyak. Jadi sebelum mulai rewel, punggung dan dada Nayla saya oleskan transpulmin BB untuk menghilangkan pegal-pegal di badannya. Aromanya yang menenangkan juga berfungsi membuat tidur Nayla menjadi lebih lelap.


Transpulmin BB ini juga pernah saya berikan pada keponakan saya berusia 1,5 tahun saat dia sedang terserang batuk. Siapa sih yang tega melihat anak kecil terus-terusan batuk dan mengganggu aktivitas bermainnya? Alhamdulillah, begitu saya oleskan transpulmin BB frekuensi batuknya menjadi berkurang.

Transpulmin Balsam Keluarga


Nah kalau varian ini adalah kehangatan untuk mas Alif karena transpulmin balsam keluarga ditujukan bagi anak berusia 2 tahun ke atas.

Fungsi transpulmin balsam keluarga hampir sama dengan transpulmin BB, yang membedakan adalah komposisinya. Pada transpulmin balsam terdapat kandungan menthol dan camphor yang membuat efek hangat pada balsam ini menjadi lebih kuat dibanding transpulmin BB.

Berbeda dengan Nayla yang tidurnya lebih teratur, Alif punya kebiasaan tidur larut malam. Apalagi jika banyak temannya atau ada kegiatan yang dia sukai, meskipun sudah mengantuk pasti dibetah-betahin buat melek. Akibatnya waktu tidur Alif sering kurang dan kalau sudah begitu pasti deh kondisi badannya mudah ngedrop.

Alif sering banget terserang gejala flu karena kurang tidur dan kecapekan bermain. Di sisi lain Alif susah banget minum obat. Home treatment dengan cara membalurkan transpulmin ke badan Alif adalah solusinya.


Transpulmin ini andalan saya banget kalau Alif mulai menunjukkan gejala flu atau batuk. Hasilnya langsung terlihat sejak pertama kali dioleskan ke tubuh.

Karena transpulmin balsam keluarga ini memberikan efek panas, jadi hati-hati ya kalau menggunakannya pada anak. Cara pakainya adalah dengan mengoleskan 1-4 cm transpulmin balsam keluarga ke dada, punggung, dan leher kemudian diamkan beberapa menit. Balsam ini juga dapat digunakan dengan cara dicampur dalam air panas kemudian dihirup uapnya.

Seperti transpulmin yang memberikan kehangatan untuk semua, pun begitu dengan cinta mama untuk Alif dan Nayla yang tak akan terbagi, karena masing-masing memiliki porsi yang sama.






2 komentar:

  1. Lucunya si dedek... Insya Allah aman dan nyaman si dedek pake Transpulmin

    BalasHapus
  2. iya sibling rivalry memang sering kejadian apalagi yang selisih umurnya cukup deket

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p