Sabtu, 26 Agustus 2017

Review Makeup Sulamit Cosmetics (BB Cream, Two Way Cake, Pensil Alis, Eyeliner, Mascara, Fake Lashes, Lipstick)


Beberapa waktu lalu saya mendapat kiriman satu box kosmetik yang terdiri dari set makeup dan skincare dari brand Sulamit Cosmetics.

Ada yang belum tau atau baru denger brand Sulamit Cosmetics?

Sulamit Cosmetics sendiri merupakan salah satu brand kosmetik lokal Indonesia yang sebenarnya sudah cukup lama keberadaannya. Produk yang dikeluarkan bukan abal-abal apalagi berbahaya ya, karena sudah terdaftar di BPOM. Sampai saat ini ada total 88 produk keluaran Sulamit yang terdaftar di BPOM lho, banyak banget ya? Berarti brand ini memang bukan pemain baru di dunia perlenongan.


Karena produk yang saya dapat lumayan banyak jadi postingan tentang Sulamit saya bagi jadi 2 post ya, satu khusus makeup dan satunya lagi khusus skincare dari Sulamit.

Btw, hampir semua produk Sulamit yang saya dapat dikemas dalam dusbox berwarna pink fuschia yang catchy, kecuali beberapa produk aja yang gak disertai dusbox.

Pada postingan kali ini, saya juga membuat tutorial dandan dengan Sulamit Cosmetics lho! Tapi please, don't expect too much ya, karena saya juga masih pemula banget di dunia permakeupan, hehe. Berhubung produknya banyak banget, langsung cus aja ke review makeup dari Sulamit yang terdiri dari.

1. Sulamit Miraculous Bright BB Cream Passion Series


Klaim:
Perpaduan skincare dan makeup yang melindungi wajah dari sinar matahari, menyamarkan pori-pori wajah agar tampak halus dan bersinar.

Komposisi:
Aqua, Cyclopentasiloxane, Cyclotetrasiloxane, PEG/PPG-20/15 Dimethicone, Titanium Dioxide, Aluminium Hydroxide, Dimethicone/Methicone Copolymer, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Diisostearyl Malate, Caprylic/Capric Triglyceride, Polydimethylsiloxane(and)Trimethylsiloxysilicate, Benzophenone-3, Propylene Glycol, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Glyceryn, Butylene Glycol, Arctostaphylos Uva Ursi Leaf Extract, Citrus Medika Limonum (Lemon) Fruit Extract, Morus Alba Leaf Extract, DMDM Hydantoin and Iodopropynyl Butycarbamate, Disteardimonium Hectorite, Mica, Dimethiconol Stearate, Polysorbate 20, Nylon 12, BHT, Fragrance, Cl 77491, Cl 77492, Cl 77499, Triethoxycaprylylsilane.

Dikemas dalam botol tube putih dengan ujung botol mengerucut dan tutup ulir berwarna pink muda. Sekilas desain kemasannya mirip-mirip BB cream luar negeri gitu gak sih?

Saya suka mulut botolnya yang mengerucut karena membuat kita mudah mengontrol seberapa banyak BB cream yang ingin digunakan.

BB cream dari Sulamit ini kayaknya cuma ada satu warna dan untungnya masuk banget di kulit saya. Dalam keterangannya disebutkan mengandung UV filter tapi sayang gak dijelaskan SPF berapa.


Teksturnya lumayan thick dan agak susah di blend, tapi coveragenya sheer banget, cuma bisa membantu meratakan dan mencerahkan warna kulit tapi gak bisa menutupi noda di wajah sama sekali. Point plusnya hasil BB cream ini natural ketika digunakan. Biasanya beberapa BB cream dengan tekstur thick jatuhnya suka abu-abu atau terlalu putih di wajah saya, tapi si BB Cream Sulamit ini pas banget di wajah, gak medok.

Finishing BB Cream ini semi matte, masih ada glowy-glowynya seperti kebanyakan BB cream pada umumnya. Oil controlnya biasa aja, setelah 2-3 jam dia bakal berminyak di bagian T-zone, tapi bagusnya gak berasa greasy di wajah.

2. Sulamit Two Way Cake Passion Series


Klaim:
Membantu menutupi noda di wajah sehingga riasan wajah terlihat lebih cantik alami.

Komposisi:
Talc, Dimethicone/Methicone Copolymer, Titanium Dioxide, Aluminium Hydroxide, Mica, Dimethiconol Stereate, Ethylhexyl Palmitate, Diisostearyl Malate, Dimethicone, Trimethylsiloxysilicate, Cyclopentasiloxane, Cyclotetrasiloxane, Propylparaben, Fragrance, Methylparaben, BHT.

May Contain: Cl 77491, Cl 77492, Cl 77499, Triethoxycaprylysilane

Begitu megang two way cake ini, kesan pertama saya adalah berat banget. Kemasannya mantab gitu lho, gak ringkih dengan bentuk persegi panjang dan disertai kaca yang lebar. Tapi saya kurang suka sama desain kemasannya yang berwarna pink muda dan cuma diberi tulisan Sulamit tanpa ada tambahan aksen apa pun. Kesannya boring, gak secatchy dusboxnya.

Kebetulan saya dapat warna abundance beige atau no 3 yang jatuhnya agak gelap di kulit saya yang kuning langsat, lebih cocok jadi bronzer atau shading aja kali ya?


Soal kualitas, jujur awalnya saya agak skeptis sama two way cake dari Sulamit ini karena kulit wajah saya emang gak mudah cocok sama bedak, suka muncul dry patches yang bikin makeup jelek banget. Tapi ternyata two way cake dari Sulamit ini salah satu bedak yang bisa nempel di wajah saya tanpa memperjelas dry patches.

Tekstur bedaknya halus banget, mudah nempel di kulit, dan tahan lama juga lho. Saya pakai beraktifitas di luar berjam-jam sampe keringetan, pas saya bersihin pake micellar water, di kapas bedaknya masih banyak banget. Ya cuma luntur di area sandaran kaca mata aja. Oil controlnya juga cukup oke, gak bikin kilang minyak meskipun dipake berjam-jam.

Finishingnya matte tapi berasa ringan banget di kulit, malah saya yang sebelumnya pake cream yang kerasa greasy, begitu ditimpa bedak ini jadi hilang greasynya. Soal coverage sih, dia sheer to medium, gak mampu menutup noda dengan sempurna. Saya sih gak masalah karena memang penggunaan buat sehari-hari aja, gak butuh yang full coverage. Cuman sayang warna yang saya dapet gak masuk di tone kulit saya.

3. Sulamit Eyebrow Brown


Pensil alis dari Sulamit ini adalah salah satu produk yang dikemas dengan plastik mika, bukan dusbox seperti produk lainnya. Dan plastiknya udah hilang tentu aja, jadi saya gak bisa ngasi keterangan komposisinya, hehe.

Saya mendapat pensil alis Sulamit dengan warna coklat. Ketika pertama diaplikasikan, teksturnya lumayan creamy dan agak chalky alias ada bagian-bagian yang menggumpal. Tapi meskipun creamy, warnanya gak kereng atau medok, natural gitu. Selain itu coklatnya hampir gak ada hint merahnya sama sekali, gak bikin alis kelihatan aneh.


Setelah beberapa kali pemakaian, tekstur pensil alisnya mulai mengeras tapi warnanya tetep keluar dan chalky alias gumpalannya juga mulai berkurang. Pensil alis ini cocok banget buat yang masih pemula dalam menggambar alis karena hasilnya natural dan mudah banget dipakai.

4. Sulamit Eyeliner Liquid Pen


Sama seperti pensil alisnya, eyeliner Sulamit ini juga hadir tanpa dusbox.

Saya langsung jatuh cinta begitu melihat perpaduan warna hitam dan pink pada kemasan eyelinernya. Terlihat modern dan elegan.

Ujung kuasnya persis seperti spidol, terbilang agak gendut untuk ukuran eyeliner. Mungkin agak tricky buat yang suka bikin eyeliner dengan garis tipis. Tapi buat saya yang punya lipatan mata tebal dan gak mahir dalam bereyeliner ria, ujung kuas begini enak banget dipakainya.


Warna hitam eyelinernya cukup pekat dengan finishing matte, hampir gak ada glossy-glossynya. Saya sih suka dengan finishing eyeliner yang begini karena gak kelihatan aneh aja di mata. Jangka waktu eyeliner ini mengering dari setelah diaplikasikan juga pas, gak terlalu cepet tapi gak terlalu lama.

Sayangnya dia gak usrekable alias setelah beberapa lama diaplikasikan, kalau digosok-gosok tetap mudah banget pudarnya. Untungnya ketika diaplikasikan di eyelid saya yang berminyak, dia gak mbleber sama sekali, cuma pudar dikit. Pokoknya jangan diusrek-usrek aja, dijamin bakal awet berjam-jam.

5. Sulamit Waterproof and Volumizing Mascara


Komposisi:
Aqua, acrylates copolymer, beeswax, glycerin, stearic acid, potassium hydroxide, phenoxyethanol, polyvinyl alcohol, pigment Cl 77499.

Mascara ini adalah salah satu produk makeup Sulamit yang saya suka banget kemasannya, perpaduan hitam dengan tulisan fuschia tanpa banyak aksen emang cucok banget.

Bulu sikatnya tipe yang lurus gitu aja dengan ukuran yang lumayan gendut menurut saya, agak tricky diaplikasikan ke mata saya yang kecil ini. Mascara ini mengandung fiber yang berfungsi melebatkan bulu mata, sayangnya di saya sama sekali gak ngefek apa-apa. Gak melebatkan, memanjangkan, atau pun melentikkan. Cuma bikin bulu mata saya tambah hitam gitu aja. Emang dasarnya bulu mata saya susah banget diapa-apain kali ya?


Mascara ini cukup waterproof dan smudgeproof, gak bikin mata panda. Dan gampang banget dibersihkannya cuman sayangnya setelah diaplikasikan keringnya lama banget, bikin mata saya kerasa lengket tiap ngedip, kayak ada lemnya gitu.

6. Sulamit Moist Lipstick Passion Series


Klaim:
Melembabkan dan ringan di bibir

Komposisi:
Ricinus Communis Seed Oil, Pentaerythrityl Tetraisostereate, C30-45 Alkyl Dimethicone, Isopropyl Myristate, Phenyl Trimethicone, Ethylhexyl Palmitate, Ceresin, Diisostearyl Malate, Titanium Dioxide, Ozokerite, Propylparaben, Fragrance.

May contain: Cl 45410:1, Cl 15850, Cl 15850:1, Cl 15850:2, Cl 15985, Cl 77019, Cl 77491, Cl 7792, Cl 77499, Cl 77891.

Sesuai dengan nama dan klaimnya, lipstick ini melembabkan banget ketika dipakai di bibir bahkan cenderung berasa agak berminyak, sama sekali gak bikin bibir kering. Teksturnya creamy banget dengan finishing yang agak glossy gitu.

Sayangnya coveragenya agak kurang bisa nutup bibir, harus beberapa kali ulas baru bisa nutup sempurna. Seperti lipstick dengan tekstur creamy lainnya, lipstick ini gak transferproof sama sekali. Tapi kerennya, dipakai makan minum macem-macem, stainnya di bibir masih banyak banget lho. Padahal saya dapet warna sweet rose atau no 8 yaitu warna pink muda dengan hint ungu. Biasanya warna-warna muda gini gampang banget bubar jalan di bibir, tapi lipstick Sulamit ini cukup oke juga ketahanannya.


Ohya sebenarnya warna lipstick seperti sweet rose ini sama sekali bukan warna favorit saya karena dia lebih ke cool undertone, seringnya gak cocok jatuhnya di kulit wajah saya yang warm undertone. Tapi surprisingly, sweet rosenya lipstick Sulamit masih masuk ke kulit saya.

Sulamit Moist Lipstick Passion Series ini cocok banget buat selingan para lipstick mania yang mulai bosan dengan trend matte lipstick yang merajalela akhir-akhir ini. Untuk ukuran moisture lipstick, kualitasnya lumayan oke tapi pliiss kemasannya yang gendut dan terkesan jadul diperbarui ke yang lebih modern biar lebih menarik hati.

7. Sulamit Self Adhesive Eyelashes


Sesuai namanya, bulu mata palsu dari Sulamit ini mengklaim bahwa dapat langsung digunakan tanpa lem bulu mata lagi karena sudah mengandung perekat. Tapi saat saya coba, ternyata perekat bawaannya kurang nampol di mata saya, bulu matanya gak bisa melekat dengan sempurna.

Ohya, saya mendapat 2 jenis bulu mata berbeda dari Sulamit yaitu no S17 dan S18. Bulu mata S18 memiliki model panjang pendek dan jarak bulu mata agak renggang serta dari pangkal pendek dan makin panjang di ujungnya. No S18 ini cocok yang ingin tampil dengan bulu mata namun tetap terlihat natural.

Sedangkan no S17 adalah jenis bulu mata panjang pendek dengan jarak yang lebih rapat, cocok buat tampilan yang glamour.

Baik no S18 mau pun S17 sama-sama ringan ketika digunakan dan memiliki lashband yang lentur. Bagusnya lagi bulu mata dari Sulamit ini bisa digunakan berkali-kali jadi lebih hemat.

Overall, dari semua produk yang dikirimkan, saya paling suka pensil alisnya kemudian BB Cream, Eyeliner, Two Way Cake, dan bulu matanya. Berikut foto hasil tutorial dandan dengan Sulamit Cosmetics kecuali bulu matanya.
Saya juga sempat bikin video tutorial dandan dengan Sulamit yang ala-ala banget (maafkan masih amatiran :D) dan tetep tanpa bulu mata karena mau kontrol ke dokter kandungan, shock nanti dokternya liat make up saya kalau kelewat cetar membahana, heheheh.


Info Selengkapnya tentang Sulamit Cosmetics.

11 komentar:

  1. Hi Meriska salam kenal 😊
    Kayaknya baru pertama kali aku mampir di sini 😊

    Btw makeupnya cantik dan kelihatan fresh lho 💃
    www.kornelialuciana.com

    BalasHapus
  2. cakep meriska, glowy glowy <3

    www.reginapit.com

    BalasHapus
  3. lagi hamil aja tetep cantik hihihi lancar ya kak <3

    www.isthiud.com

    BalasHapus
  4. Wahh, banyak banget isi goodie bagnya mba, banyak produknya yaa 88 jeniis..

    BalasHapus
  5. Warna bb creamnya kalau di kulitku trlalu terang itu, malah jatuh e medok. Suka sama warna lipstiknya

    BalasHapus
  6. wahh fresh bgt :D

    natahsu.blogspot.co.id

    BalasHapus
  7. cakep bumiil! yg penting aman buat bumil & bikin tambah syantik yess :D

    BalasHapus
  8. Baru tau Sulamit punya bulu mata palsu. Dari semua produk Sulamit aku suka loose powdernya. Kira-kira kamu review juga ga yaaa? :)

    BalasHapus
  9. Hasilnya fresh banget ya, cantik.. Btw salam kenal..😁

    www.florensiasella.com

    BalasHapus
  10. "Sayangnya dia gak usrekable"
    hahaha usrekable 😂😂😂

    heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

    BalasHapus
  11. di kak meriska kok cakep beenr hasilnyaaa, di aku bb cream keputihaan T^T

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p