Minggu, 30 Juli 2017

Review Lengkap Little Hippo, Clodi Murah dan Berkualitas


Karena berbagai kelebihan dan kebaikan yang ditawarkan, sekitar 4 tahun lalu saya semangat sekali untuk memakaikan popok kain alias cloth diaper (clodi) pada Alif. Siapa juga kan yang gak mau menghemat pengeluaran popok bulanan, resiko iritasi kulit lebih kecil, serta bonus lebih ramah lingkungan?

Namun akhirnya semangat itu menurun hingga akhirnya mandeg sama sekali karena performa clodi yang saya punya sungguh payah. Maklum, dulu merk-merk clodi dari negara luar dengan harga yang fantastislah yang memiliki performa juara. Sayangnya saya gak sanggup membelinya dan memilih alternatif clodi lokal yang dari segi kualitas memang kalah jauh.

Saat ini saya sedang mempersiapkan kelahiran adiknya Alif, dan semangat untuk memakaikan clodi ke anak ke dua ini pun kembali lagi. Untungnya sekarang saya sudah menemukan clodi murah dan berkualitas, Little Hippo.

Little Hippo sendiri adalah merk clodi lokal produksi dari clodistore.com yang merupakan distributor dan importir besar dari sejumlah merk clodi ternama.


Untuk lebih jelasnya, yuk simak review lengkap saya tentang clodi Little Hippo.

JENIS-JENIS CLODI LITTLE HIPPO

Berdasarkan ukurannya, clodi Little Hippo tersedia dalam 4 jenis ukuran yang bisa dipilih sesuai berat badan anak,  yaitu.
  1. TeenyFit untuk anak dengan berat 2,5 sampai 10 kg
  2. EasyFit untuk anak dengan berat 3 sampai 16 kg
  3. ActiveFit untuk anak dengan berat badan 5 sampai 20 kg
  4. KiddyFit untuk anak dengan berat badan 15 sampai 35 kg
Keempat jenis clodi Little Hippo tersebut, tiap jenis ukuran memiliki desain atau model yang berbeda-beda, antara lain
  1. Cover untuk clodi Little Hippo TeenyFit, yaitu clodi yang tidak memiliki kantong untuk meletakkan insert. Pada jenis ini, insert diletakkan langsung di atas inner clodi sehingga kulit bayi langsung bersentuhan dengan insert. Beberapa clodi cover memiliki snap pada innernya untuk merekatkan insert agak tidak mudah bergeser. Keunggulan clodi jenis cover adalah jika pipis bayi penuh, cukup mengganti insertnya saja selama kondisi cover masih bersih. Clodi jenis ini sangat cocok untuk bayi yang frekuensi pipisnya sering namun volumenya masih sedikit, karena gak perlu gonta ganti clodi secara keseluruhan sehingga lebih hemat cucian.
  2. Pocket untuk clodi Little Hippo EasyFit, yaitu clodi yang memiliki kantong untung meletakkan insert sehingga kulit bayi gak bersentuhan langsung dengan insertnya sehingga dapat tetap kering. Selain itu karena diletakkan pada kantong, kemungkinan insert bergeser atau mengkerut semakin kecil. Namun kekurangannya jika pipis bayi penuh, maka harus mengganti keseluruhan clodi dengan clodi baru. 
  3. Pants dengan pocket untuk clodi Little Hippo ActiveFit dan KiddyFit, yaitu clodi dengan karet di pinggang sehingga dapat dipasangkan pada anak seperti menggunakan celana. Cocok untuk anak-anak yang sudah mulai aktif dan susah dipakaikan clodi dengan sistem perekat. Untuk peletakkan insertnya, clodi ini sama dengan jenis pocket yaitu harus dimasukkan dalam kantong terlebih dahulu.


Sedangkan berdasarkan tampilan pada outernya, clodi Little Hippo ini terbagi menjadi 2, yaitu yang motif printing dan solid alias polos.

Hingga saat ini Little Hippo memiliki 15 motif printing untuk outernya, antara lain Tutti Frutti, Leaf Beads, Red love, Ship Trip, Little Plane, Rocket Race, Fish World, Tots Pilot, Sweet Apple, At the Sea, Hikouki Origami, World Pencil, Animal Friends, dan Patch Denim. Sedangkan untuk yang solid tersedia 5 pilihan warna, antara lain Pumpkin, Sweetpea, Red Berry, Lemon, dan Blue Mizone.

Pilihan warna clodi Little Hippo (Sumber: Fanspage Little Hippo)

Saya sendiri saat ini memiliki clodi Little Hippo dengan ukuran EasyFit dengan motif Fish World bergambar ikan warna-warni dengan dasar warna clodi biru dongker dan ukuran TeenyFit dengan warna Red Berry alias merah cerah.



DESAIN CLODI LITTLE HIPPO

- Kemasan

Clodi Little Hippo dikemas dalam plastik zipper lock yang dominan berwarna hijau muda. Di bagian depan terdapat siluet kepala kuda nil yang merupakan logo dari Little Hippo dengan warna bening, hal ini memudahkan untuk kita dalam melihat motif atau warna clodi yang ada di dalam kemasan saat akan membeli.

Bagian belakang kemasan terdapat keterangan produk serta cara perawatan clodi yang cukup lengkap, sehingga sangat membantu calon pembeli untuk mendapatkan informasi dan gambaran tentang clodi Little Hippo sendiri.



- Gambar

Dari 15 pilihan motif yang ditawarkan, menurut saya semuanya lucu-lucu dan modern, gak ada yang norak. Kualitas sablonnya juga halus, gak ada gambar yang gopel. Setelah dicuci beberapa kali pun gambar dan warnanya gak pudar. Sedangkan untuk motif polos, warnanya cerah dan merata ke seluruh bagian clodi. Gak kusam atau ada bagian yang pudar. Secara tampilan, gak kelihatan sama sekali kalau clodi Little Hippo ini adalah clodi lokal dengan harga yang murah.


- Clodi

Karena clodi Little Hippo memiliki model yang berbeda-beda tergantung ukurannya, maka desain clodinya pun agak berbeda di beberapa bagian. Misalnya saja untuk jenis Little Hippo TeenyFit dan EasyFit menggunakan perekat jenis velcro atau prepetan untuk pengaturan pinggangnya, sedangkan Little Hippo ActiveFit dan KiddyFit menggunakan perekat kancing snap dengan karet pada bagian pinggang.

Kelebihan perekat jenis velcro adalah lebih mudah untuk mengatur lebar bagian pinggang agar pas di badan bayi. Akan tetapi perekat ini sangat mudah menempel di benda sekitar hingga dapat merusak kain jika clodi dalam kondisi terbuka seperti saat sedang dicuci. Untungnya Little Hippo sudah mengantisipasi hal tersebut dengan menambahkan tutup velcro tambahan di bagian inner clodi.

Selain itu kekurangan lain dari perekat velcro adalah bisa dibuka dengan mudah khususnya untuk anak-anak yang tangannya mulai bisa meraih bagian pinggang dan menarik perekat. Oleh karena itu, untuk ukuran anak-anak (ActiveFit dan KiddyFit), Little Hippo mendesain bagian pengaturan pinggang menggunakan kancing snap yang kuat dan cukup sulit untuk dibuka. Kabarnya snap yang terdapat pada clodi Little Hippo diimpor dari luar negeri dan sudah berkualitas internasional lho. Penambahan karet pada sisi pinggang, membuat clodi jenis ActiveFit dan Kiddy Fit dapat dipakaikan seperti saat memasang celana. Cocok untuk anak-anak yang mulai aktif dan susah dipasangkan clodi dengan perekat. Lebih praktis, tinggal slup.

Selain perekat untuk pengaturan pinggang, terdapat pula perekat berupa snap pada semua tipe clodi Little Hippo yang berfungsi untuk mengatur clodi sesuai dengan size bayi dan anak, dapat diatur menjadi S, M, L, atau XL.

Untuk bagian inner clodi Little Hippo, tipe TeenyFit lah yang memiliki desain paling berbeda karena merupakan clodi jenis cover bukan pocket seperti tipe lainnya. Pada salah satu sisi inner clodi TeenyFit terdapat 2 buah snap berukuran kecil yang berfungsi untuk merekatkan insert agar tak mudah bergeser.

Sedangkan pada bagian yang menempel pada paha, semua tipe clodi Little Hippo dilengkapi dengan leg gusset agar clodi lebih fit di bagian paha serta inner gusset untuk clodi pocket dan double leg gusset pada clodi cover yang berfungsi untuk menjaga pup dan pipis gak mbleber keluar clodi.

Bagian-bagian pada Clodi Pocket
Bagian-bagian pada Clodi Cover

BAHAN CLODI LITTLE HIPPO

Untuk memaksimalkan fungsinya, tiap bagian dari clodi Little Hippo didesain dengan bahan yang berbeda-beda.
  • Clodi
Bagian outer clodi Little Hippo menggunakan kain berbahan polyester yang bersifat tahan air serta memiliki gramasi yang ringan sehingga lebih cepat kering ketika dicuci dan mampu mencegah pipis merembes sampai keluar lapisan clodi. Clodi dengan bahan polyester juga dapat dimanfaatkan sebagai celana renang.

Sedangkan untuk bagian innernya, clodi Little Hippo menggunakan kain berbahan microfleece yang lembut, berpori, dan cepat menyerap air sehingga dapat menjaga kulit tetap kering saat memakai clodi. Khusus untuk clodi cover, lapisan microfleece hanya terdapat di bagian atas dan bawah inner, selebihnya inner didominasi oleh bahan polyester.



  • Insert
Little Hippo saat ini memiliki 4 jenis insert yang berbeda yaitu insert microfibre, microfibre stay dry. newborn, serta bamboo fibre. Ketika membeli clodi Little hippo, kita juga akan mendapatkan insert sesuai dengan tipe clodi yang dibeli. Insert-insert tersebut juga dapat dibeli secara terpisah sesuai kebutuhan.

Perbedaan antara bahan microfibre dan bamboo adalah, microfibre terbuat dari serat sintetis yang bertekstur kasar seperti handuk dan agak kaku serta lebih tebal timbang bamboo namun bahan ini sangat awet meski digunakan berkali-kali serta lebih cepat kering ketika dicuci. Sedangkan bahan bamboo terbuat dari serat alami, memiliki tekstur yang halus dan lebih tipis daripada microfibre. Namun karena terbuat dari serat alami membuat bahan bamboo agak kurang awet dibanding microfibre, selain itu ketika dicuci bahan ini akan lama keringnya. Baik microfibre mau pun bamboo, keduanya memiliki daya serap yang tinggi. Silahkan pilih sesuai kebutuhan mana yang lebih baik.


Saat ini saya memiliki 3 jenis insert dari Little Hippo, yaitu.
  • Microfibre Stay Dry, terdiri dari 3 lapis bahan microfibre dan 1 lapis microfleece. Meskipun berlapis-lapis, namun insert microfibre stay dry ini masih terbilang cukup tipis sehingga gak akan terasa bulky ketika digunakan.
  • Newborn Stay Dry, insert jenis ini juga akan kita dapatkan ketika membeli clodi Little Hippo tipe TeenyFit. Lapisannya sama dengan insert microfibre stay dry yang terdiri dari 3 lapis bahan microfibre dan 1 lapis microfleece. Bedanya insert newborn lebih tipis dan pendek timbang insert microfibre stay dry. Selain itu serat microfibre newborn terlihat lebih halus sehingga cocok digunakan untuk bayi yang kulitnya masih sensitif. Pada salah satu sisi insert terdapat snap kecil yang berfungsi untuk merekatkan insert dengan clodi cover.
  • Bamboo Fibre, berbeda dengan jenis insert Little Hippo lainnya yang memiliki bentuk persegi panjang dan dijahit berlapis, insert bamboo Little Hippo terdiri dari satu lembar kain bamboo dan katun berbentuk persegi. Cara menggunakan insert bamboo Little Hippo adalah dengan melipatnya menjadi 3 bagian sehingga insert memiliki 6 lapis bahan penyerap.


  • Liner
Selain insert, Little Hippo juga memiliki produk reusable liner yang dapat dibeli secara terpisah dengan clodi. Dalam satu paket pembelian, terdapat 10 lembar liner dari bahan microfleece yang terdiri dari 5 warna yaitu, merah, biru, hijau, kuning, serta putih.


Fungsi liner sendiri adalah agar pup atau pipis gak langsung mengenai inner atau insert clodi. Bahan microfleece yang bersifat stay dry juga bermanfaat dalam menjaga kulit bayi agar tetap kering. Cara menggunakan liner tambahan ini cukup mudah, yaitu dengan meletakkannya di atas inner atau insert sebelum memakai clodi.



UJI PERFORMA CLODI LITTLE HIPPO

Motif boleh lucu, desain boleh oke, tapi apalah artinya suatu clodi kalau performanya gak bisa diharapkan?

Oleh karena itu, untuk membuktikan kualitasnya saya melakukan uji daya serap 3 jenis insert Little Hippo dengan cara menuangkan air dalam gelas ukur di atas permukaan masing-masing insert. Untuk memudahkan pengukuran, tiap kali melakukan uji daya serap ke atas insert, air dalam gelas ukur selalu saya isi sebanyak 300 ml.


Dan hasil uji daya serap insert Little Hippo yang saya lakukan adalah sebagai berikut.
- Insert Microfibre Stay Dry memiliki daya serap 250 ml,
- Insert Newborn memiliki daya serap 100 ml,
- Insert Bamboo memiliki daya serap 200 ml.

Yang perlu menjadi catatan, untuk insert microfibre sudah melalui prewash sebanyak 3 kali, sedangkan insert newborn dan bamboo belum sempat saya prewash, maklum emak-emak sok sibuk, hehehe. Fungsi prewash sendiri adalah untuk melepaskan serat-serat yang tertinggal pada kain sehingga daya serap insert dapat lebih sempurna. Tapi bisa dilihat, bahkan belum diprewash pun, insert-insert Little Hippo memiliki daya serap yang bagus. Selain itu, meski air sudah memenuhi insert namun ketika diangkat, air yang ada di insert hanya menetes sedikit demi sedikit, gak merembes banyak keluar insert.

Selain menguji daya serap insert, saya juga mencoba menuangkan air sebanyak 100 ml ke atas clodi cover yang sudah saya pasang insert newborn dan liner tambahan. Hasilnya air lebih cepat menyerap dengan adanya liner  dan meskipun insert sudah penuh, namun air gak merembes sama sekali ke inner clodi serta bagian outer clodi juga tetap kering.



KESIMPULAN

Mengingat harganya yang murah, awalnya saya sempat sedikit skeptis dengan kualitas clodi Little Hippo, yah paling cuma modelnya aja yang oke. Tapi setelah melakukan sendiri uji kualitas insert serta clodi Little Hippo, saya benar-benar gak menyangka bahwa hasilnya akan sangat memuaskan.

Bahkan untuk insert newborn yang daya serapnya paling rendah pun yaitu 100 ml, hasil ujinya terbilang bagus karena memang normalnya volume dan frekuensi pipis bayi adalah sekitar 1-2 ml/kg berat badan/jam (sumber: www.sehatfresh.com). Anggap saja berat rata-rata bayi baru lahir hingga usia 1-2 bulan adalah antara 3-6 kg. Jika berat bayi 6 kg maka volume pipis perharinya adalah 144-288 ml. Dan jika bayi pipis tiap 2 jam sekali misalnya, maka sehari frekuensi pipisnya adalah 12 kali dengan volume 12-24 ml. Berarti insert newborn bisa bertahan hingga 8 jam, itu artinya tidur malam pun bisa tetap aman dengan Clodi Little Hippo. Terbukti sudah kalau Little Hippo memang clodi lokal yang gak cuma murah tapi juga berkualitas.

Untuk menjaga kualitas clodi agar lebih maksimal, jangan lupa untuk melakukan prewash sebelum digunakan serta stripping secara berkala untuk melepas residu yang menempel pada clodi ya!

Clodi Little Hippo sendiri bisa didapatkan mulai harga Rp 60 ribuan aja, untuk insertnya dihargai mulai dari Rp 13 ribu, dan liner tambahannya dibandrol Rp 40 ribu per 10 lembar. Beneran murah banget kan?

Info selengkapnya tentang Little Hippo:
Web:
Instagram:
Facebook Fanspage:

20 komentar:

  1. Anak kedua udh jarang pki clodi. Pdhl beberapa mlh msh kinyis2 dn jrng dipakai waktu aim dlu.
    Tenaga udh terkuras buat momong 2 anak xixixixi
    Tapi lumayan juga clodi merk ini

    BalasHapus
  2. Mbak mer juara ih. Tau aja aku lg nyari clodi. Wkwkw ya tau donk ya wong kita chattingan.
    Noted mbak utk reviewnya ini, kayae masuk list yg bikin aq tergoda buat nyobain deh. Makasi ya :D

    BalasHapus
  3. Ooh pemakaian jenis clodi tergantung dari berat anaknya, murah dan aman ya Mba clodi little hippo ini

    BalasHapus
  4. bisa aku kasih tau ke tanteku iniii :D
    karena bisa dipake sepupuku yang masih sering ngompool :D
    thanks for review mbaak

    BalasHapus
  5. semenjak pindah daycare & daycare yg ini pro sama clodi, aku tertarik lagi makein clodi buat dedeknya raya nanti hahahha.. tapi tapi tapi, aku masih galaau #teteup
    Btw berapa banyak sih clodi yg harus kita punya utk mencukupi kebutuhan si baby? #seriusnanya

    BalasHapus
  6. kalau punya anak lagi pengen banget cobain pake clodi dulu pas anak pertama padahal uda sipain insertnya meski clodinya belum beli namun akhirnya terjerumus sama yang pospak akibat adaptasi diawal huahaha

    BalasHapus
  7. Buat hadiah juga cocok ya...lucu2...

    BalasHapus
  8. Bener kata mba okty.. ini cocok buat hadiah atau kado buat baby... Ekaligus membantu emaknya..hi2,

    Buat yg punya baby wajib paket ini.. ya..

    BalasHapus
  9. wah jaman anak-anakku amsih kecil gak ada macam ginian

    BalasHapus
  10. Penjelasannya lengkap banget mba. Aku baru tahu ada yang microfiber dan bamboo dan keduanya emang bagus ya. Apalagi motifnya lucu lucu

    BalasHapus
  11. Idem, dulu anak pertama semangat buat ber-clodi. Sampai bisa dilungsurin ke adeknya :D

    BalasHapus
  12. Sama Mba, dulu dua anakku sempat pakai clodi. Tapi terus mundur teratur karena sering bocor :(
    Keren ya sekarang ada produk lokal yang bagus kek gini. Tapi anakku udah gede2. Apa nambah anak ya, hahaha.

    BalasHapus
  13. Wah sempat uji daya serap segala, keren

    BalasHapus
  14. Warnanya cerah-cerah khas ya. Suka deh lihatnya. Pengen beli sayang bayinua udah gede dah gak pakai diapers lagi. Haha.

    BalasHapus
  15. Bentuk dan warnanya lucu dan gemesin banget! Pengen beli utk ponakan ah!

    BalasHapus
  16. bahan bamboo emang lbh lembut y mba. punya 2 bahan itu d rmh

    BalasHapus
  17. Lg mikir keras bikin infografis yg ada tsnda panah ke gsmbarnya gmn yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake picsart aja itu Nit.. aku gak bisa bikin infografis yg canggih :D

      Hapus
  18. Aku pgn beli nih, buat anakku yg bungsu, lg belajar toilet training soalnya :) .. Jd udah mau ngurangin pampera nya mer :D. Kalo udh bisa stop kan lumayan buat jajan emaknya :p

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p