Sabtu, 22 Juli 2017

Kalingga Coffee, Malang, Ngopi Ala Cafe di Tengah Pasar


Hiyaks review tempat ngopi lagi. Emang deh saya paling lemah iman sama si hitam pahit ini, apalagi kalau mengusung konsep yang unik. Makanya begitu melihat Ammamo, salah satu food blogger dari Malang, upload foto di instagram tentang Kalingga Coffee, tempat ngopi di tengah pasar, saya langsung memasukkan tempat ini jadi list teratas yang harus saya kunjungi begitu ke Malang.


Iya iya, emang ngopi di pasar mah udah biasa banget. Tapi kalau kopinya ala-ala cafe dan pasarnya pasar tradisional? Jarang-jarang kan?

Lokasi Kalingga Coffee berada di dalam Pasar Oro-oro Dowo, di samping lapak tahu dan di depan lapak pakaian jadi bu Ningsih. Gak susah menemukan lapak kopi satu ini karena memang Pasar Oro-oro dowo gak terlalu besar. Pokoknya dari gerbang utama pasar, perempatan ke dua belok kiri.


Selain tertarik karena Kalingga Coffee mengusung konsep yang tak biasa, saya juga sudah lama penasaran dengan Pasar Oro-oro Dowo sendiri yang kabarnya merupakan salah satu pasar tradisional terkeren di Malang. Ternyata emang bener, pasar ini keren banget. Bersih, pencahayaannya bagus, ada trolinya, ada nursery roomnya, pokoknya kece deh. Jadi makan atau minum di tengah pasar pun gak bakal jijik atau gak selera karena gak ada bau-bauan aneh dan sampah tercecer apalagi lantai yang becek sama sekali. Kemana aja saya baru sempet ke sini?? Biasanya cuma lewat atau nongkrong di seberangnya aja alias beli gelato di Bvgil.

Baca juga: Wisata Cafe di Malang


Balik ke Kalingga Coffee, ada 2 jenis kopi yang ditawarkan di sini yaitu single origin dan espresso based (full arabica). Untuk single origin sendiri bisa pilih peracikannya mau secara tubruk, french press, atau VGO. Untuk jenis kopinya juga bisa pilih lagi mau yang arabika atau yang robusta. Daaaan masih bisa milih lagi nih mau kopi dari daerah mana, kalau gak salah ada 4 kopi yang bisa dipilih salah satunya kopi Toraja.

Sedangkan untuk espresso based ada espresso, americano, cappucino, latte, dan vietnam drip. Untuk latte dan americano bisa dipesan panas atau dingin. Harga kopi di Kalingga Coffee dibandrol mulai Rp 6 ribu sampai Rp 18 ribu.


Karena wabah es kopi susu lagi ngetrend akhir-akhir ini, saya sekarang jadi kayak ikut terbawa arus jadi pengen es kopi susu juga. Jadi kali itu saya pun memesan iced coffee latte, sedangkan adik saya pesan vietnam drip, dan pesanan pak suami nih yang paling ribet, yaitu single origin-french press-arabika-Toraja, haha panjang ya booo'?


Mungkin karena berada di pasar dengan lapak yang sederhana banget, peralatan membuat kopi di Kalingga gak secanggih di cafe pada umumnya, tapi ya gak sesederhana di warung kopi juga. Dan mungkin karena itu juga sehingga proses pembuatannya sedikit makan waktu agak lama, butuh waktu sekitar 10-15 menit untuk kami menunggu pesanan kami siap. Di akun instagram mereka juga menjelaskan kalau ingin minum kopi di Kalingga lebih baik jika pesanannya di order dulu via chat. Supaya gak usah nunggu lama-lama kali ya?

Saya sih gak masalah kalau harus disuruh nunggu, karena suasana pasarnya juga asik. Tapi yang saya sayangkan adalah Kalingga gak menyediakan kursi sama sekali buat pengunjung, bumil pegel cyiinn kudu berdiri terus.

Pegel berdiri cyiin

Untuk rasa, kopi di Kalingga ini bisa dibilang masih cocok untuk pemula lah. Gak seberat kopi di Amstirdam tapi citarasa kopinya juga masih berasa. Iced coffee lattenya cocok diminum saat haus karena seger banget tapi pahitnya kopi masih ada. Emang sih namanya latte kan porsi susunya lebih banyak timbang kopinya ya? Jadi kopinya gak berasa berat. Gak butuh air putih untuk penetral. Cuma gak sukanya, mereka pakai gula pasir untuk pemanisnya dan gulanya itu masih ngendap di bawah, harusnya pakai gula cair aja.

Baca juga: Amstirdam Coffee and Roastery, Malang, Ngopi di Tempat Giling Kopi


Vietnam dripnya juga enak, ada sedikit rasa susu dan lebih dominan kopi. Untuk single origin arabica pesanan pak suami rasa fruitynya berasa, ada kecut dan pahitnya juga. Jujur, saya jarang banget minum kopi arabika karena beberapa kali nyicipin ternyata lidah saya kurang cocok dengan cita rasanya tapi arabika dari Kalingga ini salah satu yang bisa banget saya nikmati. Overall semua kopi yang kami pesan rasanya enak, cocok buat yang pengen ngopi dengan effortless alias malas berpahit-pahit ria karena jalan hidupnya udah terlalu pahit, haha.


Tertarik buat merasakan sensasi ngopi ala cafe di tengah pasar juga? Kalingga Coffee buka dari hari Sabtu hingga Kamis mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB.

15 komentar:

  1. pagi mbak mesika, ide yang punya warkop na kreatif. mas izin share artikelnya mbak

    BalasHapus
  2. wah ini nih, boleh deh jalan-jalan ke cafe kalingga sambil nyruput kopi anget

    BalasHapus
  3. Nyeselll, gak ketemu samaaaa kedai kopinya 😭😭😭😭😭

    BalasHapus
  4. Haha ada2 saja tempatnya. Memang lebih mirip tempat perbelanjaan umum ketimbang kedai kopi

    BalasHapus
  5. Wah ngopi di pasar, unik juga ya hihi. Yang aku pernah, minum dawet di pasar :D

    BalasHapus
  6. melipir bikin kopi di dapur haha

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah nih ngopi di pasar. BMau ah nyoba skali-skali. Kalau suasana pasar bersih seperti itu mah jadi nyaman ya mba minum kopi :)

    BalasHapus
  8. Wahh unik niiih,harganya pun terjangkau..sukaa..

    BalasHapus
  9. Susunan warnanya mirip es kopi vietnam yak ahahhah
    Jadi sekarang dah ganti nama jeung jadi merisca

    BalasHapus
  10. Penikmat kopi pasti langsung berbinar2 nih matanya kalo lihat ada tempat ngopi gini. Aku jg suka ngopi, tp gak suka yang terlalu pahit, benerr booo.. hidup ini aja udah pahit, gak mau deh ditambah kopi pahit haha

    BalasHapus
  11. keren ya konsep ngopi ala-ala cafe nya padahal lokasinya di pasar tradisional..
    bisa bikin suami-suami betah kalo anter istrinya belanja ini sih..

    BalasHapus
  12. Bumil... kamu kok masih tetep kuyus hahahah #salfok
    Ku jg masih seneng minum kopi tapi jarang2 aja biar ngga ngiler bayinya #naooon :D

    BalasHapus
  13. Ya ampuuuuun, itu pasarnya keren amat... :o. Kalo bntuknya begitu mah, aku rajin deh ke pasar :D. Palingan kalo nanti bisa kesana, aku pasti pesen kopi susunya mba.. Intinya bukan kopi hitam lah.. Blm sanggub :p

    BalasHapus
  14. Wahaaaa alhamdulilah postinganku bisa jd rujukan hehhe. Btw mbk, V60 not VGO.. ayuukk ngopi bareeennggg

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p