Minggu, 02 Juli 2017

Amstirdam Coffee and Roastery, Malang, Ngopi di Tempat Giling Kopi


Waktu di awal kehamilan, saya pikir kopi yang tadinya adalah kawan, bakal jadi musuh terbesar saya sampai lahiran nanti. Karena tiap minum kopi, even yang ecek-ecek kayak latte gitu, perut saya langsung bergejolak.


Eh memasuki trimester 2 kehamilan, kecanduan saya sama kopi balik lagi dan perut saya udah bisa diajak berkompromi kalau minum kopi. Padahal sering-sering minum kopi kan ya gak bagus buat ibu hamil. Tapi namanya kecanduan ya cyiin, susah banget buat lepas dari kebiasaan tersebut.

Akhirnya saya coba cari alternatif penggantinya yaitu dengan minum teh hijau yang mana kandungan kafeinnya lebih rendah. Dan berhasil! Porsi keinginan saya untuk ngopi dengan ngeteh jadi 50:50 lah. Soalnya teh hijaunya juga enak sih rasa dan aromanya, jadi lumayan bisa ngimbangi kesakauan saya untuk nyeruput kopi. Btw, ini komen jujur ya, bukan karena sponsor, haha.

Baca juga: Cara Saya Mengatasi Perbedaan Dua Hati Agar Lebih Sehati

Setelah beberapa hari berhasil lepas dari kopi, lha kok pas buka twitter, saya liat mbak Winda Carmelita ngepost tempat minum kopi yang kayaknya menarik untuk dikunjungi. Runtuhlah pertahanan saya seketika. Apalagi mbak Winda bilang tempatnya gak sekedar kedai kopi, tapi juga tempat penggilingan. Langsung deh kebayang aroma kopi yang baru digiling memenuhi ruangan. Saya harus ke sana kalau ke Malang nanti!

Namanya Amstirdam Coffee and Roastery. Berlokasi di ruko Soekarno Hatta Indah D18 alias kompleks ruko seberangnya cak pi'i. Amstirdam ada di bagian paling belakang, pojokan kompleks ruko. Nyempil banget tempatnya, terpisah dari hiruk pikuk jalanan, berasa menemukan tempat persembunyian baru, hehe.

Daripada cafe atau warung kopi, Amstirdam Coffee and Roastery lebih mirip gudang dengan tumpukan ember cat dan karung yang berisi biji-biji kopi yang siap digiling. Tapi justru di situ letak keunikannya, bikin acara minum kopi jadi beda dan lebih greget, halah.


Amstirdam sendiri diambil dari nama-nama desa penghasil kopi terbaik di wilayah Malang Selatan yaitu Ampelgading, Sumbermanjing, Tirtoyudo, dan Dampit. Denger-denger sih, kopi-kopi yang dijual di Amstirdam Coffee and Roastery ini banyak berasal dari perkebunan di 4 desa tersebut.

Baca juga: Ngopi, Cangkrukan Nambah Seduluran

Selain menjual aneka kopi siap minum, di sini juga menjual aneka kopi kemasan produksi mereka sendiri dengan berbagai varian yang bikin saya melongo karena gak ngerti itu kopi apaan. Variannya buanyak banget dan gak jarang namanya agak aneh di telinga saya. Seperti Karlos Karang Ploso, Tolu Batak, Garut Sukatani, Toraja Makale, Babadan Madu, dan masih banyak lagi.

Untuk kopi siap minum, dihargai mulai 5 ribu sampai 15 ribuan aja. Tapi sayangnya mereka gak jual makanan sama sekali, cuma ada kudapan pendamping kopi yang persediaannya pun gak pasti di sini. Jadi ya tempatnya memang benar-benar khusus buat yang pengen ngopi sambil ngobrol santai, bukan buat nongkrong cantik dengan hidangannya yang fancy apalagi buat acara makan-makan, salah tempat lah.

Waktu itu kami memesan kopi sejuk alias es kopi susu yang sepertinya jadi salah satu menu best seller di Amstirdam dan kopi robusta tubruk. Kami juga mendapat free sepotong brownies coklat blueberry buat pendamping kopi yang akhirnya habis disantap Alif.



Saya pikir kopi sejuknya bakal mirip-mirip es kopi susu di gerai-gerai es kopi franchise gitu yang dominan manisnya itu. Ternyataaa, rasa kopinya tetep yang dominan, pahit campur gurih karena pakai susu UHT. Rasa manisnya justru samar banget, tapi bukan yang hambar juga. Ini mah biar pun udah dicampur es dan susu tetep aja lebih cocok buat yang beneran pecinta kopi. Kalau saya yang doyan ngopi sih suka banget sama kopi sejuknya.



Kopi robusta tubruknya pahit banget, cocok buat pecinta kopi kelas medium sampai berat. Intinya sih, kopi di Amstirdam ini gak ada yang maen-maen, alias kopi ecek-ecek. Gak salah sih, saya kepo di instagramnya, sepertinya mereka sering banget menang kompetisi kopi gitu.



Kayaknya kalau ke Malang, saya bakal sering ke sini buat beli kopi sejuknya. Sayang kemarin pas libur lebaran, mereka tutup juga. Padahal saya udah kebayang-bayang sama pahit dan gurihnya.

11 komentar:

  1. Ahahahhak aku racun yah Mbak :))
    Tapi beneran enak kaan, aku suka kopi sejuknya sampe tak bawa pulang :p
    Tapi kata temen2ku, picollonya yang endeus.

    BalasHapus
  2. Nama MAstirdam aku pikir plesetan dari Amsterdam. Eh teryata singkatan nama-nama tempat penghasil kopi. Hihi. Kreatif ya mba. Wah, kalau coba yang kopi hitam banget kayaknya aku nggak deh

    BalasHapus
  3. jadi pengin nyobain juga tapi nggak tau kapan karena udah lama juga nggak ke malang :D

    BalasHapus
  4. Amstirdam memang salah satu tempat ngopi terbaik di Malang, harganya juga cukup terjangkau

    BalasHapus
  5. Senengnya idup di negeri ini yaitu, sejenis kopipun banyak aja macemnya
    Sayang aku ngga bisa ngupi, lambung berontak mer
    Klo teh hijo kandungan kafeinnya lebih tinggi po rendah dr teh biasa?

    BalasHapus
  6. Huaa hebatnya Hamil masih ngopi, saya mual mual waktu itu bau kopi :)

    BalasHapus
  7. Aku kira kopinya di impor lansung dari Belanda. Senyaman apapun kopi, bagi saya Kopi Bideng khas Lombok selalu nikmat 😂😂

    BalasHapus
  8. wah, kalau kopi suami saya yang doyan,,,
    saya takut kalau ngopi
    takut gak bisa tidurrrr
    xixixix

    salam kenal mbk

    BalasHapus
  9. Hahaha.. Ini sbnr ya ga cocok buatku yg suka kopi manis :p *lgsdihajarbarista. Tp pastinya aku slaku sukaaaak banget kalo k tempat /kafe kopi krn aroma kopinya yg tercium kemana2.. Itu aja udah bikin relaks :) .. Ga kebayang tempat ini yg kopi2nya ditaro dlm 1 ruangan gt yaa. Pasti wangi banget

    BalasHapus
  10. Wah ternyata cafe-nya recommended ya mba, jadi PR nih kalo ke Malang hahaha

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p