Kamis, 01 Juni 2017

Sanger Warung Kopi Aceh, Malang, dari Kopi Sanger Sampai Ayam Tangkap


Gara-gara mbak Windi Teguh beberapa kali ngomongin kopi sanger khas Aceh, saya jadi penasaran juga pengen nyobain. Apalagi cerita dibalik penamaan Sanger itu menarik banget. Jadi sanger adalah kepanjangan dari sama-sama ngerti. Saya sempat googling asal muasal penamaan sanger ini tapi gak menemukan jawaban yang pas. Yang jelas kopi sanger adalah kopi yang ditambah dengan susu dan gula. Lah sama aja dengan kopi susu donk?


Awalnya saya mengira juga kopi sanger ini bakal gak jauh berbeda rasanya dengan kopi susu biasa yang banyak dijual di warung kopi. Tapi melihat banyak yang memuja kenikmatan kopi sanger ini, saya akhirnya ikut penasaran juga.

Kebetulan banget di dekat rumah mertua di Malang ada kedai kopi yang belum lama buka dan diberi nama Sanger Warung Kopi Aceh. Dari namanya aja kelihatan kalau di sana pasti menjual menu kopi sanger kan? Maklum beberapa warung makanan khas Aceh di Malang rata-rata menu minuman yang dijual cuma sebatas kopi Aceh dan teh tarik doank.


Makin semangat buat ke Sanger Warung Kopi Khas Aceh ini ketika saya melihat banyak menu khas Aceh lain yang belum pernah saya coba karena gak dijual di warung lain. Ditambah harga mie Aceh di Sanger harganya mulai dari 10 ribu aja! Sebagai penggemar Mie Aceh, saya excited banget donk nemu mie aceh dengan harga murah. Soalnya tempat mie aceh langganan saya makin ke sini harga menunya makin ngelunjak, hikz.




Singkat cerita, karena pak suami harus menjaga bumer yang sedang opname kala itu, jadi berangkatlah saya ke Sanger Warung Kopi Khas Aceh berdua dengan adik saya, Dafit. Lokasinya ada di jalan bunga coklat kavling 3.

Sanger Warung Kopi Khas Aceh ini menempati sebuah ruko yang terbilang super duper kecil. Tapi meski begitu dari luar terlihat ekslusif karena didominasi dengan cat serba abu dan hitam. Dulu malah saya pikir tempat ini adalah cafe kopi dengan harga menengah ke atas.

Suasana di Sanger cukup nyaman dengan desain minimalis didominasi warna kayu dan abu-abu. Bagian depan dekat pintu masuk terdapat dapur untuk membuat minuman, jadi pengunjung bisa melihat dengan jelas pembuatan minuman khas Aceh yang diangkat tinggi-tinggi itu. Di salah satu dindingnya ada gambar-gambar menu khas aceh seperti ayam tangkap, es timun dan lain-lain lengkap dengan penjelasannya. So far, kayaknya Sanger ini adalah warung khas aceh ternyaman yang pernah saya datangi, karena suasananya cafe banget.



Dari rumah saya udah berencana mau pesen kopi sanger, es mentimun, dan ayam tangkap. Eh ndilalah, es mentimun dan ayam tangkapnya lagi kosong, huft. Kemudian adik saya juga pengen pesen pisang goreng sambal cakalang, eh ya kok kosong juga, hikz. Akhirnya kita pesen menu standar yang biasa ada di warung Aceh, nasi goreng, mie goreng telur, teh tarik dan kopi sanger. Untung aja kopi sangernya ada ya, jadi lidah saya bisa punya pengalaman kuliner baru dengan menu khas Aceh. Saya juga sempat take away kopi ulee kareng buat suami yang lagi jaga di Rumah Sakit.

Ternyata saya kurang cocok dengan mie Aceh di Sanger, ada rasa kecut dari tomat yang strong banget. Kayaknya kalau ke sana lagi kudu pesen jangan pakai tomat karena bener-bener ngerusak rasanya. Nasi gorengnya terlalu kerasa kecap, gak kayak nasi goreng Aceh kebanyakan yang kuat di rempahnya. Teh tariknya enaakk dan manisnya pas. Tehnya wangi dan pahit. Kopi sangernya juga enak banget, antara pahit dan manis jadi satu. Ternyata rasa kopi sanger itu beda sama rasa kopi susu biasa. Sedangkan Kopi ulee karengnya pahit banget, cocok buat penggemar kopi kelas berat kayaknya.




Overall, buat makanannya saya kurang cocok dengan Sanger tapi minumannya saya suka banget. Gak terlalu manis, tapi malah cenderung ada after taste pahit-pahitnya gitu. Saran saya, kalau pesen minum kopi dan teh di Sanger, kudu bawa air mineral buat penetralisir pahitnya. Karena pahit banget, tapi pahit-pahit enak, jauh lebih pahit kenyataan hidup, halah.

Masih pengen ke Sanger lagi karena saya penasaran dengan ayam tangkap dan pisang goreng sambal roanya. Semoga aja dua menu itu cocok di lidah saya.

Ohya, selama bulan puasa Sanger Warung Kopi Aceh buka mulai jam 4 sore sampai jam 4 subuh lho. Cocok buat yang nyari tempat saur on the road nih





10 komentar:

  1. Mmh .. Aku pernah minum kopi aceh yang 'kuat' kaffeinnya mba. Tapi untung masih bisa tidur. Temanku nggak bisa tidur blas. Liat foto mie Aceh jadi pengen ah kapan2. Hihihi

    BalasHapus
  2. Saya hanya pernah mencoba kopi toraja. Aceh belum, kooi sumhawa sering 😂

    BalasHapus
  3. Ini warung sanger kopi Aceh tapi ada campuran menu Manado :D hehehe
    Di Sulawesi Utara, ada tuh namanya pulau Sangihe (kami nyebutnya Sanger) :D
    Sempat baca juga status mbak Windi, jadi penasaran sama kopi ini.

    BalasHapus
  4. di Makassar juga ada beberapa cafe gitu yang jual kopi aceh, rasanya sama gak ya..
    heheheh salam kenal yaaa :)

    BalasHapus
  5. Wah, ini aku suka Mbak, kalo ndak punya duit makan mie aceh di merk sebelah (you know what I mean), aku ke sini. Mie polosnya sepuluh rebuuuuu, selalu diserbu anak kost hahahaha ... Untuk mie-nya kalau Mamaku lebih suka di sini karena gak terlalu strong. Tapi aku suka di sebelah sih. Nasi gorengnya banyak. Kopiny enyak. Es mentimunnya ... kok sama sih, aku juga selalu keabisan kalo ke sini ._.

    BalasHapus
  6. wah gatau kapan lagi ke malang sih hehe

    BalasHapus
  7. Menunya mix ama menado ya, ada pisgor sambel segala :)..

    Ulee kareng itu tempat yg terkenal bgt ama warung kopi.. Dulu sempet kuliah 3 semester di aceh, aku srg nongkrong ama temen kalo sdg hangout ama temen2. Tp nyeselnya dulu aku ga suka kopi, jd sampe skr ga prnh coba kopi sanger..

    Tp kamu hrs coba ayam tangkapnya mba.. Moga2 rasanya bisa pas ama taste aceh yg sbenernya yaaa.. Ayam tangkap itu gurih rempah dan taburan daun karinya bisa dimakan krn digoreng kering.

    Agustus aku mau ke aceh lg :D. Stlh 17 thn ga nginjakin kaki ksana, kali ini mau nostalgia , sekalian nunjukin aceh k suami :)

    BalasHapus
  8. Huaaaaa...kangen minum kopi T_T
    selama hamil ini saya emang tahan minum kopi. Mupeng deh jadinya kalau lihat kopi gini.

    BalasHapus
  9. Kalo di Surabaya ada depot Mie Aceh lumayan enak di seberan Transmart. Kali aja mau nyoba, tapi tempatnya kecil dan sumuk sih :D

    BalasHapus
  10. kopi aku ngga ngeces, tapi aku ngeces sama mie acehnya!
    ntah kenapa sekarang lbh seneng makan mie daripada nasi :D

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p