Rabu, 21 Juni 2017

Makanan Khas Manado yang Bisa Kamu Temukan Saat Berwisata Kuliner


Bukan rahasia umum lagi kalau destinasi wisata di Indonesia itu sangat beragam. Kita bisa mencari pemandangan alam yang memesona mata, atau mencicipi aneka makanan khas Indonesia yang sangat lezat dan memanjakan lidah. Contohnya adalah di kota Manado, Sulawesi Utara. Banyak sekali makanan khas di daerah ini yang menjadi favorit masyarakat Indonesia, gak cuma masyarakat lokal saja.

Teman-teman pastinya pernah mendengar tentang kue klappertaart donk? Kalau halua kenari, panada, palang kari, dan sambal roa pernah dengar juga gak? Nah, itu semua adalah makanan khas Manado yang dijamin akan menggoyang lidah. Rasanya sangat kaya akan beragam bumbu dan rempah-rempah. Meski ada yang terasa pedas, tapi tenang saja, pedasnya masih bisa ditolerir kok. Kita tidak akan sampai sakit perut setelah menyantapnya.

(Sumber: okezone.com)

Selain aneka kuliner tersebut, masih ada lagi kuliner lain yang menjadi incaran wisatawan saat berlibur ke Manado, salah satunya adalah bubur tinutuan. Bubur yang aslinya berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara ini, rasanya gak cuma lezat tapi juga sehat karena terdiri dari aneka sayuran. Arti dari tinutuan sendiri cukup unik, diambil dari bahasa Manado yang artinya semrawut. Jika dilihat tampilan buburnya, barangkali cocok untuk menggambarkan kata tersebut. Ada jagung manis, ubi jalar, labu kuning, bayam, kangkung, kacang panjang, daun kemangi, daun salam, daun bawang, ditambah ikan asin, dabu-dabu (sambal) dan kaldu dicampur jadi satu. Unik, ya?

(Sumber: ragamkuliner.com)

Berikut ini beberapa makanan khas Manado lainnya yang bisa kamu temukan saat sedang berwisata kuliner di kota ini, antara lain.

  1. Bubur tinutuan
  2. Cakalang fufu (makanan pedas)
  3. Dodol amurang
  4. Dabu-dabu ilang (sambal)
  5. Gohu (asinan)
  6. Halua kenari
  7. Ikan tude
  8. Ikan woku belanga
  9. Klappertaart (kue)
  10. Kacang goyang
  11. Kawok (makanan ekstrem: tikus hutan berekor putih)
  12. Nasi Kuning Saroja
  13. Nasi Jaha
  14. Panada
  15. Paniki (makanan ekstrem: kelelawar yang dimasak dalam kuah santan)
  16. Pala manis
  17. Pisang goreng sambal
  18. Perkedel ikan nike
  19. Sambal roa
  20. Tuturaga (makanan ekstrem: kura-kura diberi bumbu/sekarang diganti ayam atau ikan)

Wuih ternyata kuliner khas Manado itu banyak juga ya? Dan kalau diamati, bisa kita simpulkan bahwa masyarakat Manado memang senang dengan makanan berbahan dasar ikan laut dan terkadang ada pula yang bahannya dari hewan-hewan yang kurang familier untuk diolah menjadi makanan. Begitu pula dengan kue dan camilan khasnya yang terasa manis dan dipengaruhi oleh kuliner Belanda, seperti klappertaart atau panada. Selain itu, orang Manado juga sangat gemar dengan sambal. Bahkan makan pisang goreng pun bisa dicocol sambal.

Beragam kuliner khas yang unik dan menggugah selera tersebut tentunya akan terasa lebih lezat jika dinikmati bersama orang-orang tercinta sambil ditemani pemandangan alam Manado yang tidak kalah indah dengan daerah lain di Indonesia. Duh, saya jadi pengen bisa mengunjungi Manado suatu hari nanti deh. Teman-teman juga punya rencana untuk berlibur ke sana gak? Jangan lupa untuk segera mem-booking hotel murah di Manado, ya.


Sekarang cari hotel murah di daerah-daerah Indonesia mah bukan lagi masalah, kita bisa menggunakan jaringan hotel terbaik yang berada di bawah Airy Rooms. Dijamin pasti gak bakal mengecewakan, karena didukung oleh jaringan hotel terbesar di Indonesia dengan jumlah properti hotel terbanyak dibandingkan jaringan lain. Kamar hotel bisa dipesan melalui website atau aplikasi Android Apps dan iOS, sehingga semakin mudah. Pembayaran dapat menggunakan kartu kredit atau ditransfer langsung atau bisa juga bayar di Indomaret terdekat. Jangan lupa, fasilitas yang akan didapatkan juga sangat mumpuni.

Fasilitas-fasilitas seperti akses WiFi gratis, air minum gratis, TV layar datar, AC, shower dengan air hangat, kamar tidur yang bersih serta nyaman, dan perlengkapan mandi yang jika belum habis boleh dibawa pulang. Apalagi Airy Rooms sering banget diskon besar-besaran hingga 80% lho, tarifnya tentu jadi lebih murah lagi. Nah, tunggu apalagi? Segera rencanakan perjalanan liburanmu menuju Manado bersama keluarga atau teman tercinta. Dan jangan lupa, pesan segera kamar hotel di sana supaya kamu bisa lebih bebas mengeksplore keindahan alam dan mencicipi kenikmatan masakan khas Manado yang penuh cita rasa tersebut. Selamat mencicipi!

11 komentar:

  1. Ini lengkap banget, tak ada salhnya masukin list. Siapa tahu bisa ke Manado :)

    BalasHapus
  2. Makanan manado itu ampir sama dengan ambon, mba. Dan aku suka banget.Liat klapetartnya bikin makin ngiler

    BalasHapus
  3. Duh klappertaart enak banget emang ya Mba, sama sambal roa juga, waktu itu pernah dibawain sama temen yang asli Manado. :9

    BalasHapus
  4. Itu Kowok beneran tikus hutan ya mba??? Saya belum bisa membayangkan 😂😂😂

    BalasHapus
  5. Bubur Manado mbak, bukan bubur tinutuan :D karena tinutuan adalah bubur Manado hehehe
    Palang kari? Kok nggak pernah dengar ya :D
    Dabu-dabu lilang *correct
    Dan Tinutuan artinya bukan semrawut. Kalau kami mengartikannya tinutuan itu sebagai campur-campur (campuran), tapi kalau secara harfiah itu artinya bubur.

    ^.^

    BalasHapus
  6. aku sih paling demen cakalang suwir dan sambal roa :D

    BalasHapus
  7. Mamaku org manado. Aku suka nasi jaha

    BalasHapus
  8. ternyata selain bubur manado banyak juga kuliner lainnya yang wajib dicicipi..

    BalasHapus
  9. Krn aku suka banget pedas, makanan menado masuk dlm list favoritku :D. Di jakarta ada 2 resto favorit menado yg srg aku dtginm beautika yg rada mahal tp memang enak bgt, dan 1 lagi warung pinggir jalan gt.. Tp yg warung ini ga komplit menunya, cm ada ikan bakar menad dan panada. Jd tetep aku lbh suka ke beautika kalo kangen cakalang dan roa :D. Eh tp buburnya aku g doyan mbaaa :D. Ga cocok aja di lidah. Apalagi ada sayurannya itu...

    BalasHapus
  10. Duh mbaaa aku pengen Paniki, di Malang sini gak ada yang jual T__T

    BalasHapus
  11. Aku rada surprsis ama bayem dan kangkungnya bubur menado, blom pernah nyoba sih...
    Tapi kayaknya lebih milir tongkol suir en tumis bunga paya aja deh klo menado

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p