Jumat, 16 Juni 2017

Lulur dan Masker Roro Mendut Rempah Hitam Whitening, Si Hitam yang Bikin Putih


Dari dulu saya tuh suka banget yang namanya perawatan wajah dan tubuh di rumah. Malah kadang suka iseng coba-coba perawatan pakai bahan-bahan dapur gak jelas hasil eksperimen sendiri. Seperti ada keasikan tersendiri yang membuat mood saya naik gitu kalau lagi melakukan perawatan, orang jaman sekarang sih menyebutnya "me time".


Lebih suka lagi kalau perawatannya pakai produk dari bahan tradisional yang alami, aromanya itu lho, khas Indonesia banget. Menenangkan dan bikin pikiran jadi lebih fresh.

Dan saya baru sadar kalau udah lama banget gak melakukan perawatan wajah dan tubuh lagi. Pantes aja wajah saya kusam dan butek banget, haha. Tapi emang belakangan pak suami lagi sibuk dengan kerjaannya, saya pun jadi ikutan sibuk ngurus rumah sendiri sampai gak sempat melakukan kesenangan saya tersebut.

Mumpung bulan puasa ini jadwal kerja pak suami agak longgar, saya pun langsung menyempatkan diri untuk merawat wajah dan tubuh lagi. Apalagi mau lebaran gini, gak keren banget datang ke acara silaturahmi keluarga dengan muka kusut kayak baju belum disetrika.

Kebetulan di rumah ada satu paket perawatan lulur dan masker dari Roro Mendut, brand skincare tradisional dari Jogja. Saya sudah tau brand ini sejak lama banget dari review beberapa beauty blogger Jogja yang mengatakan bahwa Roro Mendut adalah salah satu skincare terbaik Indonesia formulasi dari ramuan perawatan ala keraton Mataram. Dulu produk ini agak sulit didapat karena cuma dijual di seputaran Yogyakarta, untungnya sekarang Roro Mendut bisa didapat secara online, jadi yang di luar Yogya seperti saya bisa mencobanya juga.

Sampai saat ini Roro Mendut sudah mengeluarkan beraneka jenis produk perawatan wajah dan tubuh dengan berbagai varian yang semuanya berasal dari bahan-bahan tradisional yang merupakan cerminan pelestarian budaya cantik Indonesia.

Varian yang saya punya adalah 1 set lulur dan masker rempah hitam whitening yang dikemas dalam box berwarna merah jambu dan terdiri dari 2 buah lulur dan 3 buah masker.


KEMASAN

Selain dikemas dalam box, tiap-tiap produk dalam set skincare Roro Mendut rempah hitam whitening masih dibungkus dengan double kemasan. Pertama menggunakan bungkus kertas yang berisi keterangan produk dan pemakaian, terakhir dengan kemasan plastik zipper lock. Saya sangat suka dengan brand skincare yang menggunakan zipper lock dalam kemasan sachetnya, karena menjaga tetap higienis jika masih ada sisa produk yang tak terpakai. Gak heran sih, wong memang proses pembuatan produk Roro Mendut ini menggunakan standar Good Manufacturing Practice (GMP) dengan teknologi dan sistem yang up to date atau disebut standar cGMP sehingga semua produknya dijamin berkualitas dan higienis.



KOMPOSISI

Komposisi yang terdapat pada lulur dan masker rempah hitam whitening ini hampir sama persis, keduanya memiliki kandungan utama dari rempah-rempah, teh hitam, kopi, rumput laut, dan beras ketan hitam. Perbedaan komposisinya hanya terletak di tambahan beberapa bahan.

Komposisi Lulur Rempah Hitam Whitening:
Black oryza glutinosa, mixed black herb, coffeaa, robusta seed, camelia sinesis, kojic acid (from aspergillus oryzae), alpha arbutin (from bearberry extract), theobroma cacao seed, jasminum officinale flower oil, glacilaria sp.





Komposisi Masker Rempah Hitam Whitening:
Oryza sativa powder, mixed black herb, coffeaa robusta seed powder, theobroma cacao seed powder, camelia sinensis powder, kojic acid, alpha-arbutin, agarose, jasminum officinale flower oil, light kaolin BP, andrographis paniculata extract.




Komposisi yang terdapat dalam produk Roro Mendut saat ini adalah formulasi baru dari produksi sebelumnya. Jadi kalau kamu membaca review Roro Mendut beberapa tahun ke belakang, bisa jadi ulasannya sudah berbeda dari review yang terbaru.

Meskipun ada embel-embel whitening dalam produknya, tapi produk ini tetap aman digunakan untuk ibu hamil seperti saya karena Roro Mendut menjamin semua komposisinya berasal dari bahan alami dan organik. Jangankan ibu hamil, bahkan bayi pun bisa menggunakan produk dari Roro Mendut lho.

Produk ini juga cocok digunakan untuk vegetarian karena proses produksinya tanpa melalui animal testing. Lebih mantab lagi untuk mencoba Roro Mendut, setelah tahu bahwa produk ini sudah mengantongi ijin BPOM dan mengantongi label halal MUI.




KLAIM MANFAAT

Sesuai namanya varian lulur Roro Mendut rempah hitam whitening bermanfaat sebagai lulur memutihkan kulit. Kandungan whitening agent dari bahan herbal organik menjamin produk ini sebagai lulur pemutih alami, jadi putih di sini maksudnya bukan kayak tembok gitu melainkan lebih ke menjadikan warna kulit lebih cerah dari sebelumnya.

Pun begitu dengan manfaat masker Roro Mendut rempah hitam whitening, produk ini juga bermanfaat sebagai masker wajah untuk memutihkan kulit.

Selain untuk memutihkan, masker dan lulur rempah hitam whitening juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit, mengatasi noda bekas jerawat, mengecilkan pori-pori, memperbaiki tekstur kulit, mengencangkan kulit, dan menutrisi kulit secara optimal. Pemakaian secara rutin menjadikan kulit lebih putih, bersih dan halus.

LANGKAH PENGGUNAAN

Awalnya saya mengira bahwa lulur Roro Mendut hanya bisa digunakan untuk badan sedangkan masker Roro Mendut khusus untuk wajah. Eh ternyata baik lulur mau pun maskernya bisa dipakai ke seluruh tubuh. Bahkan disarankan untuk digunakan sebagai satu rangkaian perawatan.

Langkah penggunaan lulur dan masker Roro Mendut sendiri hampir sama dengan produk perawatan lainya, yaitu.

Lulur Roro Mendut:
Campurkan 1/2 atau 1 sachet lulur bubuk dengan sedikit air hingga mengental. Usapkan merata ke seluruh wajah dan tubuh. Pijat perlahan dengan gerakan memutar kemudian bilas hingga bersih. Lanjutkan dengan masker.


Masker Roro Mendut:
Gunakan masker setelah memakai lulur dan dalam kondisi kulit yang telah bersih. Campurkan bubuk masker secukupnya dengan sedikit air hingga mengental. Usapkan merata ke seluruh wajah dan tubuh. Biarkan selama 15-20 menit hingga mengering dan mengencang. Bilas dengan air hingga bersih.


Agar hasil rangkaian perawatan rempah hitam whitening ini lebih maksimal, disarankan untuk memakainya secara teratur minimal 2 kali seminggu.

TEKSTUR & AROMA

Sekilas penampakan lulur dan masker Roro Mendut rempah hitam whitening ini terlihat mirip, sama-sama berbentuk bubuk berwarna hitam kecoklatan. Tapi jika diperhatikan, bubuk lulur terlihat berwarna lebih gelap. Perbedaan akan lebih kentara setelah lulur dan masker dicampur dengan air serta saat mengaplikasikannya pada kulit.

Setelah dicampur air, tekstur lulur Roro Mendut tampak lebih kasar menyerupai scrub serta warnanya terlihat makin hitam, sedangkan masker Roro Mendut butirannya lebih halus dan warnanya menjadi abu kehijauan.

Saat diaplikasikan ke kulit, lulur Roro mendut agak menggumpal dan sulit diratakan tapi justru karena menggumpal tersebut jadi mudah untuk di-scrub ke kulit. Menurut saya untuk ukuran scrub, butiran lulur Roro Mendut ini pas banget, gak sakit di kulit tubuh maupun wajah, tapi gak yang terlalu halus sampai susah digosok gitu.

Scrubbing dengan lulur Roro Mendut

Sedangkan masker Roro Mendut sangat mudah diratakan ke kulit dan cepat keringnya. Saat mengering, maskernya jadi mirip dengan lumpur.

Soal aroma, waaah, ini salah satu yang paling saya suka dari lulur dan masker rempah hitam whitening Roro Mendut. Wanginya enaaakk bangeeett. Untuk lulur Roro Mendut ada aroma bunga kenanga yang dominan tapi gak nyegrak atau bikin pusing. Justru relaxing banget. Sedangkan masker Roro Mendutnya masih ada sedikit wangi kenanga, namun lebih dominan aroma jasmine tea. Saya langsung membayangkan sedang menyeruput secangkir teh hangat sambil memandangi hamparan perkebunan dan pegunungan yang asri. Heaven!

HASIL PEMAKAIAN

Hal yang pertama saya rasakan setelah memakai lulur Roro Mendut adalah kulit jadi lebih halus, terutama pada wajah saya yang memang lagi gradakan karena lama gak dirawat. Komedo kecil-kecil di hidung, dagu, dan dahi jadi jauh berkurang.

Dan lebih takjub lagi, setelah saya memakai masker Roro Mendut. Wajah saya jadi terasa kenyal, lembut dan lembab, jadi pengen ngelus-ngelus kulit terus.

Untuk fungsi memutihkannya, yang paling kentara banget itu saat saya selesai membilas bagian tangan. Punggung tangan saya langsung terlihat lebih putih dari sebelumnya. Soalnya memang bagian punggung tangan saya ini warnanya gak rata alias belang-belang. Setelah memakai lulur dan masker Roro Mendut warnanya jadi lebih putih merata.



Sedangkan untuk wajah, jadi jauh lebih cerah dan bersih timbang sebelumnya. Sayangnya kamera saya agak kesulitan menangkap hasilnya karena efek pencahayaan. Tapi percayalah lulur dan masker Roro Mendut ini beneran recommended buat dicoba. Coba aja searching review Lulur Roro Mendut atau review masker Roro Mendut di google, pasti bakal menemukan banyak komentar positif tentang produk ini. Dan varian yang paling banyak dipakai adalah si rempah hitam whitening ini.


Biasanya saya agak takut memakai produk dengan embel-embel whitening, karena sering gak cocok untuk kulit saya yang acne prone. Tapi setelah memakai masker pemutih wajah dari Roro Mendut ini, wajah saya baik-baik aja, gak break out sama sekali.

Selain itu, sudah lama saya gak menemukan merk lulur yang bagus dari bahan tradisional. Setelah mencoba lulur Roro Mendut, akhirnya saya punya lulur tradisional favorit yang baru. Gak cuma lulurnya, masker Roro Mendut juga masuk sebagai salah satu merk masker wajah yang bagus yang pernah saya coba selama ini.

Setelah ini saya mau niatin untuk perawatan dengan set skincare Roro Mendut rempah hitam whitening secara rutin, karena baca-baca review beauty blogger, selain sebagai masker dan lulur yang ampuh memutihkan tapi juga bisa mencegah jerawat. Pengalaman saya tiap mau lebaran, jerawat malah suka dateng semena-mena, hikz. Berharap produk ini bisa mengatasinya.


Harga satu set perawatan Roro Mendut rempah hitam whitening adalah Rp 140 ribu. Bisa juga membeli satuan dengan harga Rp 28 ribu per sachet 40 gram.

Harganya lumayan terjangkau, karena satu sachet bisa dipakai 3-4 kali perawatan wajah atau 1-2 kali perawatan seluruh tubuh.

Produk-produk Roro Mendut bisa didapatkan di toko oleh-oleh Yogyakarta seperti Mirota Batik. Atau bisa juga dibeli secara online lewat http://roromendutofficial.co.id/beliproduk dan https://www.instagram.com/roromendutbeauty/7




12 komentar:

  1. Asik ya mba kalau harganya satu paket jadinya biar puas untuk perawatan wajah dan tubuh untuk kecantikan dan keshatan kulit. Aku juga makai produk Roro Mendut, mba. Nanti ah aku tulis di blog :)

    BalasHapus
  2. Cukup murah sih kalau segini buat yang membutuhkan, terlebih seorang perempuan. Bisa lah dikasih tahu info ini ke ibu..he
    Namanya bagi aku sendiri sih termasuk asing, baru tadi tahu setelah baca di blog sebelah. Maklum lah, laki-laki mah gak begitu tahu tntng beginian..hehe

    BalasHapus
  3. Ah, pasti ngak bisa dipake omeh cwok 😐😐

    BalasHapus
  4. Aku juga pakai Roro Mendut ini, suka banget wajah jadi tambah lembab setelah pakai maskernya

    BalasHapus
  5. aku juga pakeee dan sukaaa :D

    BalasHapus
  6. efeknya beneran terasa setelah pemakaian pertama ya mba. Saya suami juga ikut nyoba dan dia malah minta dimaskerin lagi.... adem katanya..

    BalasHapus
  7. Ini lulur lagi ramai ya jadi perbincangan, pingin nyoba ah..kulitku agak belang mba di telapak tangan..

    BalasHapus
  8. Aku juga suka wanginya. Trus lebih hemat karena satu sachet bisa dipakai sampai 2-3 kali ya.

    BalasHapus
  9. Aku ga sempet luluran mbak. Plis help. Hahaha

    BalasHapus
  10. Abis dr postingan ninda nih klo yg lulur ini, trus pnazaran fi blogger laen efeknya kek gimana
    #teringat mukaku yg sedang buduk buduknya sekarang oemji

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain Nit, beneran enak lulur n maskernya. Favorit banget aromanya.

      Hapus
  11. Aku pengen coba pake buat tubuh juga ah produk ini. Cuma kayaknya mesti minta bantuan nih biar enak digosokin hehehehe.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p