Minggu, 14 Mei 2017

Surabaya Patata, Oleh-oleh Surabaya yang Ciamik Soro


Akhir-akhir ini trend oleh-oleh kekinian persembahan para artis ibu kota makin marak ya?

Terus kamu udah nyobain oleh-oleh kekinian punya artis siapa aja sampai hari ini?

Saya donk baru nyobain 1 jenis oleh-oleh artis yang ada di Malang, tau kan oleh-oleh apa itu? :D

Nah kemarin, hari Sabtu, 13 Mei 2017, khasanah peroleh-olehan artis saya nambah jadi 2. Kali ini yang saya coba adalah oleh-oleh Surabaya milik duo kakak beradik, Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis, selebgram yang lagi digandrungi para remaja termasuk adik saya, haha.




Surabaya Patata, begitu nama yang diusung oleh-oleh Surabaya satu ini. Mendengar namanya, saya jadi teringat dengan Hakuna Matata yang merupakan salah satu nyanyian dalam film Walt Disney, The Lion King. Ternyata Surabaya Patata dan Hakuna Matata gak punya hubungan apa-apa, apalagi hubungan tanpa status (halah). Patata sendiri diambil dari bahasa Spanyol yang berarti kentang. Dan embel-embel kentang juga gak diambil karena terinspirasi dari kota Surabaya yang panasnya kentang-kentang, duuh maafkan saya yang jayus, kayaknya terpengaruh sama Ria Ricis, haha. Kentang sendiri merupakan bahan dasar utama pembuatan Surabaya Patata. That's why saya penasaran buat nyobain Surabaya Patata, karena biasanya kue-kuean dari bahan kentang itu rasanya selalu lebih enak dibanding yang full pakai tepung terigu.

Saya datang ke outlet oleh-oleh Surabaya yang mengusung warna kuning cerah ini pada pukul 10.15 WIB. Tampak antrian pengunjung sudah mengular hingga ke area parkiran. Dengar-dengar banyak dari mereka yang sudah datang sejak subuh demi membeli oleh-oleh dan foto bareng dengan Ria Ricis.



Yupz! hari itu pengunjung yang datang mendapat keistimewaan dilayani langsung oleh Ria Ricis karena berbarengan dengan acara grand opening alias peresmian outlet pertama Surabaya Patata. Gak heran kalau di antara para pengantri yang mendominasi adalah anak-anak muda yang sepertinya merupakan bagian dari The Ricis, julukan untuk penggemar Ria Ricis.

Panasnya kota Surabaya yang menyengat gak menyurutkan semangat mereka, terbukti ketika pembawa acara meneriakkan tagline Surabaya Patata, para pengunjung menyambut dengan semangat.

"Oleh-oleh Surabayaaaa??"

"Surabaya Patataaa"

"Surabaya Patataaaa??"

"Ciamik Sorooo"

Keseruan semakin bertambah ketika pembawa acara mengadakan game untuk para pengunjung. Sesekali Ria Ricis juga keluar outlet untuk menyapa para pengunjung yang setia mengantri dan tentunya seketika kehebohan terjadi di area antrian.

Ria Ricis juga mengadakan game yang lagi booming banget, Flip Bottle Challenge. Di mana peserta harus melempar botol air mineral yang setengah terisi dan posisinya harus berakhir dengan berdiri tegak di atas meja sebanyak 3 kali. Peserta yang berhasil menaklukkan challengenya akan mendapatkan hadiah menarik dari Ria Ricis.



Buat emak-emak kayak saya yang udah gak bisa ngimbangi para remaja tersebut, bagian paling favorit dari grand opening Surabaya Patata kemarin adalah bagi-bagi tester. Eh tapi kayaknya, gak usah nunggu jadi emak-emak ya, yang muda-muda juga pada seneng kalau dapet gratisan, huehehe.

Bener aja, gak sampai satu menit, tester Surabaya Patata yang dibagikan langsung ludes des. Untunglah saya berhasil menyelamatkan satu potong Greentea Patata yang terlihat menggiurkan dengan filling cokelatnya.


Baru gigitan pertama, lidah saya langsung dibuat jatuh cinta dengan oleh-oleh Surabaya yang terinspirasi dari Malang Strudel milik Teuku Wisnu ini. Cokelatnya gak pelit, luber-luber sampai saya harus makan dengan belepotan. Pemilihan kentang sebagai bahan pembuatan Surabaya Patata, menurut saya adalah pilihan yang tepat karena membuat tekstur cakenya menjadi lembut dan gak seret di tenggorokan.

Toping crumbs yang berlimpah, membuat acara mengunyah jadi gak membosankan soalnya jadi penyeimbang tekstur cake yang lembut tadi. Enak banget lah pokoknya.

Buat gambaran ya, saya ini termasuk yang gak suka cake atau bolu-boluan karena rata-rata kalau gak seret ya bikin eneg. Tiap ulang tahun aja saya paling males beli kue tart karena pasti ujung-ujungnya gak bakal kemakan. Jadi kalau saya sampai jatuh cinta dengan Surabaya Patata, berarti cake ini beneran enak menurut saya. Eh tapi gak cuma saya kok, teman-teman blogger lain yang kebagian icip-icip kemarin juga sepakat kalau Surabaya Patata ini cakenya lembut dan rasanya enak.

Jangan tanya saya, dibanding oleh-oleh Surabaya punya Zaskia Sungkar atau oleh-oleh artis lain enak mana, karena saya belum coba. Tapi kalau saya perhatikan nih Surabaya Patata punya ciri khas tersendiri dibanding oleh-oleh artis kebanyakan.

Pertama, dari bahan bakunya yang berasal dari kentang udah bikin Surabaya Patata beda dari oleh-oleh lain. Kedua, kalau sebagian besar oleh-oleh artis terdiri dari bolu dan pastry, nah Surabaya Patata ini gak memakai pastry dalam lapisannya. Dan terakhir bentuk cakenya bulat, bukan persegi panjang seperti oleh-oleh artis lain. Setau saya, baru Makasar Baklave yang mengusung bentuk cake bulat selain Surabaya Patata *cmiiw*

Secara umum, Surabaya Patata ini terdiri dari 5 jenis lapisan yang berbeda, yaitu aneka toping sesuai dengan variannya, cream tipis yang manisnya pas, cake yang lembut, filling yang tebal, dan kulit yang padat tapi tetap empuk. Saya kurang tau bagian paling bawah ini namanya kulit apa, sejenis kulit martabak tapi gak berpori. Yang jelas semua lapisan tersebut terasa menyatu dan padu di mulut.


Ohya, ada 5 jenis varian Surabaya Patata dengan range harga antara 65 ribu sampai 68 ribu yang saat ini tersedia di outlet, antara lain.
  1. Black Patata, yaitu Patata dengan taburan bubuk oreo dan cream filling di dalamnya. Oreonya berasa banget di lidah. Saya pernah membeli cake dengan toping oreo dan berakhir kecewa karena oreonya gak berasa sama sekali, kalah dengan whipe creamnya yang terlalu manis. Tapi Black Patata ini antara cream dan oreonya pas banget, gak saling mendominasi tapi rasa khas oreonya juga gak hilang. Varian Black Patata dibandrol dengan harga 68 ribu.
  2. Cheese Patata, sesuai namanya Patata varian ini ditaburi dengan parutan keju di atasnya dan diisi dengan cream cheese. Sayangnya kemarin saya gak kebagian icip-icip si Cheese Patata, padahal teman-teman blogger pada bilang kalau varian ini enak banget, huhu. Harga Cheese Patata sama dengan Black Patata yaitu 68 ribu.
  3. Greentea Patata, Patata ini yang paling instagenic menurut saya, karena warnanya seger banget, ijo-ijo. Warna hijau dari varian ini darimana lagi kalau bukan dari taburan bubuk greentea sesuai dengan namanya. Kalau boleh tebak, selain greentea ada juga sedikit toping kacang tumbuk di atasnya (maafkan ya kalau salah, :D) Filling dalam varian ini diisi dengan cokelat yang tebel banget seperti yang sudah saya sebutkan. Surga dunia banget lah buat penggemar cokelat. Harga Greentea Patata dibandrol 67 ribu.
  4. Nutella Patata, Patata satu ini menggunakan filling yang sama seperti varian Greentea Patata yaitu cokelat, tapi saya kurang tau jenis cokelatnya berbeda atau gak, yang jelas sama-sama enaknya. Tapi yang saya notice sih, kayaknya cokelat di varian Greentea sedikit lebih banyak timbang varian Nutella Patata. Don't get me wrong lho, bukan berarti si Nutella Patata ini gak enak. Justru saya suka banget sama varian ini karena bagian atasnya ditaburi kacang tumbuk yang berlimpah. Nah perpaduan antara kacang tumbuk dan cokelat ini membuat rasa Nutella Patata makin kaya, ada gurih dan manis-manisnya gitu, eeaa. Cocok buat yang kurang suka manis seperti saya. Varian ini termasuk yang memiliki harga paling murah, yaitu 65 ribu.
  5. Banana Peanut Patata, banana cake dipadu kacang tumbuk serta filling cokelat, hhmmm ada yang bisa tebak gak gimana rasanya? Pastinya enak banget donk, terutama buat para penggemar pisang nih. Sayangnya varian ini juga gak sempat saya coba, hikz. Padahal saya termasuk yang suka banget pisang cokelat. Kayaknya kudu banget nyatroni Surabaya Patata lagi nih buat beli varian yang belum sempat diicip-icip kemarin. Sama dengan Nutella Patata, Banana Peanut juga dihargai 65 ribu.

Selain icip-icip testernya, saya juga berhasil membawa pulang satu kotak Nutella Patata yang saya pilih capcipcup aja, berharap rasanya enak. Dan ternyata emang ciamik soro, enak banget. Saya kepo-kepoin di instagram, varian ini termasuk yang jadi favorit pembeli lho.

So far, dari beberapa varian yang saya coba, rasanya gak ada yang mengecewakan. Harganya juga masih reasonable, mengingat bahan-bahannya yang premium dan ukurannya yang termasuk medium. Cukup banget buat dimakan rame-rame satu keluarga, asal jangan satu RT apalagi satu kecamatan aja, haha.


Harapan saya sih, semoga setelah ini Surabaya Patata mengeluarkan varian all in one alias dalam satu box sudah tersedia semua rasa. Jadi kita bisa icip semua variannya dalam sekali beli. Maklum, rakyat jelata kayak saya, gak sanggup kalau kudu beli semua varian sekaligus.

Kalau tertarik juga untuk membeli oleh-oleh Surabaya satu ini, bisa datang ke outletnya di jalan Dharmahusada no. 187, Surabaya, tepat sebelum hotel MaxOne atau di seberang rumah makan Bu Rudy dan gak jauh dari Stasiun Gubeng. Semoga juga, setelah ini Surabaya Patata buka outlet di seputaran Bandara Juanda dan Terminal Bungurasih, supaya yang pulang kampung menggunakan pesawat atau bus bisa lebih mudah membelinya.

Ohya, Surabaya Patata tahan selama 3 hari dalam suhu ruangan dan tahan hingga 7 hari jika disimpan dalam lemari es. Cocok banget buat dibawa untuk oleh-oleh ke luar kota.


Info Selengkapnya tentang Surabaya Patata:
Instagram: @SurabayaPatata
Twitter: @SurabayaPatata
Facebook: SurabayaPatata

14 komentar:

  1. Oleh2 kekinian bgt ya mba.. :D Idenya keren gandeng artis biar makin dikenal.. Aku ngiler deh yg green tea ituuu.. :D Bisa order dari luar Surabaya juga gak ya mba?

    BalasHapus
  2. Lapisan paling bawah ya itu, kentang kukus yang dihalusin dan dipadatkan. Kayak semacam kulit pie, cuma ini buat based cake mbak.
    Nah makin sering makan, adanya baaed kentang dilpisan paling bawah itu yg bikin Surabaya Patata makin enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh itu kentang yg dihaluskan, tapi gak kerasa kayak perkedel ya? Wkwk. Maklum mbak, aku gak bisa baking, ngertinya cuma makan :D

      Hapus
  3. Aku paling suka yg nutella mer, greentea dan banana juga gak kebagian icip

    BalasHapus
  4. Aku pengen yg cheese patata huhu. Kayanya enak banget deh

    BalasHapus
  5. Kue oleh olehnya artis betapa mahal mahalnya hahhahaha
    Semoga ga boom di awal aja
    E kadang ada kepikiran mungkin tren ini kayak disponsorin gitu kali ya sama pemda or pemerintah sehingga artisnya bisa ngeluncurin brand oleh oleh segampang itu
    Cuma aku masih tetep syuka ama oleh oleh yang lebih traditional heritage sih

    BalasHapus
  6. mbaknya udah nyoba 1, saya belum semuanya, hahaha, tertarik sih, kalau ada yg kasih gratisan, masih belum akur sama harganya xD

    BalasHapus
  7. Bahan bakunya beneran kentang Mba? Cukup unik ya, soalnya pada pake pastry sama cake yang punya kompetitornya.. yang green tea menggoda banget Mbaaaa

    BalasHapus
  8. Greentea patatanya uweeeenak bangetttt, jadi pengen maem lagi...cuzzzz beli sendiri....hahahha

    BalasHapus
  9. terlihat begitu menggoda Mbaa, pengen beli sayangnya di sini blum ada :(

    BalasHapus
  10. Mau mau mauuuu!!!
    Jadi pingin pulang emaaak
    tapi masih UAS :( yaudah tahan dulu.....tapi tetep dimasukin ke wishlist wkwkwkw xDDD

    Iyanih bener bu, harusny ada yg all in one. Biar yang pelajar kaya saya bisa nyicipin semuanya xD

    BalasHapus
  11. Wah ini berbeda dari kebanyakan ya mbak, kentang bahan dasar. Pengin coba, penasaran. dan setuju bangeeet kalau ada paket all in one :D

    BalasHapus
  12. Buat yg di sumatera bs nyicip gak ya?? Gimana caranya...

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p