Selasa, 21 Maret 2017

Wopi Cafe, Malang, Serba Etnik dengan Pemandangan Menarik


Entah bawaan bayi apa gimana, udah sekitar dua bulanan saya gak minat kemana-mana paling banter ke rumah mertua di Malang atau periksa ke dokter. Biasanya seminggu gak jalan-jalan aja, saya udah uring-uringan, lah sekarang tiap rencana mau pergi malah sayanya yang males. Tapi kelamaan uplek di rumah terus, bikin sumpek juga ya? Makanya waktu pulang ke Malang tiga minggu lalu, saya niatin mau jalan-jalan buat menghirup udara segar.


Kapan hari saya melihat akun perias waktu saya nikah dulu upload foto lagi nongkrong di sebuah cafe milik temannya dengan pemandangan persawahan. Waah kayaknya cocok untuk saya yang mau refreshing nih. Setelah kepo-kepo nama cafe dan lokasinya, jadilah hari minggu siang saya, suami, Alif dan adik saya mendatangi cafe tersebut.

Cafe yang berlokasi di jalan Bhirawa no 9 ini bernama Wopi Cafe. Letaknya berada di pinggiran kota Malang, lumayan mblusuk dan naik-naik ke puncak bukit. Masih satu jalur dengan Bukit Delight tapi Wopi Cafe terus naik lagi sekitar 3-4 km, dekat dengan wisata petik jeruk. Cafe ini sudah terdaftar di google map jadi cukup mudah untuk mencarinya.

Baca juga: Bukit Delight, Malang, Penuh Perjuangan!


Memasuki halaman Wopi Cafe, pengunjung akan langsung disuguhi pemandangan yang asri berpadu dengan bangunan cafe dengan arsitektur etnik. Cafe ini bisa dibilang cukup luas dan lega. Selain itu karena masih baru dibuka, pengunjungnya masih sedikit jadi kita bisa puas banget nikmatin suasana.

Ada beberapa tempat yang bisa dipilih oleh pengunjung, bisa di bangunan mirip pendopo letak kasir berada, di gazebo, di area outdoor persis bersebelahan dengan sawah atau di rumah panggung.




Awalnya saya ingin duduk di dekat sawah karena kayaknya bagus banget buat foto-foto (teteup) tapi kemudian oleh staf Wopi Cafe, kami disarankan untuk duduk di rumah panggung karena melihat cuaca saat itu sedang mendung, antisipasi kalau hujan turun. Ternyata view dari rumah panggung lebih bagus lagi karena tempatnya yang tinggi. Tadinya saya pikir rumah panggung ini villa yang disewakan dan gak diperuntukkan bagi pengunjung cafe, ternyata emang villa tapi kalau tak ada tamu, pengunjung cafe boleh duduk di sana.



Menu yang ditawarkan di Wopi Cafe standar banget sih, gak terlalu bervariasi tapi cukup mengakomodasi kebutuhan perut, ada menu makanan berat dan ringan gitu maksudnya. Dan yang paling penting harganya murah banget. Gak bikin kantong jebol.



Kali itu saya dan Dafit memesan nasi goreng rempah, sedangkan Alif kami pesankan nasi goreng biasa. Suami gak makan karena di rumah tadi udah makan siang, eh Dafit juga aslinya udah makan siang sih tapi dasar perut karet kali ya, masih laper aja biar udah diisi makanan berat, wkwk. Untuk minum, saya memesan lemongrass, Dafit pesan lemon tea, pak suami white coffee, dan hot chocolate buat Alif.

Harapan saya nasi goreng rempahnya bakal seperti nasi goreng jawa gitu, pedes-pedes rasa sambel uleg. Ternyata perkiraan saya salah, rempah yang berasa cuma kunyit doank, selebihnya nasi gorengnya rasa gurih dan asin seperti nasi goreng yang biasa kita temui di foodcourt gitu lah. Justru nasi gorengnya Alif yang enak banget, ada pedes-pedesnya jadi rasanya lebih menantang.

Minumannya, rata-rata agak kemanisan terutama lemongrass saya dan coklatnya Alif. Minumannya Alif datang dengan warna hitam pekat seperti kopi hitam lengkap dengan biji-biji yang ditumbuk kasar. Alif sempet gak mau minum karena dipikir kopi bukannya coklat. Sepertinya sih coklatnya homemade ya? Sayangnya ya itu, kemanisan sampai citarasa coklatnya hilang sama sekali.



Karena suasananya enak banget dan harganya murah, saya gak terlalu komplain sih dengan rasa pesanan kami dan gak kapok ke sini lagi. Tempatnya yang luas bikin tempat ini gak hanya cocok untuk nongkrong tapi bisa juga dipakai buat kumpul dengan keluarga. Apalagi kalau sekalian nyewa villanya, seru kali ya buka pintu pagi-pagi liatin sawah dan pegunungan, padahal lokasinya gak jauh-jauh amat dari kota Malang, hehehe.

Selain villa, di Wopi Cafe juga terdapat fasilitas kolam renangnya. Cuman kemarin pas kita dateng kolam renangnya lagi dikuras, saya juga gak nanyak sih kalau mau renang kudu bayar lagi apa free.



6 komentar:

  1. Tempat yang nyaman. Suasananya sangat bersahabat

    BalasHapus
  2. Waduuuuh... Klo dari Malang lumayan jauh ya... Misal bermotor gitu. Tapi tempatnya nyaman banget ya keliatannya...

    BalasHapus
  3. mungkin lain kali kudu bilang dipisah aja gulanya ya mer :p

    BalasHapus
  4. Makin banyak cafe cafe seperti ini di Malang. Lain kali kalau ke malang harus nanya mbak mer ini enak nya mau nongkrong dimana.
    Hihihi

    Btw, alif mau mbak makan nasi gorengnya yang ada pedes2nya itu ?
    Kalau di Malang kemanisan itu udah biasa ya, kalau di Jakarta malah lebih sering kurang manis. Karna kalau pake gula itu beda harganya. Misal Teh aja = gratis. Teh manis = bayar. Haha

    BalasHapus
  5. sejuuuk bangeet...
    sekarang tambah banyak ya tempat nongkrong asik di Malang. Dulu zaman aku kuliah disana nongkrongnya mah di warnet dinoyo sama kayungyun :))))

    BalasHapus
  6. sejuk banget dan sumpah itu jus 13 ribuan waaaaw murah haha. Ku makin penasaran sama malang

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p