Rabu, 08 Februari 2017

Little Hippo Cloth Diaper, Clodi Lokal Murah dan Berkualitas


Kalau ditanya salah satu pengeluaran terbesar saat memiliki bayi, maka tanpa pikir panjang, saya akan menjawab popok sekali pakai alias disposable diapers. Ibarat kalau orang gede nih, disposable diapers itu udah kayak rokok, kita ngeluarin duit ratusan ribu tiap bulannya tapi gak ada wujudnya. Nyesek banget. Apalagi kalau punya anak yang kulitnya sensitif kayak Alif yang mana cuma cocok sama popok merk premium, itu nyeseknya dua kali sis *elus-elus dada*


Sebelum Alif lahir, sebenarnya saya sudah tau soal cloth diapers (clodi) alias popok kain modern yang bisa dipakai berulang kali. Ada keinginan membelinya juga, namun malah urung setelah membaca review para mama karena konon katanya merk clodi yang bagus itu adalah merk luar negeri yang mana harganya bisa mencapai 300 ribu satu bijinya, alamaakkk mahal amat. Ya meskipun menurut perhitungan, kelihatannya aja di awal mahal namun selanjutnya jatuhnya bakal lebih murah timbang membeli disposable diapers tapi tetep aja mah kalau saya ya kudu mikir seribu kali mau beli clodi seharga ratusan ribu itu.

Meski begitu bukan berarti saya anti untuk menggunakan clodi ya. Alif dulu sempat punya dua buah clodi merk lokal untuk selingan supaya gak terus-terusan memakai disposable diapers. Saya akui sih pakai clodi untuk selingan aja, berasa banget hematnya padahal clodi yang saya pakai tersebut kualitasnya jelek banget tapi cukup berguna juga. Oleh karena itu saya berniat kalau punya anak lagi harus menambah koleksi clodi untuk selang seling dengan disposable diapers biar menghemat pengeluaran. Makanya saya excited banget waktu dapat kesempatan untuk mencoba clodi merk lokal bernama Little Hippo Cloth Diaper.



Pertama kali menerima clodi Little Hippo ini saya sempat dibuat kaget karena desainnya keren banget, gak seperti clodi yang pernah saya punya sebelumnya, padahal sama-sama merk lokal. Kebetulan saya mendapat motif ikan berwarna-warni dengan warna dasar biru donker, lucu banget motifnya. Jahitannya rapi dan sablon gambarnya juga halus, gak ada gambar yang gopel-gopel kayak sablon murahan gitu.

Bahan kainnya sendiri per bagiannya beda-beda, cover depannya terbuat dari kain polyster yang water resistant, bukan dari kain katun. Keunggulan clodi dengan bahan ini adalah mencegah pipis merembes sampai bagian depan clodi. Selain itu, dengan bahan polyster, clodi ini jadi memiliki dwifungsi selain sebagai popok juga bisa dipakai untuk berenang, tinggal dilepas aja insertnya.

Nah, kalau insertnya sendiri memiliki dua jenis bahan, yaitu ada yang dari bamboo fibre dan ada yang dari microfibre. Keunggulan dari bamboo fibre adalah dia lebih lembut dan slim di badan sedangkan keunggulan dari microfibre adalah lebih cepat kering dan tetap lembut meski dicuci berulang-ulang. Tapi saya sendiri kurang tau nih, saya dapat insert yang bamboo fibre apa microfibre karena gak ada keterangannya, yang jelas saya suka sih insertnya karena berasa lembut dan gak bulky meskipun jenis inner yang dijahit double. Oh iya, Little Hippo ini jenis clodi pocket ya bukan cover, jadi insert harus dimasukkan ke kantong khusus di dalam inner.



Bagian terakhir adalah inner clodi alias dibaliknya yang bagian cover. Inner clodi Little Hippo menggunakan bahan microfleece yang lembut dengan warna putih yang sudah dilengkapi dengan inner gusset alias karet penahan di bagian dalam inner yang berfungsi untuk menahan pup agar gak mbleber dan supaya clodi lebih pas di paha bayi.



Berdasarkan ukuran, Litle Hippo sendiri memiliki 4 jenis clodi yaitu,
  1.  TeenyFit untuk anak dengan berat badan 2.5 sampai 10 kg sudah include satu diaper outer serta dua buah insert,
  2. EasyFit untuk anak dengan berat badan 3 sampai 16 kg, sudah include satu diaper outer serta satu insert,
  3. ActiveFit untuk anak dengan berat badan 5 sampai 20 kg, sudah include satu diaper outer, satu insert dan satu thin pad,
  4. KiddyFit untuk anak dengan berat badan 15 sampai 35 kg, sudah include satu diaper outer, satu insert, dan satu thin pad.
Di antara ke empat jenis clodi Little Hippo tersebut, kebetulan saya mendapat yang EasyFit untuk anak dengan berat 3 sampai 16 kg. Dan sepertinya jenis yang EasyFit ini adalah yang paling ideal dibeli untuk anak karena bisa dipakai sejak newborn sampai umur sekitar 2 atau 3 tahun jadi lebih hemat, gak usah beli ukuran baru tiap anak nambah berat badan.

Untuk perekat, Little Hippo menggunakan perekat jenis velcro alias yang kletekan itu, bukan snap atau model kancing. Keunggulan perekat velcro adalah kita bisa lebih pas dalam menyesuaikan ukuran tubuh bayi, kalau pakai snap kan kadang suka nanggung, pakai snap nomer 2 kebesaran, geser ke nomer 3 eh kekecilan. Cuma yang suka bikin sebel dari perekat velcro adalah saat velcro gak direkatkan, suka merusak kain di sekitarnya terutama saat dicuci. Biasanya ada perekat tambahan yang bisa dibeli terpisah supaya velcro gak menempel kemana-mana saat dicuci. Nah, Little Hippo rupanya sudah mengantisipasi hal ini, sehingga dalam clodi ini sudah tersedia perekat tambahan untuk velcro supaya clodi tetap aman saat dicuci.


Meskipun menggunakan perekat jenis velcro, pada clodi Little Hippo juga terdapat perekat jenis snap. Tapi snapnya ini bukan untuk memasang clodi, melainkan untuk mengatur ukuran clodi. Jadi masang snapnya bukan ke samping melainkan ke bawah.


Cara perawatan clodi Little Hippo sama seperti clodi lain pada umumnya yaitu harus diprewash dengan detergent sedikit saja minimal tiga kali sebelum dipakai. Tujuannya supaya fabric yang masih menempel di clodi bisa terlepas semua sehingga daya serapnya bisa lebih maksimal. Setelah itu bisa dicuci seperti biasa, bisa menggunakan mesin cuci atau dengan manual menggunakan tangan. Disarankan untuk mencuci menggunakan eco laundry atau pun detergent bayi, bisa juga menggunakan detergent biasa namun dengan jumlah yang sedikit saja, mengingat clodi kan dipakai pada bagian vital yang notabene sensitif.


Untuk performanya sendiri, saya belum tau karena belum selesai prewash clodinya tapi yang saya baca dari ibu-ibu lain sih, konon katanya performa clodi little hippo ini oke banget.

Dengan harga hanya Rp 86 ribu saja, saya rasa clodi ini harus banget jadi koleksi cloth diaper di lemari anak. Apalagi motifnya lucu-lucu bangeeettt, gak kalah sama clodi merk luar.

Info selengkapnya:
Web:
http://www.littlehippo.id

Instagram:
https://www.instagram.com/littlehippoid

Facebook Fanspage: https://www.facebook.com/Little-Hippo-Cloth-Diaper-1454990887846082/


8 komentar:

  1. bookmark, berguna kalau suatu hari dikasih kesempatan punya bayi :)

    BalasHapus
  2. Bener juga sih, ibaratnya butuh itu tapi kayak ga ada ujudnya abis dibuang klo popok sekali pake wakakak, harus mulai berpikir ke arah sana jihnpara calon mommy yak, soalnya dia kebutuhan harian juga

    Btw little hipo cubanget, warna warni dengan pola anak anak, pesti anak suka nih klo dipakein ginian.
    Insert itu kayak buat tampungan pipisnya apa yak

    BalasHapus
  3. Bagus memang little hippo, sayangnya di Aisyah gak muat, hihi. buat dedeknya nanti aja

    BalasHapus
  4. Fira juga punya clodi little hippo dan dipakai untuk latihan toilet training

    BalasHapus
  5. Iya, biarpun merk lokal kuakui bagus kualitasnya.
    Akupun punya yg merk lokal tapi asal aja gitu modelnya.
    Kalau little hippo ini gak kalah sama merk import.
    Motifnya lucu ya. Aku punya yg polosan jd pengen yg motif

    BalasHapus
  6. popok2 kekinianmotifnya unyu semuabikin gemashh :D

    BalasHapus
  7. Clodii little hippo lucuu lucuu mbaak yaa motifnyaaa. .lebih hemat juga diitung" kalau pakai clodi daripada pampers. Tentunya jugaa lebih ramah lingkungan. Thank you sharingnya mbaak 😊

    BalasHapus
  8. aku nyari clodi ini mbak..rekomended katanya teman2ku karena selain murah juga kualitasnya bagus....thanks share nya ya mbaa

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p