Sabtu, 19 November 2016

Ngeblog Lebih Maksimal dengan Samsung Galaxy J5 dan J7


Hai, Saya Meriska. Salah satu umat di dunia yang sehari-harinya sangat bergantung pada smartphone. Saya adalah salah satu blogger yang memanfaatkan smartphone sebagai penunjang seluruh aktivitas blogging.

Saya tak punya personal computer atau laptop. Menulis artikel, share artikel di sosial media, mengobrol dengan sesama blogger di grup,cek email, blogwalking, mengubah template blog, mengambil foto, edit foto, mendesain header sampai coding sederhana, semua aktivitas yang berkaitan dengan blogging tersebut saya lakukan di smartphone.

Jika dihitung-hitung sudah hampir 2 tahun, smartphone menjadi partner setia saya sebagai blogger. Tentu awalnya sama sekali tidak mudah, saya sempat mogok menulis karena sungguh mengetik ratusan bahkan ribuan kata dengan satu jari itu sangat melelahkan. Tapi email pembaca yang masuk dan mengatakan bahwa mereka terbantu dengan postingan blog yang saya buat, kembali membangkitkan semangat saya untuk tetap konsisten mengisi blog meskipun dengan fasilitas terbatas.

"Semua keterbatasan itu bukan perintang. Mereka penantang, Aku penakluk"

Kalimat dari salah satu teman facebook saya tersebut yang selalu saya jadikan motivasi sehingga saya tetap bisa bertahan hingga sekarang.



Saat ini smartphone yang saya gunakan untuk ngeblog adalah Samsung Galaxy Tab 4. Meskipun terbilang smartphone keluaran lama namun secara spesifikasi masih sangat mumpuni untuk aktivitas blogging.

Ukuran layarnya lebih besar timbang smartphone biasa, jadi memudahkan saya saat menulis artikel. Dan karena diciptakan sebagai versi mininya notebook jadi beberapa fitur dalam Galaxy Tab bisa berfungsi layaknya pada notebook atau laptop. Kapasitas memori dan RAMnya juga cukup besar sehingga saya bisa menyimpan berbagai macam aplikasi penunjang ngeblog, ratusan foto untuk dipublish di blog, dan tergabung dalam berbagai grup chat blogger tanpa ada keluhan kinerja smartphone yang melambat.

Sayangnya karena kapasitasnya yang besar pula, smartphone ini sangat boros dalam konsumsi baterai. Resolusi kameranya juga sangat rendah, hanya 2 Megapixel untuk kamera belakang dan VGA untuk kamera depan. No flash, no autofocus.

Oleh karena itu ketika ada uang lebih, saya memilih untuk membeli kamera digital agar kualitas gambar dalam blog saya lebih baik. Kamera digital saya memiliki fitur wi-fi sehingga hasil foto dapat langsung dipindah ke smartphone.

Tapi ternyata kamera digital bukan juga solusi. Aktivitas transfer file foto sangat menyita waktu dan baterai. Apalagi ketika harus mengepost gambar real time saat ada event blogger, sangat merepotkan harus bolak balik transfer foto.

Ukurannya yang besar juga membuat Galaxy Tab 4 ini memakan tempat dan gak cocok untuk dibawa bepergian. Jadi sepertinya saya perlu smartphone baru dengan spesifikasi yang lebih bagus dari Galaxy Tab 4 milik saya.

Dan berdasarkan pengalaman nih, Samsung itu adalah ponsel paling tahan banting yang saya punya. Ada 2 ponsel bermerk Samsung di rumah, keduanya sudah berkali-kali jatuh dengan sengaja maupun tak sengaja tapi masih berfungsi dengan baik hingga sekarang. Karena sudah terbukti awet banget di orang yang ceroboh kayak saya, jadi pengennya sih punya smartphone baru dengan merk Samsung lagi.

Kebetulan banget, Samsung baru saja merilis kembali tipe Galaxy J5 dan J7 di tahun 2016 ini. Tahun 2015 lalu Samsung Galaxy J5 dan J7 memang sudah diluncurkan, namun dirilis ulang dengan menghadirkan spesifikasi yang lebih baik dari keluaran tahun 2015.



Secara tampilan Samsung Galaxy J5 dan J7 ini bisa dibilang layaknya anak kembar, mirip banget. Sama-sama datang dengan body logam yang terlihat kokoh dan pilihan warna yang mewah. Tapi semirip-miripnya anak kembar pasti ada perbedaannya juga walau sedikit, begitu pula dengan Samsung Galaxy J5 dan J7. Meski berbeda, namun spesifikasi keduanya sangat masuk kriteria dalam mendukung aktivitas blogging saya.

Berikut adalah beberapa fitur dari Samsung Galaxy J5 dan J7 yang sangat cocok untuk para blogger seperti saya.

1| Kamera

Apalah arti artikel blog tanpa adanya foto yang menunjang. Karena gak cuma dari tulisan, foto yang berkualitas dan menarik juga dapat membuat pembaca ingin melihat artikel seorang blogger. Apalagi buat seorang food blogger, travel blogger, dan beauty blogger, foto itu udah seperti nyawanya artikel.

Nah Samsung Galaxy J5 dan J7 ini dilengkapi dengan fitur kamera belakang dengan resolusi 13 Megapixel dan 5 Megapixel untuk kamera depannya. Dengan resolusi yang tinggi tersebut, sehingga kita dapat membuat video dengan kualitas yang baik lho, bisa buat bikin vlog juga nih.

Selain resolusinya yang tinggi, fitur kamera pada J5 dan J7 juga dilengkapi dengan LED flash pada kamera depan maupun belakang yang bekerja seperti senter yang akan terus menyala ketika mode diaktifkan dan mati ketika kita menekan tombol offnya. Jadi gak kayak kamera kebanyakan, yang flashnya itu cuma nyala sekejap kayak blitz gitu.

Kebetulan saya sendiri paling gak suka foto pakai blitz, karena hasilnya bakal kontras banget dan diedit pun susah. Tapi susah juga kalau mau foto ditempat yang pencahayaannya minim karena hasilnya pasti jadi noise kalau gak ada cahaya tambahan. Adanya LED flash ini menjawab kebutuhan saya untuk menghadirkan foto berkualitas meskipun di tempat yang minim cahaya.

Buat beauty blogger nih, hasil foto dengan LED flash ini mirip dengan foto menggunakan ring light lho, bisa membuat hasil make up saat selfie terlihat lebih detail.


Fitur auto focus, continuous shooting, digital zoom, digital image stabilization, geotagging, panorama, HDR, touch focus, face detection, white balance settings, ISO Settings, exposure compensation, self timer dan scene mode juga ditanamkan dalam kamera utama J5 dan J7.

Eiits, gak sampai di situ, ada fitur wide selfie yang memudahkan saat foto we-fie bersama teman agar semua orang masuk dalam frame, kemudian ada beauty mode yang membuat hasil selfie kita jadi cantik, dan ada fitur palm selfie yang membuat kamera mengcapture foto dengan otomatis cukup dengan memperlihatkan telapak tangan kita. Mengambil foto dengan J5 dan J7 pasti jadi lebih asyik dengan berbagai fitur tersebut ya? :D


2| Kapasitas Baterai


Samsung Galaxy J5 memiliki kapasitas baterai Li-Ion sebesar 3100 mAh sedangkan J7 berkapasitas 3300 mAh. Ini nih salah satu perbedaan yang terdapat antara J5 dan J7. Tipis banget ya perbedaannya? Hehe.

Dengan kapasitas baterai yang cukup besar, Samsung Galaxy J5 dan J7 ini mampu bertahan 13 hingga 14 jam jika digunakan untuk berinternet ria. Aarrggghh, saya butuh banget ini, smartphone saya cuma tahan 1 sampai 2 jam saja jika digunakan untuk ngeblog.

Ada fitur Ultra Power Saving dalam J5 dan J7, yang bisa membuat baterai lebih tahan lama karena dia akan otomatis menutup fungsi dan aplikasi yang tidak dibutuhkan sehingga dapat mengurangi konsumsi baterai. Selama ini aktivitas blogging saya itu adalah yang paling cepat menyita baterai, jadi saya perlu banget smartphone yang gak boros di konsumsi baterai.

Fitur Ultra Power Saving ini juga akan menyimpan beberapa persen daya, untuk fungsi-fungsi penting seperti panggilan telepon. Sehingga gak ada ceritanya kehabisan baterai saat lagi butuh panggilan penting.

3| Jaringan Internet

Baik Galaxy J5 maupun J7 sama-sama sudah dilengkapi dengan jaringan 4G LTE. Blogger mana coba yang gak butuh koneksi internet? Gak ada lah. Jangankan blogger, orang non blogger pun sehari-hari pasti juga butuh banget berhubungan dengan internet.

Smartphone saya saat ini belum mendukung jaringan 4G LTE. Itu juga alasan saya ingin sekali upgrade smartphone baru, karena buat saya koneksi internet cepat adalah kebutuhan pokok selain makan, haha.

4|Hardware dan Memori

Untuk orang yang 95% aktivitas ngeblognya lewat smartphone seperti saya, kapasitas memori yang besar dan hardware yang mumpuni itu sangatlah penting.

Saya harus menyimpan banyak aplikasi penunjang dalam blogging serta ratusan sampai ribuan foto untuk dipublish dalam blog. Memilih file untuk dihapus karena memori gak cukup itu sangat merepotkan dan bikin galau, maunya semua file tetap disimpan aja, hehehe.

Lagi-lagi, Samsung Galaxy J5 dan J7 menjawab kebutuhan saya. Smartphone ini dilengkapi dengan memori internal sebesar 16 GB dan memori eksternal yang bisa di-upgrade hingga 128 GB.

Soal hardware?

Untuk tipe J5 sudah tertanam CPU jenis QuadQore 1.2 GHz sedangkan J7 memiliki CPU jenis OctaCore 1.6 GHz. Dua jenis CPU tersebut bisa dibilang tinggi untuk ukuran smartphone. Semakin tinggi jenis CPUnya maka semakin cepat juga aktivitas antar muka dalam sebuah smartphone. Ini cocok banget buat saya yang sekali memakai smartphone harus membuka bermacam-macam aplikasi, dijamin gak bakal lemot deh.

Ngomong-ngomong soal memori, dalam Samsung Galaxy J5 dan J7 sudah terpasang aplikasi Smart Manager untuk memudahkan memeriksa status penyimpanan, status memori, informasi baterai, dan pengaturan keamanan.

******

Di atas, saya sudah sedikit menyinggung soal perbedaan antara Samsung Galaxy J5 dan J7. Lebih lengkap tentang perbedaan dari 2 smartphone kakak beradik ini bisa dilihat pada bagan berikut.




Seperti yang saya bilang bahwa perbedaan spesifikasi antara J5 dan J7 memang tipis sekali. Namun bisa dilihat bahwa spesifikasi J7 sedikit lebih unggul dibanding dengan J5. Oleh karena itu harga keduanya tentu berbeda, J7 dibandrol sekitar Rp 3.5 juta sedangkan J5 lebih murah dengan harga sekitar Rp 3 juta.

Saya pribadi cenderung lebih suka Samsung Galaxy J7 karena spesifikasinya yang unggul. Namun setelah saya membaca beberapa review dari web ponsel, baik J5 mau pun J7 ini digadang-gadang hampir tidak memiliki kekurangan berdasarkan dari harga dan spesifikasinya. Dan tentunya kedua smartphone ini akan membuat aktivitas blogging menjadi lebih maksimal.

Kalau kamu pilih J5 atau J7? Atau mau belikan saya salah satunya? :p







15 komentar:

  1. Saya pake j5, puas banget pakenya.

    BalasHapus
  2. adikku pakai J7 Mba, dan soal kamera memang jempol deh si J7 ini. Yang lebih asyik lagi, saat berpose menggunakan kamera depan maka tulisan yang ada dibaju kita gak kebalik (beberapa jenis ponsel samsung, saat berfoto menggunakan kamera depan tulisan yang dioto hasilnya terbalik)

    BalasHapus
  3. Wah kameranya bagus ya mbak, hasil fotonya jernih. Nih hp recommended banget. Untuk urusan hp saya selalu mencari hp yg memorinya besar dan kameranya bagus.... Semoga menang ya mbak

    BalasHapus
  4. Saya J5 mb. Emang mumpuni banget speknya buat blogger ya

    BalasHapus
  5. Saya J5 mb. Emang mumpuni banget speknya buat blogger ya

    BalasHapus
  6. kameranya jernih banget ya :) paling penting cek kamera kalau hape haha

    BalasHapus
  7. rekomended banget nih dua handphone ini, harga masih masuk dikantong juga tapi kualitas istimewa,

    makasih infonya mba. good luck

    BalasHapus
  8. Akunya pake samsung tab s me, cumak gampang ngedropan, kayaknya kena serangan virus di baterenya

    Oya, pertanyaannya, ini kan kmu semua hal blogging pakenya smartpun, nah klo pas publish foto dengan megapixel gede itu ngecilinnya pake aplikasi apa neng, cz aku selama ini riwehnya ga bisa langsung pake tab yaitu...ngeresize ukuran foto...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak pernah tak resize, wkwk.. kalau kegedean pake picsart, itu udah kayak photoshop di smartphone

      Hapus
  9. Aku masih percaya gak percaya seorang mbak meriska hanya ngeblog lewat HP. padahal postingannya selalu panjang dan selalu niat. Setiap review pasti niat. Puanjang dan kayak lagi bikin makalah, detail. Hahhaa.

    Salut aku.

    Aku juga punya tab gitu, tapi ipad yang masih ipad 2. Sayangnya gak tau sampe sekarang kenapa kalo buka blogger suka ngadat malah gak bisa di pake ngeblog. Jadi males ngeblog lewat situ. Nah kalau dari hape apalagi, layarnya bikin gak lega kalau mau nulis. Keypadnya juga bikin jari gatel karena gak semua jari kepake buat nulis gak kayak pas lagi nulis di keyboard gitu.

    Salut banget sama mbak merrrr :D

    Kalo aku sih mending sekalian J7. Tapi kalau di beliinnya J5 juga mau sih mbak ya.. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, aku juga mau dibeliin donk kakaa :D

      Hapus
  10. Samsung J5 memang dambaan hampir semua blogger selain memiliki fitur yang mumpuni, keasikkan ngblog juga didapatkan kalau pake samsung j5...sayang harganya nggak ke jangkau euy

    BalasHapus
  11. Aku ngeblog juga dari HP lho
    Btw kenapa batrei nya masih 3100 an doang ??? sekarang dah rata2 4000 an biartahan lama manja gitu hehehe

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p