Rabu, 21 September 2016

Kusuma Agrowisata Waterpark, Kolam Renang Dengan Air Hangat di Batu


Karena kakaknya pak suami yang nomer dua adalah penguasa kota Batu, haha gak ding, canda. Kakak ipar saya itu kerja dan tinggal di Batu, jadi tiap liburan, suka ngajak jalan-jalan ke wisata di kota Batu.


Kayak waktu libur lebaran Idul Fitri (iya ini tulisan telat amat diposting, haha), kakak ipar saya ngajakin kita buat rekreasi ke Kusuma Agrowisata Waterpark yang berlokasi di Jalan Abdul Ghani.


Kusuma Agrowisata ini termasuk pemain lama di dunia wisata kota Batu. Dulu sebelum wisata Batu dikuasai oleh Jatim Park Group, Kusuma Agrowisata sempat jadi primadona dengan wisata petik apel dan stroberinya. Meski begitu Kusuma group tetap bertahan dan terus berkembang hingga sekarang, kalau ada yang tau Sindu Kusuma di Jogja, nah itu punyanya Kusuma Agrowisata juga.

Wisata petik buahnya masih ada sampai sekarang, malah buah yang ditawarkan makin banyak. Dan sekarang ada Kusuma Agrowisata punya waterpark yang baru dibuka sekitar 1-2 tahun terakhir ini.


Tiket masuk Kusuma Agrowisata Waterpark dibandrol 35 ribu saat weekend atau musim libur. Waterparknya gak begitu besar tapi cukup modern dengan fasilitas yang lengkap. Kolam dan wahana di Kusuma Waterpark dinamakan dengan nama buah-buahan seperti kolam buah naga (kolam arus), kolam apel (kolam anak), wahana jeruk (racer slide), wahana jambu (body slide), wahana strawberry (wahana family slide) dan, kolam kopi (kolam air hangat).

Kolam buah naga, apel dan wahana buah-buahan ditempatkan di satu lokasi yang saling berdekatan. Sedangkan kolam kopi agak terpisah, berada di dekat pintu masuk.


Meskipun wahana permainan di kolam ditujukan untuk semua usia, dari balita hingga dewasa. Tapi Alif yang anti air, apalagi air dingin, gak tertarik sama sekali dengan wahananya, Alif cuman mau main di kolam kopi doank, haha.

Awalnya kita pikir, Alif gak bakal mau renang, secara air di Batu kan dingin, anaknya pasti ogah kalau diajak renang. Jadi saya cuma bawa baju ganti seadanya aja, eh ternyata di Kusuma Waterpark ada kolam air hangatnya, malah bikin Alif gak mau mentas, ckckck.



Selain kolam, ada air mancur buat keceh alias sekedar main air, ada playground untuk anak-anak, dan food court. Yaa, standar fasilitas di waterpark pada umumnya lah ya.



Kelihatannya, Kusuma Agrowisata Waterpark ini memang gak berbeda dengan waterpark lain, namun yang istimewa dari waterpark satu ini adalah pemandangannya.

Kusuma Agrowisata Waterpark didirikan di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan air laut, tepat berada di kaki gunung Panderman. Bisa dibilang wilayah Kusuma Agrowisata merupakan salah satu daerah tertinggi di kota Batu. Jadi sambil berenang, kita bisa menikmati pemandangan kota Batu, gunung Arjuna *cmiiw* serta perkebunan Apel yang tepat berada di bawah Kusuma Agrowisata Waterpark.



Di atas waterpark ada restaurant Alamanda atau Amanda gitu, yang juga menawarkan tempat makan dengan view kota Batu. Cuman sayangnya restoran ini pintu masuknya terpisah dengan waterpark, jadi kalau udah masuk ke waterpark, gak bisa ke Amanda. Padahal enak ya, nungguin anak renang sambil duduk-duduk nikmatin view di restoran.

Tapi kalau kelaparan atau pengen ngemil, ada food court yang menjual aneka makanan dan snack dengan harga yang cukup terjangkau. Ada paket kids meal dengan harga 20ribu yang isiannya cukup lengkap, main menu, puding, dan susu kotak. Mayan murah kan?


Sayangnya di Kusuma Agrowisata Waterpark ini, kursi buat pengunjung dikit banget, atau gak ada ya? Saya lupa. Pokoknya kita bakal kesusahan nyari tempat buat nunggu yang lagi renang. Waterpark menyediakan gazebo dengan jumlah lumayan banyak sih sebenarnya, tapi ditarik biaya sewa sebesar 100ribu per 3 jam. Yah, tiket masuk murah, makanan murah, tapi di dalem kudu nyewa gazebo yang agak mahal (menurut saya), mending duduk-duduk di betonnya taman deh, haha ogah rugi amat buk.


Untung di dekat area playground ada rerumputan yang bersih dan rapi, jadi banyak pengunjung termasuk kami, yang menggelar tikar di sana, terus piknik deh, hehehe.

Oh iya, lokasi Kusuma Agrowisata Waterpark ini masih satu area dengan wisata petik buah serta hotel & resortnya Kusuma Agrowisata. Jadi bisa dapat berbagai fasilitas dalam satu tempat.


Saya lihat review penginapannya mendapat rating dan feedback yang bagus dari pengunjung, jadi kalau lagi liburan ke Batu, Kusuma Agrowisata bisa dijadikan alternatif penginapan. Lokasinya juga, gak jauh dari Museum Angkut Batu lho.


Info lebih lanjut, bisa langsung di cek di www.tr..... eh gak jadi, ini bukan postingan sponsor, kekeke.


14 komentar:

  1. Alif jadi keasikan berenang tuh.. hehe
    Selain adem, terlihat bagus juga pemandangannya mba :)
    Cocok memang kalau mengajak keluarga untuk pergi ke tempat itu ..

    BalasHapus
  2. jadi pingin.... tapi sayang banget gak ada tempat duduk :(

    yasminnaz.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Mau, kapan yaa ke sana. Viewnya bagus yaa mba. Banyak mainan buat anak ya, kolam renangnya aku penasaran..

    BalasHapus
  4. huwaa, padahal deket tempat nginep. hhehe. tahu gitu aku ke sana sekalian ya :D

    BalasHapus
  5. Serius cm 35rb mba? 2015 kmrn aku ke malang ga jd nginep di hotelnya krn jutaan tarifnya. Jd aku pikir waterpark nya juga bakal mahal

    BalasHapus
  6. Bulan Mei aku nginep disini dan belum jadi. Masih tahap renovasi gitu. Sekarang udah jadi cantik bangeeeet! Jadi kangen Malang hiks

    BalasHapus
  7. Ada juga ya yang anget2 di batu. Saya kita batu itu identik dengan kedinginan wkwkw

    BalasHapus
  8. Keren banget. Pasti anak2 betah deh.

    BalasHapus
  9. aku lagi di malang nih merr, tapi bukan buat agenda jalan jalan sik :/

    BalasHapus
  10. jadi air panasnya cuma ada di kolam kopi ya? tak kirain seluruh wahana pakai air panas, yah rugi di pemilik dong ya. hahahaha

    BalasHapus
  11. Wah ngalamat aku ga bisa nyemplung ni klo sapace renangnya mendominasi, ruang tunggunya dikit
    Tapi bole lah fota foto di deket buah naganya #eh

    BalasHapus
  12. wahh murah tinggal nyiasati biar g sewa gazebonya ya.
    klo ada air hangat dan air dingin udah komplit bgt itu hihi,dari main dingin2, closingnya pindah ke air hangat :D

    BalasHapus
  13. uwwaaahhh serius ada kolam air hangatnya ya mbak... nah kalo gitu ankku juga pasti mau nih... kmrn di bandung aja dia lgs nangis2 ga mau berenang krn dingin ;p... padahl anakku paling ga susah disuruh kluar kalo udh berenang di jkt..

    BalasHapus
  14. Zaman kecil ku dulu kayak nya batu yang ngehitss cuman selecta doang yaaa tapi sekarang banyak bermunculan yang lain

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)