Jumat, 19 Agustus 2016

Pesan Tiket Kereta Api di Alfamart, Ribet Gak?



Gak donk! Sama sekali gak ribet kok.

Sejak tinggal berbeda kota dengan mertua, rutinitas kami hampir tiap minggu adalah mudik ke Malang untuk menjenguk mertua. Dengan kondisi jalan Surabaya-Malang yang sering macet hingga berjam-jam terutama saat musim liburan, kereta api adalah pilihan transportasi yang paling nyaman dan anti macet tentunya. Apalagi sekarang aturan serta fasilitas kereta sekelas ekonomi pun dibuat lebih nyaman untuk penumpang. Saya yang dulunya paling malas kalau harus naik kereta api, sekarang jadi mencintai moda transportasi satu ini.

Dulu biasanya kami membeli tiket langsung di stasiun karena mengira kalau memesan lewat Alfamart atau outlet serupa bakal lebih ribet dan harga tiketnya lebih mahal. Ternyata kami salah, malah kami mendapatkan keuntungan lebih banyak jika memesan tiket kereta di Alfamart.

Kenapa saya memilih Alfamart dibanding penyedia jasa lainnya?

Alasannya simpel aja sih sebenarnya, yaitu karena kebetulan saya punya kartu member Alfamart. Jadi biasanya sambil beli tiket sekalian cek di Alfamart sedang ada promo apa yang berlaku khusus member, hehehe.

Salah satu promo khusus member bulan ini

Nah, sekarang giliran prosedur cara pemesanan tiket kereta di Alfamart.

1. Pesan tiket kereta via situs resmi Kereta Api Indonesia.

2. Setelah itu kita akan menerima email berupa kode booking serta aturan pembayaran kereta beserta total harga yang harus dibayar.

3. Datang ke outlet Alfamart terdekat untuk membayar tiket kereta api yang telah kita pesan dengan cara menunjukkan kode booking. Biasanya kita akan diberi waktu sekitar 1 jam untuk membayar tiket, jika kita belum membayar lebih dari waktu yang telah ditentukan maka tiket yang kita pesan akan dibatalkan.

4. Setelah membayar tiket kereta, karyawan Alfamart akan menyerahkan print out pembayaran.

5. Gunakan kode yang terdapat dalam print out pembayaran untuk check in di mesin-mesin check in yang tersedia di stasiun keberangkatan minimal 24 jam sebelum jadwal keberangkatan. Jadi sekarang udah gak perlu menukar bukti pembayaran dengan tiket kereta di loket. Cuma karena baru diperbolehkan check in 24 jam sebelum jadwal, jadi akan lebih baik jika tiba di stasiun tidak terlalu mepet dengan jadwal agar kita bisa menyisihkan waktu untuk check in.

Banyak yang bertanya pada saya, apakah kalau pesan tiket kereta api via online bisa pilih tempat duduk?

Bisa, setelah mengisi data penumpang, di langkah konfirmasi pembayaran nanti akan tertera nomor tempat duduk kita dan sampingnya ada opsi untuk pindah tempat duduk (lihat gambar).


Pembelian tiket kereta juga bisa dengan langsung datang ke outlet Alfamart terdekat dengan membawa KTP dan uang tunai tentunya, kemudian langsung melakukan pemesanan di sana.

Tentang pembayaran tiket kereta di Alfamart atau penyedia jasa serupa, banyak banget yang nanya ke saya, kok jumlah penumpangnya lebih dari satu tapi dapat lembar pembayaran cuma satu?

Iya, karena lembar pembayarannya itu bukan tiket. Yang terpenting adalah kode di dalamnya yang harus diinput di mesin check in yang ada di Stasiun pemberangkatan. Setelah check in, baru deh bakal dapat tiket sesuai jumlah penumpang.

Simpel banget kan?

Terus apa sih keuntungan jika memesan tiket kereta di Alfamart?

Pertama, yang jelas lebih praktis gak perlu ngantri dan jauh-jauh ke stasiun. Pernah lho saya dan suami mengantri tiket di stasiun hampir dua jam dan ternyata kehabisan tiket. Udah capek, tiket gak didapat pula.

Ke dua, dapat potongan harga khusus yang tidak didapat jika memesan langsung di loket stasiun. Lebaran kemarin saya membeli tiga tiket eksekutif untuk pulang pergi Sidoarjo-Malang, dan mendapat potongan harga dengan total 40ribu. Itu sama dengan satu buah tiket kereta saya dihargai gratis. Yeay!

Ke tiga, Alfamart punya lebih dari 10ribu outlet di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara. Seingat saya, Alfamart ini satu-satunya minimarket lokal yang suka ada di Bandara dan Stasiun Kereta lho. Jadi tentunya lebih gampang ditemukan donk kalau mau melakukan transaksi pembelian.

Ke empat, khusus untuk member akan mendapat poin tambahan tiap kali transaksi. Jadi, ya balik lagi ke atas, karena saya punya kartu membernya, oleh karena itu saya lebih memilih bertransaksi di Alfamart. Dan gak mungkin banget kalau ke minimarket gak beli apa-apa, jadi sekalian aja ke Alfamart yang ada benefitnya buat saya, hehehe.

Dan yang terakhir, ada promo serta diskon khusus tiap pembelian tiket kereta di gerai Alfamart, tergantung promo yang sedang berlaku saat itu.



Tiap pemesanan tiket kereta di Alfamart akan dikenai biaya administrasi sebesar 6ribu, tapi gak ngaruh juga, wong harga tiketnya dapat potongan yang lebih besar, hehe.

Selain tiket kereta, Alfamart juga melayani pembayaran token listrik, TV Kabel, tiket pesawat, tiket wisata Jatim Park Group, dan masih banyak lagi. Info lebih lanjut langsung aja cek di Alfamart ya.

17 komentar:

  1. jalan2 sambil nulis JR iniiii? meris superrr jempolnyaaa :D

    BalasHapus
  2. Boleh dicoba juga nih. Soale rumahku lebi deket ke stasiun daripada Alfa :D

    BalasHapus
  3. ingat, pesennya jangan mendadak :)

    BalasHapus
  4. Sama mba, sekarang kalo mudik Surabaya dari Malang juga pake kereta. Tapi yang ekonomi, jadi cuman bisa dibeli di stasiun, di alfamart cuman kelas eksekutif aja hihihi #cmiiw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada ekonomi jg kok mbak, tapi ekonomi ekspress.. :D

      Aku naik ekonomi pas berangkat malem banget, pas kereta sepi.. kalo rame suka kebarengan ibu2 bawa barang sak tumpuk sampai tempat kita dijajah, haha

      Hapus
  5. Kalo mau pesen tiketnya dua bisa milih tempat duduknya ga sih ya? Biar tetep duduk sampingan gitu hihi, ada yg tau ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ( kalo emang masih ada yg kosong )....kan pas pesen kita milih tempat duduk

      Hapus
    2. Bisa ( kalo emang masih ada yg kosong )....kan pas pesen kita milih tempat duduk

      Hapus
    3. min,memang xlo beli tiket via alfamart jika beli 2 orang akan di beri 1 struck dan itu atas nama saya,tetapi jumlah penumpang tertera 2,mohon info ya,soal nya baru x ini bli tiket online

      Hapus
    4. Iya, nanti kode yang ada di struk dimasukkan dalam komputer check in (biasanya boothnya warna orange) trus bakal keluar tiketnya sesuai jumlah penumpang yang tertera

      Hapus
  6. Mbak numpang tanya maklum orang desa katrok lagi hheehee..
    Aku belom pernah naik kereta jadi pengen naik kereta karna biayanya murah.
    Trus beli tiket di alfa setelah itu berarti harus cek in di stasiun ya kan KTP suamiku hilang tuh apa kalau pas cek in harus menunjukkan KTP aku & suamiku atau cukup milikku?
    Kalau cek in nya 30menit sebelom keberangkatan masih bisa ndak ya.

    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas beli tiket harus ngisi no tanda pengenal semua penumpangnya mbak kecuali anak-anak di bawah 17th. Kalo KTPnya gak ada, bisa pake SIM atau passpor.

      Bisa mbak, check in 15 menit sebelum juga bisa, pokoknya selama kereta belum berangkat, :D

      Hapus
  7. mba numpang tanya dong... kl saya sudah pesan tiket kereta api di alfamart ternyata salah jadwal bisa tuker jadwal gk ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau ya mas, coba tanya langsung ke petugasnya :D

      Hapus
  8. Maaf mbak numpang tanya,kalau psen tiket kereta api ekonomi bisa dialfamart gk ? Dan itu pesannya lngsung kealfamary bisa gak ?

    BalasHapus
  9. Mw tnya ka klo peseen tiket di alfa itu bangku nya bareng apa pisah y soal nya gk di kasih tau abang nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilih bangkunya pas booking lewat situsnya. Kalau pesennya langsung di alfamart, harusnya bisa request nomer bangkunya

      Hapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar saya moderasi ya, capek cyiin ngehapusin komentar spam :D

Kalau ada pertanyaan, silahkan kirim email ke MeriskaPW@gmail.com atau Direct Message ke instagram @MeriskaPW, sekalian follow juga boleh :p