Selasa, 16 Agustus 2016

Model Celana yang Tak Cocok untuk Wanita Berhijab

Assalamu'alaikum,


Mungkin di tahun 2016 ini kita harus berterimkasih pada fashion influencer yang berhasil membuat trend fashion tak monoton, terutama untuk celana yang sekarang modelnya lebih bervariasi. Untuk celana panjang saja saat ini banyak sekali model yang ditawarkan seperti celana panjang wanita MatahariMall. Berbeda dengan beberapa tahun ke belakang, trend celana wanita selalu saja fokus hanya pada satu model.

Misalnya saja di era 80-90an di mana celana cut bray dianggap keren, sehingga jalanan dipenuhi dengan wanita memakai celana dengan potongan melebar di bagian bawah membentuk lonceng tersebut. Mereka yang tak mempunyai item ini dianggap ketinggalan jaman kala itu.

Di tahun 2000an, cut bray mulai ditinggalkan dan digantikan kedudukannya oleh skinny pants yaitu celana press body yang mengerucut ke bawah. Celana cut bray pun dianggap item fashion bagi mereka yang tak memiliki selera fashion.

Di tahun 2016 ini mungkin adalah masa merdeka bagi para fashionista, di mana apa pun model celana yang dipakai tak akan mendapat pandangan miring selama si pemakai terlihat pantas saat mengenakannya.

Model celana pun kini semakin bervariasi dan tak hanya mengacu pada satu model saja. Namun tentu saja tak semua model celana yang beredar di pasaran cocok dipakai oleh semua wanita. Apalagi bagi wanita yang berhijab yang mana ada aturan-aturan agama yang harus dipatuhi, sehingga ada beberapa model celana yang seharusnya tak dipakai oleh wanita berhijab, terutama di tempat umum.

Berikut adalah beberapa model celana yang menurut saya tak cocok dipakai oleh para wanita berhijab

1. Kulot 3/4

Celana lebar yang terlihat seperti rok dengan panjang sebetis yang populer di era 80an ini, kembali hits di tahun 2016.

Banyak selebritis Indonesia maupun dunia yang sedang gandrung memakai celana satu ini. Potongannya yang lebar dan tidak mencengkram badan dirasa sangat nyaman bagi si pemakai. Selain itu celana kulot juga sangat cocok dipakai untuk acara santai maupun formal, tinggal sesuaikan padanan item yang sesuai untuk acara yang akan dihadiri saja.

Saat ini mulai banyak para wanita berhijab yang mengenakan kulot sepanjang betis dan sisa kaki yang tak tertutup oleh kulot, diakali dengan menggunakan kaos kaki panjang.

Alih-alih terlihat keren dan fashionable, justru malah lebih mirip dengan pemain sepak bola. Lagipula kaos kaki yang dikenakan berbahan tipis dan ketat di kaki sehingga dapat memperlihatkan lekukan kaki dengan jelas.

2. Legging

Celana berbahan jersey atau kain-kain elastis ini menjadi populer di kalangan wanita berhijab karena dianggap sebagai solusi bagi mereka yang berhijab untuk tetap dapat mengenakan rok atau dress pendek.

Tapi mengingat bahan celana satu ini yang elastis dan tipis sehingga menempel ketat di kaki serta tak jarang terlihat menerawang. Tentunya celana model ini tak sesuai dengan tujuan berhijab yang harusnya menutup aurat tubuh karena celana model legging justru menampakkan lekuk kaki dengan jelas bahkan beberapa legging yang berbahan sangat tipis dapat memperlihatkan kulit kaki.

3. Hot Pants

Berhijab tapi pakai hot pants? Emang ada?

Banyaakk...

Belakangan saya sering melihat para hijabers yang melenggang di tempat umum menggunakan hotpants atau celana super pendek.

Tentu saja, hot pants tersebut tak dikenakan begitu saja, namun dipadupadankan dengan legging sebagai penutup sisa kaki yang tak terjangkau oleh hot pants yang notabene panjangnya hanya sebatas paha.

Seperti yang sudah saya katakan di atas, model legging itu pasti selalu ketat dengan kaki. Bayangkan saja jika seorang wanita berhijab memakai celana sepanjang paha kemudian sisa kakinya hanya terbungkus kain tipis, apa hal tersebut tidak sama dengan memperlihatkan kulit kaki dari paha ke bawah?

Tetap ngotot memakai hot pants meskipun berhijab bagi saya adalah pilihan fashion paling aneh yang pernah saya lihat.

Gak cocok dengan model celana di atas bukan berarti para wanita berhijab tak bisa memakainya sama sekali. Jika ingin memakai celana kulot, belilah kulot yang panjangnya menutup seluruh kaki. Legging yang sejatinya adalah pakaian dalam, gunakan juga sesuai fungsinya untuk dalaman saat memakai rok atau dress untuk berjaga-jaga jikalau rok yang dipakai sedikit tersingkap.



Nah kalau hot pantsnya, dipakai untuk di rumah saja ya, hehehe.

Koleksi celana panjang wanita MatahariMall bisa dilihat sebagai referensi untuk dipadu-padankan dengan busana dan hijab favorit. Ada banyak pilihan model celana panjang untuk mereka yang berhijab namun tetap ingin terlihat fashionable tanpa mengekploitasi bagian tubuh. Ada palazo pant, joger pant, boyfriend jeans, dan masih banyak lagi inovasi celana dengan model up to date namun tetap cocok untuk para hijabers.



Menjadi fashionable itu gak harus memaksakan apa yang sedang ngetrend meskipun gak cocok kan?





1 komentar:

  1. Baru tahu yang jilbaban tapi pake hot pants :O :O Penasaran penampakannya gimana._.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)