Rabu, 20 Juli 2016

Blografi: Ophi Ziadah, Belajar Hukum pada Ahlinya

Assalamu'alaikum,



Katanya Indonesia ini Negara Hukum, tapi sayangnya tingkat kesadaran hukum di negara ini terbilang rendah. Makanya banyak masyarakat yang mudah tertipu bahkan oleh abdi pemerintahan sendiri. Contohnya bikin laporan kehilangan di kantor polisi ditarik pungutan, bikin surat di kelurahan ditarik pungutan, bikin KTP pake calo, bikin SIM maunya nembak, naik motor rating kiri belok kanan pas ketabrak motor lain dia yang marah-marah *eeaaa*


Yaah, begitulah, kadang tanpa sadar kita turut serta dalam menyuburkan ketidaksadaran dalam hukum di Indonesia, kita tau itu salah tapi kita turuti biar gak jadi masalah, kita tau itu salah tapi tetap kita lakukan.

Berat yee omongan sayah? Haha.

Oleh karena itu seorang ibu dari tiga anak, mencoba membuat masyarakat agar lebih melek hukum dengan cara menuliskannya di blog pribadinya. Ibu tersebut adalah mbak Ophi Ziadah.



Pengetahuannya dalam bidang hukum sudah gak perlu ditanyakan lagi, karena mbak Ophi ini adalah blogger yang juga bekerja sebagai legislative drafter di DPR yang tugasnya membantu menyusun dan membahas rancangan undang-undang. Selain itu, mbak Ophi juga pernah menempuh pendidikan di Australia, beugh keren ya? Udah mumpuni banget donk ilmunya.

Gak tanggung-tanggung, mbak Ophi punya dua buah blog yang berniche seputar dunia hukum, yaitu blog Marlekum (Mari Melek Hukum) yang berisi mengenai info seputar hukum-hukum di tengah masyarakat seperti informasi soal akte kelahiran, KDRT sampai mengenai vaksin palsu yang lagi heboh saat ini. Blog hukumnya yang lain diberi judul, Legislative Drafting Room  yang berisi tulisan-tulisan ilmiah mbak Ophi tentang hukum dan Perundang-undangan, well, blog yang ini bahasannya emang gak berat, tapi worth to read kok, terutama buat yang kuliah di fakultas hukum, mayan ya buat referensi tugas kuliah, kekeke.




Akan tetapi dua blog hukumnya tersebut sebenarnya cuma blog sampingan, blog utama mbak Ophi sesungguhnya adalah yang berjudul Mom of trio's World. Blog ini berisi cerita-cerita keseharian mbak Ophi dan keluarganya, mulai soal parenting, traveling sampai uneg-uneg pribadinya.



Meski sibuk bekerja di kantor DPR, tapi hal tersebut gak menghambat aktivitasnya di dunia blogging. Bisa dibilang mbak Ophi ini ngeblognya rajin banget, blogwalkingnya juga, saya pikir dulu mbak Ophi termasuk blogger yang gak bakal bales blogwalking, apalagi kalau bloggernya kayak remah-remah kacang bawang kayak saya, eh ternyata orangnya ramah banget.

Isi tulisannya pun berkualitas semua, gak asal nulis cuma buat nambah-nambahin post, tulisannya selalu sistematis, terstruktur dan masif, haha mentang-mentang ngomongin staf DPR yee, bahasanya politik abis.

Saya inget banget, beberapa waktu yang lalu mbak Ophi pernah menghadiri sebuah event, dan tulisan mengenai event tersebut ditulisnya begitu terperinci, semua informasi bisa diserap dan disampaikan dengan rapi, tinggal saya yang terbengong-bengong baca tulisannya, kok bisa selengkap itu? Berarti selama event berlangsung mbak Ophi menyimak dengan seksama ya? Beda mah kalau saya, pasti saya tinggal instagraman, haha.

Mbak Ophi juga cukup rajin mengikuti lomba blog, dan tahun 2016 ini saja sudah banyak penghargaan yang diperoleh dari lomba menulis blog. Etos kerjanya tinggi banget mah pokoknya.

4 komentar:

  1. Blog legislative drafting room lama gak di update...kayakanya sdh penuh debu dan laba2...
    Tp krn ada aja yg ngunjungi jd msh bertahan hihi.
    Waah aku mah apa atuuuh... Blohher pembelajar ajaah

    BalasHapus
  2. Wiiih keren. Bisa belajar hukum ke Mbak Ophi nih. :D Sekalian konsultasi

    BalasHapus
  3. Gilaaaakkkk mb ophih ternyata mastah hukum, jadi tertarik baca yang postingan ilmiah blio tapi ga berat ey

    BalasHapus
  4. Ihhh mba mer nyindir aku deh.. rating kiri belok kanan.. hahaha

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)