Senin, 27 Juni 2016

Waspada Kejahilan Autovisitor!

Assalamu'alaikum,


Jadi saya baru aja sowan ke salah satu grup blogger di facebook yang member aktifnya kebanyakan cowok. Di grup tersebut lagi rame soal menaikkan traffic blog menggunakan aplikasi autovisitor atau populer disebut jingling.


Saya gak akan menjabarkan aplikasi-aplikasi autovisitor atau cara menggunakan aplikasi tersebut, googling aja kalau emang niat menaikkan traffic blog secara drastis dengan cara yang gak jujur, aahh tapi temen-temen blogger saya mah jujur jujur. Ya kan?

Jadi yang mau saya soroti kali ini adalah tindak kejahilan orang iseng menggunakan aplikasi auto visitor pada blog seseorang. Gak tau juga sih motifnya apa, sekedar iseng atau pengen ngejatuhin blog orang lain, jahat amat ya kalau emang itu niatnya?

Sebelumnya saya jabarin dulu plus minus menggunakan aplikasi auto visitor.

Plus:
- traffic naik secara drastis
- Alexa Global tetap ramping
- Gak mempengaruhi SEO

Minus:
- Alexa Lokal membengkak karena pengunjung auto visitor itu dihitung pengunjung luar negara alias global
- Rawan terkena banned atau blog diblokir oleh google karena sejatinya pengunjung blog menggunakan autovisitor ini adalah robot, bukan manusia

Dilihat dari plus minusnya sih, menggunakan aplikasi autovisitor ini sepertinya lebih banyak untungnya, kemungkinan kena banned pun kecil. Tapi ya bayangin aja kalau kita dijahilin dengan autovisitor berkali-kali, lha apa uncle google gak curiga dan bertindak tegas? Padahal kan bukan kita yang nakal.

Nah kalau tadi plus minusnya, sekarang adalah ciri-ciri kalau blog kita jadi korban autovisitor:

- Traffic blog tiba-tiba meningkat drastis padahal kita gak melakukan apa pun dengan blog kita, yang biasanya pageviewnya 500 perhari tiba-tiba jadi 5000. Patutlah curiga kalau ini terjadi!

- Traffic turun drastis keesokan harinya. Ibaratnya abis dibikin melayang ke nirwana, terus ditendang gak pake parasut, langsung terjun bebas! Logikanya, kalau artikel yang kita buat menarik banget atau jadi viral, sekalinya traffic naik pastinya dalam beberapa hari akan naik atau tetap stabil kan? Karena masih banyak orang yang penasaran untuk membaca, gak mungkin langsung jeblok dalam waktu singkat.

- Pengunjung blog banyak dari luar negeri, padahal blog kita pake bahasa indonesia, kok tiba-tiba banyak bule yang baca, kan aneh? Ya kan?

Terus bagaimana cara menghindarkan blog kita dari kejahilan auto visitor?

Untuk blogspot bisa langsung cek ke blog INI, dan untuk wordpress, sayangnya saya belum nemu. Apa wordpress gak bisa dijahilin pake autovisitor ya??

Selain itu, menurut salah satu blog yang saya baca, disarankan untuk menjaga attitude sebagai blogger, supaya gak mengundang orang atau blogger lain berniat jahat dengan blog kita karena sikap kita yang gak menyenangkan.

Waduh, saya langsung ngerasa ketampar ini. Kadang ngeblog suka-suka aja, gak mikir attitude attitude.an, atau kata-kata saya bakal menyinggung perasaan orang lain apa gak, huhu, untungnya sih belum pernah kena kejahilan autovisitor. Mumpung menjelang hari raya, saya mau minta maaf jika selama ini ada perkataan saya yang kurang menyenangkan di blog ini. Jangan jahatin aku ya kakaaag :D






11 komentar:

  1. Wah jadi tau ada istilah jinling...dulu pernah juga dijelasin ama blog sapa gitu yang ternyata itu bot semua, huhu
    Moga2 selalu normal pengunjunge meski ya ngumpulinnya pake susah payah ahahahh, kayak punyaku

    BalasHapus
  2. Weew ga boleh kegeeran berarti ya klo tiba2 tamunya buanyak tanpa sebab huhuuu
    Sy mau didatengin sm yg asli ajah

    BalasHapus
  3. Waah baru tau nihh.. tapi buat apa juga ya blog dikunjungin sama robot �� mending sama tamu beneran, biar blog kita bermanfaat. Thanks infonya ya mak

    BalasHapus
  4. Saya malah baru tahu istilah ini.. . Patut waspada. Makasih ya infonya

    BalasHapus
  5. Sama kayak mbak turiscantik, aku malah baru tau autovisitor macam beginian loh mbak :') duuuh, nggak apdet banget.

    BalasHapus
  6. harus waspada ya, klo sampe kena banned haduh serem :D

    BalasHapus
  7. daku mah apa atuh, gak ngerti pake gitu-gituan, penting nulis terus di post, kelar :D

    BalasHapus
  8. Wah ternyata ada tho yang kayak begini, pantesan sekarang kalau mau komentar harus isi captcha yg aneh2

    BalasHapus
  9. Serem ya, Mbak kalo sampe kena >< Memang yang natural-natural itu lebih kece ^^

    BalasHapus
  10. Makasih Mbak ilmu barunya. Di mana-mana emang banyak orang baik tapi gak sedikit juga orang jail, ya :)

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)