Kamis, 30 Juni 2016

Lactacyd Liquid Baby, Dari Biang Keringat Hingga Bintitan

Assalamu'alaikum,


Alergi (sistem kekebalan) diturunkan oleh kedua orang tua dengan tingkat resiko sebagai berikut:
  • Kedua orangtua tidak memiliki riwayat alergi (termasuk asma), maka anak tetap dapat terkena alergi dengan tingkat resiko maksimum 15 persen,
  • Salah satu orang tua mengalami riwayat alergi, maka resiko anak mendapat alergi meningkat menjadi 20-40 persen,
  • Kedua orangtua mengalami riwayat alergi, maka resiko anak mendapat alergi meningkat lagi menjadi 60-80 persen.
Sumber: Wikipedia 


Saya dan Suami sama-sama memiliki riwayat alergi serta berkulit sensitif. Setelah membaca kutipan artikel tentang faktor keturunan tentang alergi pada anak di atas, sejak hamil saya sudah menduga bahwa anak dalam kandungan saya kelak termasuk anak yang memiliki persentase 60-80 persen dalam menurunkan alergi orang tuanya terutama yang berhubungan dengan kulit. Oleh karena itu ketika mempersiapkan kebutuhan bayi, salah satu hal yang saya pertimbangkan benar adalah soal memilih produk perawatan kulit bayi.

Menjelang kelahiran saya sudah membeli sabun dan shampoo khusus bayi yang bebas SLS, begitu pun soal deterjen bayi, saya pilih yang khusus untuk kulit sensitif. Parfum, bedak, lotion dan segala produk yang menurut saya gak penting serta rentan menimbulkan iritasi saya buang jauh dari list belanja.

Sampai akhirnya seorang bayi yang kami beri nama panggilan Alif pun lahir di penghujung tahun 2013. Bahagia jangan ditanya, setelah menunggu sekian bulan, si jabang bayi pun menampakkan rupanya.

Masih mulus

Semuanya berjalan baik-baik saja, menyusui, begadang, mengganti popok, mendengar tangisan bayi, nyeri nifas, yaah seperti ibu baru lainnya. Hingga seminggu setelah kelahiran Alif, saya memutuskan untuk mengganti sabun Alif dengan sabun two in one yang bisa dipakai untuk sabun sekaligus shampoo dari sebuah produk yang masih mengandung SLS, karena "dikompor-kompori" oleh seseorang dengan alasan kepraktisan.

Gak usah menunggu lama, gak sampai satu hari, tiba-tiba di sekitar leher Alif dan bagian lipatan tubuh lainnya muncul beruntusan kecil berwarna putih kemerahan yang sukses membuat Alif rewel sepanjang hari. Saya merasa bodoh sekali saat itu, mengorbankan anak demi menuruti kata orang.

Bruntusan yang muncul dalam waktu singkat

Ruam kulit di tubuh Alif tersebut pun akhirnya bisa hilang dalam waktu dua minggu, tapi bukan berarti masalah juga hilang semuanya. Ruam tersebut meninggalkan bekas berupa bercak berwarna putih yang cukup lebar di sekitar leher, dada, dan ketiak Alif yang bentuknya menyerupai panu.

Dari informasi yang saya dapat sih, katanya bercak tersebut karena kemungkinan salep yang saya pakai untuk mengobati ruam kulit Alif masih mengandung steroid dan akan hilang dengan sendirinya.

Awalnya saya masih tenang-tenang saja, namun lama-kelamaan, bercaknya malah makin melebar dan ketika Alif sedang berkeringat atau kepanasan, bercak tersebut berubah warna jadi kemerahan seperti luka bakar.

Bercak putih kemerahan yang tak kunjung hilang

Hingga Alif menginjak umur 5 bulan, bercak tersebut tak kunjung hilang juga. Jangan kira saya gak berusaha apa-apa, semua cara saya coba lakukan tapi hasilnya nihil atau malah membuat kulit Alif semakin iritasi. Tepat seminggu sebelum berumur 6 bulan, tiba-tiba ruam kulit Alif kembali muncul. Kali ini menyerang dada sampai bahu dengan bentuk bentol-bentol kemerahan berukuran cukup besar.

Bruntusan muncul kembali

Lagi-lagi masalah kulit membuat Alif rewel sepanjang hari. Kalau tidak salah waktu itu bertepatan dengan jadwal imunisasi ke Bidan. Mengetahui kondisi kulit Alif yang terkena ruam, bu Bidan pun menyarankan untuk menggunakan Lactacyd Liquid Baby sebagai sabun mandi Alif.

Saya yang sudah kehabisan akal pun, tanpa pikir panjang, sepulangnya dari Bidan langsung memutuskan untuk membeli Lactacyd Liquid Baby di Apotek dan menggunakannya untuk memandikan Alif.



Sehari setelah dimandikan menggunakan Lactacyd Liquid Baby, tak disangka ruam kulit Alif langsung sembuh dalam hitungan hari. Kemudian secara perlahan bercak putih di sekitar dada Alif mulai hilang dan kulit Alif pun kembali normal seperti saat baru lahir.

Gatal-gatalnya Sudah sembuuhh

Sejak saat itu, saya selalu menggunakan Lactacyd Liquid Baby sebagai sabun sekaligus shampoo untuk Alif. Pernah saya bandel, mencoba kembali memakaikan sabun ber-SLS dari kado lahiran, karena sayang aja, perlengakapan mandi dari kado para kerabat dekat gak terpakai.Tapi akibatnya Alif kembali diserang ruam kulit di tubuhnya.

Akhirnya semua kado berupa produk perawatan kulit bayi banyak yang terbuang sia-sia. Ada yang saya pakai buat cuci tangan, buat menyikat kamar mandi, sampai buat mengepel lantai. Pokoknya gimana caranya semua produk tersebut bisa habis dan gak jadi mubadzir. Ada juga beberapa produk yang masih utuh, belum dibuka segelnya, saya bagi-bagikan ke sanak saudara.

Karena memiliki bayi yang berkulit sensitif, saya jadi anti dalam memberikan kado lahiran berupa produk perawatan kulit bayi, takutnya bayi yang saya kado tersebut, kulitnya juga sensitif, kan kado saya jadi gak terpakai. Mungkin hal ini bisa dijadikan pertimbangan juga buat yang akan memberi kado kelahiran untuk kerabatnya agar lebih bijak dalam memilih produk perawatan bayi.

Alif 2,5 tahun yang semakin aktif

Saat ini Alif sudah berusia 30 bulan, tepat dua tahun yang lalu kami berkenalan dengan produk Lactacyd Liquid Baby. Sudah tak terhitung lagi berapa jumlah botol Lactacyd yang sudah saya habiskan sampai saat ini. Dan sudah tak terhitung pula berapa kali Lactacyd Liquid Baby sudah menyembuhkan berbagai macam keluhan kulit Alif.


Masalah Kulit yang Mampu Disembuhkan Oleh Lactacyd Liquid Baby




Kayaknya hampir semua masalah kulit yang rentan dialami anak sudah dirasakan semua oleh Alif. Kulit Alif memang sebegitu sensitifnya sehingga salah penanganan sedikit, bisa jadi masalah besar. Dan masalah tersebut mampu diselesaikan oleh satu produk yang kabarnya banyak direkomendasikan oleh para dokter, Lactacyd Liquid Baby.

Berikut beberapa masalah kulit yang pernah diselesaikan oleh Lactacyd Liquid Baby berdasarkan pengalaman Alif.

1. Ruam Kulit karena Alergi
Untuk kasus Alif sih, alerginya pada kandungan SLS pada produk perawatan bayi.

Sebenarnya sampai saat ini saya masih belum tega untuk melakukan tes alergi pada Alif, jadi indikasi bahwa Alif alergi pada kandungan SLS masih belum bisa dipastikan.

Akan tetapi, fakta yang ada, setiap saya coba pakaikan sabun ber-SLS saat memandikan Alif, kulitnya langsung bereaksi. Gak perlu menunggu lama, beberapa saat setelah mandi, kulit Alif akan langsung gatal-gatal dan muncul bentol-bentol di beberapa bagian tubuhnya.

Kalau sudah begitu, saya akan memandikan Alif kembali menggunakan Lactacyd Liquid Baby. Akhirnya sampai saat ini saya belum berani menggunakan sabun ber-SLS apalagi sabun dewasa untuk Alif.

2. Ruam popok
Alif termasuk anak yang volume buang air kecilnya sangat banyak. Idealnya mengganti popok itu sekitar 4 jam sekali. Tetapi Alif harus ganti setiap maksimal 2 jam sekali karena sekalinya buang air kecil, popok Alif akan langsung penuh sehingga kondisi kulit di area popok akan lebih lembab. Telat sedikit dalam mengganti popok, Alif pasti akan menunjukkan gejala ruam di sekitar area genitalnya. Harus cepat-cepat ganti popok dan membasuh area genitalnya dengan Lactacyd Liquid Baby sebelum ruamnya makin parah.

3. Biang keringat
Anak-anak emang gak bisa jauh dari yang namanya biang keringat, apalagi kalau semakin besar, anak akan semakin aktif dalam bergerak, dan itu menyebabkan keringat yang muncul menjadi berlebih kemudian berkembang menjadi biang keringat yang mengganggu.

Begitu pun dengan Alif, ya gak usah ditanya lagi, Sejak lahir Alif termasuk bayi yang gak betah dengan yang namanya panas, tidur menggunakan AC pun, Alif masih bisa berkeringat lho!

Oleh karena itu, Lactacyd Liquid Baby harus selalu ada di kamar mandi untuk menghalau segala bakteri penyebab biang keringat.

Pernah suatu saat, saya mencoba sabun antiseptik khusus bayi yang saya pikir bakal lebih ampuh untuk mengatasi biang keringat, eh ternyata malah kulit Alif jadi kering sehingga gatal-gatalnya makin parah, ya udah balik lagi ke Lactacyd Liquid Baby.

4. Bintitan
Adakah ibu-ibu, yang anaknya pernah mengalami bintitan?

Kalau Alif bukan hanya pernah, tapi sering. Banget. Banget.

Jadi ketika Alif berumur 1,5 tahun, kami memutuskan untuk pindah ke rumah orang tua suami. Rumah mertua sih masih satu kota dengan tempat tinggal kami sebelumnya, tapi kondisinya sangat jauh berbeda.

Dulu kami tinggal di pinggiran kota di wilayah perbukitan yang sejuk dan minim polusi, sedangkan rumah mertua berada di tengah kota di kampung yang padat penduduk dan jalanan kampung yang ramai.

Apalagi saat itu Alif mulai senang mengeksplorasi sekitarnya, mulai dari guling-guling di lantai, main becek-becekan sampai ngorek-ngorek tanah. Sejak saat itulah Alif sering dilanda flu, dan flunya tersebut ikut berpengaruh pada kondisi sekitar area matanya. Jadi setiap kali Alif dilanda flu, saat itu juga mata Alif akan muncul tanda-tanda akan bintitan.

Pertama kali Alif terkena bintitan

Pertama kali Alif terkena bintitan, saya iseng mencoba mencuci mukanya dengan air yang sudah dicampur Lactacyd Liquid Baby. Tak disangka, secara perlahan bengkak pada matanya mulai kempes.

Cara menggunakan Lactacyd Liquid Baby untuk mengatasi bintitan

Kata dokter penyebab bintitan Alif memang karena flunya, dan penyakit flunya tersebut karena alergi terhadap debu. Memang salah satu tanda anak alergi dapat dilihat dari kondisi matanya yang lebih sering memerah, berair dan gatal-gatal.

Mungkin gatal karena biang keringat masih bisa disembuhkan dengan mudah, tapi untuk masalah bintitan, Alif cuma cocok dengan Lactacyd Liquid Baby.

Pernah suatu ketika, kelopak mata Alif mulai membengkak pertanda akan muncul bintitan lagi, dan kebetulan Lactacyd Liquid Baby di rumah sedang habis, suami pun sedang ke luar kota, sehingga saya menunda untuk membeli Lactacyd hingga suami pulang.

Saya pikir, bengkak pada mata Alif akan sembuh cukup dengan dibasuh menggunakan air hangat, tapi ternyata gak bisa. Bintitannya semakin membesar dan malah sulit menyembuhkannya.

Bintitan yang membesar karena telat menggunakan Lactacyd

Sebut saya Keledai, karena kejadian bintitan dan stok Lactacyd Liquid Baby ini habis berlangsung hingga dua kali, dan dua kali itu pulalah Alif terkena bintitan yang lama sembuhnya.

Akhirnya sekarang, begitu stok Lactacyd Liquid Baby mulai menipis, saya langsung repurchase tanpa menunggu sampai habis. Memang lebih baik mencegah daripada mengobati ya? Hehe


Manfaat Lactacyd Liquid Baby pada Orang Dewasa

Selain Alif sendiri sudah merasakan banyak sekali manfaat dari Lactacyd Liquid Baby dalam mengatasi masalah kulitnya, ternyata produk satu ini juga dapat dipakai pada orang dewasa lho.

Sebagai Sabun Mandi
Ada masa-masa di mana kondisi kulit badan saya menjadi super sensitif, gatal-gatal tanpa sebab. Memakai sabun dewasa justru membuat kulit saya kering dan bersisik. Lactacyd Liquid Baby ini cukup ampuh dalam meredakan gatal-gatal yang menyerang saya, mungkin karena kandungannya yang SLS free serta antiseptik alaminya yang membuatnya cocok untuk kulit super sensitif ya?

Sebagai Sabun Cuci Muka
Awalnya saya iseng memakai Lactacyd Liquid Baby sebagai sabun cuci muka. Saat itu kami sedang keluar kota dan saya lupa tidak membawa facial wash kesayangan saya, akhirnya saya coba memakai Lactacyd Liquid Baby sebagai sabun muka dan hasilnya cukup membuat saya terkejut. Semua make up di wajah saya bisa hilang dengan mudah hanya dengan membasuhnya menggunakan Lactacyd Liquid Baby.


Setelah itu saya membaca forum kecantikan, ternyata banyak member forum tersebut yang memakai Lactacyd Liquid Baby sebagai sabun muka dan katanya membuat wajah mereka menjadi lebih cerah karena kandungan asam laktat dalam produk ini.

Sejak saat itu, kalau bepergian ke luar kota, saya tidak lagi membawa facial wash saya, dan menggantinya dengan Lactacyd Liquid Baby milik Alif, praktis dan hemat tempat, hehe.

Sebagai Pembersih Kewanitaan
Percaya atau gak bahwa kandungan Lactacyd Liquid Baby ini sama persis dengan kandungan yang ada di Lactacyd Feminine Hygiene?

Kebetulan saya baru saja merepurchase Lactacyd Feminine Hygiene, dan menyadari bahwa aroma dua produk ini sama persis.

Iseng-iseng saya lihat kandungannya, tak disangka, gak cuma aromanya, bahkan jumlah dan urutan komposisinya sama.


Masuk akal sih mengingat kulit bayi dan area genital sama-sama memiliki sifat sensitif. Tapi perbedaan kedua produk ini akan terlihat dari konsistensinya, Lactacyd Liquid Baby sedikit lebih encer daripada Lactacyd Feminine Hygiene.

Saat saya mencoba Lactacyd Liquid Baby sebagai pembersih kewanitaan, rasanya hampir sama dengan yang Feminine Hygiene. Tapi terasa sekali perbedaannya ketika digunakan untuk mengatasi keluhan pada area genital, Lactacyd Feminine Hygiene tentunya lebih ampuh daripada Lactacyd Liquid Baby.

Meskipun kedua produk ini memiliki komposisi yang sama, tapi sepertinya persentase masing-masing komposisinya berbeda. Tapi lumayanlah, kalau lagi darurat kehabisan Lactacyd Feminine Hygiene, bisa pakai Lactacyd Liquid Baby punya anak dulu, hehe.


Kompisisi Lactacyd Liquid Baby

Karena di atas, sudah nyerempet-nyerempet membahas soal komposisi Lactacyd, jadi sekalian aja saya bahas lebih dalam soal komposisi Lactacyd Liquid Baby.


Semua info komposisi saya dapat dari situs cosmetics.info.org, www.drugs.com serta wikipedia. Mungkin ada lulusan atau siswa jurusan kimia dan farmasi yang membaca artikel saya, dan ada informasi yang saya sampaikan salah, tolong dibenarkan ya?

Aqua
Aqua ini nama lain dari water atau air. Nama lain yang biasa ada di komposisi suatu produk adalah distilled water dan pure aqua. Air sendiri biasanya ditemukan hampir di semua komposisi produk kosmetik dan body care terutama yang berbentuk liquid. Fungsi air dalam suatu produk adalah sebagai pelarut bahan-bahan dalam suatu produk. Selain itu, air juga berfungsi sebagai pengemulsi minyak dalam produk berbentuk cream atau lotion.

TEA-lauryl sulfate and Ammonium lauryl sulfate
Fungsi kandungan ini adalah sebagai agen pembersih yang biasa digunakan pada sabun dan produk personal care lainnya. Melihat namanya yang membawa embel-embel lauryl sulfate, dua zat ini memang merupakan turunan dari surfactan atau deterjen. Zat ini memiliki tingkat iritan yang rendah dibanding deterjen langsung selama persentasenya dalam jumlah yang wajar. Bahkan FDA (Food and Drug Administration) pun mengijinkan Ammonium Lauryl Sulfate sebagai salah satu dalam komposisi makanan tertentu.

Ethyleneglycol stearate & Diethyleneglycol stearate
Merupakan senyawa turunan alkohol yang digunakan sebagai pelarut dan bahan untuk membuat serat poliester yang biasa digunakan pada kosmetik. Karena merupakan senyawa turunan dari alkohol jadi efeknya lebih rendah daripada bahan alkohol atau ethanol langsung.

Hydrogenetrated peanut oil
Minyak dari kacang yang didapat dengan cara menambahkan atom hidrogen dalam prosesnya. CIR (Cosmetics Ingredient Review) menyatakan bahwa hydrogenetrated peanut oil ini aman untuk bahan kosmetik, FDA pun mengijinkannya untuk bahan dalam produk makanan. Alergen utama dalam kacang pun tidak ikut serta ketika minyak kacang didapat melalui cara menambahkan atom hidrogen ini. Jadi yang memiliki alergi sama kacang-kacangan, tak perlu kuatir menggunakan Lactacyd Liquid Baby.

Lactic Acid & Lactoserum
Lactic Acid atau asam laktat merupakan senyawa yang berperan dalam proses biokimia. Gampangnya, Lactic Acid ini fungsinya seperti ragi yang dapat menyuplai oksigen bagi bakteri baik dalam tubuh.

Sedangkan Lactoserum adalah ekstrak susu yang digunakan sebagai makanan bagi bakteri baik sehingga mereka dapat berkembang dan mampu melawan bakteri jahat pada tubuh. Meskipun berasal dari susu, namun bagi yang memiliki alergi pada dairy food tak perlu khawatir, karena alergen pada susu dalam Lactacyd Liquid Baby sudah tidak ada.

Singkatnya, Lactic Acid dan Lactoserum ini adalah antiseptik alami untuk melawan bakteri jahat.

Ethylhydroxyethylcellulose
Senyawa yang digunakan sebagai pengawet serta antimikroba.

Natural orange flavour
Pewangi alami dari buah jeruk, kalau yang ini gak perlu dijelaskan ya? Hehehe. Kandungan ini juga biasa terdapat dalam produk minuman.

Sodium methyl paraben
Turunan dari paraben yang berfungsi sebagai pengawet dalam produk untuk mencegah berkembangnya jamur. Banyak orang yang menghindari kandungan paraben karena diduga sebagai salah satu pemicu kanker. Tapi sebenarnya paraben itu aman digunakan selama dalam batas ukuran normal yaitu maksimal 25%, sedangkan kandungan paraben pada kosmetik hanya sekitar 0,1% saja. Selain itu methyl paraben sendiri juga ditemukan pada buah-buahan seperti bluberry lho.

Sodium hydroxide
Senyawa alkali yang berfungsi sebagai agen pembersih dan pengatur pH. Biasanya digunakan pada personal care product. Bersifat korosif namun FDA mengatakan bahwa selama digunakan sesuai batas ukurannya, sodium hydroxide ini aman bahkan jika terdapat dalam bahan makanan, biasanya terdapat pada produk coklat.

Cholesterol
Merupakan lemak alami yang berasal dari hewan atau tumbuhan yang digunakan untuk mencegah pemisahan komponen minyak dan air. Zat ini juga berfungsi sebagai pengental produk dan melembabkan kulit.

Phosporic acid
Senyawa yang digunakan sebagai agen pembersih sekaligus sebagai pengatur pH dalam suatu produk sama seperti sodium hydroxide. Oleh karena itu gak heran kalau Lactacyd Liquid Baby memiliki pH 3-4 yang sesuai dengan pH kulit bayi.

Dilihat dari fungsi masing-masing kandungannya yang minim zat pemicu alergi dan iritasi, dapat disimpulkan bahwa Lactacyd Liquid Baby ini aman terutama untuk bayi, ya iyalah, sudah teruji klinis secara dermatologi serta lolos uji BPOM. Produk ini pun dapat digunakan setiap hari sebagai sabun mandi bahkan pada bayi, Alif sudah membuktikannya sendiri.

Alif mandi dengan Lactacyd Liquid Baby dua kali sehari :D

Kekurangan Lactacyd Liquid Baby

Manfaat Lactacyd Liquid Baby ini memang begitu banyak, tapi meski begitu karena produk ini bikinan pabrik bukan malaikat apalagi langsung diturunkan dari surga, tentunya produk ini masih memiliki kekurangan, antara lain.

- Aroma obat-obatan, beberapa orang mungkin akan terganggu pada bau produk ini yang agak berbeda dengan bau produk bayi kebanyakan. Tapi saya justru suka dengan produk yang less fragrance atau mengandung aroma alami seperti ini, karena kandungan fragrance yang berlebihan justru gak baik untuk kulit sensitif.

- Badan akan lebih cepat bau kecut, masih berhubungan dengan aroma, karena produk ini less fragrance, jadi wanginya gak tahan lama di tubuh. Begitu badan berkeringat, saat itu pula bau kecut akan menyeruak. Untungnya bau kecutnya anak-anak itu masih tolerable ya daripada orang dewasa? Hehe

- Lebih Boros, karena konsistensinya yang sangat encer sehingga produk ini akan habis dalam waktu yang cepat. Jika digunakan untuk mandi setiap hari, untuk ukuran botol 150ml saja akan habis dalam waktu dua minggu.

Sejauh ini, cuma itu saja kekurangan yang saya rasakan dari Lactacyd Liquid Baby, akan tetapi dengan segala manfaat dalam menyelesaikan berbagai masalah kulit yang pernah dialami oleh Alif, bahkan jika aroma produk ini super gak enak, saya tetap akan membeli dan memakainya, karena memang produk satu ini bagus banget dan saya sudah merasakan sendiri kualitasnya.

Lactacyd Liquid Baby, the true all in one baby product!

Anak ceria, orang tua bahagia


Info lebih lanjut tentang Lactacyd Liquid Baby:

Facebook: Lactacyd Baby





10 komentar:

  1. Lengkap bgt komposisinya ya. Repurchase nih saya kayanya

    BalasHapus
  2. Lactacyd Baby ini memang yahuddd ya, Mbak
    Anakku pakai gara2 biang keringat, dulu sempat galau loh sebelum kenal Lactacyd Baby

    BalasHapus
  3. Bisa untuk cuci muka juga? Pengen nyobain juga tapi nanti punya Han malah habis dipakai ibunya 😢

    BalasHapus
  4. Klo gt klo ngasih kado, mending lactacyd baby aja kali ya...
    Asyik ih bs buat dewasa jg...

    BalasHapus
  5. Bintitan ??
    Wah aku pernah bintitan sampe 4 bulan, telat baca post ini hahaha

    Btw selalu suka sama review mu mbak mer, always padat berisi dan informatif. Muah muah deh pokoknya :D

    BalasHapus
  6. Mbak sampai segitu ya kulit alif pas bayi, kasian banget aku liatnya :')

    BalasHapus
  7. ternyata bisa buat ngobatin bintitan juga yah Mba?
    goodluck buat lombanya yah, calon-calon menang lagi nih kayaknya, ulasannya lengkap banget euy :)

    BalasHapus
  8. si alif lucu ya mba, untung aja keluarga aku gak ada yang alergi apa apa, jadi fine fine aja

    BalasHapus
  9. Lactacyd ini bukan pembersih organ intim wanita kah ????

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)