Kamis, 12 Mei 2016

Pesisir Bulak, Surabaya, Mencari Air Mancur Menari

Assalamu'alaikum,

Kolam tempat pertunjukan air mancur


Sebagai warga baru (pinggirnya) Surabaya, saya agak bingung pantai Bulak sama pantai kenjeran itu sama gak sih? Awalnya saya pikir beda tapi ternyata saat ke Kenjeran lama, lha kok ternyata lokasi air mancur menari pantai Bulak ya satu area sama pantai kenjeran lama.


Terserahlah orang nyebut Bulak atau kenjeran lama, yang jelas tujuan saya kemari waktu itu buat melihat air mancur menari yang lagi heboh itu.

Sampai sana, ya kok zonk, udah ngepas-ngepasin waktu biar bisa sampai malem di Bulak tapi ternyata air mancurnya gak ada, phew. Gak cuma gak ada, kita juga ditolak masuk sama penjaga gerbangnya Bulak karena udah jam 4 sore.



Usut punya usut ternyata air mancur menari di Bulak gak dipertontonkan tiap hari karena masih uji coba, sampai saat ini sudah diadakan 5 kali percobaan. Daaan percobaan ke 6, akan dilangsungkan minggu ini, tanggal 13 dan 14 Mei 2016 (kata pak penjaga lho ya, haha). Pak penjaga menyarankan untuk datang sore hari supaya dapet tempat menonton air mancur yang strategis. So, save the date yaa!


Karena udah kepalang basah jauh-jauh dari Sidoarjo ke Kenjeran, dan ngelihat pesisir pantai bulak yang menarik untuk foto-foto, akhirnya kita mencoba masuk lewat pantai kenjeran lama dengan membayar tiket sebesar Rp 6000,00 per orang. Dan ternyata Bulak sama Kenjeran itu nyambung, yeyeye, tapi kudu jalan kaki agak jauh juga sih.



Btw, ini ke dua kalinya saya ke Kenjeran Lama, biasanya lebih sering ke Kenjeran park, karena lebih bagus dan modern, banyak spot fotonya pula, haha.


Pertama kali ke Kenjeran lama, karena salah masuk, niatnya mau ke Kenjeran Park. Dan saya sama sekali gak terkesan sama Kenjeran Lama karena gak ada bagus-bagusnya, pantai dengan air yang butek, gak ada view yang bisa dilihat.


Sekarang wilayah Kenjeran sudah berbenah, jalan perkampungannya diperlebar dengan cara menutup saluran di pinggir jalan yang dulunya bikin gak nafsu makan, kotor banget salurannya. Jadi emang lebih baik ditutup.

Gak tau kenapa, airnya kok pas surut banget

Ditambah sekarang ada jembatan megah, yang menghubungkan perkampungan nelayan ke pesisir pantai bulak dan melintang di depan pantai kenjeran lama. Lumayanlah sekarang Kenjeran Lama ada view-viewnya dan ada spot buat foto-fotonya, :D



Jembatan tersebut masih belum dipergunakan, jadi pengunjung sampai saat ini masih bebas berjalan-jalan di atas jembatan dan berfoto-foto tentunya. Sayangnya karena pantai di sebelah timur, jadi di sini kita gak bisa melihat sunset, denger-dengernya sunrisenya yang bagus, tapi ya keleus, dari Sidoarjo kemari mau liat sunrise, kudu berangkat jam berapaa?



Tak jauh dari pantai Bulak, ada sentra ikan Bulak yang juga baru dibangun, semacam pasar ikan yang dikemas lebih modern, sayangnya saya kemaren gak sempat ke sana, mungkin lain kali. Kalau ke Kenjeran jangan lupa juga kunjungi Kenjeran Park, cucok banget buat yang hobi bernarsis ria.

Kenjeran Park (foto lama :D)

8 komentar:

  1. Trakir ke Kenjeran itu taun hmmm 2009 keknya, udah ada Pagoda asal Surabaya sama patung gajahnya sih. Dan ternyata Bulak ini di Kenjeran lama toh, ic ic.
    Tfs mba :)

    BalasHapus
  2. jadi pengen ke Surabaya, apalagi Kenjeran Parknya bikin mupeng :)

    BalasHapus
  3. Uuuh sayang sekali pas kesana lautnya surut :(

    BalasHapus
  4. kolam terlihat swegerr pengen nyebur tapi keknya panas yoo... - asline
    Sby gitu loh :p

    BalasHapus
  5. Seger. Pengen ikutan nyemplung

    BalasHapus
  6. Duh kalau lagi surut tidak seru ya mbak seuasanya tapi kalau lagi airnya penuh pasti sangat seru dan bagus juga pemdangannya, jadi pengen coba nih berkunjung kesana.

    BalasHapus
  7. dulu mau foto kenjeran lama...kaget ada pembangunan semacam jembatan.. sekarang jd bagus uyy klo malam :D

    BalasHapus
  8. sayang air nya surut ya mbak..jadi kesannya tandus..heheh

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)