Kamis, 03 Maret 2016

Review Marina Smooth & Glow UV make Up Base Series

Assalamu'alaikum,



Saya yakin 99,99..% dari kamu kamu (iya kamuuu) semua udah pada familiar dengan Brand Marina. Dan saya juga yakin banyak di antara kita, saat pertama kali mendengar nama Brand Marina yang terlintas di pikiran adalah produk hand & body lotion. Iya apa iya? Aaah pasti iya! *maksa*

Gak salah sih, brand yang sudah eksis sejak bertahun-tahun yang lalu ini memang awalnya memproduksi perawatan tubuh khususnya lotion. Padahal sesungguhnya Marina juga mengeluarkan produk face care berupa mousturizer, facial wash, dan make up base. Udah cukup lama juga lho mereka memproduksi produk make up base. Jaman kuliah dulu saya pernah mencoba compact powdernya dan kecewa dengan hasilnya saat diaplikasikan karena bedaknya sama sekali gak nempel di wajah saya. Setelah itu saya gak tertarik lagi untuk membeli make up base dari Marina.


Rupanya Marina terus berinovasi dengan produk-produknya, sampai baru-baru ini, dunia kecantikan dihebohkan dengan review rangkaian produk Marina Smooth & Glow UV dengan rave cukup tinggi oleh para beauty blogger.


Pertama baca review dari satu blogger, saya masih gak tertarik, halaah! Paling sponsor makanya dibagus-bagusin, eh makin lama kok makin banyak yang review sampai ada blogger terkenal yang repurchase terus make up base dari Marina Smooth & Glow UV ini. Baru deh saya penasaran ingin membuktikan apa iya sih sebagus yang direview?


Untuk rangkaian make up base dari varian Smooth & Glow, Marina mengeluarkan 4 buah produk, antara lain.

1. Compact Powder yang terdiri dari 3 shades, Natural, Ivory, dan Peach,

2. Two Way Cake yang juga terdiri dari 3 shades, Natural, Ivory, dan Peach,

3. BB cream yang terdiri dari 2 shades, Natural dan Ivory, serta

4. Powdery foundation yang juga terdiri dari 2 shades, yaitu Natural dan Ivory.


Di antara ke empat produk dari seri Smooth & Glow tersebut saya hanya mencoba tiga produk, yaitu compact powder, BB cream , dan two way cake. Saya sengaja tidak membeli powdery foundationnya karena kayaknya kok hampir mirip sama two way cake namun dengan kandungan foundation yang lebih sedikit.

Supaya gak gagal paham, baca dulu pengertian masing-masing jenis make up base yg akan saya coba dari Marina ya!

Dari tiga produk yang saya coba tersebut, semuanya saya pilih shade natural nomor 14 karena clueless aja gak tau shade yang cocok, jadi buat amannya pilih yang natural aja, kekeke. Salah sendiri, di tempat saya membeli (carrefour) tidak disediakan tester untuk dicoba. Untungnya sih shade natural ini masuk ke warna kulit saya.


Secara garis besar rangkaian produk Marina Smooth & Glow UV ini memiliki tiga kandungan utama yang dipercaya sangat bermanfaat untuk kulit. Tiga kandungan tersebut antara lain, Spf 20 PA++, Mulberry, dan vitamin c. Dilihat dari tiga kandungan utama ini saja, sudah terlihat bahwa Marina terus memperbaiki kualitas produknya. Saya cukup amazing juga, ada bedak murah merek lokal yang sudah memiliki kandungan Spf 20 PA++. Jarang-jarang lho! You rawk, Marina! Haha.




Selain tiga kandungan utama di atas, make up base dari varian Marina Smooth & Glow UV juga dilengkapi dengan formula Natural microfine powder yang dapat menghasilkan tekstur dan tampilan halus serta bedak lebih mudah menempel pada wajah sehingga mampu menutup noda dan menjadikan riasan tahan lama namun tetap terlihat natural.


Komposisi produknya bikin pengen nyobain gak sih? Nah, Sekarang saatnya untuk membuktikan kualitas masing-masing produk dari Marina Smooth & Glow UV yang sudah saya beli. Ketiga produk tersebut saya beli di Carrefour dengan total harga sekitar 60 ribu saja, girang gak tuh bisa dapet 3 buah make up di bawah 100 ribu, di bawah banget malah? kalau saya mah gak usah ditanya, sangat girang riang gembira donk, haha.


Catatan: semua foto swatch produk di tangan atau pun muka, saya edit seminimalis mungkin agar tidak mengurangi atau melebih-lebihkan review, tiap foto yang ada di artikel ini saya ambil menggunakan kamera smarthphone dengan resolusi 8 MP tanpa aplikasi atau filter apa pun. Saya berusaha selalu jujur dalam mereview suatu produk meski begitu efek yang saya dapat belum tentu sama dengan orang lain.


REVIEW COMPACT POWDER MARINA SMOOTH & GLOW UV (NATURAL)




Kemasan, dilihat dari segi kemasannya, Marina compact powder ini memiliki desain yang simpel cenderung biasa dengan perpaduan warna pink pastel dan putih. Mirip dengan compact powder Marina yang saya pernah pakai saat kuliah dulu. Meski saya kurang suka desain luarnya, tapi jatuh cinta banget dengan bagian dalam kemasan.


Ukuran compact powder ini sleek, tipis banget, cocok buat di bawa pergi-pergi karena gak makan tempat di pouch. Ketika dibuka akan terlihat cermin bulat yang memenuhi satu sisi bagian dalam compact powder ini. Saya suka dengan ukuran cerminnya yang lebar, mempermudah saya saat mengaplikasikan make up tanpa harus membawa cermin tambahan.




Compact powder ini juga sudah dilengkapi dengan aplikator berupa puff kecil dengan bulu-bulu lembut berwarna putih. Kualitas aplikatornya cukup bagus, mampu memindahkan bedak ke wajah dengan sempurna.


Tekstur, compact powder ini memiliki butiran yang sangat halus, teksturnya cenderung buttery sehingga memiliki daya tempel yang bagus di wajah tanpa terlihat keputihan atau mbeluk (bahasa kecantikannya mbeluk apa sih? haha). Sekali colek bedaknya langsung nempel di jari saya, ibarat eyeshadow, compact powder ini pigmented banget (di jari, :p)




Coverage, coveragenya cenderung sheer bahkan transparan, gak mampu menutup noda di wajah. Meski begitu bedak ini mampu memberikan efek cerah seketika di wajah saya.



Saya suka hasilnya yang natural setelah mengaplikasikan compact powder ini ke wajah. Cocok buat make up sehari-hari karena formulanya yang ringan namun sudah dilengkapi dengan spf 20 PA++. Tapi jika diaplikasikan di kulit yang kering, daya tempelnya malah kurang bagus dan semakin memperjelas dry patch area. Jadi pastikan dulu wajah sudah terhidrasi dengan sempurna sebelum memakai compact powder ini kalau gak mau terlihat flaky.


Daya tahan, oil control untuk bedak dengan harga di bawah 20 ribu, sungguh sangat menakjubkan. Di kulit saya yang super berminyak, Marina Compact Powder Smooth & Glow UV bisa bertahan lebih dari satu jam. Cocok buat setting powder atau touch up saat wajah mulai memproduksi minyak berlebih.


Sekarang compact powder dari Marina Smooth & Glow UV ini selalu saya bawa di tas ketika bepergian karena daya serapnya yang bagus, membuat wajah saya yang seperti kilang minyak menjadi matte seketika namun dengan hasil yang tetap natural.



Kesimpulan Compact Powder Marina Smooth & Glow

+ Murah
+ Hasilnya natural
+ kemasannya sleek dengan kaca yang lebar
+ Oil control cukup bagus
+ Kualitas aplikatornya bagus
+ Cocok untuk kulit berminyak

- Desain kemasan terlalu monoton
- Kurang bagus diaplikasikan pada kulit kering
- gak mampu menutup noda di wajah

Harga? Rp 15.000,00 ++ (Carrefour)

----------oOo-----------



REVIEW MARINA TWO WAY CAKE SMOOTH & GLOW UV (NATURAL)





Kemasan, perbedaan paling terlihat antara compact powder dan two way cake Marina Smooth & Glow UV ini adalah warna kemasan two way cake lebih mencolok dengan shocking pinknya serta ukuran kemasannya yang terlihat lebih bulky dan tebal daripada kemasan compact powder. Dari segi warnanya, saya lebih suka warna two way cake ini karena terkesan lebih ceria dan berani. Meskipun ukurannya lebih bulky, tapi masih hemat tempat kok di pouch.






Ke-bulky-an kemasan two way cake Marina Smooth & Glow UV ini dikarenakan kemasan dalamnya terdiri dari dua bagian, bagian atas berisi bedak serta cermin yang sama lebarnya dengan compact powder Marina sedangkan bagian bawahnya untuk tempat menaruh spons bedak. ah yupz! two way cake ini juga sudah dilengkapi dengan spons bawaan berwarna putih dengan kualitas yang cukup bagus juga. Saya seneng deh kalau ada produk murah tapi tetap mengutamakan kualitas.


Tekstur, tekstur two way cake ini hampir sama sih sama compact powdernya, sama-sama memiliki butiran yang sangat halus. Bedanya, kalau compact powder cenderung powdery alias agak nyerbuk gitu, si two way cake ini lebih padat, sehingga kalau dicolek dari pannya dengan jari, bedaknya agak susah nempel, tapi kalau dengan spons daya tempelnya cukup bagus kok. Mungkin hal tersebut karena komposisi dari two way cake yang 70% foundation sedangkan 30% sisanya adalah bedak.



Coverage, jujur saya berharap banyak pada two way cake ini ketika melihat komposisinya yang lebih banyak terdiri dari foundation. Akan tetapi ketika saya aplikasikan, spontan saya langsung bergumam, "lho kok hasilnya hampir sama kayak compact powder Marina ya?"



Iya lho, coveragenya cenderung sheer, paling beda satu sampai dua tingkat aja kemampuan menutup nodanya dibanding si compact powder. Malah ketika pertama diaplikasikan hasilnya terlihat keputihan dan gak menyatu dengan kulit wajah saya, apalagi di bagian wajah yang kering, two way cake ini bakal bikin sangat flaky, lebih flaky timbang compact powdernya. Meskipun lama kelamaan two way cake ini akan menyatu dengan kulit dan menghasilkan finishing yang natural.


Waduh, masa sih two way cake Marina Smooth & Glow ini gak ada bagus-bagusnya?


Gak puas dengan hasil dari two way cake Marina Smooth & Glow, gak membuat saya lantas langsung menyingkirkan produk ini begitu saja. Saya mencoba mengaplikasikannya dengan cara lain yaitu menggunakan spons yang sudah dibasahi terlebih dahulu sebagai aplikatornya. Daaannn voila! two way cake ini bekerja layaknya foundation dengan coverage yang lebih maksimal dibanding menggunakan spons kering.


Jika menggunakan spons basah, two way cake ini akan menghasilkan finishing yang lebih glowy namun tetap matte, bukan glowy yang berminyak gitu. Selain itu two way cakenya juga lebih menyatu dengan wajah dan terlihat natural dengan coverage medium namun tetap terasa ringan di kulit, gak seperti foundation pada umumnya yang berasa berat dan gerah. Aaahh, i just love the result.



Saya baru ingat bahwa memang fungsi dari two way cake ini jika diaplikasikan kering dia akan berfungsi layaknya compact powder sedangkan jika diaplikasikan basah, dia akan menyerupai foundation. Pengaplikasian dengan spons basah juga saya rasa lebih cocok digunakan pada kulit kering, karena memberikan efek blur di kulit dan satin finish, sehingga gak membuat wajah terlihat flaky. Tapi tetep ya mau berminyak atau kering, jangan lupa menggunakan pelembab terlebih dahulu.


Daya Tahan, jika diaplikasikan menggunakan spons kering, oily control two way cake ini hampir sama dengan compact powder, mampu bertahan lebih dari satu jam di wajah saya. Akan tetapi jika diaplikasikan dengan spons basah, kemampuan menahan minyaknya lebih cepat, baru satu jam, area T saya sudah terlihat berkilauan. Untungnya dia sama sekali gak membuat kulit terlihat kusam.




Kesimpulan Two Way Cake Marina Smooth & Glow UV

+ Kemasannya eye catching
+ Oil Control bagus
+ Coverage Medium
+ Jika diaplikasikan dengan spons basah menghasilkan satin finish

- ukuran kemasan agak bulky
- memperjelas dry patch pada kulit kering
- jika diaplikasikan dengan spons kering awalnya agak pektay di muka

Harga? Rp 22.000,00 ++ (Carrefour)

----------oOo-----------




REVIEW BB CREAM MARINA SMOOTH & GLOW UV (NATURAL)


Kemasan, BB cream Marina Smooth & Glow UV ini dikemas dalam botol tube berwarna pink dan putih. Ukuran tubenya gak terlalu besar, bisa dibilang cukup ramping untuk dibawa dalam pouch.


Ada kartun remaja wanita dengan tampilan manis di kemasan tube mau pun dusboxnya. Secara keseluruhan kesan saya terhadap kemasan BB cream ini ya biasa aja sih, gak yang suka banget atau malah gak suka sama sekali. Btw, desain cover kemasan untuk BB cream dengan shade ivory beda dengan shade natural, saya sih lebih suka desainnya yang ivory.


Saya gak ngerti ini karena kemasan mulut botolnya atau karena konsistensi BB cream ini yang berbentuk liquid, ketika tutup dibuka, isi kemasan mudah banget mbleber sehingga banyak produk yang terbuang, kan sayang?


Untungnya tutup botolnya berbentuk ulir, bukan fliptop yang gampang terbuka, jadi aman lah kalau di bawa pergi-pergi.




Tekstur, teksturnya pas! Memenuhi kriteria tekstur make up base berbentuk liquid yang saya suka. Jadi tekstur BB cream ini bisa dibilang gak encer tapi gak padat juga. Konsistensinya cukup kental namun tetap mudah ketika dibaurkan di wajah. Cuma BB cream ini agak cepat kering jadi cara pengaplikasikan terbaik menurut saya adalah dengan mengaplikasikannya di satu titik wajah terlebih dahulu, langsung dibaurkan setelah itu pindah lagi ke titik lain.




Coverage, sebelum ngomongin soal coverage lebih dalam lagi, saya mau curhat dulu soal BB cream Marina Smooth & Glow UV ini.


Jadi di antara ketiga Marina Smooth & Glow UV series yang saya beli, sebenarnya saya agak ragu untuk membeli BB cream ini. Karena saya gak pernah punya pengalaman bagus dengan BB cream, mulai dari yang pektay di muka sampai yang bikin wajah seperti tambang minyak plus kusam. Saya sudah mencoba BB cream korea yang tersohor itu sampai BB cream merk drugstore, lebih dari 5 merk, semuanya failed! Bisa dibilang saya agak trauma beli BB cream.


Tapi karena ada beberapa beauty blogger yang repurchase BB cream ini terus jadi akhirnya masuk keranjang belanja juga deh. Lagipula mengingat harganya yang murah, kalau pun hasilnya jelek, ya gak bakal nyesel-nyesel amat lah, hehehehe.


Begitu sampai rumah, BB cream ini lah yang pertama kali saya coba langsung di muka. Dan hasilnyaaaa............. JELEK! T______T


Tuh kan bener ekspetasi saya. Pertama kali saya colek isi kemasannya, saya agak kaget dengan warna BB cream untuk shade natural ini beda jauh dengan compact powder dan two way cakenya yang terlihat terang. Shade natural di BB cream ini malah berwarna abu-abu gelap kecoklatan, waaah bakal abu-abu juga nih di muka saya.



Saya coba aplikasikan ke muka, hasilnya pektay dan keputihan plus oxy alias abu-abu. Muka saya udah kaya pake topeng deh, medok banget.


Sama seperti two way cake Marina Smooth & Glow UV tadi, saya masih belum menyerah untuk mencoba BB cream ini. Dua hari kemudian saya coba lagi memakai BB cream ini dengan metode satu titik langsung dibaurkan tadi, jadi bukannya dibaurkan secara bersamaan di seluruh muka. Dan hasilnyaaa........ WARBIYASAK! Hahaha.


Ternyata BB cream ini bagus banget, coveragenya medium dengan hasil yang natural. Dia memberikan satin finish, glowy tapi tetep matte. Kegagalan saya ketika pertama mencoba BB cream ini kemarin karena waktu itu kulit saya sedang kering dan tereksfoliasi di beberapa bagian, jadi hasilnya pektay banget.


Setelah kondisi kulit saya membaik dan memastikan bahwa wajah dalam kondisi lembab, hasil yang didapat dengan BB cream ini bikin saya gembira banget! Salah satu BB cream terbaik yang pernah saya coba.




Daya Tahan, di antara 3 produk dari Marina Smooth & Glow UV yang saya beli, si BB cream ini adalah yang tingkat oily controlnya paling jelek. Tapi gak jelek-jelek banget kok, belum satu jam muka saya sudah berminyak di beberapa titik.


Tapi untuk ukuran BB cream, sebenarnya oily control BB cream Marina Smooth & Glow UV ini termasuk bagus, masih ada BB cream lain yang baru 15 menit dipakai udah bikin wajah berminyak parah dan saya pernah coba BB cream tersebut, Lol. Dan yang terpenting, dia gak bikin kusam dan oxydize di wajah. Ngapain juga kan pakai make up base tapi malah bikin keliatan tambah kusam?


Kesimpulan BB Cream Marina Smooth & Glow UV

+ teksturnya pas
+ mudah dibaurkan
+ satin finish
+ memberikan efek blur
+ wanginya enak

- isi BB cream gampang mbleber
- memperjelas dry patch pada kulit kering
- oil control so so


Harga? Rp 21.000,00 ++ (Carrefour)

----------oOo-----------


KESIMPULAN MARINA SMOOTH & GLOW UV FACE CARE SERIES




Tiga produk dari rangkaian Marina Smooth & Glow UV yang saya coba semuanya memiliki shade yang sama yaitu natural, tapi begitu di swatch berdampingan di tangan, ternyata warna ketiganya berbeda. Compact powder berwarna terang, two way cake agak kecoklatan, sedangkan BB creamnya berwarna abu-abu coklat gelap. Warna compact powdernya lah yang paling masuk di muka saya, sedangkan two way cake dan BB creamnya agak abu-abu ketika awal diaplikasikan ke wajah. Untungnya abu-abunya gak parah dan setelah beberapa saat warnanya akan menyatu dengan warna kulit, rasanya seperti kulit ke dua.




Dari segi kemasan, Ketiga produk tersebut memiliki kemasan yang kokoh dan gak gampang terbuka. Kemasan compact powder dan two way cakenya bahkan agak sulit dibuka khususnya untuk anak-anak, jadi yang punya anak kayak saya bisa tenang karena gak bakal menemukan anak kita lagi asyik dipojokan nyongkel-nyongkel bedak emaknya, haha.


BB cream dalam kemasan tube dengan tutup ulir menurut saya adalah the best way packaging untuk produk dengan jenis liquid. Kalau dibawa bepergian gak takut tutupnya bakal kebuka dan mengotori isi tas.


Setelah mencoba tiga produk dari rangkaian Marina Smooth & Glow UV, dua kata yang sangat tepat untuk mengungkapkan make up base dari Marina tersebut, Murah dan Berkualitas!


Untuk range harga di kisaran 15 sampai 20ribuan aja, menurut saya produk Marina tersebut sangat worth to buy. Banyak produk yang harganya lebih mahal tapi kualitasnya mengecewakan gak sepadan dengan harga mahal yang harus dibayar.


Dan yang jelas, formula make up base seri smooth & glow uv ini sudah sangat jauh lebih baik dari yang dulu pernah saya pakai (yaiyalah). Apalagi produk dari Marina sudah melalui uji klinis yang terbukti tidak menyebabkan alergi sehingga dijamin keamanannya. Di mana lagi sih bisa nemuin kosmetik dengan range 15-20ribuan yang udah punya SPF, formula microfine, oil control bagus, hasil natural, clinically proven dan kemasan yang gak norak?


Marina Smooth & Glow UV jawabannya, :D


----------oOo-----------


SARAN PEMAKAIAN

Kalau ditanya di antara tiga produk yang saya coba dari rangkaian Marina Smooth & Glow UV tersebut, mana yang paling saya sukai? Saya gak bisa menjawab, karena saya suka semuanya, tiap produk tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan.


Atau kalau ada yang minta saran produk mana yang harus dibeli? Saya bakal jawab, semuanya aja! Hahaha, murah siist. Yaa, sebenernya disesuaikan aja dengan kebutuhan, tujuan memakai make up base buat apa.


Kalau masih bingung memilih compact powder, two way cake, atau BB cream dari Marina Smooth & Glow UV, atau udah beli semua produknya tapi bingung dipakai buat apa aja, mungkin saran pemakaian dari saya bisa jadi pertimbangan.


Sebelumnya saya kasih liat dulu bare face alias muka asli seasli-aslinya saya, tanpa alis, lipstick, lipbalm atau apa pun itu, supaya percaya bahwa Marina beneran membuat wajah saya bersinar seketika. Nih buat yang bilang cewek lebih cantik tanpa make up, lihatlah foto-foto di bawah ini saudara-saudara!




Gunakan Marina Smooth & Glow UV Compact Powder untuk ke sekolah, kuliah, ke warung sebelah, atau nunggu suami di rumah. Formulanya yang ringan, aman dipakai setiap hari. Hasilnya natural dan gak berlebihan namun mampu membuat wajah cerah seketika sehingga sangat pas dipakai untuk remaja. Tambahkan lipgloss atau lipbalm kesayangan untuk mempermanis penampilan.




Untuk coverage lebih namun tetap terlihat glowy dan gak medok, BB cream dari Marina Smooth & Glow UV pas banget buat hang out bareng temen-temen, traveling atau kencan dengan kesayangan. Gak mau donk waktu ada sesi foto-foto, wajah kita terlihat paling buluk atau malah paling tua karena make up ketebelan?


Tambahkan compact powder dari Marina Smooth & Glow UV untuk yang jenis kulitnya berminyak supaya wajah tetap terlihat matte dan gak glowy berlebihan.



Pengen coverage lebih tapi gak sempat dandan lama-lama? Marina Smooth & Glow UV two way cake cocok banget buat yang suka buru-buru tapi pengen hasil yang maksimal, kayak buat ke kantor, antar jemput anak, atau emang males lama-lama di depan cermin, hehehe.



Untuk acara yang lebih formal dan membutuhkan full coverage kayak ke kondangan, lamaran, dan wisuda, duet maut antara BB Cream dan Two way cake dari Marina Smooth & Glow lah jawabannya.


Selain mampu menutup noda dan kenistaan di wajah, duo produk tersebut juga memiliki daya tahan yang cukup lama.


Di antara make up look di atas, akhir-akhir ini kalau lagi pergi sama keluarga, saya paling sering pakai Two Way Cake dari Marina Smooth & Glow UV, karena praktis banget, menghemat waktu dandan saya jadi lebih singkat. Tau lah ya, problema ibu dengan anak yang masih batita, segala sesuatunya harus secepat kilat sebelum anak merengek manja.


Tapi kalau pergi gak dandan, ntar dikira orang, gak diurus sama suami, tampilannya kok buluk amat?


Udah deh, Marina Smooth & Glow UV Two Way Cake solusinya. Saya lebih suka mengaplikasikan two way cake ini dengan spons basah, tapi bukan dibasahi dengan air melainkan dengan essence atau serum gitu, ternyata hasilnya jadi lebih bagus lho di wajah.


Buat yang suka buru-buru, saya kasih tutorial make up kurang dari 5 menit ala saya, video aslinya sekitar 4 menitan aja, semoga bermanfaat!




Tertarik untuk mencoba? Produk dari Marina Smooth & Glow UV bisa didapatkan di Carerefour, Giant, Hypermart, Lottemart, Naga, Tip Top, dan toko kosmetik terdekat.


Yuk #SaatnyaBersinar bersama Marina Smooth & Glow UV series

For more information
Youtube | Sahabat marina

Ikutan Marina Blog Competition juga Yuuk!

👇👇👇👇👇👇👇👇

 berpartisipasi dalam #saatnyabersinar with Marina Blog Competition

11 komentar:

  1. hanya bisa mengatakan luar biasaa, produk satu ini :)

    BalasHapus
  2. Wheeeh cantik cantik. Tapi kok cuma 1 jam ya bertahannya ?
    dari semua yang aku liat kayaknya emang mending yang compact powder ya. Aku sendiri ga suka kalau harus pake bedak di basah basaahin, bauk nanti sponsnya. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat compact powder n two way cakenya lebih dr 1 jam masih gak berminyak wajahku.. tp emang wajahku oily banget,, jd gampang berminyak..

      IMHO kalau dibasahinnya pake essence/lotion gitu gak bau samsek..

      Hapus
  3. Paling suka klo baca blog ada before afternya..lalu pingin mlipir tjantik jadi biuti blogger jugaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi blogger gado2 aja, biar bisa mbahas semua hal.. :p

      Hapus
  4. itu alasnya kerudung yo mer? hahaha salfoks maksimal
    aku suka lipstick yg kamu pake, pas buat wajah dikau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kita kan kereatif.. haha

      Hapus
  5. O_O

    Nggak pernah ngerti makeup.
    Lumayan lah belajar dikit dari pos ini.
    Nice review though... :)

    BalasHapus
  6. Ohh..saya baru paham. Pantesan kalau make up artist itu sering pakai puff yg basah kalau mau dandanin. Ternyata biar bagus ya hasilnya *manggut manggut*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya ya? Gak pernah merhatiin, yg penting canciik.. wkwk

      Hapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)