Senin, 01 Februari 2016

Belanja Perabotan Rumah Lebih Mudah dengan Lazada

Assalamu'alaikum,




Alhamdulillah, terhitung sejak bulan januari ini, saya sekeluarga sudah menempati rumah baru yang mampu menaklukan hati saya. Meskipun dari segi penampilan lebih terlihat seperti gubuk derita daripada rumah sesungguhnya, namun apalah arti penampilan jika cinta sudah kita tambatkan (haseegg rhyme banget).



Karena selama 3 tahun ini kami tinggal menumpang jadi ada satu kebutuhan berumah tangga yang agak terabaikan, yaitu belanja perabotan. Namanya juga numpang, perabotan udah tinggal pakai aja dan karena bukan rumah sendiri jadi kami merasa seperti gak punya kewajiban untuk melengkapi barang-barang di rumah.


Sekarang baru kerasa deh, banyak banget perabotan yang belum kebeli. Masalahnya karena kami pindah ke luar kota, dari Malang ke Sidoarjo yang mana kami masih buta sekali mengenai kota ini jadi kami belum tau harus berbelanja perabotan di mana. Oleh karena itu sepertinya saya bakal membeli beberapa perabotan yang memungkinkan via online, dan pilihan saya jatuhkan pada LAZADA.



Kenapa memilih LAZADA? Alasan pertama sih karena sudah pernah berbelanja di e-commerce nomor satu di Indonesia ini, tepatnya bulan eh tahun lalu suami saya membeli ponsel baru di Lazada dan puas dengan proses transaksi di sini.


Karena suami bekerja di Surabaya, Lazada memberikan fasilitas COD (Cash On Delivery) dan diantar langsung ke kantor suami, enaknya bisa COD khususnya untuk barang dengan harga yang lumayan mahal apalagi barang elektronik adalah kita bisa mengecek kelengkapan dan kondisi barang sebelum dibeli saat transaksi jadi gak beli kucing dalam karung. Selain itu tentunya ada perasaan lebih aman ketika transaksi dilakukan dengan sistem COD karena uang baru kita serahkan ketika barang kita terima.


Alasan kedua, adalah diskon! Diskon di Lazada itu banyak banget, Suami saya beruntung sekali saat itu, ponsel yang dia incar pas banget lagi diskon sekitar dua ratus ribu dan ponsel itu cuma ada di Lazada. Kami sudah berkeliling kota Malang untuk berburu ponsel incaran suami tapi hasilnya nihil, harus inden dulu itu pun harganya jauh di atas harga Lazada. Tapi kalau barang incaran kita lagi gak di diskon gimana? Tenaaaang! Ada shopcoupons yang bersedia membantu. Tambah enak lagi kalau dapat diskon dobel dari Lazada plus shopcoupons, hemaaaatt! :D



Alasan ketiga, pilihan produk yang dijual banyaaak (banget), serius! Buka sendiri deh situs Lazada kalau gak percaya, dari barang kebutuhan yang udah familiar sampai yang bikin alis mengkerut karena gak ngerti buat apaan atau ini merk dari negara mana, semua adaaa di Lazada. Contohnya nih produk robot pembersih rumah, ada lho di Lazada, haha.


Contoh lain produk vacuum cleaner, alamaaak buanyak pilihannya, saya udah cek ke toko elektronik terkemuka yang cabangnya di berbagai kota di Indonesia, pilihan untuk vacum cleanernya dikit banget, kalah jauh sama Lazada.


Terus banyak pilihannya malah gak bikin bingung? Gak dooonk, situs Lazada itu user friendly banget, cocok buat yang rada gaptek seperti saya. Filter pencariannya super lengkap, bisa pilih berdasarkan harga, rating, merk atau lewat produk yang direkomendasikan langsung oleh Lazada. Selain itu setiap produk sudah disertai keterangan spesifikasinya plus review para costumer yang sudah pernah membeli produk tersebut.




Sekarang malah saya yang kebingungan mau beli apa aja di Lazada, haha. Seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa barang kebutuhan untuk mengisi rumah baru kami itu banyaaak banget. Pengennya sih semua dibeli sekaligus biar langsung lengkap isi rumahnya, tapi sayang uangnya gak bisa terkumpul sekaligus jadi belanja perabotannya dicicil dulu.


Dari sekian banyak barang yang ingin saya miliki, ada lima barang yang harus banget segera ada karena memang sangat dibutuhkan. Berikut lima barang yang ingin saya beli di Lazada.




1. Vacuum Cleaner

Suami dan Alif (anak saya) sama-sama alergi terhadap debu, kebetulan rumah yang kami beli ini adalah rumah bekas yang sudah beberapa bulan tak ditinggali, selain itu ada beberapa barang yang sudah kami boyong duluan ke rumah sebulan sebelum kami pindah kemari padahal saat itu renovasi rumah masih berlangsung. Bisa dibayangkan pasti banyak debu yang menempel di barang-barang kami tersebut. Baru beberapa hari tinggal di sini aja, Alif sudah terserang gatal-gatal dan pileknya kambuh. Jadi vacuum cleaner adalah kebutuhan penting sekali yang harus segera dibeli.


Vacuum cleaner yang ingin saya beli di Lazada adalah merk idealife tipe IL-130S karena harganya murah dikisaran 300-400 ribu aja, termasuk barang terpopuler di Lazada, dan ratingnya tinggi. Kenapa harus mempertimbangkan rating suatu barang jika berbelanja di Lazada akan saya jelaskan selanjutnya. Baca terus yaa! :D

Vacum Cleaner Idealife IL-130S


2. Jemuran Pakaian

Sebenarnya rumah kami sudah dilengkapi tempat menjemur pakaian di lantai atas, tapi karena kesalahan pekerjaan tukang dari pemilik sebelumnya, tangga menuju lantai atas rumah sangat menyeramkan, pijakannya sangat sempit dan tinggi. Naik ke atas dengan tangga ini gak beda jauh dengan melakukan wall climbing. Tentunya saya ogah donk menjemur pakaian di atas kalau harus lewat tangga ini.


Otomatis pakaian harus dijemur di halaman depan rumah, masalahnya kami belum punya jemuran pakaian. Sampai saat ini, saya menjemur pakaian dengan cara darurat di dalam rumah.

Jemuran darurat, pake dipan kasur T.T

Hasilnya cucian baru kering setelah seminggu dijemur dan itu sangat menghambat acara cuci mencuci karena saya gak bisa mencuci banyak sekaligus. Percuma juga nyuci banyak kalau gak ada tempat buat menjemur.



Benda ini memang terlihat sepele, tapi untuk kami saat ini, jemuran pakaian adalah barang urgent yang dalam waktu dekat ini harus ada.


3. Gorden

Ada 3 buah jendela di rumah kami yang langsung mengarah ke halaman depan. Kaca rumah ini adalah jenis kaca yang orang di luar tak bisa melihat isi dalam rumah ketika siang hari tapi bisa melihat dengan jelas isi rumah dari luar ketika hari sudah gelap.


Sudah pasti gorden itu penting sekali, apalagi salah satu jendela yang mengarah ke luar rumah tersebut adalah jendela di kamar utama kami. Waduh, enak amat orang yang lewat bisa melihat saya lagi tidur syantik, haha.


Sama seperti jemuran pakaian, saat ini kami mengatasi ketiadaan gorden rumah dengan cara dadurat, melas banget ya? Hehehe

Gorden darurat, kereatif banget ya? :D

Cuma ya, malu juga kan kalau ada tamu liat kondisi jendela rumah yang seperti itu, kasian amat, beli gorden aja gak bisa, haha. Harus segera direalisasikan nih beli gordennya.

Masih bingung mau gorden yang mana, warna pink ini kayaknya lucu yaa? :D


4. Alat Pengusir Serangga dan Tikus

Awal tinggal di rumah ini, saya mengalami kesulitan tidur sepanjang hari karena nyamuk-nyamuk yang jumlahnya banyak dan ganas terus menerus mengganggu tidur saya. Ditambah lagi saya selalu kepikiran Alif yang pasti bakal diserang nyamuk juga sehingga tidur saya menjadi tidak nyenyak. Kami sudah memasang obat pengusir nyamuk tapi sama sekali gak mempan lho, ckckck.


Mungkin karena Sidoarjo ini daerah dataran rendah, jadi jumlah nyamuknya lebih banyak daripada di Malang atau memang karena rumah ini lama tidak ditempati sehingga menjadi tempat bersarangnya para nyamuk ya?


Gak cuma nyamuk, seringkali saya dan suami juga menemukan serangga-serangga kecil yang saya sendiri juga baru pertama kali melihatnya. Takutnya karena ukurannya yang kecil, serangga tersebut bisa terhirup dan masuk ke organ tubuh kami, hiii.


Untungnya sampai saat ini, saya belum menemukan tikus di rumah kami, duuuh jangan sampai, saya paling takut sama tikus. Jadi lebih baik mencegah daripada ketemu tikus langsung. Gak sengaja saya menemukan alat pengusir serangga dan tikus yang menggunakan sistem gelombang suara di Lazada, saya pikir benda ini cocok banget buat rumah kami sekarang.

Idealife II 300 alat pengusir serangga dan tikus


5. Kipas Angin

Karena Sidoarjo itu termasuk dataran rendah serta dekat dengan laut, otomatis suhu di kota ini lebih tinggi dari Malang yang merupakan daerah pegunungan.


Kalau sedang panas-panasnya, suhu di sini bisa sampai 34 derajat lho. Beda jauh sama Malang yang berkisar di 24-25 derajat, yaah paling banter cuma 29 derajat.


Bayangin aja, kami yang orang gunung tiba-tiba harus jadi anak pantai, tentunya kami gak betah banget dengan panasnya sidoarjo, terutama Alif yang di Malang saja masih sering keringetan.


Gak perlu mikir dua tiga kali, kipas angin adalah benda wajib yang kalau bisa besok kudu dibeli deh, haha. Lho kenapa gak AC sekalian? Uangnya yang gak bisa sekalian, huhu.


Tapi kapan hari, sempat dipinjami kipas angin milik tetangga samping rumah dan ternyata kipas angin saja sudah cukup membantu menyejukkan hawa panas yang menyerang kok.

Kipas angin merk Panasonic ini dijual langsung oleh Lazada lho


Naahh itu deh beberapa barang yang ingin saya beli di Lazada, tertarik buat belanja di Lazada juga? Atau ada yang masih ragu buat belanja di Lazada karena banyaknya komentar negatif soal pengalaman bertransaksi di Lazada yang kurang menyenangkan?


Tenaaang, saya bakal ngasi tips bagaimana berbelanja aman dan murah di Lazada melalui shopcoupons.


Langsung aja yaa! Jadi yang pertama harus kamu lakukan adalah daftar/sign up dulu menjadi member Lazada dan shopcoupons, cara daftarnya gampang kok, sama kayak waktu bikin akun sosial media.


Sudah daftar jadi member di kedua situs tersebut? Langkah selanjutnya adalah buka situs shopcoupons.co.id lalu pilih tumbnail Lazada.


Setelah itu akan muncul tampilan dengan berbagai penawaran promo untuk Lazada, pilih salah satu penawaran yang menurutmu menarik lalu klik "lihat kupon". Di bawah ini contohnya saya memilih promo imlek Diskon 20%.



Maka akan muncul kode voucher untuk promo yang kita pilih, ingat-ingat kode vouchernya ya! Setelah itu klik "Go to Lazada Indonesia" untuk memulai berbelanja di situs Lazada.


Pilih barang yang ingin dibeli berdasarkan kategori yang sudah disediakan atau ketik barang yang dicari lewat kotak pencarian yang ada. Sebagai contoh, saya akan membeli sebuah vacuum cleaner, jadi langkah yang saya lakukan adalah seperti pada gambar di bawah.



Setelah muncul tampilan berbagai jenis barang yang dicari dalam contoh saya yaitu vacuum cleaner, filter pilihan barang berdasarkan rating tinggi ke rendah. Karena seyogyanya barang yang memiliki rating berarti sudah ada pengguna Lazada yang membeli barang tersebut dan memberi penilaian mengenai kepuasan mereka. Semakin tinggi rating yang diperoleh menandakan pembeli puas dengan barang tersebut. Jadi sebisa mungkin pilihlah barang yang memiliki rating bintang lima. Jangan asal tergiur dengan diskonan.



Setelah itu akan muncul daftar barang yang memiliki rating tinggi ke rendah, tentunya halaman pertama adalah barang dengan rating berbintang lima. Selanjutnya pilih barang yang ingin kita beli. Di sini contohnya saya memilih vacuum cleaner dari idealife yaa.


Kemudian akan muncul tampilan yang lebih spesifik dari barang yang kita pilih tadi. Sekarang yang harus dilakukan adalah, cek jumlah pengulas yang memberi rating kepada barang tersebut, cek juga komentar pengulas karena biasanya banyak oknum nakal yang memberikan komentar palsu untuk menaikkan rating.


Selanjutnya cek juga rating penjual/seller barang tersebut. Yupz, jadi Lazada itu ibarat sebuah pasar yang di dalamnya banyak seller yang menjual barang dagangannya. Namanya juga dagang ya sis, ada yang jujur ada yang nipu. Nah, seller yang jujur dan terpercaya tentunya akan banyak yang puas dan memberi rating bagus. Sama seperti rating barang tadi, semakin banyak bintang yang didapat si seller pastinya seller ini semakin terpercaya.


Cek juga penawaran dari seller lain yang menjual barang yang sama, siapa tau bisa dapat harga yang lebih murah di seller yang bintangnya sama tingginya.


Jangan lupa cek spesifikasi barang yang akan kita beli, kalau perlu konsultasi dengan sellernya langsung agar gak menyesal di kemudian hari.




Di sini ceritanya saya kurang sreg nih sama seller vacuum cleaner yang saya pilih karena ratingnya gak bintang lima, jadi saya pilih seller yang ratingnya lebih tinggi di opsi penawaran lain. Setelah merasa yakin untuk membeli barang yang kita inginkan, kemudian klik "beli sekarang"


Otomatis, di icon troley akan muncul angka yang menunjukan jumlah barang yang akan kita beli. Kalau masih ingin membeli barang lain, bisa lanjutkan pencariannya dengan mengulangi cara di atas, jika sudah selesai proses pilih barang yang akan dibeli, lalu klik icon troley.

Setelah itu akan muncul daftar barang yang akan kita beli berikut dengan total harga belum ditambah ongkos kirim. Klik "lanjutkan pembayaran"


Setelah itu akan muncul form untuk mengisi data diri kita untuk keperluan pengiriman barang. Setelah data sudah diisi, klik "lanjutkan". Lalu akan muncul pilihan pembayaran, pilih jenis pembayaran yang ingin kita lakukan misalnya Cash On Delivery, transfer bank, atau dengan kartu kredit.


Selanjutnya klik "terapkan di sini" pada pertanyaan have voucher code? Akan muncul kotak dialog untuk mengisi kode voucher. Masukkan kode voucher yang telah kita dapatkan dari shopcoupons tadi, klik "oke" maka akan muncul harga yang harus kita bayar setelah dipotong diskon voucher tadi. Lalu klik "konfirmasi pembayaran"




Naaah, sekarang tinggal menunggu konfirmasi dari Lazada melalui email dan menanti barang yang dipesan datang dengan tenang karena dijamin aman. Selamat berbelanja! :)


Tulisan ini diikutsertakan dalam:



Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X Lazada Indonesia. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. Voucher Lazada disponsori oleh Lazada Indonesia.

6 komentar:

  1. selamat ya buat rumah barunya semoga beruntung bisa dapatin semua keinginan

    BalasHapus
  2. gagal fokus dgn jemuran dipannya mbak :)

    BalasHapus
  3. selamat ya kak, bagi-bagi vouchernya :D

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)