Kamis, 10 Desember 2015

Merencanakan Liburan ke Bali: hotel murah dan makanan halal

Assalamu'alaikum,


Bulan yang paling saya cintai sepanjang masa adalah bulan desember, karena ada tanggal kelahiran saya, suami dan Alif di bulan tersebut.


Selain itu, bulan desember itu suka banyak liburnya, apalagi bulan desember di tahun ini, ada d dua tanggal merah berurutan sebelum akhir minggu sehingga ada jadwal libur sebanyak 4 hari berturut-turut, yippie!


Rencananya sih divisi kantor suami merencanakan untuk liburan ke Bali selama tiga malam. Karena liburannya tetep bayar sendiri jadi saya pun semangat browsing-browsing, karena budget kita muepet, haha teteup.

Yuk deh ah, saya share hasil buruan saya dalam merencanakan liburan di Bali.



PENGINAPAN MURAH DI BALI

Salah satu yang saya suka dari Bali adalah pilihan hotelnya yang buanyaaak dengan harga dan fasilitas yang udah oke punya. Bahkan di musim liburan gini tetep banyak hotel murah bertebaran dengan harga di bawah 200ribu lho.


Untuk pemesanan hotel selama ini saya lebih suka menggunakan fasilitas dari booking.com, karena ravenya di FD bagus, pembayaran bisa langsung di tempat saat check in, bisa dibatalkan tanpa dikenakan biaya pembatalan, informasi mengenai hotelnya lengkap, pilihan hotel terutama di kota destinasi utama wisata banyak, harga yang tertera di web adalah harga yang kita bayar (kan ada tuh web yang keliatannya harga hotelnya murah begitu dibooking ternyata masih ada plus plus biaya admin dll), foto di web dengan aslinya 85% mirip. Banyak ya plus plusnya, so far gak pernah ngecewain sih.

Penginapan di Bali dari web booking.com


Btw, jumlah penginapan di Bali itu ada ratusan bahkan mungkin ribuan, jadi kalau nyari info penginapan tempatnya harus spesifik, mau di kuta, legian, seminyak, nusa dua, sanur, ubud dll. Buat keluarga, sebaiknya menghindari menginap di daerah yang terlalu touristy seperti legian yang night lifenya bikin pengen nyebut terus, wkwkwk.


Dulu pernah lewat sana malam hari saat dinas kantor ke Bali, berasa lagi di dalam film holywood, banyak orang mabuk dan ciuman di pinggir jalan. Bule-bule topless sambil muter-muterin baju teriak-teriak bawa botol alkohol, ckckck.


Selain itu kalau saya pribadi masih saya filter berdasarkan harganya juga, wkwk kere. Buat yang bawa anak kaya saya ini, jangan lupa check term & condition masing-masing hotel. Beberapa hotel ada yang tidak mengijinkan untuk membawa anak kecil, ada juga yang mewajibkan biaya tambahan untuk anak, dan ada yang menggratiskan biaya untuk anak di bawah 6 atau 12 tahun.


Selain booking.com, saya juga tertarik dengan groupon, banyak hotel berbintang di Bali yang dibandrol dengan harga 200ribuan aja. Gak cuma penginapan, groupon juga menawarkan voucher tiket wisata, rumah makan dll dengan harga yang lebih murah daripada aslinya.


Promo wisata dan penginapan di Bali dari web groupon


Sayangnya untuk penginapan, rata-rata gak bisa dipake di tanggal peak season. Kalau pun bisa, masih dikenai tambahan sebesar 100-150rb permalam, batal murah!



Terakhir, ada hotelquickly yang lagi ngehits di kalangan traveller karena kita bisa mendapat kesempatan menginap di hotel mewah dengan biaya murah dengan memanfaatkan kode-kode promo yang kita dapat. Sayangnya, hotel quickly ini minimal bisa digunakan sehari sebelum hari H akan menginap. Deg-degan kan kalau tau-taunya gak dapet penginapan.


Triknya mungkin bisa booking hotel di booking.com dulu, pas h-1 nyoba check hotelquickly, kalau dapet, pemesanan di booking.com dibatalkan.


MAKANAN HALAL DAN MURAH DI BALI

Sebagai daerah dengan penduduk mayoritas non muslim, urusan makanan di Bali jadi PR banget buat kita yang muslim. Saya sih bukan yang saklek banget soal makanan halal haram, tapi juga bukan yang selebor banget. Gimana ya, saya tuh suka ragu-ragu gitu soal makanan halal biar pun udah dibilang halal sama yang punya, kalau udah ragu-ragu kan hukumnya jadi haram donk, lebih baik ditinggalkan.


Masalah ke dua, karena salah satu destinasi wisata favorit di dunia, harga makanan di Bali itu kok yang saya lihat mihil-mihil ya. Beda jauh sama di Malang bahkan Jogja, maklum sih kota pelajar yee, ngikutin budgetnya mahasiwa, wkwk.


Semurah-murahnya ya kok sekali makan bisa 25ribuan per orang untuk makanan kelas warung. Jadi soal makanan mayan tricky juga, sampai pusing saya browsing kesana kemare. Berikut beberapa daftar kuliner Bali yang (mungkin) halal dan menarik untuk dicicipi.


Kedai Ceret
Jalan Tukad Yeh Aya, Denpasar Selatan, kota Denpasar Bali
Buka pukul 11.00 - 01.00 Wita

Cafe yang mengusung konsep angkringan tapi ada juga makanan beratnya.

Daftar harga kedai ceret, Bali (sumber: www.kedaiceret.com)
Harga minuman di kedai ceret Bali (sumber: www.kedaiceret.com)


Sop ikan Mak Beng
Alamat dan harga menu di sop ikan mak beng, kayaknya sih sekarang udah naik harganya (sumber: www.zomato.com)


Nasi Pedas Bu Andhika
Jalan raya Kuta gg Kubu, no. 120 c, Benoa, Badung, Kuta Selatan, Bali. Seberang Joger atau Supernova

Buka 24 jam. Bu andhika ini orang jawa muslim, harga makanan tergantung lauk yang kita pilih.


Nasi Tempong Indra
Jalan dewi sri, Legian, Bali
Ada dua cabang lainnya di teuku umar dan letda tantular, Denpasar

Berikut daftar harganya saya ambil dari zomato.com






Nasi Ayam Ibu Oki
Jalan pantai Mengiat, Nusa Dua, Bali
Konsepnya mirip nasi pedas bu Andhika, harga tergantung lauk yang dipilih


Warung Basang
Jalan raya Tuban 58A, Denpasar, Bali

Untuk daftar harganya langsung Ke sini aja ya, buanyak banget cuy! Warung Basang ini rumah makan spesialis makanan tradisional Bali tanpa Babi.


Chicken Run
Jalan Sunset Road No. 18, Seminyak, Benoa, Kuta Selatan, Bali

Buka jam 11.00-23.00 Wita

Chicken: 20 - 60 ribu
Apple sauce: 10 ribu
French frise: 15 ribu
Nasi: 5 ribu


Gusto Gelato
Jalan Mertanadi No. 46, Seminyak, Bali

Buka jam 10.00 - 21.00 Wita

Banyak banget yang ngereview gusto gelato ini, katanya enak banget gelatonya, jadi penisirin pengen coba.

Daftar Harganya, saya ambil dari zomato.com juga ya!





Warung Nikmat
Jalan Bakung Sari, Gang Biduri, Kuta

Buka jam 07.00 - 23.00 wita

Warung makan khas masakan jawa, banyak yang ngereview kalau masakannya enak-enak.

Daftar menu yang saya dapat dari zomato.com


Wuaaah, buanyak juga yang kudu dicatet, ini daftar kulinernya masih belum semua lho. Rata-rata masih di seputaran denpasar dan kuta. Ntar kalau ke Ubud gimana?


Pengennya tuh, kalau udah di Bali, pas butuh apa-apa langsung klik Blog ini aja, gak usah browsing-browsing lagi. Biasanya kalau liburan, semua info saya screen shoot aja di hape. Tapi suka lupa maksudnya apa, wkwk.


Lanjut di post berikutnya yaa, pegel banget ni tangan...




3 komentar:

  1. hi mba Meriska, salam kenal...

    mau tambahin info aja, klo mba suka eskrim yg buah asli (gak mengandung susu).. ada tuh yg enak. namanya paletas wey. di Jl. Mertanadi juga. klo dr seminyak, deket lampu merah ke arah gusto :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, kemaren udah aku catet sama mossimo.. di post selanjutnya aja,, capeeekk,, hehe, thanks infonya btw,, :)

      Hapus
  2. Harganya orang indo banget ya terjangkau :)

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)