Kamis, 10 Desember 2015

Berburu Perabotan Murah di Malang

Assalamu'alaikum,


Sebagai warga kota Malang yang baik, libur nasional dalam rangka pemilihan kepala daerah kemaren kita gak nyoblos tapi memutuskan untuk belanja perabot rumah tangga di pasar besar, secara kota Malang belum waktunya pilkada yee cyiin.



Di pasar besar lantai dasar itu ada toko barang pecah belah yang terkenal kemurahannya seantero Malang, namanya toko santoso/santosa (serius, di tokonya ada dua papan nama yang satu santoso satunya santosa #labil). Udah sering denger tapi gak tertarik buat ke sana, males aja ke pasar besar, puanas, haha nggaya.


Tapi karena kapan hari mbak ida habis dari santoso/santosa itu dan berhasil membawa gelas jus (itu lho gelas kaca yang panjang agak melengkung) setengah lusin dengan harga 20ribu aja, saya langsung ngiler doonk pengen berburu gelas juga. Apalagi koleksi gelas saya emang masih sedikit.


Karena Malang diguyur hujan, jadi kita baru ke pasar besar jam 3 sore, untungnya santoso ini buka sampai sore sekitar jam 4-an.


Lokasi toko santoso berada di Pasar Besar Malang lantai dasar, dari parkiran motor yang sebelah barat itu patokannya masuk lewat lorong bawahnya tangga yang tengah, kalau gak salah tangga tengah pertama dari utara, masuk terus sampai lewatin toko perabot rumah tangga seperti santoso yang katanya sih harganya lebih mahal. Santoso ada di sebelah toko perabot dan bunga plastik. Pokoknya toko perabot paling rame lah, kalau bingung tanya aja ke penjaga toko/lapak di pasar besar, mereka bakal senang hati ngasi tau lokasi santoso berada kok.


Selain barang pecah belah, di santoso juga menjual segala macam perabot plastik, elektronik seperti magic com, alat masak, alat bersih-bersih dll, pokoknya segala macem peralatan rumah tangga deh.


Maafkan fotonya gak jelas semua, situasi santoso yang rame gak memungkinkan untuk fokus ngambil gambar

Tokonya sih lumayan luas, tapi karena penuh dengan barang, pembeli, dan pramuniaganya jadi berasa sumpek banget.


Untungnya kita ke sana sore hari ya saat pasar besar udah mulai sepi, gak mbayangin kalau siang ke sana, pasti super penuh. Wong dateng sore aja, pembelinya masih banyak.


Dari perabotan yang di jual, saya paling ngiler sama gelasnya, murah bianget. Masa tea set beserta pocinya dengan ukuran gede mulai 70ribuan aja, mana modelnya bagus-bagus lho.


Gelas kacanya lagi, pada murah-murah dengan model yang modern kaya di cafe-cafe. Mason jar/harvest jar kalau gak salah cuma 9ribuan aja perbiji, ada juga yang plus tutupnya kalau gak salah under 15ribu, beda jauh sama ace hardware, hihi.


Botol minum plastik yang ada sedotannya mulai 2500an, celengan plastik mulai 1500, mayan kan buat goodie bag gitu, wkwk.


Di santoso, saya berhasil membawa gelas kaca yang ada gagangnya seharga 30ribu selusin, piring saji bulat kaca bening ukuran besar 10ribu perbiji, piring saji keramik putih kotak ukuran besar 20ribu perbiji, lepek/tatakan gelas setengah lusin lupa harganya, frame foto ukuran kertas A4 70gram seharga 13ribu per buah, celengan angry birds kecil 1500 perbiji, dan tea set untuk ibu mertua dengan ukiran aksen emas dengan tutupnya 100ribu per setnya.

Salah satu hasil buruan, gelas 30ribu selusin. Ukurannya hampir sama kaya mug keramik lho!

Jujur masih belum puas! karena mau beli mangkok juga, cuma mikir bawanya gimana karena kita naik motor, huhu nyesel gak bawa mobil.


Enaknya di santoso ini, tiap barang dikasi display contoh plus harganya jadi gak usah ribet tanya ke pramuniaganya.


Tapi Gak enaknya di santoso ini ruame dan panas, gak ada AC cuma kipas angin gantung. Pramuniaga dan pembelinya sama-sama banyak, jangan kaget para pramuniaga suka saling meneriaki buat tanya barang atau marah-marah karena barang contoh gak dikembalikan. Tapi kepada pelanggan, para pramuniaganya ramah-ramah kok dan sabar ngelayanin.


Selain itu, sistem pembayarannya agak ribet. Jadi semua barang yang mau kita beli kudu pake nota, terus notanya dibawa ke kasir buat pembayaran, dari kasir kita ke tempat pengambilan barang untuk ngambil barang yang kita beli. Nah, berhubung pembeli di santoso itu banyak jadi kita kudu ngantri dua kali di kasir dan waktu ambil barang, mana tempatnya kan kecil, ngantrinya kudu desek-desekan sama pembeli lain.


Saran saya sih, dateng ke sini pas baru buka atau mau tutup sekalian dan jangan ngajak anak kecil, dijamin rewel!


PS. Lagi males foto-foto, maafkan hasil fotonya yang geje semua,, diambil informasinya aja yaa! ^^v

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)