Selasa, 17 November 2015

White lies dan drama minum obat

Assalamu'alaikum,


Ngomong-ngomong soal bohong, saya dan suami termasuk orang tua yang jarang banget bohong sama anak. Kami udah berkomitmen untuk kurang-kurangin bohong yang gak perlu even itu bohong demi kebaikan alias white lies.


Misalnya aja, anak gak mau mandi terus dibohongin, nanti kalau mau mandi diajak jalan-jalan. Eh anaknya udah mandi ternyata tetep aja ngendon di rumah, gak ada tuh jalan-jalannya. Maksudnya sih baik biar si anak mau mandi, tapi lama-lama kan malah mengikis kepercayaannya si anak ke orang tua. Makanya sebisa mungkin, kami gak bohong ke alif, kalau A ya emang A, kalau B ya B.


Tapiii makin ke sini, permasalahan per-parenting-an itu semakin kompleks ya? Dan akhirnya nyerah juga pada white lies, ahaha kualat sama omongan sendiri.



Seperti baru-baru ini, white lies yang kami lakukan adalah soal obat. Entah kenapa alif itu paling anti sama obat-obatan oral yang masuk ke tubuhnya, mulai dari pil (yang digerus), sirup, sampai obat tetes mata.


Apapun bentuk obatnya, dia tau lho kalau itu obat. Baru aja liat kemasan obatnya doank, dia udah teriak-teriak, kadang diem-diem kalau nemu itu obat, disembunyiin sama alif, wkwk.


Paksa doonk? Udah bu ibuuu, tapi kalah sama tenaganya alif lagipula saya gak mau maksa yang terlalu berlebihan, takut anaknya trauma sampai gede.


Saya juga udah melaksanaken tips-tips psikolog anak tentang hypnoterapi supaya anak mau minum obat dan endesbre-endesbrenya, tapi tetep aja alif tutup mulut, ngamuk-ngamuk, suer, ni anak kecil-kecil tapi bisa kuat lho lawan emak bapaknya, ampyuuun dah!


Dilema lagi karena sekarang tinggal di rumah mertua, kalau tau alif sakit dikit, udah ditanyain, udah dikasi obat belum? Jreng jreng, kadang saya juga bohong ke mertua, bilang udah ngasi obat padahal belum, wkwkwk.


Sampai akhirnya, alif sakit yang bikin dia cranky, mulai dari pilek tambah batuk eh beberapa hari kemudian sakit panas. Kalau dulu, disusuin sama skin to skin aja udah sembuh, sekarang mah ya udah gak mempan, mau gak mau harus minum obat donk.


Terpaksalah melakukan white lies supaya alif mau minum obat, yaitu dengan cara, air hangat dikasi obat sirupnya alif, tambahin gula dan waktu kita kasihkan ke alif, kita bilang itu teh, haha.


Dan alif pun tertipu, beneran ngira itu teh padahal gak ada tehnya sama sekali. Malah dia minta nambah terus lho, wkwk. Terus tiap nyeruput, selalu ngomong "hmmm, enaaaak"


Case closed! Maafin mama papa ya nak, ini buat kamu juga. Get well soon, my honey bunch, :*

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)