Kamis, 05 November 2015

Kebun Binatang Gembira Loka, Jogja

Assalamu'alaikum,


Kebun binatang ini sebenernya gak ada sama sekali di itinerary kita selama di Jogja, tapi berhubung waktu itu jalan raya jogja-solo macet total saat kita mau ke daerah candi prambanan. Jadi kita memutuskan untuk puter balik ke arah jogja dan nyangsang lah kita di kebun binatang gembira loka.


Kenapa ke kebun binatang sedangkan di Malang ada secret zoo yang terkenal itu dan malah belum pernah kita datangi? Karena papan penunjuk jalan menuju gembira loka itu banyak banget, jadi ya udah kita memutuskan ke sana, saking cluelessnya mau ke mana lagi. Lagi pula alif belum pernah ke kebun binatang.




Kebun binatang gembira loka ini gak jauh dari XT square tempat De Archa berada serta gak jauh juga dari penginapan kita, Rumah Panjaitan. Sekitar 10 menit dengan berkendara dari area keraton tapi traffic lightnya jogja itu warbiyasak ya, luamaa, haha.


Tiket masuk kebun binatang gembira loka adalah 25 ribu dan 30 ribu kalau kita mau sekalian naik kapal kataman atau apa gitu namanya, lupa! Dan pak suami pun membeli tiket yang 30 ribu biar sekalian naik kapal.



Memasuki area gembira loka, kita akan disambut taman yang dikelilingi pepohonan dan tanaman hias, sepanjang jalan di kiri dan kanan full taneman deh. Biar begitu tapi teteup ya, hawanya ananas anet anet, taneman sebanyak itu sama sekali gak membantu.

Baru nyadar posisinya alif miring di gendongan, maklum hipseatnya gak dipasang


Sisi depan gembira loka ini cukup bikin kita skeptis sama kebun binatang satu ini, karena arsitekturnya yang kelihatan jadul dan kurang menarik meskipun sepertinya pengelola sudah merombak sisi ini dengan memasukkan beberapa unsur modern tapi tetep kesan jadulnya gak bisa ilang.




Setelah jalan beberapa lama menyusuri taman, kita bakal melewati sebuah jembatan yang melintasi sungai. Yupz, gembira loka sepertinya memang dibangun di atas bantaran sungai.


Setelah melewati jembatan, ada danau buatan tempat speed boat dan kapal kataman melintas. Di atas danau ada replika kapal pesiar yang sebenarnya adalah sebuah rumah makan.


Di dekat danau ini, baru deh kita bisa berjumpa dengan berbagai macam binatang. Ada yang ditaruh di kandang terbuka yang tampilannya udah modern, ada juga yang dibiarkan bebas di area yang dibuat menyerupai habitat aslinya, dan ada yang masih dibiarkan di kandang lama yang kondisinya memprihatinkan.




Denger-denger gembira loka ini emang kebun binatang jadul yang dulunya tak terurus, dan baru-baru ini dilakukan pemugaran. Tapi kayaknya renovasinya belum merata ya? Karena ada bagian yang terlihat modern, di sisi lain ada yang masih terkesan jadul dan gak terawat.


Beberapa hewan ada yang di tempatkan berdasarkan jenisnya di area khusus seperti ikan, reptil, dan burung. Tapi waktu itu kita ke sana cuma sempet masuk ke area ikan dan burung-burungnya aja. Mepet sama waktu check out penginapan dan dua jam ternyata masih beluk cukup untuk mengelilingi gembira loka, banyak foto-foto sih, haha.


Di area ikan, buat anak-anak bisa nangkap ikan dengan jaring kecil dengan membayar 5ribu. Tangkap ikannya pun langsung nyebur ke kolamnya, seru banget liatnya. Sayang alif masih kecil, huhu. Di sini juga ada terapi ikan yang kaya di mall-mall itu dengan membayar 10ribu. Kita pun mencari yang gratisan yaitu menyentuh ikan di akuarium yang berbentuk seperti donat, haha. Alif excited banget sampe teriak-teriak.





Setelah itu kita ke area burung, kirain kecil kaya area ikan ya, ternyato luas juga areanya nyambung terus. Tapi area burung ini lumayan bagus, designnya mirip tempat wisatanya jatim park grup atau bali bird park (emang pernah ke sana?), bahkan gerbang masuk ke tiap tempat di area ini puersis plek plek kaya di eco green park.











Dari area burung, kita memutuskan untuk makan siang di rumah makan di atas danau buatan tadi, sayang di area bawah rumah makan lagi ada acara gathering jadi gak bisa foto-foto ala titanic di dak kapalnya, huhu.

Jadinya foto di lantai 3 rumah makan aja, jadinya begini. Kenalin, kate konslet!

Rumah makan kapalnya (lupa namanya) ternyata sangat sepi karena harganya lumejen mihil tapi menu dan rasanya sungguh di bawah standar.


Setelah makan, papa dan alif turun ke bawah untuk naik kapal tapi saya tidak ikut karena jipper liat kapal katamanan yang bolak balik disalip sama speed boat, serem gitu liat ombaknya begitu si speed boat lewat. Anak pantai apaan ini? Haha.



Setelah itu kita naik kereta kelinci karena udah kehabisan tenaga buat jalan keluar kebun binatang gembira loka. Eh ternyataah, kereta kelinciny cuma sampai ujungnya danau doank, selanjutnya kita tetep harus jalan kaki sampe pintu gerbang keluar, huahua. Mana setelah keluar kudu keliling pasar souvenir dan snack lagi, huhu pukpuk betis

Semakin siang, pengunjung gembira loka semakin membludak. Parkirannya sampai ke jalan raya. Padahal pas kita datang tadi suasana gembira loka udah rame lho, makin siang makin ruame lagi donk ya.


Rincinan biaya (Rupiah)
Tiket masuk gembira loka: 25.000
Tiket kapal katamanan: 5.000
Kereta kelinci: 5000
Foto dengan burung: seikhlasnya :D


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)