Jumat, 09 Oktober 2015

Anakku bintitan!

Assalamu'alaikum,


Siapa yang gak tau bintitan atau dalam bahasa jawa timbilen? Biasanya paling sering menyerang anak-anak sampai dewasa. Tapi siapa sangka kalau bintitan juga bisa menyerang anak yang masih bayi seperti alif. Baiklah, alif emang udah gak bisa dibilang bayi lagi sih, tapi umurnya waktu pertama kali bintitan itu masih 1,5 tahun cyiin.


Pertama kali? Berarti ada kedua ketiga dan kesekian kali donk? Iyaaa. Di usianya yang belum genap 2 tahun, alif udah bintitan lebih dari sekali.


Kalau mitosnya orang indonesia kan bintitan itu karena suka ngintipin orang kan? Yaelah, anak umur 1,5 tahun tau apa dia soal intip mengintip, wkwk.


Awalnya itu mata alif yang sebelah kanan terlihat menebal terutama di bagian kelopak matanya, jadi kaya orang cina gitu matanya menyipit dan gak ada kelopak matanya. Dugaan awal, karena digigit serangga.

Awal mula gejala bintitan, keliatan kan mata alif muli bengkak? Hikz




Sebelumnya kelopak matanya alif pernah digigit serangga, gak diobatin apa-apa, dalam jangka waktu gak sampe sehari udah kempes sendiri.


Nah yang ini, lama-lama mata bagian bawah alias di kantung matanya juga ikutan bengkak. Waktu itu kita habis jalan-jalan dari dua tempat outdoor yang agak berdebu, kirain karena debu atau bakteri, karena alif di sana pake klesotan segala kan. Jadi kita coba obatin pake lactacyd, dikompres plus buat usapin waktu cuci muka ke bengkaknya.


Hari berikutnya bengkak di kelopak mata atasnya kempes, tapi bengkak di bawah matanya makin besar, mulai deg-degan. Sama suami disuruh nunggu sampai 3 hari.


Hari ke 3 sampai ke 4, suami ke luar kota. Sambil nunggu suami, saya coba olesin salep infeksinya alif waktu kena rash dulu. Keesokan harinya bengkaknya lumayan ngecil tapi masih kelihatan, rasanya deg deg ser banget selama nunggu suami itu, tapi gak bisa kemana-mana juga.


Hari ke lima suami udah pulang, akhirnya dibawa ke puskesmas, kata dokternya bintitan karena imbas alif habis batuk pilek. Jadi bengkaknya itu bintitan, bukan penyakit bahaya, fyuuh. Trus diresepin obat tetes mata sama vitamin B. Masalah pun muncul, karena alif gak mau minum obat dan berontak tiap kita tetesin obat tetes mata. Alif kecil-kecil gitu, tenaganya kuat lho, suami aja kewalahan.


Total kita cuma kasi obat tetes matanya dua kali aja. Alhamdulillah dua hari kemudian bintitannya sembuh.
Dan kemudian mata alif terlihat bengkak lagi, waktu itu emang alif pas pilek (lagi), hikz. Entah kenapa sejak tinggal di rumah mertua, alif jadi sering pake banget terserang pilek, huft.
Buru-burur deh tiap mandi, bagian matanya saya basuh pake lactacyd dicampur air hangat, sekitar 2-3 hari kemudian, bengkaknya kempes.


Beberapa minggu kemudian, alif pilek lagi dan matanya jadi bengkak lagi. Total sampai sekarang mata kanan kiri, bagian kelopak atas dan bawah udah lengkap pernah bintitan semua.
Sekitar 2-3 kali matanya mulai keliatan membengkak, tindakan preventif saya selalu dengan membasuhkan lactacyd dan air hangat ke bagian mata alif jadi gak sampai bengkaknya membesar udah kempes duluan.


Nah, kali ini, iya sekarang iniii, alif bintitan lagi daan pas banget lactacydnya habis. Awalnya saya pikir, ah paling kaya biasanya kempes sendiri gak sampai membesar. Eh ternyata emang ngaruh banget ya si lactacyd itu, gak dikasi lactacyd, bengkaknya sekarang jadi bintitan deh. Bedanya sama yang dulu, bengkaknya rata di kantung mata keliatan gede gitu. Kalau yang ini cuma membentuk benjolan kecil di ujung matanya alif. Tapi tetep aja kasian liatnya.


Udah dikasi obat tetes dan seperti biasa, ngamuk-ngamuk dia, wkwk. Kemaren sempet mata satunya juga menunjukkan gejala bakal bintitan, langsung saya koret-koret (bahasanya -__-) lactcyd yang udah habis itu, botol lactacydnya saya isi air berharap dapet sisa-sisa cairannya (ngerti gak? Haha), terus langsung diusapin di matanya alif.


Alhamdulillah mata satunya, udah kempes gak jadi bengkak. Sekarang mau repurchase lactacyd lagi tapi suami masih di luar kota. Btw ini bukan iklan lactacyd yaaa? Wkwk

2 komentar:

  1. Anak semuruan alif udah ngerasain bintitan, kalau mata bintit tu nggak enak di liat banget cara untuk menyembunyikannya dengan pakai kacamata kalau aku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, tiap dia flu langsung ikut bengkak matanya, fyuuh

      Hapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)