Senin, 13 Juni 2011

pantai sendang biru-pulau sempu-segara anakan!!

kemaren, 11 Juni 2011, aku, pacar, temen2 kuliahnya pacar, plus seorang pacarnya temennya pacar jalan-jalan ke pulau sempu... pulau sempu ini tempatnya di seberang pantai sendang biru kecamatan sumber manjing, malang selatan gitu.. perjalanan dari kota malang menghabiskan sekitar 2-2,5 jam. perjalanannya lumayan sukses bikin pantat panas n kaki pegel2.. tapi akses jalan buat ke sana lumayan mulus, yah biarpun berkelok-kelok mendaki gunung lewati lembah menyusuri hutan2 gitu,, hehehe,

sampai pantai sendang biru kita ditarik karcis masuk 12ribu perdua orang plus motornya,, trus di tempat parkiran nanti bayar parkir motor juga (eh yg ini bayar gak ya? maklum bukan aku yg bayar). Di pantai sendang biru kita disuguhkan pemandangan yang bagus banget, airnya biru, pasirnya putih, ombaknya tenang, di seberang ada pulau dengan pohon-pohonnya yang hijau, barisan kapal-kapal nelayan plus langitnya yang biru bersih, waahhh langsung bikin gatel buat jeprat jepret. Btw pantai sendang biru itu adalah pelabuhan ikan, jadi ya baunya di sana rada amis2 gimana gitu, apalagi airnya, dari jauh kayaknya jernih, begitu kaki kena airnya rasanya agak lengket2 n gak seger. makanya tujuan orang-orang ke pantai sendang biru kebanyakan buat nyeberang ke pulau sempu. Buat nyeberang ke pulau sempu, ada dua alternatif, pake perahu mesin yang biayanya 100ribu per perahu diantar jemput plus biaya ke kantor konservasinya 25-30ribu. makanya kalau ke sempu enaknya rame2 biar bisa patungan. alternatif kedua pake perahu dayung gak tau berapa harganya yang jelas lebih murah dan gak usah bayar ke kantor konservasinya. dengan segala pertimbangan kita akhirnya memilih untuk naek perahu mesin dengan patungan 15rb per orang (8 orang). dan berangkatlah kita menuju pulau sempu.

Narsis, narsis.. :D 
 pantai sendang biruuu...

 bau amis.. >,<

Brankcuutt...

setelah kurang lebih 15 menit perjalanan, sampai lah kita di pulau sempu.. dan petualangan pun dimulai *kaya apa aja*.. di pulau sempu ini terkenal dengan segara anakan/lagunanya.. kata orang-orang sih persis kaya di film THE BEACHnya Leonardo Di Caprio itu. dan setelah melihat sendiri ternyata emang mirip lho.

untuk sampai ke segara anakan kita membutuhkan waktu 1-3jam. lama ya? soalnya tracknya lumayan sulit, berlumpur, naik turun bukit, menembus semak2, pohon tumbang, n akar2 pohon yang gede, panjang, plus membelit ke sana ke mari.. apalagi kalau ada karang2 tajem yang ketutup lumpur,, bener2 refleksi kaki jadi sangat disarankan memakai sepatu yang bergerigi, syukur2 pakai sandal/sepatu yang khusus buat ndaki. dan yang paling penting di sini gak ada becak, gak ada taksi, gak ada ojek dan gak ada warung jadi bener2 mengandalkan kemampuan kita sendiri dan jangan lupa bawalah minum n makanan secukupnya (cukup untuk pulang dan pergi). kemaren, kita terpisah jadi 3 kelompok.. Pertamanya jalan bareng, trus mas adji, prisma, n mas nobu jalannya lambat, akhirnya kita tinggal. sampai tanjakan, aku capek.. istirahat dulu, dan akhirnya mas pri, mas oda, n mas windo ninggal kita berdua. waktu istirahat, kita akhirnya kesusul sama mas nobu, terus melanjutkan perjalanan bertiga sementara mas adji n prisma masih jauh di belakang. kelompoknya mas oda nyampe di segara dalam waktu 1 jam, kelompokku 1,5 jam, dan terakhir mas adji 2jam. yaah emang kita harus ngejar waktu, jadi gak boleh jalan lambat kalau mau berlama-lama di segara anakan.. karena selain waktunya habis di jalan, perahu terakhir adanya jam 5 sore, untungnya kita kesana gak pas musim hujan, pasti perjalanannya bakal lebih lama soalnya becek n lumpurnya dalem banget. di sana kita cuma sampai jam 1/2 3 atau 2,5 jam. sangat amat tidak puas, gak sepadan sama perjuangannya ke sana,, harusnya sih nginep tuh disana. nginep di sini maksudnya bukan ngamar di hotel atau vila ya! tapi ngecamp. di sana jauh dari fasilitas2 yang biasanya ada di tempat wisata.

bicarain segara anakan, hmm tiga kata. bagus, bagus, n bagus. airnya dangkal, gak berombak, jernih, pasirnya putih n lembut plus tempatnya sangat private banget, biarpun ada pengunjung lainnya yang gak sedikit juga tapi rasanya tetep nyaman n tenang. bebas foto-foto, bebas teriak2, bebas renang, bebas lari2an. recomend banget buat ngilangin stress. btw segara ni dikelilingi ma bukit karang, di tengahnya ada lubang ukuran sedang tempat air dari samudera hindia masuk ke segara itu. di satu sisi ada bukit karang yang bisa didaki, jangan lupa pakai alas kaki soalnya karangnya tajem banget (pengalaman gak pake alas kaki, huhu) dari atas bukit ini kita bisa liat luas n birunyanya samudera hindia, n beberapa pulau kecil gak berpenghuni, sesekali ombak keras menghantam tebing karang ninggalin pelangi yang muncul beberapa saat disitu. Subhanallah, indahnya. :)

private island 

maen aer.. itu tuh bolongan tempat masuknya aer 

 si prisma yang gak ikut renang, dimanfaatin jadi tukang foto, hhi

suka banget ma foto ini, :) 

 bola pinjeman, cuma dipake buat gaya doank, hha


sisi utara segara anakan 

samudera hindiaa 

 pulau keci tak berpenghuni di belakang..

di situ tuh muncul pelangi abis ombak gede 

beginilah tracknya 

lebih banyak istirahat waktu pulang.. alhasil hampir 2jam baru nyampe di tempat penjemputan.

menunggu perahu menjemput.. bye.bye sempu.. aku gak kapok kok ke sana lagi.. hehe!

2 komentar:

  1. Pantainya keren bgttt, kebetulan aku sering liburan ke malangn. Tp jauh yah?

    Btw thnx for following my blog yaa

    BalasHapus
  2. iya lumayan jauh tapi gak kerasa kalo rame2, ibu n bapak2 jg banyak yg nyoba kesana biarpun tracknya rada sulit.. mbak hrus cobain deh..

    yupz, sm2.. blognya keren! hehe

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung. Komentar boleh, Nyepam jangan, :)